Dalam Keheningan Malam, Saya Mengetik

De, mustinya judulnya “Dalam Keheningan Malam, Saya Menulis” protes hati nurani saya, tapi saya tidak ingin tulisan ini dikatakan tulisan karena malam ini saya hanya ingin mengetik, iya memainkan jari jemari lentik saya yang berjumlah sepuluh ini di atas tuts hitam notebook saya, mari kita lihat ketika seorang saya kehilangan ide untuk membagi hikmah dikebun sendiri, hahahhaha :) iya sudah dua hari ini saya kehilangan ide untuk menulis, “gawat nih, tanda tanda patah hati nih De”, biarlah begini adanya :) hahaha !! sekali lagi hati nurani saya protes, hati nurani saya emang suka sekali protes, dan malam ini saya luangkan waktu untuk berdialog dengan hati nurani saya tentang hidup, asik. :)

Dalam keheningan malam, saya mengetik :)De, pernah gak merasa bahwa hidup ini seperti menonton tayangan televisi, yang setiap saat kita disuguhi berbagai cerita?” iya cerita orang orang disekitar kita, coba perhatikan deh, mungkin ada betulnya juga bahwa hidup adalah menonton TV :) berbagai cerita menjadi tontonan saya, ada sahabat saya yang akan menikah dua minggu dan kandas, ada sahabat saya yang mengaku laki laki tapi pengen bunuh diri karena sudah mencapai level mapan dan memiliki segala galanya kemudian bosan dan pengen mati :) sementara di dharmais sana, ada sahabat saya yang sedang berjuang mati matian untuk tetap bisa hidup, ada sahabat yang sibuk mencintai dan berbunga bunga sampai lupa mana yang benar dan mana yang salah, cintanya buta tapi semoga gak bikin dia tuli :) ada seorang perempuan yang tiba tiba datang kepada saya dan protes kepada ALLAH katanya “gue udah berbuat baik kenapa ALLAH gak nolong gue De” loh ibadah koq berharap imbalan sih? emangNYA kita siapa berani beraninya protes.. ah inilah dunia, sebuah TV dihadapan saya :) dan semoga saya mampu belajar dari hidup mereka untuk mengisi dan menyempurnakan hidup saya sendiri, amin ya bashir :)

Dalam keheningan malam saya mengetik :)jadi hidup itu apa dong De?” hidup ini napas kali yah? apa iya secetek itu? saya mulai merenung ucapan seorang dokter yang mengatakan bahwa ginjal saya bocor, bahwa darah saya mengalami kelainan jadi siap siap mati deh, makan yang enak enak dan pacaran sepuasnya, kenyataan hingga detik ini saya masih bernapas, masih hidup, sehat dan gak bisa sepuasnya pacaran :) artinya hidup itu bukan hanya napas, karena napas tak akan bermanfaat sama sekali ketika kita hanya sibuk dengan kuliah, dengan kerja, dengan apa yang ada ditangan saja, sibuk dengan diri sendiri pokoknya, apa ini yang dinamakan hidup? gak ah !!

Karena hidup adalah mengejar mimpi, kata Andrea Hirata “Orang seperti kita tak punya apa-apa kecuali semangat dan mimpi-mimpi, dan kita akan bertempur habis-habisan demi mimpi-mimpi itu!” teriak Arai pada Ikal, dalam buku Sang Pemimpinya Andrea Hirata. Buku-buku Andrea Hirata benar-benar menyihir saya untuk mewujudkan mimpi mimpi seperti halnya buku-buku Paulo Coelho dan Mitch Albom. Ooppss tapi sudah berapa kali saya bermimpi dan menuliskan mimpi saya tapi tidak terjadi tuh dalam hidup saya, jadi hidup bukan mimpi dong De? :) tapi mewujudkan mimpi itu, itu hidup, proses mengejar mimpi menjadi kenyataan itu hidup De, teriak hati nurani saya :)

Dalam keheningan malam, saya mengetik :) ada yang bilang bahwa hidup ini adalah cinta karena kita terlahir dari cinta, dan saya ternyata termasuk perempuan yang tidak mampu mengartikan cinta karena bicara cinta maka saya harus memasuki suatu ruang bernama hati, ranah rasa dan jujur saya agaknya hanya punya satu cinta itu sudah diparkir disatu tempat yang didalamnya adalah SETIA, haih :) iya, jangan tanyakan pada saya apa itu cinta karena buat saya cinta itu MENAKUTKAN, hahahah… maksud saya cinta itu indah tapi menakutkan gitu loh :) sip !!

