Akhir TERINDAH…

Tepat jam 2:30 alarm dari HP mungil saya berbunyi, alarm itu saya pasang untuk membangunkan saya, segera berwudhu, gelar sajadah, pake mukena dan shalat tahajud, menemui ALLAH dengan niat menggapai cintaNYA,  itu niat saya, tapi yang terjadi setiap kali alarm itu berbunyi adalah niatnya hilang dan  kembali menarik selimut, kembali memeluk guling dan merapikan bantal yang mulai bergeser dari kepala.

Dan inilah tempat setan bersemayam, berbisik halus ditelinga saya bak angin sepoi sepoi  “ehm masih ngantuk, masih enak enaknya bobo, diluar sepi dan dingin lagi, lagian kan tahajud gak wajib, besok masih ada kegiatan jadi cape banget, plus hari ini baru pulang agak malam jadi tubuh butuh istirahat:) setan itu memang pinter cari cari kesempatan untuk menjadikan saya termasuk golongannya, golongan hantu, golongan dedemit,  golongan mahluk mahluk halus nan jahat yang hatinya hitam, gak deh !! nauzubillahimindzalik. Kemudian apa saya harus menyerah dan mengikuti bisikan tadi ketika saya tahu ada yang lebih indah dari sekedar tidur, ada yang lebih hangat dari sekedar kehangatan selimut, ada yang lebih lembut dari bantal ini.  Iya, ada yang jauh lebih indah ketika saya mampu mengalahkan bisikan halus dari mahluk tak berwujud tadi [serem yah?]

Setelah saya mengembara mulai saat bangun pagi, seharian di luar rumah, dan akhirnya kembali lagi ke rumah untuk tidur lagi, menghabiskan siang dan malam, mengisi napas hanya dengan kepentingan dan cinta dunia, rugi gak tuh? dengan jutaan kata yang saya ucapkan yang mungkin ada yang salah, yang mungkin berisi dusta, ratusan helaan napas, dengan semua kegiatan itu apa shalat wajib aja cukup untuk menebus khilaf demi khilaf tadi, malu lah sama ALLAH :) tanya sama hati nurani yang gak pernah bohong, kan gak mau kan dibilang urat malunya udah putus. :) itu artinya shalat wajib  saja tak akan cukup untuk menjemput cinta ALLAH.

Mustinya saya tahajud setiap malam, tahajud karena mencintai ALLAH, tahajud karena rindu denganNYA dan bukan tahajud paksaan agar mendapatkan jodoh :) hahaha. Tahajud cinta seorang hamba adalah cerminan cinta, tautan kerinduan, inilah saat ending yang paling indah dalam hidup saya selama dua puluh empat jam setiap hari. Kalaulah ini adalah ending hidup saya setiap hari, maka terbayangkan ending yang bagaimana pada saat ending napas saya … ending yang indah, yang saat sakaratul maut dengan mudah saya lafalkan LAA ILAHA ILLALLAH karena bibir mungil saya terbiasa melapalkan itu saat tahajud, ending dengan wajah yang berseri karena wajah saya terbiasa berbasuh  wudhu :)

Kata guru mengaji saya, kalau saya rajin tahajud karena mencari cinta ALLAH, maka hidup saya akan berakhir dengan akhir yang indah, yang ketika saat napas terakhir saya terhembus, saya akan dipanggil oleh ALLAH dengan panggilan pulang yang sangat mesra karena ALLAH mencintai saya “De, seorang hamba yang berhasil dalam hidupnya, adalah hamba yang pada akhir hayatnya dipanggil oleh ALLAH, dengan panggilan yang sangat mesra:

“Yaa ayyatuhan nafsul muthma-innah, irji’ii ilaa rabbiki raadhiyatam mardhiyyah, fad khulli fii ‘ibaadii wad khulii jannatii [wahai jiwa yang tenang, kembalilah kamu Kepada Tuhanmu dengan hati puas lagi diridhai-NYA, Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku. (Q.S. Al-Fajr : 27 – 30)

Inilah tanda cinta yang sebenar-benarnya cinta… jadi ketika alarm 2:30 berbunyi, lemparkan selimut, paksa diri turun dari ranjang yang empuk ini, basuh wajah dengan air bening milik ALLAH, buatlah wajah bercahaya karena cinta ALLAH, coba deh rasakan betapa indahnya ketika dingin bening air ini memasuki rongga mulut dan membersihkan dari dosa dosa kata dan dusta, ketika air bening nan dingin ini masuk kedalam gendang telinga dan membersihkan dari mendengar yang tidak penting, ketika air ini membasuh dosa dari tangan dan kaki yng saya lakukan hari ini … iya tetesan tetesan air ini bukan hanya air, tapi membawa luruh seluruh kesalahan hari ini karena cinta ALLAH kepada hambaNYA yang mampu mengusir bisikan setan dan menukar dengan berduaan, bermesraan dengan pemilik segala cinta :) subhanallah.

Jadi, ketika saya terbiasa mengakhiri hari dengan cinta ALLAH maka dijamin akhir dari napas saya akan sangat indah, berpulang dengan panggilan terindah… inilah cara berpulang yang seharusnya saya pilih, berpulang dengan cinta, siap dan gak takut lagi, kan napas pasti akan berhenti kan, hanya masalah waktu, mau apa berpulang tanpa bekal, gelap loh dibawah lipatan tanah itu :)

Yok, pasang alarm di jam 2:30 singkirkan selimut, wudhu, gelar sajadah … dan akhiri napas dengan indah :)

 

 

About these ads

138 thoughts on “Akhir TERINDAH…

  1. Pingback: Debu | Blog Muhammad Saroji

  2. hehe bisa bantu klo dibukukan secara elektronik (ebook) tp utk ke percetakaan g janji :D…

    emng km coba ngontak penerbit…? kan banyak tuh penerbit yg udah punya web/email. coba km rujukan ke blog km ini pasti mereka tertarik :D

  3. harapan happy ending itu dikonsistenkan, diangsur melalui bangun tengah malam untuk bersujud, berdoa dan berserah diri padanya.
    sampeyan pake HP ya? sama.
    aku juga merasakan hal yang sama. tapi aku menyerah pada setan yang membawaku ke neraka.
    sampeyan kuat.
    kalau sampeyan bisa, tolonglah aku agar bisa bangkit melawan setan. pertarungan ini sudah lama aku yang kalah.

    Rindu: beritahu saya bagaimana bisa menolong mas :)

  4. aslmkm, anti ade (wlpun mgkin bsa jd usia anti lbih tua sdikit dripada suki ^_^.
    yah, virus terberat emang kmalasan. suki juga kadang kurva semangatnya naik turun. tapi yaa… berusaha di jaga za. appun keadaanya yg pnting berusaha untuk ttp semangat.
    ^_^

    Rindu: iya memang naek turun … :)

  5. Kayaknya perlu ada harian “RINDU POST” nih….buat ngimbangi koran2 yg beritain hal2 keduniawian mulu…(ogut siap jd tukang cetaknya..he2). Gak cuman artikelnya yg extraordinary tp komen balik sang penulis juga cerdas & menyejukkan dlm menanggapi komentar para pengunjung kebun ini. Tenang aja De mayoritas pengunjung stand by u…riak2 kecil is ok… Disini kutemukan kedamaian,,,selama ini sumpek tiap hari disuguhi berita yg menjauhkan kita dari sang Khalik.

    Rindu: ide yang bagus mas jowi … semacam buletin dulu kali yah, kemudian kirim via email, kaya news letter gitu :) gimana mas?

  6. ma’af, sebagai pengunjung, sebenarnya saya selalu menantikan jawaban komentar/kritikan pengunjung lain dari empunya blog ini, tapi ……???

    Rindu: saya gak suka debat mas, mohon maaf …

  7. nengok kebun…Kirain dah ada tulisan baru :D

    Rindu: makasih ya mas, silahkan masuk mas … Ade buatin teh hangat dan pisang goreng yah, jangan makan nasi goreng terus :) gimana Bandung?

