Andai Saya Punya Ibu…

Seminggu terakhir ini, saya ingin sekali punya Ibu… iya betul saya memiliki banyak Ibu di bumi ALLAH ini tapi saya inginkan satu yaitu Ibu yang melahirkan saya, yang sembilan bulan saya berada dirahimnya, yang menjadi bagian dari darah daginnya yang kemudian dengan berpeluh keringat dan mempertaruhkan nyawa Ibu berusaha menghadirkan saya di bumi ini, ah saya ingin punya Ibu :(

Saya ingin ada Ibu di setiap kehadiran saya, yang akan memilihkan jilbab tercantik yang akan saya kenakan hari ini, yang akan berkomentar tentang sahabat sahabat saya, yang akan duduk di samping saya saat saya gelisah dan meminjamkan pangkuan lembutnya untuk  saya letakan kepala saya, yang akan ikut saya ke pengajian atau ke toko baju muslim dan ikut memilihkan saya gaun putih kesayangan saya dan disana akan saya cari jawaban ketika saya bertanya “Bu, baju ini pas gak sama jilbab Ade yang dirumah?” dan saya membayangkan senyum manisnya Ibu sebagai jawaban ‘iya” atas pertanyaan saya :) 

Ibu tempat saya berceloteh indah, yang pasti tak akan pernah bosan mendengar setiap ocehan saya, yang pasti memiliki semua jawab atas tanya saya …

Seminggu ini saya ingin sekali punya Ibu, yang dengan kelembutannya mampu menghilangkan segala gelisah, yang kehadirannya sangat saya butuhkan, yang hangat pelukannya akan meluluh lantakan segala ketakutan saya dan sapuan lembutnya mampu menghapus airmata saya ketika mendung menggelayuti langit … bahkan ketika saya bertanya soal cinta pasti Ibu memiliki jawab :( ah saya sangat merindukan senyum manis Ibu.

Ibu … adalah kata yang selalu saja saya rindukan, yang kehadirannya menjadi sangat istimewa di jiwa saya, yang tak ada yang mampu menggantikan senyum manisnya, bahkan photo besar dirumah saya bergambar seorang perempuan yang sangat mirip saya tetap tak mampu menghapus kerinduan saya, dan entah apakah Ibu bisa mengenali saya jika kita bertemu di syurgaNYA ALLAH nanti, apakah Ibu tahu bahwa yang datang menemuinya di taman syurgaNYA adalah anak perempuan Ibu.

Ibu … saya merindukan Ibu, saat ini dan selalu. Ya ALLAH sampaikan salam saya untuk Ibu di taman syurgaMU yah, katakan pada Ibu bahwa saya sangat merindukan kehadirannya saat ini dan katakan bahwa saya ingin ada Ibu yang menghapus segala resah saya :)

About these ads

64 thoughts on “Andai Saya Punya Ibu…

  1. maha suci Allah, yang mendengar segala kesahmu, semoga kalian diijinkan bertemu, di taman indahnya. ami..n

  2. assalamualaikum

    hmhmmmm…

    salam kenal
    sya sngat kagum dng kk..kta2 kk banyak jadi pljran wad dri sya,,,
    mkcii iia k,.
    klau ada wktu tlog email sya iia

    wassalamualaikum muslimah kekasih Allah

  3. Doa IBUMU dikabulkan Tuhan.
    Dan kutukannya jadi kenyataan.
    Bila kau sayang pada kekasih. Lebih sayanglah pada IBUMU.
    Bila kau patuh pada rajamu. Lebih patuhlah pada IBUMU.
    (Kutipan lagu ‘Keramat’ Rhoma Irama)

  4. ealah nduk melas banget to yo…
    cupp…cuppp…
    tak wenehi permen ra usah susah..
    gelem po ra??
    wis meneng ra usah diiling2..

  5. Ibu (Iwan Fals)

    Ribuan kilo jalan yang kau tempuh,lewati rintang untuk aku anakmu, ibu kusayang masih terus berjalan walau tapak kaki penuh darah penuh nanah.
    Seperti udara kasih yang engkau berikan, tak mampu Ku membalas…Ibu..ibu
    Ingin ku dekat dan menangis di pangkuanmu sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu, lalu doa-doa lalui sekujur tubuhku, dengan apa membalas…ibu..ibu….

  6. mari kita mendoakan beliau..
    ^^
    doa anak sholih menjadi salah satu amalan yang tidak putus pahalanya untuk beliau..

    ^^ semangat ya, mbak Rindu…
    salam hangat dari malang..