Lalu katakanlah bahwa hidup ini adalah menghargai orang lain dan malam ini saya merenung “sudahkah saya menghargai sekecil apapun pemberian dan kehadiran para figuran dalam hidup saya” iya, terkadang MUNGKIN saya suka menganggap sepele atau rendah orang lain yang mungkin lebih rendah secara konstruksi sosial, seperti tukang sapu fakultas, tukang parkir sebuah rumah makan, Ibu penjaga perpustakaan, pengamen di warung roti Edi yang selalu memainkan lagu The Beatles dengan nada sumbangnya, bapak yang melayanisaya ketika mengisi bensin, mas yang berjualan siomay di depan masjid At Taqwa, saya lupa bahkan tak pernah mengucapkan terima kasih. Padahal, apa susahnya untuk mengucapkan terima kasih? Akh, saya baru sadar kalau saya lebih sering lupa mengucapkan terima kasih pada mereka. Padahal mereka bagian dalam drama hidup kita. Sekalipun hanya peran figuran semata, tetapi tetaplah penting kehadirannya, coba kalo gak ada mereka :) inilah arti HIDUP, ketika kita bersosialisasi dengan para figuran hidup kita, so be nice people De :) jangan suka judes, perbanyak senyum karena senyum itu ibadah, ah sekali lagi hati nurani saya menggurui saya.

Dalam keheningan malam, saya mengetik :) rasanya ketikan ini harus berhenti sampai disini, karena malam sudah berangsur menjadi pagi,  saat kelamnya malam pudar oleh cahaya matahari yang menaik perlahan, ALLAH telah mengganti malam berganti siang dan siang berganti malam menunjukan bahwa hidup harus berlanjut tanpa perlu bertanya hidup ini apa, hari ini masih dititipi napas artinya masih ada mimpi yang harus diwujudkan, artinya masih ada orang orang terluka yang bisa kita sembuhkan dengan senyum kita, masih harus menjemput rejeki dan begitu seterusnya  :)

“Hidup ini ada yang mengatur De, ALLAH yang mengatur segalanya, manusia hanya perlu jalankan perintahNYA dan jauhi laranganNYA” ah as simpel as that itu loh hidup sebenarnya :) ketika kita mampu menggapai cinta ALLAH, maka kebutuhan sekunder lain seperti rejeki, cinta, napas, kesehatan ALLAH yang mengatur …

iya as simple as that for being a human :) “mulai gak nyambung nih De tulisannya, bobo gih… :) ” jadi, HIDUP INI APA DONG? … ” loh, masih belum jelas De? :) hati nurani saya kembali teriak !!

 

 

About these ads

69 thoughts on “Dalam Keheningan Malam, Saya Mengetik

  1. assalamualaikum… teruskan menanam dan menuai buah-buah kesejahteraan di kebun ini untuk diri anda dan orang-orang di sekeliling anda…

    Rindu: waallaikum salam warahmatullah, insya ALLAH saya kan selalu ada disini mas, meski carut marut dunia bak ombak kadang menghempaskan saya, cacian yang tak sedikit dari mereka yang tidak mengenal Ade, bahkan tamparan keras dan suara binatangpun ada untuk Ade, tapi insya ALLAH saya kuat, kan ada ALLAH, kenapa harus takut dong :)

  2. assalamualaikum… teruskan menanam dam menuai buah-buah kesejahteraan di kebun ini untuk diri anda dan orang-orang di sekeliling anda…

    Rindu: waallaikum salam, insya ALLAH saya kan terus mengurus kebun ini hingga waktu saya habis :) doakan saya mampu.

  3. Rindu: hanya bilik bambu pagar rumah kita, tanpa hiasan tanpa anyelir :)tahu lagu itu gak mas? itu rumah saya !!

    hahaha…itu lagu masih ada??!! :P

    Rindu: direlease ulang kayanya mas :P

  4. :)…
    ini dari ceramah jumat kemarin yang saya dengar :) ,kata ALLAH SWT ” tidak Ku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada KU”. sudah di jawab kok oleh “Sang Pencipta sekaligus Sang Pemilik”.
    kita dihadirkan didunia (hidup) ya untuk beribadah, apapun yang dilakukan(hidup atau aktifitas) hanya untuk beribadah (jadi niatnya dulu) :)..

    tapi ada hal lain dari “turunan” beribadah yaitu “memegang” amanah dari Allah SWT. walaupun Allah SWT tahu kita tidak akan sempurna “memegang” amanah itu. yang berupa kesucian (karena kita terlahir sucikan :) ) Tapi, Allah Maha Pemaaf.
    Dalam hidup, kita selalu diberikan amanah oleh Allah, baik yang kita sadari ataupun yang kita tidak sadari (ada petunjuknya kok… :) (pasti tahu)
    dan Allah Maha Pemberi Petunjuk.
    “Iqro(Bacalah)” panduannya untuk hidup… :)

    Ya Allah sayangi hambamu ini untuk selalu beribadah kepadaMU. dan janganlah Kami termasuk hamba2Mu yang melampaui batas….