  8. Salamu’alaikum para sahabat semua,…

    @ pengamat Insomnia…. Ajakan anda untuk kita berbuat ikhlas sangatlah baik, tapi kalau saya baca dari percontohan mengenai bunga diatas, saya agak kurang setuju dengan anda. Karena saya membayangkan bagaimana orang lain “BISA” merawat bunga dengan baik tanpa adanya sharing dari “TUKANG” merawat bunga dan bukan hanya belajar atau mendengar dari sumber yang hanya punya kredibelitasnya sebatas pengetahuan tanpa pengamalan yang konkrit !.

    Rindu: lebih baik berbuat daripada berteori tapi tidak melakukan apa-apa, saya jadi ragu keikhlasan dari bapak pengamat, tolong jaga beningnya air sungai yang mengali dikebun saya dan jangan racuni … terima kasih mas Arfan atas dukungannnya

  9. Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

    Tuk ade Meutia, jangan bersedih, jangan bingung, dan jangan mundur atas setiap komentar-komentar indah atau bahkan menusuk hingga ke sanubarimu, cukup kembalikan segalanya kepada ALLAH Sang pemilik semua jawaban

    Yakinlah bahwa ALLAH akan memberikan hikmah terbaik atas kejadian ini dan semoga ade dapat sabar menjalaninya.

    Wassalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Rindu: bang, Ade sempat berpikir untuk berhenti menulis jika apa yang Ade tulis masih berbau riya dan kesombongan, semoga ALLAH mengampuni, dan ALLAH maha tahu maksud dari buku harian ini, niat dari kebun ini :(

  10. @setuju sama mas farid,,,,

    @buat mbak rindu teruslah menulis,,,, krn cm Allah yg tau apa yg ada dlam pikiran mbak rindu dan biarkan Allah yg menilai semuanya,,,,

    Rindu: makasih ya sist, terharu …

  11. disaaat kondisi Iman saya sendang bagus saya mampu seperti itu, tapi bisikan syetan mengalahkan semuanya …. malu saya jadinya hehehe

    salam

    Rindu: iya, memang harus malu :) hahaha … maaf ya mas.

  12. Assalamu’alaikum,

    Subhanallah, mereka yg melakukan Tahajud adalah orang-orang yang senantiasa merindukan Surganya Allah. Dan Allah menjamin kebahagiaan fiddunia wa akhirah untuk mereka yang menunaikannya. Oh iya, mau nambahin..selain Tahajud, sempatkan diri shalat lima waktu berjama’ah di masjid. InsyaAllah kita termasuk golongan yang di Ridhai Allah, Amin.

    Wassalam.

    Rindu: terima kasih ya mas, semoga ALLAH ridho :)

  13. @dantlsnkhdpn

    Setelah saya amati.. Hati saya mungkin tidak sesuci anda semua.. Jika kritikan adalah buruk sangka, maka betapa kotornya hati saya ini.. Sudahlah, nikmati saja 99 pujian dan lupakan 1 kritikan.. Toh mgkn cuma saya yang paling kotor hatinya diblog ini.. Wassalamu’alaikum..

    Rindu: bapak pengamat, mari bercermin dengan hati kita masing masing dan carilah ridho ALLAH dari menjaga sikap, belajar mengendalikan diri, karena apa yang keluar dari hati itu yang ada di hati … mulut itu cerminan hati, baik hati maka yang keluar akan baik dan sebaliknya, mari bercermin.

    • @pengamat InSOMNIA:
      Sungguh kita tidak tau hati siapa yang lebih bersih diantara kita, semoga ALLAH membersihkan hati-hati kita.

      Kritikan bukanlah buruk sangka, tapi sebagai cermin tuk perbaiki diri kita.

      Segala Puji Hanya Bagi ALLAH. Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan diri-diri kita.

      Rindu: iya mas, mari bercermin dan belajar bijaksana :)

  14. membaca tulisan blogmu sama spt mendengarkan ceramah para ustadz tp sy merasa tulisan km lebih mudah masuk ke hati… :)

    g ada pikiran utk membukukan semua tulisan2 yg ada di blog km? pasti banyak orang yg akan terbantu dg itu… :)

    Rindu: menjadi penulis adalah cita cita saya mas, bantu saya !! bisa?

  15. @pramu ananta
    Setelah saya amati..
    Ada sebuah cerita :

    Ada 2 orang pemilik kebun.. Ke2 nya mempunyai tanaman dan bunga2 yg indah.. Masing2 mereka mempunya 1 tanaman yang saaaangat indah dipandang dan saaangat wangi.. Pemilik kebun yang pertama berbicara kepada orang2 bahwa dia merawatnya dengan kerja keras siang malam, menyirami, memberi pupuk, merawat dg kasih sayang.. Sedangkan pemilik kebun yang satu lagi, tidak cerita apa2 ke orang lain, meski dia merawatnya dg kerja keras juga, dia pikir toh pastilah orang2 tau tanaman yang indah dan subur pastilah ada yang merawat, jadi dia biarkan orang2 mengagumi bunga tersebut tanpa harus diceritakan kerja kerasnya..

    Maaf.. tidak ada maksud iri atopun dengki, cuma mengingatkan saja.. Jadi jika tdk ada rasa riya, ya jangan tersinggung.. saya hanya hamba ALLOH yg faqir, miskin, bodoh dan hina..

    WALLOHU A’LAM

    Rindu: bapak pengamat, jangan rusak kebun saya dengan menginjak injak rumput yang coba saya rawat dengan rapi, jangan petik mawar saya yang mulai tumbuh dengan menarik paksa … dan jangan bicara jika tidak mengenal saya. Diam lebih baik daripada bicara tapi menyakiti, ngerti kan yah? !!

    • Terima kasih atas kritiknya, semoga bermanfaat bagi kita tuk terus berusaha ikhlash.

      Kemudian marilah kita belajar berbaik sangka, jika ada seseorang yang memperlihatkan amal baiknya, maka itu adalah tuk menguatkan ajakan/seruan pada kebaikan.

      Itu juga bukanlah berarti amal baiknya hanyalah yang terlihat. Berbaik sangkalah bahwa amal baiknya yang tak terlihat jauh lebih banyak.

      Dan semoga kita dapat meneladaninya, dengan terus berusaha keras tuk istiqomah dan meningkatkan usaha beramal baik dan tetap berusaha tuk ikhlash.

      ———–

      Rindu: berbaik sangka bagian dari ibadah, agar hati tidak mudah dirasuki setan, bukankah hati tempat yang paling indah untuk diusik yah, iri, dengki, amarah bersemayam disana, dan berbaik sangka membunuh semua penyakit hati :)

  16. met pagiiiiii
    rinduuu rinduuuu (manggil dari ruar pagar kebunya ;) )
    belumm bisaaa, rinduuu ajariin bri mau nda? makasiihh :)

    Rindu: Rindu, betapa Rindu hatiku, tiada tertahan, berlinanglah airmataku, kata hatiku sedang Rindu …. *dangdut mode ON* :)

  17. setelah saya amati.. Komentar diatas bukan krikitik menyudutkan tetapi kritik agar kita lebih ikhlas menjalankan ‘ibadah, tidak usah dibicarakan mendetail.. Maaf, kayaknya saya salah kritik.. Saya pikir anda orang yang suka dikritik.. Ternyata tidak.. Ya, klo begitu lanjutkan diari anda.. Mudah2an orang yang membacanya dapat mengikuti ‘ibadah anda..

    Rindu: iya, betul bapak salah kritik, dan bapak beberapa kali datang ke blog saya dari IP yang sama tapi dengan nama yang berbeda beda, jika kekebun saya hanya untuk mematahkan semangat saya menulis, bapak salah alamat :(

    • Ikhlas memang bukanlah hal yang mudah dimengerti apalagi dicapai.
      Bukankah ikhlas lebih berkenaan dengan keadaan hati?
      Sedangkan kita kan tidak dapat mengatahui keadaan hati orang lain. Karenanya apa tidak lebih baik kita juga berhati-hati untuk mengatakan sesuatu yang tidak kita ketahui dengan baik?