  7. Aku telah mendapat kasih sayang ibu selama 32 tahun, dan ketika beliau meninggal aku masih sangat kehilangan hingga 2 tahun berjalan. Pernah suatu subuh aku dibangunkan oleh mimpi tentang ibu, lalu sepanjang doa subuh itu aku menangis sesenggukan hampir setengah jam. Dari mimpi itu aku percaya ibu telah tenang di alam barunya. (jadi share nih….)

  8. Aku yakin, Ibunda yang sedang bersemayam dengan tenang disana akan sangat bahagia karena memiliki putri yang begitu sayang dan sholekhah…
    Semoga, pada saatnya nanti mbak juga akan menjadi seorang Ibu yang terbaik bagi buah hatinya.. Amiiiinnn..
    Keep posting ya! Salam hangat dari Jogja..

  9. KARENA MENCINTAI AKU JADI MENGINGAT KARENA MERINDU AKU INGIN BERTEMU.

    CINTA YANG MENGGEJALA,DATANG DAN PERGI SELALU MENYEBUT

    BERBARING BERDIRI SELALU MENGINGAT

    JADI SEMAKIN MABOK!!!

    ALLOH….ALLOH… ALLOH DALAM LAUTAN HATIKU.

    TANDA KEHANCURAN SEMAKIN BANYAK

    KEHANCURAN DARI SEGALA YANG VANA INI.

    NAMUN DIRIKU TAK PEDULI AKU KAN SELALU MENYEBUT.

    ALLOH ….. ALLOH…….ALLOH.

    SEMUA LARUT DALAM CAIRAN HITAM DUNIA.

    SEMUA KEBINGUNGAN ANTARA DUA PILIHAN JADI GILA ATAUKAH TETAP MENGUSUNG NAMA.

    AKU MEMILIH MABOK ALLOH.

    AKU MEMILIH KETENANGAN.

    AKU MEMILIH SATU NAMA.

    AKU MEMIMILIH KESUNYIAN DAN BERKALWAT DENGAN KEKASIH.

    AKU MENDENDANGKAN LAUTAN CINTA.
    GEJALA CINTA

    AKU JADI SEMAKIN MABUK

    ALLOH …. ALLOH….ALLOH

    MAHA MEMPESONA .

    AKU MEMILIH ALLOH……..

    WALAU DALAM DEBU AKU TETAP MENYEBUT NAMA ALLOH….. ALLOH……ALLOH.

  10. saia yakin ibunya mbak Rindu pasti merindukan mbak Rindu :-)

    ibu mana yang gak inget ma anak sendiri? apalagi mbak secantik–luar dalam–ini? :-)

  11. Aku pernah berpikir, Rasul memilih Khadijah karena beliau tak cukup kasih sayang sang Ibunda. Khadijah sangat lebih tua dibanding Rasul. Khadijah cantik. Khadijah kaya. Khadijah terhormat. Tapi yang penting, Khadijah-lah yang membuat Rasul yakin, bahwa beliau adalah Rasulullah.

    Bahkan Allah mem-piknik-kan Rasul saat Khadijah wafat.

    Buatku, Rasul punya kehidupan baru yang sama berkualitasnya dengan keinginan beliau untuk didampingi sang Ibunda.

    Betul, bahwa sangat sulit berperilaku seperti Rasul. Tapi Rasul adalah panutan yang lebih dari cukup menawarkan inspirasi kehidupan.

  12. Doanya dikirim dari sini jeung…insyaallah ibu pasti denger…

    Apa kabar sista?

    Rindu: saya baik sist … panggilan jeung untuk saya jadi inget “jeung kelin” hahahha :)

  13. Imam Ali as berkata: “Manusia yang paling panjang
    angan-angannya adalah yang paling jelek perbuatannya”.
    Rasulullah SAW bersab
    da: “Barangsiapa dihadapkan dua pilihan; dunia dan
    akhirat, lalu ia memilih dunia daripada akhirat, maka
    ia akan bertemu Allah SWT tanpa membawa kebaikan yang
    bisa mencegahnya dari neraka. Dan barangsiapa yang
    mengambil akhirat dan menolak dunia ia akan menemui
    Allah di hari kiamat dalam keadaan diridhai-Nya”.