    Rindu: hidup adalah pindah dari satu waktu shalat ke waktu shalat yang lain … :)

  5. salam kenal de,

    kita mengetahui kenikmatan hidup kadang saat melihat teman atau saudara dekat kita meninggal. manusia banyak lupanya, memang itu harus diakui. renungan kegelisahan di tengah malam menjadi sebuah pertanyaan mengenai semua misteri-misteri yang belum terpecahkan selama ini termasuk the meaning of life. hemat saya, hidup belum tentu hidup karena manusia mati pun terus akan hidup dengan segala kelebihannya.
    Thanks before

    Rindu: bikin hidup lebih hidup … kaya iklan rokok yah intinya :)

  6. Hidup,
    sungguh sarat akan tanya,
    begitupun cinta…,
    ahk.., misteri. . .
    Memahami hidup, bukan hanya di atas sebuah pemikiran. Banyak karakter yang berusaha memahami, dan faham setiap karakter selalu berbeda,
    Allah….

    milikMu segala semesta.
    milikMu semesta rahasia.
    Dan, ketika DIA tidak mengijinkan membuka tabir rahasiaNya maka biarlah rahasia tetap menjadi “RAHASIA” karena, itulah hak mutlak sang MAHA RAHASIA. . . . .

    Rindu: iya, hidup adalah mistery or misery … yang pasti ALLAH bernjanji untuk bersama orang orang yang sabar, orang orang sabar pasti mengerti rahasia ALLAH, dan ALLAH tidak pernah ingkar janji, jadi rahasia apapun dalam hidup ini, hasilnya tetap sama buat orang orang yang sabar yaitu RIDHO … ketika kita ridho akan takdir ALLAH maka everything gonna be alright, setuju? :)

  7. saya ga bisa ngetik..ajarin dunk, sekalian ajarin bikin bahasa yg enak di baca..hehehe

    salm,

    Rindu: waduh … saya juga masih belajar ngetik mas :)

  8. kata lagunya Mbah surip ; bahwa “Dunia ini panggung sandiwara” :lol:

    Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    salam ^_^

    Rindu: kalau gitu tulisan ini dilombain yah mas, dan harus menang yah, kalo engga ngambek deh Ade :)

  9. kalo udah cape’, tinggal istirahat, tidur di malam hari, dan bangun pada keesokan nya. dengan tetap terus melangkah maju. ^_^ :-D

    Rindu: Life goes ON :) no matter how

  10. mmmmhhh..
    keheningan malam…
    boleh tukerlink gak…

    Rindu: saya gak pasang link di blog saya mas .. mohon maaf gak bisa tukeran :)

  11. Kebun yang selalu ramai dikunjungi ya de, berarti bercocok tanamnya subur sekali.
    Hening itu penuh gairah dalam berfikir dan bermunajat, mendekatkan lisan dgn istighfar. Memancarkan sinar ilmu yang akan kita serap.

    Rindu: buat saya hening itu indah banget … orang orang bilang saya terlalu banyak tafakur, tapi saya memang suka hening, dan gak gitu suka keramaian, apalagi kebisingan mall, bioskop, cafe … dah lama saya tinggalkan :)

  12. hidup yang terpenting tujuannya dan tentu saja akherat, untuk apa dunia ini diciptakan kalau tidak untuk menuju akherat
    tinggal pilih saja bahagia di akherat atau sengsara di akherat.
    dan itu semua ditentukan dari sekarang.

    Rindu: saya pilih mendapatkan dua syurga, syurga di dunia dan syurga di akhirat kelak … itu tujuan hidup saya, amin ya ALLAH :)

  13. Menulis di keheningan malam saya rasa lebih tenang shg ide2 malah bermunculan, apalagi ditemani lagu2 sweet memory….!!

    Rindu: pernah menulis selesai tahajud gak mas? jam 3 hingga jelang subuh … rasanya ada malaikat yang menemani bukan hanya sweet memory song :)

  14. lebih menarik lagi klo anda berkunjung ke “rumah” saya yg kumuh tapi penuh harapan dan kehangatan di dalamnya, insyaAllah

    Rindu: hanya bilik bambu pagar rumah kita, tanpa hiasan tanpa anyelir :) tahu lagu itu gak mas? itu rumah saya !!

  15. Seperti menonton TV ya de.., berbagai cerita ada disana, termasuk cerita kehidupan diri sendiri yang bisa juga ditonton oleh orang lain, disana peran utamanya adalah kita sendiri, lalu apakah yang akan kita pertontonkan, InsyaAllah segala sesuatu yang baik yang nantinya bisa menjadi tuntunan, bukan hanya sekedar menjadi tontonan..