      Sebagai selain DIA tentu memang kita tidak sempurna. Kalau kita merasa sudah baik, bukankah itu justru tanda bahwa kita belumlah baik?
      Walaupun begitu, tidakkah kita dapati banyak kebaikan di sini? Bagaimana kalau kita ambil yang baik-baik saja, dan tinggalkan yang tidak baik?

      Salam,

      Rindu: iya betul mas, kadang manusia suka merasa jauh lebih baik dari manusia lain, padahal dia tidak mengerti siapa dirinya bagaimana mau mengerti orang lain, sebaiknya memang diam, dalam diam kita bisa mengambil mana yang baik dan mana yang buruk semoga bunga bunga dikebun saya terus tumbuh, meski beberapa kali dipotong paksa oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab :)

  18. terimakasih atas saling mengingatkan dalam kebaikannya,semoga dibalas Allah berlipat ganda:)

    seandainya 10% dari pembaca mengikuti ajakan anda,maka pahala anda lumayan juga ya?

    btw kalo sholat masih belum bagus,sholat aja,walaupun pas lagi sholat juga setan suka gangguin.

    kata ustad saya “lebih baik sholat pikirannya jalan2,daripada jalan2 tapi gak sholat”

    mungkin kalo untuk ade yg udah rajin ibadah kalimatnya diganti ya”lebih baik tetep sholat(sunnah) daripada(bisa seharian) abis jalan2 tapi gak sholat (sunnah)” ;p

    Rindu: betul tuh kata ustadznya … :)

  19. ^_^ seneng banget ketika kerinduan itu bisa terobati… hati yang telah mencinta pasti akan merindukan yang dicintainya, sebesar apapun halangan yang ada didepannya pasti akan dihadapinya untuk bisa menuju kekasihnya… semoga kita bisa terus mencintaiNya dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan Cinta dan RidloNya, ameen…

    Rindu: ibadah itu memang harus sungguh sungguh sist … untuk mencapai akhir yang indah, hari ini harus indah. HARUS !! kuatkan niat, dan ALLAH akan membantu.

  20. De…it’s time to publish your extraordinary work,, put in your mind, it’s now or never. Jika kita menunggu hingga benar2 siap dlm melakukan sesuatu maka mungkin kita tdk akan pernah melakukan apapun. Isya Allah jd best seller. Lakukan yg terbaik selanjutnya biar tangan Allah yg menyelesaikan…

    Rindu: iya nih mas, waktunya melanjutkan cita cita menjadi penulis … insya ALLAH segera, agar semakin cepat bersedekah lewat hasil penjualan buku. Amin ya ALLAH, bawa saya bergerak menuju cita cita ini wahai Rabb :)

  21. Berraatt banget mengusir syaitonirrojim itu, di tengah malam saat magnet kasur menarik tubuh begitu kuatnya :( :(
    Aku masih harus terus berjuang nih :)

    Rindu: katanya ibadah itu awalnya emang harus di seret seret, harus dipaksa… sampai menjadi biasa :)

  22. =======
    Selama ALLAH ridho, Aa’ akan selalu ada, kan kita udah janji.. So, don’t worry.. I’ll never leave alone.. :-)
    =======

    Rindu: Liverpool mode ON … ah akhirnya masuk ke 4 besar juga, janji deh kalo pool menang lagi, Ade traktir nasi goreng tanpa kecap.

  23. Memberikan definisi batasan tentang hidup lebih mudah dari pada mati, dulu seseorang dianggap mati bila denyut nadinya telah berhenti, namun setelah detector denyut jantung di temukan seseorang dikatakan mati bila denyut jantungnya berhenti, dan sekarang seseorang dinyatakan meninggal bila setelah di detecsi dengan alat EEG(electroencephalogram) gelombang listrik otaknya datar/flat. Artinya telah terjadi pergeseran makna tentang kematian, mati adalah sebuah keniscayaan karena sitiap orang menyadari bahwa dirinya akan mati.

    Pada umumnya orang memandang kematian sebagai sesuatu yang menakutkan, namun di balik persepsi akan kengerian sebuah kematian begitu banyak kenikmat yang di tawarkan oleh kematian, mati yang berarti terlepasnya Roh manusia dari perangkap jasadnya, maka lenyaplah batasan2 yang bersifat lahiriyah, tak ada lagi konsep tentang kecantikan-ketampanan, haus-lapar, miskin-kaya, muda-tua, cacat-sempurna dsb. yang tersisa tinggalah kebagagiaan yang Khakiki/Sejati yang tak tersentuh oleh rasa sedih, yang tentunya akan di dapatkan bagi mereka semasa hidupnya berlinangkan KEBAIKAN serta bersandarkan pada Realitas yang SATU yaitu TUHAN Semest@ Alam.

    Alangkah INDAHNYA hidup kita, tatkala telah mampu memandang KEMATIAN dengan sebuah SENYUMAN!!! “SubhanaKa walaKal Hamdhu”

    Rindu: kalau untuk saya kematian tidak lagi menakutkan, justru itulah saat bertemu dengan orang orang yang saya cintai, Ibu, Buya dan pemilik napas saya pastinya :)

  24. betul mbak, tahajut juga jadi penguat kita disaat-saat menghadapi kesulitan..

    saya suka blog embak..he..banyak renungannya

    salam kenal dari Oyen

    Rindu: kalau suka, sering sering kesini yah … semoga ALLAH ridho :)

  25. attitude determine your altitude…harta karun terbesar adalah sesuatu yg tdk terlihat oleh mata namun ditemukan oleh hati. Biarkan misteri mengelana tanpa tersibak krn itu adalah inti keindahan sejati…

    Artikel2 Ade sejuk membumi tnp bermaksud menggurui. May I talk 2 u directly by email?

    Rindu: iya, saya memang tidak pernah bermaksud menggurui mas, karena saya bukan ahli dakwah, saya hanya sedang belajar dari kehidupan yang penuh hikmah ini. semoga ALLAH ridho

  26. setelah saya amati..

    Jgn menghitung (berbicara) berapa banyak ‘ibadah yg telah kita lakukan tapi hitunglah berapa banyak ni’mah yg ALLOH telah berikan kepada kita.. Mudah2an kita makin bertaqwa..

    Jika ingin mengajak orang lain ber’ibadah, tidak usah menceritakan ‘ibadah yang telah kita lakukan tetapi ceritakan ‘ibadah yang telah ROSUL lakukan.. Ayo kita qiyamullail.. Ayo kita sholat rawatib.. Ayo kita sholat dhuha.. Ayo kita sholat sunah yg lain.. Ayo tingkatkan ‘ibadah kita karena kita akan kembali kepadaNYA..

    Rindu: mas, saya bukan ahli dakwah yang bisa berceramah dengan mengajak orang untuk ini dan itu, saya hanya perempuan yang penuh khilaf yang sedang memperbaiki diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, dan blog ini adalah buku harian saya, saya menulis apa yang saya lakukan, bukan untuk mengobral kebaikan, doa saya hanya jika memang baik silahkan diikuti tanpa bermaksud mengajarkan, saya berdakwah melalui diri saya bukan teori. Terima kasih kritiknya dan saya sama sekali tidak mengharakan kritik yang menyudutkan, mas tidak datang ke kebun saya pun tidak masalah, karena ini saya memang bukan guru agama, seperti mas. BELAJAR bicara dengan hati bukan ……

  27. setelah saya amati.. ‘IBADAH yang iklash, jgn karena ingin dipuji orang, tawadu tante..

    Rindu: demi ALLAH, saya sama sekali tidak minta untuk dipuji, apa yang saya tulis adalah apa yang saya alami, sekali lagi blog ini adalah buku harian saya, jadi tidak terbersit sedikitpun keinginan saya untuk dipuji.

  28. Karena Akhir yang Indah…
    Perjalanannya begitu terjal
    dan berliku…

    Hanya beharap kepada RidhoNYA
    Bersandar dalam KetentuanNYA

    Insya Allah kita akan sampai…

    Rindu: iya mas, satu yang selalu saya ingat dari mas “De, kita hanya mampu berdiri digaris batas keinginan, selebihnya kita sangat tergantung dengan ALLAH” kalimat itu terngiang ngiang terus ditelinga Ade, semoga ALLAH ridho yah mas, makasih.