    Allah berfirman: “Dan adapun orang-orang yang takut
    kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari
    keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surgalah
    tempat tinggal (nya)” Q.S. Al-Nâzi’ât:40-41.
    Hujjahnya sangat jelas mbak de dan tidak perlu dijelaskan lagi
    jangan berandai – andai..
    Agama adalah nasehat..
    Bisakah dirubah
    “Mengenang Ibunda” tapi isinya tidak menginginkan beliau kembali sebab beliau sudah berada di sisi-Nya..
    Kenanglah dalam hati dan senantiasa mendo’akan apakah saudari masih ingat :
    ”Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim).
    Mbak De..
    Sesungguhnya roh orang – orang yang beriman diturun kembali ke dunia pada hari jum’at sehari sebelum dan sesudahnya
    (Petikan dari kitab Ar-Ruh karangan Ibnu Qoyyim Al-Jauziah)
    Roh ibu anda akan bersedih bila mbak de menangisi beliau ..
    tersenyumlah dan buat roh beliau bangga bahwa putri nya adalah orang yang tegar,calon ibu dari orang yang beriman dan termasuk golongan orang – orang mu’min..
    mbak bila tanggapan ini terlalu berlebihan jangan ditampilkan tapi saya lebih suka tidak ditampilkan please ya..
    Sebab jarang sekali saya megutarakan hujjah dan dalil,selama masih bisa dijelaskan dengan kata – kata sederhana.
    Aku khawatir terjadi khilaf dalam penyampaian sedangkan Abu Hurairah sendiri yang hafal hadits tubuh nya bergemeteran berkeringat dingin hanya untuk menyampaikan hadits saking kuatir nya setan akan memelintir kata – kata yang keluar dari lidahnya.
    Aku hanya mengharap pengampunan dari Allah bila ada terjadi kesalahan terhadap hujjah yang saya sampaikan.
    sebenarnya saya ingin sekali membikin blog tapi sedikit waktu yang tersedia,kalo bersedia email aja di uzi_fat@yahoo.co.id sekedar untuk menyambung tali silaturrahmi

  14. Inalillahi wa inna ilaihi roji’un..
    Semua milik Allah dan kita pun kembali pada – Nya..
    Istighfar mbak de Istighfar ..
    Syaitan begitu mudah masuk kedalam perasaan begitu kita terbawa suasana.
    Mbak tetap ingat dan waspada atas kelemahan hati
    Katanya Cinta sama gusti Allah ????
    apa – apa yang telah diambil sama sang maha Kekasih ya harus di ikhlaskan bukankah orang – orang terdahulu menghadapi cobaan yang sama bahkan lebih berat semoga dengan keimanan,kita bisa menghadapi ujian yang ada didunia.
    Seolah aku mendengar :
    “Hai hamba-Ku kamu mengatakan cinta kepada-Ku apakah cinta itu hanya sebatas perkataan sedang cintamu belum diuji didunia,sedangkan KU lihat kamu masih cinta kepada harta bendamu,keluargamu,kekasihmu didunia,apakah kamu lebih mencintai dunia daripada KU?”

    hati – hati lo mbak cinta kepada-Nya itu batas nya setipis rambut.

    Mbah kyai pernah kasih wejangan
    “Le, boleh jadi kamu kuat menghadapi ujian yang ada di luar diri kamu tapi yang aku kuatirkan kamu ngga tahan ujian terhadap diri kamu sendiri yakni hawa nafsumu, syaitan selalu mencari kelengahan – kelengahan dan menghilangkan kewaspadaan untuk menyesatkanmu,keimanan itu seperti rembulan yang tertutup awan,ketika awan itu hilang dia akan bersinar kembali”

    “Ya Allah lindungilah kami dari diri kami sendiri dan dari hawa nafsu yang menyesatkan kami dan dari hati kami yang khianat”

  15. Ade akan segera “mempunyai” ibu….insya Allah ya, De… :)

    meski pun tidak bisa menggantikan ibunya Ade, tapi insya Allah dapat mengisi kekosongan akan keinginan Ade untuk mempunyai ibu…..

  16. jadi ingat lagunya Peter Tosh:

    “Mama Africa
    What are you doing Mama
    Mama Africa
    Long time no see you Mama”

    Mama jasamu tiada tara.
    salam kenal.

  17. tulisan yang sangat menyentuh perasaan… ungkapan kerinduan yang mendalam… sama seperti perasaan saya setiap menghadapi kemelut hidup… semoga Beliau Berbahagia disisiNya….
    Salam dari jauh….

  18. terima kasih kunjungannya ke blog sayah.

    hm, skali lagi artikelnya amat indah.
    dan sekali lagi saya belum benar2 bisa berbuat baik kpd orangtua, terutama ibu.

    terima kasih, jadi peringatan buat saya.

  19. Aduh aku cukup menyesal.aku sedih.Ibuku masih ada tapi ku belum mampu membuat hatinya senang .Tidak banyak yang kuperbuat.Terima kasih.Aku berusaha terbaik untukmu ibu

  20. Malem mb Ade…
    Rindu… Yang sedang meRindukan bunda.. Yah jauh dari orang tua,terlebih seorang ibu adalah hal terberat,terlebih lagi beliau sudah tiada.tapi Yakinlah bunda juga rindu.. Rindu membelai, memeluk,dan mendapingi mb. Tapi yakin setiap untaian doa yang mb Ade kirim akan mengobati semua kerinduan bunda… Mb ade titip setangkai anggrek,sebotol air bunga buat bunda,ya…. Doa ku mengiringi.
    Mga bunda damai di sisi Nya.