    Rindu: maka berbuat baiklah, agar cara kita mengisi napas, bisa dijadikan contoh untuk yang lain dalam mengisi napas, dan kita akan meninggal dikenang karena kebaikan dan kelembutan kita …. amin ya Rabb :)

  16. Ikh… seremnya malem malem ngetik sendiri… :mrgreen:

    Rindu: gak koq, kan ada malaikat yang menemani sekaligus melihat apakah yang saya tulis ini mengandung kebenaran atau tidak :) mari berbagi ilmu.

  17. Waduh jgn malem2 dong ngetiknya. Menulisnya bener2 dari hati yg paling dlm. Good. Salam kenal dr yomi ^_^

    Rindu: saya selalu menulis dengan hati dan pikiran mas … karena kalo engga isinya pasti hanya hiasan tanpa arti :) dan semua yang baik baik tertuang disini itu karena ALLAH, yang buruk datangnya dari saya yang penuh khilaf.

  18. hidup ini memang sederhana mbak rindu,mau dibuat gampang maka yang datang adalah kemudahan,tapi kalau dibuat sulit maka yang datang pasti keluhan keluhan yang tak akan ada habisnya.

    Rindu: Life is just a matter of choices … :) pilihlah yang baik baik, agar tenang hidup dan yang penting jangan menyakiti hati orang lain, karena ALLAH maha membalas loh :)

  19. hidup ini barangkali untuk meraih kehidupan yang lebih baik dan kekal di kehidupan berikutnya, sembari menikmati kehidupan saat ini.

    Rindu: hidup adalah proses menuju kematian … dan isilah dengan yang baik baik saja, jangan melukai hati siapapun karena ALLAH maha membalas, dan ketika ada hati yang luka selama belum ada maaf, maka kematian yang indah hanya akan menjadi harapan kosong, takut kan? :) saya takut sekali.

  20. mmm… live is mystery..

    Rindu: life is misery … karena ketika didunia ini kita penuh dengan ujian yang seakan menyusahkan, di akhirat nanti syurga itu begitu nikmatnya, tapi ketika didunia kita gunakan untuk bersenang senang, jembatan sirotol mustakim itu bahan bakarnya kita loh katanya :) ya ALLAH irhamnnna, biarlah ujian ini sebagai penghapus dosa dosa hamba, biarlah kesengsaraan ini sebagai ticket untuk masuk ke syurgaMU, sebagai ladang ibadah :)

  21. pagi ade,,
    meminjam kalimat dari mas ebiet:

    “aku kembali terduduk diatas kebekuan bara api”

    kadangkala sesi hidup memang begitu de’

    salam hangat.

    Rindu: pagi mas, iya hidup memang begini …. penuh dengan bara api, yang ketika kita lupa maka akan menghanguskan kita, dan bara api peredamnya adalah cinta ALLAH, ketika kita ridho atas apa yang menjadi takdirnya maka tak ada lagi bara, karena kita berada di pelukan ALLAH meski seluruh isi bumi ini meninggalkan kita, indah kan? :)

  22. saya tetap mengatakan postingan mbak rindu ini hasil kreativitas yang sudah memenuhi persyaratan sbg sebuah tulisan, tak hanya sekadar mengetik. subhanallah!

    Rindu: duh Pak Sawali, saya tersanjung atas kunjungan pak Guru … tetaplah menjadi guru buat saya, agar saya terus bisa mengetik :) guru ngetik ya pak? *canda*

  23. Semakin besar kita mengembangkan dan merawat indra yang kita miliki, semakin besar kemungkinan kita menikmati hidup

    Setiap kita tentu ingin bisa menikmati hidup ini tapi setiap kita pula malah lupa atau mungkin tidak tahu bagaimana menikmati hidup.

    Rutinitas sehari-hari dan tekanan hidup yang tinggi membuat kita sering kali mengabaikan kenikmatan hidup. Waktu istirahat berkurang karena mesti menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline atau waktu akhir pekan tidak bisa berlibur dengan keluarga karena harus lembur.

    Padahal hidup ini akan terasa rugi kalau tidak bisa dinikmati. Caranya adalah mendayagunakan dan merawat indra yang kita miliki.