  29. Sekarang aja jam 1, tapi belom tidur.
    Duh…setan-2 di sekeliling Bendol neh
    Makasih mbak…

    Rindu: kalo jam 1 belum tidur terus ngapain? saya liat YM nya mas juga mati koq :)

  30. Salah satu anjuran dari ulama ketika muncul rasa malas beribadah dalam diri kita adalah dengan melakukan sedikit ibadah tapi rutin.

    Sedikit ibadah tapi rutin merupakan sebuah siasat agar tidak muncul rasa kebosanan/jenuh dalam diri kita. Efek lain yang akan muncul adalah jika sesuatu itu telah rutin dikerjakan maka akan muncul rasa kehilangan jika satu kali saja kita melewatkannya.

    Mulailah dengan sedikit beribadah tapi rutin, jika kemudian telah mantap dengan yang sedikit maka mulailah beranjak melakukannya lebih banyak dari sebelumnya. Lakukan ini secara bertahap karena sesungguhnya ada pembelajaran ketika kita melakukan ibadah sesuai dengan kemampuan kita.

    Saat ini mungkin kita masih jauh dalam soal shalat malam dibanding Rasulullah saw., para sahabat, para kekasih Allah atau para ulama tapi semoga dengan niat yang ikhlas, lurus serta mantap, kita mau belajar untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas shalat malam kita.

    Tak ada kata terlambat untuk memulai dan semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hamba ahli shalat malam sampai akhir hayat nanti.

    Allaahumma a’inna ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika. Allaahummarzuqnal ikhlaas wal istiqaamah wa hubballaah wa hubba man ahabbah wa hubbar rasuul wa hubba man ahabbah. Allaahummaj’al usratanaa min ahlil ‘ilmi wa ahlil khair balligh maqaashidanaa, Yaa Allah.

    Ya Allah, tolonglah kami agar mampu senantiasa mengingat-Mu, mensyukuri segala nikmat karunia-Mu, senantiasa meningkatkan intensitas ibadah kami kepada-Mu. Ya Allah, karunialiah kami hati yang ikhlas, istiqamah (konsisten), cinta Allah dan orang yang mencintai-Nya, cinta Rasulullah dan orang yang mencintai Rasul. Ya Allah, jadikanlah keluarga kami orang-orang yang berilmu dan beramal kebajikan, kabulkan segala maksud (baik) kami, Ya Allah.

    Rindu: yang penting rutin dan terus menerus ya mas, begitu pula cinta kita kepada ALLAH dan Rasul, rutin dan terus menerus, bukan hanya menenuimnya kala luka, bahkan ditempat keramaianpun kita ingat ALLAH … duh, gimana yah caranya agar bisa begini :)

  31. makasih ya tausiahnya neng,mbak,yayu,bibi,kaka,sister,ukhti….RINDU.

    cukuplah rasulullah Muhammad sebagai idola (tauladan kita). beliau yg jelas2 telah diampuni dosa yang lalu dan dosa yang akan datang dan jamin masuk surga aja masih melakukan sholat malam sampai kaki beliau bengkak-bengkak. Lalu bagaimana dg saya ya…???mbak rindu telah lama memulai….lalu bagaimana dg saya???gak mau kalah tentunya, insyaAllah. ya iyalah, masa mbak rindu bisa gua kok nggak. malam ini yg kata orang kulon “tonight” yes, tonight i wanna meet Allah. he he he sorry ya mbak rindu. bolehkan kita saingan…????

    Rindu: iya, mari berlomba lomba mendekatkan diri pada ALLAH, merangkak, berjalan dan berlari … disana ada ALLAH yang memiliki segalanya :)

  32. Assalamualaikum wr. wb.

    ” Jika engkau menunda – nunda untuk kembali dari kelalaian,dan membayangkan waktu masih panjang, bawalah ia secara paksa untuk mengingat tak ada ajal yang bisa diperkirakan”.

    dan kita akan tetap bertahan untuk berada disini bersama-sama, menarik dan mengangkat diri kita bersama – sama hingga kita semakin tinggi, lalu saling berpegangan tangan saat dihempas ujian dan fitnah, agar tidak jatuh. Jangan lupa Doa Rabitha

    Wassalam
    Keep Smiling for…..

    Rindu: iya, menunda adalah pekerjaan pemalas, dan ALLAH tidak menyukai orang orang yang malas :)

  33. smoga kita dijadikan golongan manusia yang tengkuk dan tubuhnynya dimudahkan untuk lepas dari empuknya bantal dan hangatnya selimut di buta dan dingginnya malam ya… its funny how the easiest way to access ‘light’ is by finding it inside the ‘dark’ (nice writing, i like it, light & soft but at the same time strong & powerful)

    Rindu: darkness, tahu gak kenapa saya memilih warna hitam untuk blog saya, karena didalam gelap semua jadi nampak jelas terlihat, finding the light inside the dark :)

  34. Assalamualaykum ukhty
    salam kenal salam ukhuwah

    artikel2 yang menumbuhkan,

    keep istiqamah :)
    aq jadi rindu sama rindu,,coz Allah surely :)
    nice get u…

    Rindu: nice to meet you too :)

  35. Assalamualaykum wrwb ukhty

    salam kenal salam ukhuwah,,
    senang menemukanmu ukhty…
    Artikel2 yg menumbuhkan,

    sungguh benih cinta yang indah diletakkan ALLAH dihatimu ukhtyfillah semoga istiqamah

    Can we talking personally anytime???

    Yup Keep istiqamah :)

    Rindu: iya, kita bisa kenalan dibelakang layar … :) add YM saya yah.

  36. =======
    Rekor pengunjung terbanyak blog ini sdh pecah hari Jum’at kemarin.. Hari Sabtu ini pun nampaknya akan melewati angka 1000 lagi..

    Tetap rendah hati ya Ade, gak boleh sombong meski pengunjung yg datang ke blog Ade makin banyak.
    Banyak atau sedikit pengunjung yg datang semoga gak mengubah ke-istiqomah-an Ade u/ terus menebar kebaikan dan menanam hikmah di kebun ini..

    I’m happy for you, Aa’ bangga sama Ade..
    Jaga kesehatan Ade yah, jangan kecapean..
    =======

    Rindu: iya, alhamduillah kemarin blog saya dikunjungi oleh hampir 1400 [seribu empat ratus] pengunjung, semoga saya tetap berada dibawah, dan semoga dari sekian pembaca bisa tercerahi untuk selalu dekat dengan pemilik napasnya, amin ya Rabb …. terima kasih ya Aa, sudah menjadi bagian dari blog ini.

  37. Nice info euy…
    Lanjut terus …
    Ditunggu posting selanjutnya…
    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya di blog ane…

    Rindu: makasih, insya ALLAH nanti kesana deh kalo ada yang gantiin jaga kebun saya

  38. Nggak mesti jam 2:30. Mulai dari jam 4 aja cukup kok (30 menit sebelum shubuh). Paling nggak bisa dapat 2 rakaat tahajud, 1 rakaat witir, dzikir dan berdoa. Plus dapat sholat shubuh tepat waktu dan berjama’ah. Udah lumayan juga segitu. Habis itu beraktifitas pagi tanpa ngantuk.

    Rindu: alhamdulillah kang Tara, mau kesini lagi … iya, jam berapa aja bisa sebelum subuh :) novel kita gimana kang? :)

  39. Menyapa sahabatku (Mbak Ade) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama,

    kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.

    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta
    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

    Rindu: kita kan jauh dimata dekat dihati kan :)

  40. Mbak Rindu………..Welcome back ….
    Aih,..senangnya melihat mbak rindu ‘berada di orbit’ yang sama [lagi]… :lol:

    Apa kabar, mbak rindu… ?