  21. Kata Mario Teguh ” Selama kita masih bisa menemukan hangat nafas ibunda , peluk dan cium dia , karena cepat atau lambat kita pasti akan kehilangannya”
    Ibu…aku rindu !

  22. tak seorang pun yang bisa mengingkari makna kehadiran seorang ibu, mbak rindu. hanya malin kundang saja yang mencoba menghapus nama ibu dalam jidatnya. tapi, si malin ndak bisa melakukannya. itu artinya, seorang anak ndak mungkin bisa menghapuskan peran dan jasa seorang ibu.

  23. Ade..
    perasaan rindu yang sama juga sedang sie rasakan beberapa hari terakhir ini..
    Setiap malam sie tidur memeluk selimut terakhir yang menutup jasad beliau empat bulan yang lalu..cuma itu de yang membuat sie mersa selalu ada didekatnya..
    disetiap sujud kepadaNYA sie juga selalu minta pada ALLAH untuk menjaganya dan menempatkannya di tempat terindah..
    Ade ingat kan janji kita..
    kalau tetep “bertahan” kita akan punya banyak impian tapi kalaupun kita “pulang” kita kan pulang dengan senyuman dan ketemu sama bunda..
    love u de

  24. Menjadi ibu yang baik walaupun tanpa Ibu bisa menjadi kebahagian tersendiri bagi kita. Tentu saja juga bisa membahagiakan Ibu kita,,

    **salam kenal ya mabk RIndu… ** ;)

  25. duh rindu ..ternyata kita satu frekwensi kali ini .., di blogku aku posting ttg ibu . sebuah puisi untuk ibu.

    tulisanmu selalu indah rindu …

    makasih yah …

  26. assalammualaikum..
    xie-xie buat silaturrahminya Mbak… sama, Tya juga baik-baik aja hari ini (semoga gitu seterusnya, heheh)..

    Mbak….(kayaknya kita seumur deh… atau jangan2 tuaan Tya,xixixi, tapi utk sementara panggil mbak ga papa kan sist?)
    Tya bisa ngerti rasa rindu kepada ibu yang seringkali mendera mbak Ade..
    tya aja kalo lebih dari seminggu ga ketemu mama rasanya kangeeeen banget..
    tapi mbak Ade harus percaya bahwa Ibu mbak selalu ada didekat mbak… beliau menjaga, mengasihi dan mengawasi pertumbuhan mbak dari masa ke masa…
    karena itulah mbak sekarang tumbuh jadi sosok yang dewasa dan penuh cinta pada sesama…
    Karena Allah ga mau ngecewain ibunda mbak yang senantiasa memandang mbak dari kejauhan…

    (halah, tya sok puitis ya??)

  27. Kiriman doamu untuk ibu insya Allah akan membuatnya tersenyum padamu De. Dan kau akan merasakan kehangatan kebersamaannya dihatimu..

    Semoga Ibumu menikmati kedekatannya dengan Sang Pencipta dan kalian bisa bertemu di SurgaNYA kelak yaa.. :)

  28. Syeikh Abu Ali ad-Daqqaq berkata,

    “Doa adalah kunci bagi setiap kebutuhan. Doa adalah tempat beristirahat bagi mereka yang membutuhkan, tempat berteduh bagi yang terhimpit, kelegaan bagi perindu.”

    Ketika rasa rindu terhadap seseorang muncul baik dia masih hidup ataupun sudah tiada maka sebaris doa merupakan senjata ampuh guna mengiringi mereka.

    Selain mengobati rasa rindu, sebaris doa pun bernilai ibadah, bagi mereka yang membaca dan bagi mereka yang dituju.

    Sebuah doa yang menyentuh :

    “Tuhanku, tak ada seorang pun yang mesti didekati selain Engkau, tidak pula ada seorang perantara yang bisa disuap. Jika aku mematuhi-Mu, itu adalah karena limpahan rahmat-Mu, dan segala puji adalah bagi-Mu. Jika aku menentang-Mu, itu adalah karena kejahilan dan kesombonganku. Engkau punya argumentasi yang tak terbantah terhadap diriku melalui bukti-Mu terhadap diriku dan melalui ketiadaan argumentasiku terhadap-Mu, kecuali jika Engkau mengampuniku.”

  29. Wah, mbak rindu, turut prihatin..
    Pasti sangat sulit dimana saat kita sudah dewasa, kita tidak bisa merasakan kehangatan seorang ibu. Orang yang marah kalo kita nggak shalat, orang yang akan menangis jika kita meraih suatu prestasi.
    Doa selalu mbak rindu buat sang mama..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s