    - Gunakan mata untuk melihat keindahan alam–langit, pepohonan, bunga-bunga, aliran sungai atau apapun yang dapat kita lihat dan nikmati

    - Gunakan telinga untuk mendengarkan musik yang kita sukai dengan rileks karena melodi yang tepat dapat mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang

    - Gunakan kulit untuk memeluk seseorang yang kita sayangi, seperti suami/istri, anak atau orang tua kita atau untuk membelai binatang kesayangan kita

    - Carilah aroma yang menyenangkan, seperti wangi bunga, tumbuhan dan rempah-rempah atau minyak aromatik seperti lavender, jeruk dll dan manjakan penciuman kita dengan aroma tersebut

    - Pergi luangkan waktu untuk membuat masakan/makanan kesukaan kita sendiri atau mencari tempat jajanan yang enak-enak agar lidah bisa dibuat tergoda kelezatannya

    Nikmatilah hidup yang singkat ini dengan sebaik-baiknya.

    Rindu: maka nikmat mana lagikah yang bisa saya pungkiri, ketika saya bangun pagi masih bisa mencium bau tanah yang basah, melihat beningnya embun, meneguk segelas airputih bahwa ALLAH saking sayangnya sama saya, pagi saya diperbolehkan buang gas, sungguh tak akan terjadi buang gas kalo gak ada rahmat ALLAH, alhamdulillah … semua nikmat :) bahkan ketika kang Jaffar selalu ada ketika saya buntu ide, meskipun idenya kang jaffar jarang saya pake, hahahha

  24. aku kangannnnnnnnnnnnnnnnnnn aku rinduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    lama gak jumpa kamu

    Rindu: makanya sering sering kesini deh … biar gak kangen gini :) apa saya emang ngangenin kali, haih Ade *ada yang cemburu gak yah, clingak clinguk takut sama istri kang Apin.

  25. so kuncinya jangan takut bermimpi! dengan mimpi kita memiliki pengaharapan dan keinginan untuk menggapai mimpi tersebut.

    Rindu: iya, selalu ada harapan dari sebuah mimpi, maka bermimpilah sebelum mimpi diharamkan MUI :) kaya golput

  26. Hidup ini sungguh indah De… :)

    Rindu: hidup ini sangat indah … lihatlah hujan yang jatuh sore ini, ah indahnya :) itu baru satu loh, coba lihat senyum manis saya, LOH !!

  27. hidup itu harus bermanfaat untuk orang lain. karena pada dasarnya, kita nggak bisa hidup sendiri dan memang nggak sendiri.

    Rindu: iya, saya setuju bahwa hidup harus berbagi, dalam bentuk apapun :) semakin kita berbagi, semakin kaya hati kita, percaya deh, gak ada yang berkurang dari berbagi.

  28. kmaren2 saya terpikir mo ngebaca ni blog dari awal sampe akhir, mo tau mbak rindu teh sakitny apa.
    tpi, belum kesampaian karena beberapa hari ini aktivitas online lemot banget, gag tau yg manany yg membuat jdi lemot, modem kah, laptoh kah, operator kah, atau user yg make. :D
    pas baca postingan ini, udah kejawab pertanyaan yg tak berani saya sampaikan sebelumnya.
    jdi acara baca blog dari awalny bakalan ketunda lagi, soalny sudah kelewatan banyak bgt. :)

    makasih ya mbak…
    sudah menunjukkan sudut pandang lain ttg hidup dan kehidupan.
    pelajaran yg berharga buat saya.

    Rindu: wah, sist … kalo baca dari awal tulisan saya, ntar jatuh cinta sama saya loh :D sama sama yah, mengisi napas dengan berbagi itu indah banget :)

  29. ketika menulis tentang hidup sebenarnya kita telah merangkai kehidupan ini.ketika kita asik dengan diri sebenarnya ada saudara kita yang menangis ketika hidup tak mampu dihadapi. ketika ade menulis tentang ginjal yang bocor . salah seorang terdekatku pernah mengalaminya dan dia tak tahu bahwa ginjalnya bocor dan aku tahu dari dokter. Wah perasaanku saat itu mencoba bersikap biasa didepanya . oh sebuah pengalaman yang berarti

    maka berbagilah . Terima kasih mengingatkanku pada pristiwa itu

    Rindu: sama sama mas, untuk mereka yang tidak dalam kondisi kesehatan 100% sehat, berbagi memang indah dan berarti, isilah napas to be part of them :)

  30. Rindu … mengapa rindu hatiku … tiada tertaaahaaan … kau biarkan aku seorang … Maap Bu, aq new comer, tdk ada Blog (masih numpang di rmh GusKar). Tp kok gak ada link-nya di tmp GusKar? Ok deh, met posting and salam kenal … Wassalam

    Rindu: iya saya memang gak pasang link di blog saya, biar lebih adem :P

  31. Jadi gimana dong, De? Apa yang dicari dalam hidup ini? Jungkir balik menjalani hidup, senang, rindu, sakit, patah hati, dan seterusnya. Wah, saya juga jadi ikut nggak nyambung, deh.