    Mbak…put selalu kebagian comment paling belakang, nih..he..he… *OOT dylu bentar, ya, mbak :D*

    Tahajud…
    Mudah2an Put juga bisa seperti mbak Rindu…Amin

    Rindu: I miss you too Syel, iya saya kembali mengudara :)

  41. Wah nyindir aku ya… Ya itulah tipu daya syetan. Pengennya shalat tahajud, malasnya minta ampun…! Ok thk baget atas tulisannya

    Rindu: iya, nyindir situ emang :)

  42. ass, sahabat hening ku …..

    sejak pertama berkunjung ke kebun hikmah milikmu aku hanya melihat-lihat dan mendengar gemercik air dan menyaksikan dedaunan nan hijau, tetesan embun yang menyejukkan dan dari kejauhan aku menyaksikan angasa putih berenang perlahan dan tenang di tengah danau.
    Sunggu indah, sejuk, dan tidak basah-basih ……….
    sahabat hening ku ………..

    mendengar cerita mu, tentang proses awal engkau berevolusi sungguh cerita yang menarik. Allah akan membuka hidayahnya kepada siapa yang Ia kehendaki. Jangan sia-siakan lagi! Sebuah pengalaman yang luar biasa dan mungkin tidak semua orang bisa mendapatkannya.
    Ukhti Filla …..terimaksih ya telah ingatin saya. Telah menyadarkan saya akan arti bahagia sejati yang dicari seluruh makhluk di bumi ini.

    Banyak temen kita yang salah dalam memahami ini. Banyak yang memahami kebahagiaan ada di mall yang ramai atau berkunjung ke tempat-tempat rekreasi seperti ancol, puncak atau ke anyer. Ya mungkin itu bahagia juga tapi ternyata semua itu bahagia yang semu. Kebahagiaan itu ternyata menedekat sedekat-dekatnya kepada Yang Maha Menatap kita dan memberi kita cahaya untuk melihat. Mendekat ketitik nol sehingga kita hilang dan fana didalam keberadaanya. Ya yeperti kata mu itu, kita ini debu ditengah semesta yang tiada bertepi ini. Bahagia itu selalu dekat kepada yang punya cinta itu sendiri. Bahagia itu menapaki jalan khulud dan memasuki alam ruh sehingga bertransformasi menuju cahaya.

    Ya Allah, terimakasih Engkau berikan aku sahabat yang mengingatkan aku dari perih dan luka. Ya Allah terimakasih Engkau telah utus Muhammad menunjukkan kami arti iman, islam dan tauhid.Terimakasih atas semua itu.

    Sekarang aku ingin pulang, menapaki jalan sunyi, jalan yang telah dilalui sahabat ku itu. Jalan sunyi yang indah dan hanya ingin bersama-Mu.
    Ya Rabb, dikeheningan ini Engkau menatapi aku, melihat-lihat aku yang ingin berproses menuju-Mu. Terimalah aku Ya Allah. Biarkan hening ini menjadi saksi betapa indahnya dekat dengan-Mu.

    Rindu: terima kasih atas nasehatnya yang panjang ya mas, semoga perjalanan ini mampu membuat akhir dari napas saya dan kita semua napas yang khusnul khatimah. amin ya ALLAH

  43. Subhanallah.. sudah lama gak baca tulisannya mbak.

    Yah.. masih mencoba seperti yang dimaksud :)

    Rindu: duh mas, kemana aja, pantes gak ada yang bantuin saya nyapu kebun :)

  44. Ma’af ya De Isti… Tulisan Ade ada yang kurang sempurna, tulisan tahlilnya harusnya LAA ILAHA ILLALLAH, kalo tulisan tahlilnya ade artinya apa ya

    Rindu: sudah saya betulkan mas, maaf yah suka lier karena nulisnya jelang subuh, jadi setengah ngantuk :)

  45. Posting tentang shalat tahajud, saya seringkali ingin menulis tentang itu tapi malu rasanya kepada Allah, karena saya belum bisa istiqomah menjalankannya. Kuakui betapa beratnya, dulu pernah ikut komunitas tahajud call tp tetep tdk bisa istiqomah.

    Rindu: wah saya baru tahu ada komunitas tahajud call … :)

  46. Kunjungan perdana langsung disuguhi pencerahan yg luar biasa, semoga tulisan ini akan semakin membuat kita dekat …dekat dan dekat … dengan Yang Maha Pengasih tapi tak pernah pilih kasih dan Yang Maha Penyayang tapi sayangnya tak berbilang … dan semoga bisa selalu mensyukuri segala kenikmatan yg telah diberikan kepada kita. dengan senantiasa bersembah sujud kepadaNya

    Rindu: amin ya ALLAH, semga awal kedatatangan ini menjadikan silaturahmi yang diridhoi ALLAH, agar kita sama sama mencium baunya surga :)

  47. Ass
    q sllu berdo’a .Mudahan dosa q d ampuni tuhan .K 2 orgx tua q .N umat q .

    Rindu: sekali lagi saya mohon, jika meninggalkan komen di blog saya, gunakan juga huruf vocal, karena tidak semua orang mengerti sedang kebun ini tempat berbagi, mohon lain kali JANGAN DISINGKAT :) makasih yah. saya gak ngerti isi komen ini.

  48. Denting 2;30′pagi ku rindu suara itu
    Denting 2;30′pagi ajakan untuk kaum kaum berselimut untuk menanggalkan pakaian hangatnya
    di Denting 2;30′pagi aku segerah bangun mengambil air wudluh,mensucikan diri,dan meraih cinta ILLAHI
    di Denting 2;30′pagi kuteringat sesosok perempuan pemilik kebun hikma yang telah menabur benih benih hikma bagi pengunjung kebunnya.
    Terimah kasih untuk mbak Rindu

    Rindu: alhamdulillah … kita janjian nanti malam ya sist, sms saya :)

  49. Komentnya …

    nice posting…

    Terkadang orang perlu cambuk dan bayak teguran… tuk bisa selalu taat dan RINDU pada sang KHOLIK… tuk bisa bersyukur atas kenikmatan yang selalu dia dapatkan…

    Jadi bagi yang sudah terbiasa tahajud… LANJUTKAN !!!

    Bagi yang belum… LEBIH CEPAT LEBIH BAIK… !!! melakukan shalat TAHAJUD…!!!

    Untuk diri kita dan keluarga kita dan juga bagi Umat (Rakyat)…

    Hehe… ^_^v

    Rindu: iya lebih cepat lebih baik, jangan di lanjutkan yang jahiliyah kemarin :)

  50. saya jadi malu, bangun tengah malem bukannya tahajud tapi mlototin layar laptop…
    makasih sudah diingetin….

    Rindu: ehm… saya juga sering gitu, tapi setelah tahajud :)

  51. setelah saya amati.. Sami’na waato’na, Ati’ulloh waati’urrosul.. jalani aja apa yang jadi perintahNYA.. Tawadu, ‘ibadah yg kita jalani jgn terlalu diekspost.. Biasa saja coz takut timbul riya dihati kita meski cuma sebesar biji jarroh.. Iman manusia kadang pasang surut.. Takutnya kita masuk dalam golongan ustadz/ah ZARKONI (ngajarin doang tapi tdk melakoni)

    Rindu: iya betul mas, dengar dan jalankan gak usah didebat :)

  52. like this.
    cap jempol.
    aku juga sering bangun malam..tapi bukan tahajud. Ngerjain ‘asongan’ De…

    Rindu: asongan apa sih, gimana kalo sebelum ngerjain asongan tahajud dulu mas? :)

  53. De, ada sebuah tanya, apakah tafsirmu atas rindu? Aku mencoba menari bersama kerinduan.

    Tarian Kerinduan

    Aku hanyalah kisah-kisah yang tak punya arti, penggalan mimpi yang tak memiliki saksi. Aku hanyalah waktu-waktu yang tak punya makna, sepotong usia yang tak punya kemudi. Aku hanyalah kenangan-kenangan yang tak punya pesona, ruang kosong yang yang hampir mati. :-?

    Rindu: pertanyaannya sudah saya jawab di blog mas yah :)

  54. Assalamualaikum wr. wb

    Rindu, jika bicara soal ibadah tidak akan pernah selesai, tapi ingat juga tiap insan punya kemampuan berbeda, jadi semua aktifitas ( ibadah ) harus disesuaikan jangan dipaksakan dan berlebihan ( Allah tidak menyukai yang berlebihan), yang penting ikhlas dan berkesinambungan. Allah menyukai yang terus menerus walau sedikit.

    ” Jangan takut akan kritik, karena itu akan membuatmu lebih baik “.
    Keep smiling for ….., Doanya selalu menyertaimu.

    Rindu: iya mas, saya mulai terbiasa dengan kritik sekarang, semoga semua karena sayang saya :)

  55. Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu
    Hingga tak ada sesuatu pun menggangguku
    Dalam jumpa-Mu

    Tuhanku, bintang-gemintang berkelap-kelip
    Manusia terlena dalam buai tidur lelap
    Pintu-pintu istana pun telah rapat tertutup

    Tuhanku, demikian malampun berlalu
    Dan inilah siang datang menjelang
    Aku menjadi resah gelisah
    Apakah persembahan malamku Kau terima
    Hingga aku berhak mereguk bahagia
    Ataukah itu Kau tolak,hingga aku dihimpit duka

    Demi kemahakuasaan-Mu
    Inilah yang akan selalu kulakukan
    Selama Kau beri aku kehidupan

    Demi kemanusiaan-Mu,
    Andai Kau usir aku dari pintu-Mu
    Aku tak akan pergi berlalu
    Karena cintaku pada-Mu sepenuh kalbu.

    Rabiah al Adawiyah

    Rindu: Again, Rabiah selalu membuat sungai di ujung mata saya jebol :)

    • Suatu kali dalam masa-masa keudzurannya, Rabi’ah Al Adawiyyah, seorang sufi kenamaan tak lagi kuat berlama-lama melaksanakan shalat tahajjud. Adakalanya iapun melewatkan shalat malam karena keudzurannya. Demi mengganti pahala shalat malamnya, ia menamatkan satu juz Qur’an sebelum tidur. Karena, menurut hemat Rabi’ah, pahala membaca satu juz Al Qur’an sama dengan melakukan shalat sepanjang malam.

      Lama Rabi’ah melaksanakan kebiasaan itu. Sampai suatu malam, Rabi’ah bermimpi dalam tidurnya. Dalam mimpinya itu, ia seolah-olah berada diantara taman yang luas, teramat luas, dengan pepohonan hijau yang asri tumbuh disekelilingnya. Diatas tanah yang subur itu, Rabi’ah menyaksikan, sebuah Istana megah berdiri diantara hamparan hijau dan bunga-bunga aneka warna.

      Ketika ia sedang asyik menikmati pemandangan sekitar, tiba-tiba Rabi’ah melihat seorang anak kecil tengah mengejar burung hijau yang terbang diatas kepala, sambil berteriak-teriak alangkah gembiranya.

      Rabi’ah lalu menegur anak itu, “Untuk apa engkau tangkap burung itu ? Demi Allah, aku belum pernah melihat burung secantik itu. Biarkan ia terbang kemana ia suka.”
      “Ya. Benar juga kata-kata ibu,”jawab gadis cilik itu.

      Gadis cilik itu lalu datang menghampiri Rabi’ah dan menggamit tangannya. Penuh keceriaan, Rabi’ah dan gadis cilik itu berjalan mengitari halaman, sehingga mereka sampai di pintu istana yang alangkah megah, kukuh dan cantiknya. Sambil mengetuk pintu, anak itu berkata: “Tolong bukakan pintu untuk kami !”
      Pintu istana itu lalu terkuak lebar. Dari dalam pintu itu terpancar cahaya yang amat terang, sehingga menerangi sekeliling kami.
      “Masuklah, Bu. Mari ikut sini.” Anak itu menggamit lengan Rabi’ah, dan Rabi’ahpun mengikuti gadis cilik itu.

      Benar dugaan Rabi’ah, dalam istana itu disaksikannya benda-benda serba indah, dengan bangunan dan tempat-tempat cengkerama yang begitu tertata, mewah dan asri.
      Bersama anak itu, Rabi’ah kembali mengelilingi ruangan istana dan tak habis-habis dari mengaguminya. Sedang asyiknya Rabi’ah mengamati keadaan sekeliling, dengan tiba-tiba pintu yang menjurus kearah taman terbuka. Lagi-lagi gadis kecil itu mengajaknya, untuk kembali berhandai-handai di keluasan taman istana.
      Dalam kursi-kursi berukir emas yang tersedia didalam taman, tampak para pelayan yang wajahnya cantik mempesona, tak ada bandingannya diantara wanita yang tinggal di muka bumi. Mereka cantik seperti mutiara berseri-seri, seperti hendak bepergian, sedang di tangan mereka tergenggam berbotol-botol wewangian.
      Gadis kecil itu bertanya kepada mereka, “Bibi-bibi ini hendak pergi ke mana?”

      Salah seorang dari pelayan istana itu menjawab : “Kami hendak pergi menemui seseorang yang terbunuh dalam pertempuran laut. Orang itu telah mati dalam keadaan syahid.
      Anak itu lalu bertanya lagi : “Tidakkah kalian ingin memberi wewangian kepada perempuan ini?”,seraya menunjuk ke arah Rabi’ah.
      “Ia sudah mendapat wewangian, tetapi ia sendiri yang tidak mau memakainya.�ujar pelayan istana bermata jeli yang sudah bersiap-siap untuk pergi.
      Sejurus kemudian gadis kecil itu melepaskan genggaman tangannya dari Rabi’ah. Dan seketika itu, Rabi’ahpun terjaga dari tidur malamnya.

      Sambil menopang tubuh rentanya, kulit tipisnya yang sudah tak kuat menahan dingin malam itu, Rabi’ah pergi mengambil air wudlu. Berkali-kali Rabi’ah melafadzkan istighfar dan kemudian menunaikan shalat malam dalam suasana hati penuh sesal dan haru. Hingga akhir hayatnya Rabi’ah Al Adawiyyah menyesali, bahwasanya ia pernah melalaikan shalat malam. Maka semenjak mimpinya itu Rabi’ahpun selalu terjaga dan beribadah di tengah malam.

      Rindu: subhanallah, terima kasih dari hati saya yang paling dalam ya mas … Rabiah adalah idola saya sejak kecil, dan saya ingin menjadi “seperti beliau diabad modern” :)

      • di edit ya tulisannya biar lebih rapi. bagus deh.. good job.

        Aku adalah hujan..
        Turunku bersama sepi
        Panjang merintik dengan cinta

        Aku adalah hujan..
        Anak awan yang tak berlisan
        Megah dengan kabut
        Merona dengan dingin

        Aku adalah hujan..
        Indah di hantar pelangi saat kembali di ujung waktu

        Rindu: iya saya rapikan agar pembaca lain suka membacanya… nanti yah saya baru nulis tentang hujan :) tunggu aja.

        • idih pede amat.. siapa yg nunggu tulisannya lagi coba. :P

          Rindu: iya gak nunggu juga gak apa apa mas :P tapi saya akan tetap menulis

  56. saya juga pengennya gitu De,,
    tapi kenapa kok tubuh terasa manja banget
    like a baby…
    harusnya gak boleh seperti ini..
    saya tahu ada yg salah dengan cara pandangku..
    dan aku ingin mengubahnya..
    dengan paksaaan n ikhlas..
    ah seandainya bisa..

    Rindu: bisa koq, pasti bisa, sekali lagi masalahnya mau gak? bukan gak bisa … :)

  57. semoga malam yg indah nanti malam juga bisa menemuiku spy aku bisa bersimpuh kepadaNya..amin!

    Rindu: insya ALLAH bisa, kita semua pasti bisa … hanya masalahnya mau gak? :) beda loh gak mau sama gak bisa.

  58. subhanallah
    tulisan yg bisa menginspirasi tanpa harus menggurui. sukran ya telah diingatkan

    Rindu: makasih yah sudah mau membaca tulisan saya yang sederhana ini :)

  59. Subhanallah…. pembeajaran yg bagus… sy masih sering bangun malam tapi cuma buang air kecil… :(

    Rindu: mulai malam ini habis buang yang kecil kecil tadi, ambul wudhu dan ambil cinta ALLAH yang lebih besar dari apapun juga, janji !!