    Rindu: Hidup adalah proses mengumpulkan pahala dan dosa untuk mencapai kehidupan setelah yang ini, yang abadi, dan manusia diberi akal untuk memilih milih mana yang akan membawanya ke syurga atau ke neraka … *sok tahu nih saya* :P

  32. Ehmmm…..Tulisannya menyentuh hati. Mnurut saya anda tipe orang yg penyayang dan baek hati.

    What a good girl. ^_^

    Tetap Istiqomah ya mbak….

    Met kenal ditunggu kunjungan balik dan tukeran linknya. Sekalian pengen add facebooknya jg. ^_^

    Best regards,
    Rifky®

    Rindu: salam kenal juga mas :) silahkan sering sering berkunjung ke kebun saya, biar rame :P

  33. artikel yg menarik utk di baca..

    “jadi, HIDUP INI APA DONG?”

    hidup ini utk Maha Hidup! just that!

    keep istiqamah saudaraku, ga ada nyawa cadangan dan ga ada umur reserve…

    Rindu: saya suka kata “GAK ADA NYAWA CADANGAN DAN GAK ADA UMUR RESERVE” ah menarik :D

  34. membaca :
    sudahkah saya menghargai sekecil apapun pemberian dan kehadiran para figuran dalam hidup saya
    saya jadi berpikir, sudahkan saya??

    Rindu: mari liat kiri kanan kita mas, mereka semua adalah figuran, namun dalam sebuah panggung kita gak mungkin main film sendiri, jadi mereka sangat penting untuk kita, iya kan? :P

  35. Pingback: Dalam Keheningan Malam, Saya Mengetik | Update Blog Terbaru

  36. Assalamu’alaikum…
    (Punten ada sedikit tilas.. )

    Indah.. begitu banyak gambar senyum Rindu..
    tidak ada satupun gambar kesedihan yang menunas..

    Saudariku, itulah doa doa kami..
    semoga ALLAH selalu menggambar Rindu Al Mahdiya dengan senyum senyum itu..

    dan saat ini.. senyum adalah hadiah(do’a) terindahku untuk semangatmu..”semua tulisanmu” :-) :-)

    syarif qulubana ‘alaa diinika ya rabb..

    Rindu: amin ya ALLAH … terima kasih doanya ya mas, semoga saya bisa menyembuhkan lebih banyak luka dengan senyum manis saya :)

  37. ya, makin pingin itu, pingin ini, makin mudah patah. ibarat melekatkan banyak semen pada hati hingga hati tak lagi lentur, tak lagi lembut.

    memberikan apa yang kita bisa berikan, bahkan yang paling sederhana, membatin untuk kebahagian orang lain. semoga dia bahagia, semoga dia menemukan kebahagiaan, semoga dia mendapatkan cahaya teduh, semoga dia diberikan kesehatan, semoga dia tidak rabun dalam cahaya rahmatNya, dst .. hati disibukkan dengan memberikan dan memberikan. apakah kita mendapatkan efeknya, ya, hanya untuk melembutkan hati, agar semakin banyak ruang tempat Tuhan Pemilik Jiwa bersemayam. semoga saya juga bisa belajar.

    Rindu: ketika kita berdoa untuk orang lain, malaikat akan mendoakan hal yang sama untuk kita mas :) inilah bagian dari keseimbangan alam, begitu kata guru mengaji saya, lembutkan hati dengan banyak banyak dzikir dan berdoa yah, ALLAH tidak pernah ingkar janji untuk bersama orang orang yang sabar, saat kita menerima ujian, itu lah saat terindah untuk bersama ALLAH … ah indahnya ujian sungguh.

  38. hidup hanya untuk hidup itu sendiri.
    krn ini adlh perjalanan hidup yg akn kembali pulang mnju rmh yg akn kita tuju, di mana kita akn merasakan cinta yg geloranya tak pernah kita duga sebelumnya…

    ALLAH..dalam gelap malam Mu, kita akn bersimpuh..

    Rindu: ya ALLAH terlalu banyak keheningan yang kami gunakan untuk bermaksiat, padahal kami tahu bahwa ENGKAU maha melihat kami, kini saatnya keheningan kami untuk mencintaiMU ya ALLAH, irhamnna ya ALLAH :)

  39. syukuri aja apa yang ada karena hidup adalah anugrah kayak lagunya dmasiv.