  60. salud dech jam 2 gitu bangun saya jam 6 ajah kalau gak wajib berat banget boro2 sunah hikz hikz jadi maluuu

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya

    Rindu: pasang alarm dong … insya ALLAH nanti kalau kebun saya ada yang jagak, saya kesana deh :)

  61. *menyendiri di sudut kebun* memandang indahnya Quran bertabur mawar …

    Alangkah indahnya hati yang selalu dipenuhi senandung RINDU akan perjumpaan dengan ALLAH …

    Sungguh akan menjadi sebuah Akhir Yang Terindah .. jika nanti ALLAH menyambut diri ini dengan senyuman-NYA.

    Insya ALLAH. Berikan kekuatan kepada kami Yaa ALLAH, Agar bisa membedakan mana yang Haq dan mana yang Bathil. Berikan kami keteguhan hati Yaa ALLAH, agar kami selalu melihat ENGKAU sebagai tujuan akhir hidup kami …

    Rindu: berbuat kebaikan sebanyak banyakanya dan buat tapak tapak yang indah mas, agar kita berpulang dengan penuh kasih sayangnya, amin ya ALLAH.

  62. Indahnya bila rasa itu telah mengenalNya… Indahnya ketika hati itu telah dipenuhi oleh cintaNya.. Indahnya jika jiwa ini..benar2 telah menjadi milikNya…

    Rindu: semua indah ketika ALLAH menjadi awal dan akhir dari hidup ini, semoga beginilah selalu kita bernapas.

  63. tulisan sampeyan selalu inspiratif mbak. mak jleb tenan mengingat saya lebih sering masang alarm untuk hal-hal keduniawian

    Rindu: “mak jleb” itu artinya apa mas? :)

  64. “Jadi, ketika saya terbiasa mengakhiri hari dengan cinta ALLAH maka dijamin akhir dari napas saya akan sangat indah, berpulang dengan panggilan terindah…”

    Insya Allah begitu.. :) Hanya kepada Allah tempat meminta pertolongan :)

    Rindu: iya, hanya kepada ALLAH tempat meminta :)

  65. Yup . . . butuh Azzam yang sangat kuat untuk bisa qiyam dimalam hari
    shalat dan bermunajad karena cinta kita kepada Rabbul izzati

    Rindu: setelah sekian tahun menunggu komen dari pemilik blog no 1 di BOTD, akhirnya datang juga mas Taufik, makasih ya mas :)

  66. Assalamualaikum .. de

    Saya biasa setting Alarm di HP jam 2.30 bagi saya itu waktu yang pas, untuk saya melakukan tahajud.

    kalau bangun jam 02.30 biasanya saya tidur lebih awal, hehehe takut kebablasan. tapi kalau sudah niat dengan alarm atau tanpa alarm akan bangun dengan sendirinya kok. Semua Allah yang mengatur :)

    Rindu: iya betul mas, alarm hanya sarana, ketika kita terbiasa maka ALLAH yang akan membangunkan kita bukan alarm tadi.

  67. Assalamu’alaika warahmatullah wa barakatu
    Ehhm… Subhanallah … bening.. Thanks atas Share yang makin mencerahkan dan semoga engkau semakin dalam naungan dan Ridho-Nya.. Amiin

    Rindu: waallaikum salah warahmtullah, amin atas doanya yang indah ya mas :)

  68. Assalamu ‘alaikum Warohmatullah Wabarokatuh Ade Meutia

    Hanya ingin menambahkan sedikit dari Hadist riwayat Abdullah bin Masud ra., ia berkata:
    Dilaporkan kepada Rasulullah SAW. tentang seorang yang tidur pada malam hari sampai pagi. Beliau bersabda: Orang itu telah dikencingi setan kedua telinganya

    Nomor hadist dalam kitab Sahih Muslim [versi Bahasa Arab]: 1293

    Ya ALLAH jagalah telinga hatiku agar dapat selalu mendengar panggilan CintaMU. Amin Ya Robbal’alamin

    Damainya Kesunyian Menggetarkan Qalbuku

    Wssalamu ‘alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Rindu: mungkin ketika kita malas bangun untuk tahajud, setan bukan hanya membisikan lembut tapi juga meludahi mata kita agar tertutup, nauzubillahimindzalik :(

  69. Hai Jeng Rindu..saya mau berbagi.

    Jadi ceritanya, dulu saya nggak pernah tahajud, soalnya buat saya, daripada bangun malem kan mendingan tidur, iya toh?

    Tapi seorang teman ngajakin saya tahajud. Dan saya menyanggupinya cuman buat iseng-iseng berhadiah. Maksud saya, bangun bentar juga nggak apa-apa kok, toh saya ini orangnya kebluk, nanti juga setelah dua rakaat pasti ketiduran lagi. Syukur-syukur dapet pahala.

    Tapi ternyata, saya bisa melakukannya dengan mudah. Malam-malam pertama memang malasnya setengah mati, tapi sesudahnya terbiasa. Setiap malam, sekarang, seolah-olah saya bangun beberapa menit sebelum alarm tahajud saya berbunyi.

    Dan tahajud itu bukan buat minta jodoh. Tapi buat minta suami.. Hahaha, sama aja yah?

    Nggak lah, saya becanda. Saya tahajud karena buat menyenangkan Tuhan. Tuhan kan sudah menyenangkan kita 24 jam sehari, kalau kita menyenangkan dia lima menit pada waktu dini hari juga nggak ada ruginya, hehehe..

    Rindu: ketika ALLAH ridho maka indahlah hidup … buatlah ALLAH bangga memiliki hamba yang terus2an menggapai cintanya, mengemis kasihnya, ah terharu saya sist :)

  70. Salam kenal De,

    Assa. Wr Wb. aku baru kali ini komentar di Blog ini. Kemarin sewaktu menemukan Blog ini saya sempat takjub, karena dengan Blog yang sederhana ini mempunyai rangkin yang tinggi di Google & Alexa serta punya banyak pembaca dari berbagai negara. Dan setelah membaca isi blog isinya sangat menyejukkan, kalem, lembut, yang mencerminkan hati si penulis, I Love this Blog.

    Oh Ya kalo menenai bangun pukul 02.30 pagi aku sudah jadikan kebiasaan, cuma sholat Tahajutnya belum, kadang saja..:-). karena waktu jam segitu enak sekali untuk belajar, makanya aku tidak pernah tidur larut, pukul 21.00 dah off…pukul 02.30 bangun, tidur 5,5 jam sehari cukuplah..Margaret Theacher sehari tidur hanya 4 jam sehari… Semua orang diberi waktu 24 jam sehari, semua sama. tapi orang yang berhasil adalah orang yang paling banyak memanfaatkan waktunya untuk kegiantan yang bermanfaat. Wassalam.

    Rindu: jadi bangun tapi gak tahajud ya mas, gimana sebelum belajar shalat dulu mulai malam ini, jadi belajarnya ditemani oleh ALLAH, hasilnya pasti luar biasa :) berani nyoba?

  71. subhanalloh….
    akan bisa jadi indah kalau saya bisa bangun jam segitu….:) terus melaksanakan tahajud….allohhu akbar..

    Rindu: semua pasti bisa mas, hanya setan kan emang adanya di balik selimu :) musuh dalam selimut !!

  72. Assalamu ‘alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

    Selamat pagi ‘De…baru tau ternyata sudah mulai aktif ngeblog lagi ya ? :)

    Rindu: waallaikum salam warahmatullah, iya kemana aja sih :)

  73. 1/3 malam yang akhir, waktu yg diistimewakan Allah teruntuk hamba2Nya.
    Ada rasa damai di pagi hari tatkala kita melaksanakannya,
    meski hanya 2 rakaat saja, dan Allah melimpahkan rasa itu sehingga hari penuh 24 jam.
    Dan pahala/balasan Alloh di akhirat, jauh lebih baik dari itu semua (selimut,
    rasa nyaman dalam tidur dll)

    “tahajud cinta seorang hamba” sepertinya itu rangkaian kata Emha Ainun Najib, afwan ya…

    Rindu: iya, TAHAJUD CINTA tepatnya … bukan karena ingin ini dan itu, hanya mengharap cinta ALLAH.

  74. Dapat penyegaran lagi dari mba ade…pesannya mba kembali menyadarkan saya yang selama ini lalai!!!

    Rindu: alhamdullah, Mila sering sering kesini yah … :)

  75. sy sbtlny gk pnts msk k kbn ini,krn sholat aja msh bolong2…

    Rindu: mas, kalo boleh saya minta, komen di kebun saya gunakan huruf vokal, jangan di singkat singat begini, karena inti dari komen adalah berbagi, dan gak semua mengerti singkatan, terutama saya :(

  76. jazakallah, pesannya sampai, buat saya yang telah lama lunglai, berjelaga di tepian asa, semoga bisa kembali membasuh wajah tatkala malam di sepertiganya, dan semoga tidak demi jodoh semata, tapi demi justru merindu, kembali kepadaNya, amin, doakan saya, tolong semuanya, doakan saya, saya juga mendoakan sahabat rindu semua, semoga kita dilimpahi berkah-Nya, cinta-Nya, rahmat, petunjuk, hidayah-Nya senantiasa dalam lindungan-Nya… amin.

    Rindu: jadi setiap habis tahajud tambahan doainya gini mas “ya ALLAH setelah malam ini, biarkan malam malam lain menjadi pertemuan jiwa saya dan jiwa jiwa hamba2MU di kebun Ade” amin ya Rabb, ya nurul qolbu.

  77. Ya mba rindu keindahan yang paling indah itu bila kita selalu dekat dengan kekasih sejati kita……

    Kita sering terkecoh oleh bisikan-bisikan palsu yang membutakan matahati kita padahal semu dan menipu. Bait-bait yang mba tulis itu adalah hakekat yang seharusnya kita sadari dari saat ke saat dari tiap-tiap tarikan nafas kita. Ah, lemahnya kita mbah …. Kiranya dengan tawasaubilhaq seperti ini akan mengantarkan kita pada sebuah akhir yang indah. Menuju kepada jiwa yang tenang …. sehingga kita redha dan Allah pun meredhai …..

    Rindu: ketika ALLAH menjadi tujuan akhir dari cerita hidup ini, mustinya kita menyiapkan bekal untuk pulang dari sejak sekarang, sungguh kita berpacu dengan maut, jadi akhiri hari dengan indah dan akhiri napas dengan yang terindah.

  78. Sudah sering setting alarm 2.30 bangun sih tapi tidur lagi [Alm. mbah Surip] :-)
    Tekat kuat nanti malam harus bangun… !!!

    Rindu: kalau gitu alarmnya dipasang jam 2:30 terus diulang setiap 10 menit kan berisik tuh … *maksa*

  79. Ya Allah, ENGKAU ilhamkan apa ke Jiwa Wanita yang satu ini…, semoga ENGKAU ilhamkan juga ke Putri-Putri kami, insya Allah…

    Rindu: *tersipu malu* saya hanya perempuan yang penuh khilaf dan mencoba mencari ampunan dengan mendekatkan diri kepada pemilik ampunan mas, hanya itu.

  80. HHmm…Kadang2, selimut itu masih sangat hangat Mbak…
    Tanda kecintaan ini belum murni kepada-Nya :(

    Rindu: kalau masih lebih suka selimut daripada sajadah, yah itu tadi, cinta ke selimut kan gak ada pahalanya, cinta sajadah, balasannya cinta dari sang maha pemilik cinta, ALLLAH

  81. insyaAllah, kita sama sama mendekat ke Allah yah. kenapa yah di tiap tulisan mbak rindu islam terlihat begitu indah.subhanallah…. semoga menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kelak di akherat, Amiin.

    jadi pengen buanget mbaca tulisan tentang “kebangkitan ummat” hasil dari ketikan tangan mbaknya. mungkin islam karena media terlihat begitu keras, namun bada kali yah kalo yg nulis mbak rindu. thank kyu… see you

    wassalamualaikum

    Rindu: islam itu memang indah dan mudah mas, manusianya aja yang sok sok sibuk jadi semuanya dibinikin ribet, padahal as simple as that loh :)

  82. Assalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Memang kita senantiasa perlu selalu mewaspadai diri sendiri agar dapat tetap tegak dalam kecintaan kita kepadaNYA.

    Maaf nih jeng, tanpa maksud mengurangi kandungan maksud pokok tulisan ini yah, “Yang Maha Halus” itu apa bukan salah satu namaNYA?

    Wassalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Rindu: makasih kritiknya mas [as always] sudah saya revisi yah … kemarin memang ketika mas komen, saya belum selesai ngecek tulisan lagi :)

    • Alhamdulilaah,
      Yarhamukilaah…

      Kebenaran hanyalah dariNYA, untuk merawat kemanfaatan dan keindahan karuniaNYA.
      Bukankah engkau adalah salah satu karuniaNYA juga?

      Alhamdulilaahi Robbil ‘alamin.

      *bisik-bisik* (agak ke bawah sana ada lagi yang bertanya loh)

      Rindu: bisik bisik juga *yang dibawah sudah saya betulkan juga mas, karena saya manusia tempatnya khilaf* :)

  83. Amin ya Allah..

    Subhanallah..
    Pagi-Pagi gini dapat siraman Rohani dari Ade bikin hati terasa begitu sejuk..

    Alhamdulillah..

    Rindu: duh seneng banget pagi pagi ada yang tercerahkan dengan tulisan yang sederhana ini :)

    • Kenikmatan dalam Berdoa tak akan bs tergantikan oleh segala Hal.

      Bahkan Waktu Sholat Para Shahabat Berkata, Bahwasannya ini adalah waktu Istirahat kita dari dunia yg fana

      Berbeda dengan kita Istirahat malah mojok ama Pacar”nya (kecuali saya yg masih single) wekekekkeke

    • Manusia memang terus diganggu oleh kelalaian dan kesalahan. Kita berlindung kepada ALLAH dari keburukan diri-diri kita dan dari kejahatan perbuatan-perbuatan kita.

      Pernah dengar kalau kita terbiasa tahajud kemudian suatu malam terlewat, maka esoknya saat dhuha, kita dapat menggantinya dengan rokaat yg sesuai. Jika biasa 11 rokaat maka kita ganti 12 rokaat. Karena witir itu di malam hari. Dan kalau kita lelah atau khawatir tak bangun, kita bisa witir dulu 3 rokaat atau 1 rokaat di malam hari. wallaahu a’lam.

      Memang indah malam-malam bersama ALLAH, saat Dia turun ke langit dunia di 1/3 akhir malam. Dan Dia selalu menerima hamba-hamba-Nya yang memohon ampun atas kesalahannya di siang hari. Dan ketika siang pun Dia menerima hamba-hamba-Nya yang memohon ampun atas kesalahannya di malam hari.

      Rindu: dan doa di 1/3 malam pasti diqobul, karena ALLAH malu untuk tidak mengabulkan … ALLAH tidak pernah ingkar janji.

      • sungguh Allah telah menganugerahi penulis blog ini dengan teman-teman yang begitu santun dan yang tulisannya penuh hikmah

        Ya Allah mudahkanlah semua urusan teman-teamn yang menulis komentar dan terutama penulis blog ini
        amin

        salam

    • Sholat Malam itu salah satu ciri dari Hamba-hamba ALLAH Yang Maha Penyayang.

      63. Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

      64. Dan orang yang melalui MALAM hari dengan berSUJUD dan BERDIRI untuk Tuhan mereka[1072].

      [1072]. Maksudnya orang-orang yang SHOLAT TAHAJJUD di malam hari semata-mata karena Allah.

      65. Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, …”

      71. Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka Sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

      ….

      75. Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,

      76. mereka kekal di dalamnya. Syurga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman.

      [25. Al Furqaan]

      Rindu: semoga dengan memaksa diri untuk qiyamul lail, merangkak berdiri dan berlari mengejar cinta ALLAH, maka ALLAH akan mencintai kita setiap hari bertambah rasa itu, ah indahnya malam malam bersamaNYA :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s