    Rindu: sist, hidup adalah pindah dari satu hikmah ke hikmah yang lain … ah indahnya kebun hikmah saya, narsis mode ON :)

  40. Mbak Ade…..

    Saya sudah lama tidak ke sini…

    Salam semangat selalu,,,,rindu kunjungan dari panjenengan mBak :)

    Rindu: nanti saya ke blog mas yah … tunggu disana dan duduk manis :)

  41. Konon, hakekat hidup itu bukan apa yang ada (kita raih), tapi bagaimana menyikapi apa yang sudah ada pada kita..

    Posting yang sangat mendalam. Serasa ikut siraman rohani :)

    Rindu: mungkin maksud dari apa yang sudah ada adalah hidup adalah mensyukuri gitu mas :) dengan mensyukuri maka jiwa kita akan hidup gak gundah akrena pengen ini dan pengen itu :) dunia itu gak ada ujungnya.

  42. “Byk orang yg berkali2 menyerukan RINDU akan bulan Ramadhan, tapi kelakuan tdk menunjukan tdk spti yg mereka katakan”

    Rindu: komen nya gak nyambung ama tulisan mas, saya bingung mau jawab apa :P

  43. Mbak Ade, salam kenal ya…

    Baru 1 minggu ini aku baca blog-nya mbak Ade. :-) Kalau menurutku hidup itu adalah perjuangan. Tanpa perjuangan hidup kita tidak akan berarti apa-apa. Manusia wajib berdoa dan berusaha, dan ALLAH yang akan memberikan hasilnya….

    Rindu: keep on fighting itu hidup, betul juga sih, berjuang untuk mewujudkan mimpi mimpi kali yah tepatnya :)

  44. Masak udah diberi nafas dan badan nyang sehat masih bingun hidup mbak DD? :roll: Kalo aku sih hidup di dunia ini hanyalah saat menanti perjalanan panjang nyang tidak akan ada ujungnya. Jadi musti banyak bekal. Fatazaw waduu fa innaa khoiruzzaa dittaqwa.. al ayat.

    Rindu: setuju, bahwa hidup adalah mencari bekal untuk kehidupan setelah hidup ini, makasih pencerahannya :) tambah satu ilmu.

  45. Dalam Ilmu Tauhid memang benar tujuan hidup adalah menggapai cinta Allah

    tapi ketika kita telaah dengan Syariat maka tujuan hidup adalah Syurga

    Kadang banyak diantara kita yang lupa dengan siapa kita berbicara, seperti seorang kyai yang berkata “sholat itu tidak akan mengantarmu ke Surganya Allah”

    lalu sang Preman berkata “Klop banget pak Kyai, jadi buat apa kita sholat!”

    Maka dari itu kita harus melihat lagi dengan siapa kita berbicara dan dari segi mana kita berbicara

    Muantab mbak Rindu Artikelnya

    Rindu: iya setuju, kita memang harus hati hati pula menjaga lidah dalam hidup ini ya mas, inilah hidup yaitu kehati hatian :P

  46. Assalaamu ‘Alaikum
    ga komen dulu ah
    mau ngucapin maakasih aja atas kunjungan balasan yang telah lama dinantikan.
    Kopral cepot telah pangwalerken kunjungan salira.
    Rindu wanita di kebun hikmah yang isi tulisannya selalu mengandung hikmah danpenuh makna.
    Sekali lagi terimakasih sahabat
    Salam Ukhuwah

    Rindu: terima kasih juga sudah datang ke kebun saya yang sederhana ini mas :)

  47. Kok seperti agak memaksakan diri mengetik? Istirahat lah dulu dengan renunganmu. Renungan ini sungguh belum jadi wilayahmu. Mungkin lebih baik bercerita tentang perasaanmu saat kau hadapi orang-orang yang engkau berempati kepada mereka. Empatimulah keindahan dan kecantikanmu yang sejati.

    He he, maaf yah. Dah terlanjur terpikat nih.

    Syukurilah anugrahNya atas kecantikanmu.

    Salam.

    Rindu: gak tahu harus menanggapi apa nih atas komen diata, karena katanya belum waktunya merenung …. :)

  48. Sebuah nukilan hati yang sangat indah dan jujur sekali…
    Kehidupan di dunia adalah fase awal dari kehidupan sebenarnya yaitu kehidupan yang kekal di akhirat nanti..
    ‘Hidup’ banyak sekali definisinya tergantung dari cara pandang dan dasar keilmuan seseorang.
    - Ahli Biologi mengatakan hidup = berfungsinya seluruh organ dan aktifitas makhluk hidup
    - Ahli fisika mengatakan hidup = menyala,beroperasinya sebuah pesawat atau alat.
    - Ahli Agama mengatakan bahwa hidup = di kala kita masih mempunyai nyawa dan nafas anugerah dariNya.
    - Ahli Sufi mengatakan bahwa hidup = perjalanan / tangga menuju Sang Kekasih Yang Hakiki..dll

    Hidup bagai panggung sandiwara kata “GodBless” kita masing2 punya peran dan skenario yang udah diberikan pada kita….kita hanya menjalankan peran masing2 sampai sang Sutradara mengganti peran atau mengeluarkan kita dari panggung itu….
    Maaf kalau ada yang kurang dalam komentar ini, harap maklum!!!

    Rindu: mari mengartikan hidup menurut renungan kita masing masing dan lihatlah betapa maha besarnya ALLAH karena ternyata hidup kita tak ada yang sama :)

  49. Assalamu’alaikum Kak Meutia,

    bagaimana kabar kakakku, baik2 aja khan???
    Semoga dirimu diberikan kesehatan yang terbaik oleh sang pemilik napas. Amin Ya ALLAH.

    Sekedar menambahkan dari pemikiran aye sendiri, HIDUP sebagai manusia adalah hal yang paling ajaib, tanya kenapa imam?? sebab tontonan kehidupan mahluk yang bernama manusia dari mulai nabi adam sampai nanti kiamat gak ada yang versinya sama, dimulai dari proses kelahirannya saja ada yang normal dan sekarang ada yang caesar(mestinya jadi opsi yang terakhir kaleee), lalu dalam menjalani hidupnya, dilakukan dengan berbagai macam cara yang berbeda, dan disaat kematian menjemput juga terjadi dalam berbagai peristiwa seperti dibom, pesawat jatuh, kereta tabrakan, wah pokoknya macem2 deh.

    Kesimpulannya HIDUP sebagai MANUSIA punya banyak jalan untuk ditapaki, dan mimpi adalah langkah awal untuk memulai, selanjutnya bergerak maju dengan penuh keyakinan bahwa mimpi kita pasti terwujud disini selagi kita hidup atau nanti setelah kita bertemu dengan sang pemilik napas (sok tahu tempe nih imam). Mari berdoa agar kita dapat terus bermimpi dan ALLAH beri kekuatan kepada kita untuk mewujudkannya. Amin Ya Robbalamin.

    Sekian dulu ah komennya, moga bermanfaat.

    Wassalamu’alaikum

    Rindu: alhamdulillah saya sehat mas, alhamdulillah tulisan saya dilengkapi dengan komen ini :P

  50. Hmm.. barusan sampe kantor ..langsung baca ini.. dan barusan pula saya berlalu lalang dikereta. berpindah ke stasiun satu ke stasiun yang lain.

    dan ketika berhenti di stasiun..hmm saya juga berpikir hidup itu apa ya ? hehehe
    Hidup itu Indah jika kita rancang sketsa kehidupan itu dgn baik..tdk perlu banyak berhayal.. yg ini yang itu yang begini yang begitu..

    hmmm… hidup itu tak perlu banyak mengeluh.
    bu ade apa kabar ? smoga sehat2 saja ya dan senantiasa dalam lindungan-NYA
    AMIN..

    Saya RINDU Ramadhan, De :)

    Rindu: saya sehat, alhamdulillah … saya juga rindu Nicholas saputra, eh ini Ramadhan yah? :D *mendadak lugu saya*

  51. suatu ketika saat duduk di sebuah stasiun saya pernah terharu: betapa setiap orang mempunyai peran masing2 dalam hidupnya.. dan ajaibnya, kompleksitas itu hanya bisa kita lihat jika merenungkannya…

    Rindu: kalau tidak merenung jiwa kita memang mati oleh kesibukan mas, dan ketika kita melepas semua kesibukan maka jiwa akan mudah melihat sekeliling :)

  52. wuih ternyata speedy aye kurang kenceng… keduluan dech. [gpp imam, lain waktu khan bisa dicoba lagi khan]

    Rindu: kalah cepat yah? :D serasa jadi seleb ditungguin gini … hahaha.

  53. lho kok belum ada yang pertamax sih, Alhamdulillah aye ternyata… yang pertamaxxxxx

    Rindu: ;) maaf, belum waktunya pertamax ternyata :)

  54. senangnya bisa menulis .. eh mengetik, mengetik dan menulis apa saja yang ‘lewat’ di dalam kehidupan …

    apalagi bisa menulis ‘secara jujur’ … uhh … sesuatu yang membutuhkan sebuah keberanian .. menurut saya

    Diajeng, selamat menulis .. eh mengetik!

    Buku spesial ‘yang ada tanda tangannya kamu’ ditunggu lho :P

    Rindu: ooppss, udah lama gak ada yang manggil saya Diajeng … :)

  55. Apa ya hidup, ku juga bingung nih padahal dah diberi kesempatan sama Allah sampai detik ini utk bernafas, aneh ya belum bisa mengartikan sebuah makna hidup. Harapan aku semoga hidupku bermanfaat bagi orang lain…….

    Rindu: iya, apa yah hidup? apa dong mbak? … answer question with question, gaya intel nih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s