SAYA adalah …


Saya adalah seorang perempuan yang sedang mencari makna hidup, arti napas, yang sedang belajar mencari arti kehadiran demi kehadiran dan kepergian demi kepergian… Saya adalah perempuan di titik NOL di kebun hikmah yang tidak memiliki apa yang seharusnya saya miliki karena pecinta ILLAHI konon hanya ingin memiliki dan dimiliki ALLAH, ingin menjadi TIADA hingga bertahta ALLAH saja, hingga tinggal jiwa sederhana tanpa berbalut dunia.

Saya adalah perempuan yang sedang mencoba belajar tentang arti IKHLAS, arti SABAR, arti MENCINTAI dan DICINTAI, arti MEMAAFKAN, arti TAWAKAL, arti TIADA-ADA-TIADA, bukankah tak ada yang abadi dibumi ini, bahagia tak abadi, deritapun tak abadi, dan insya ALLAH apa yang saya tulis disini bisa memberi sedikit pelajaran untuk mencintai dan mengobati luka sekaligus dan yang pasti saya sedang mencari ridho ILLAHI pemilik napas saya agar ketika saya pulang, mudahlah sakaratul maut saya.

Nobody ever can stop me writing…

If there were no ink, I would use ash. If there were no ash, I would use stone. If there were no stone, I would use my sweats or my tears or my bloods…

And if my hands were unable to write something anymore, I would beg ALLAH to allow me, to ask the sky, to ask the trees or the ocean to help me keep writing my ideas in their silence…

Selamat berbagi hikmah di kebun saya ini, semoga memberi keteduhan dan kelembutan, semoga dapat mengobati luka, semoga dapat membuat senyum, dan semua yang indah datangnya dari ALLAH, dan yang salah datangnya dari saya, mohon maaf jika ada tulisan yang kurang berkenan dengan hati.. saya hanya manusia :)

Regards with my sincerely smile,

Ade  a.k.a  RINDU

saya

1,353 thoughts on “SAYA adalah …

  1. Pingback: Tafsir Mimpi Bul-Bul

  2. merinding mba bacanya … tapi memang seiring bertambahnya usia, manusia mulai berpikir dengan cara yang berbeda. Mulai mencari arti hidup, apa makna ibadah, mengapa jatuh cinta, mengapa tidak mudah melakukan totalitas penghambaan pada Allah. Kebanyakan mikir jadi puyeng hehehe.
    Met liburan panjang :))

  3. Sesuai nama anda Rindu, semoga Tuhan selalu merindukan anda sebagaimana
    anda selama ini merindukan Tuhan, Semoga Allah senantiasa memberi petunjuk dan berkat kepada anda selalu, terimakasih untuk semua mutiara hikmah dalam tulisan anda

  4. Benar-benar blog yang luaaaarrr biasa. mampu menguras air mata.
    ingin hidup lebih baik lagi, lagi dan lagi.
    baca buku pertama bikin nangisss. buku kedua begitu indahnyA saat deket dengan ALLAH. berusaha menjalani hidup sebaik mungkin, dan pasrah akan takdir ALLAH

  5. assalamualaikum ,
    saya mau bertanya, mungkin saya gak paham tentang hukum agama ne, mungkin sosd bisa menjawabnya.
    seandainya menikah beda agama yang laki2 noni dan cewek islam, mereka saling mencintai walaupun tanpa restu orang tua, dan mereka berdua masih bersikekeh mau pertahanin hubungan mereka dan ingin mejenjang yg lebih serius yaitu #menikah, mereka tetap minta restu orang tua terus menerus sampai orang tua setuju, akhirnya orang tua menyetujuinya asalkan yang cewek tetep mengikuti agamanya islam, sedangkan laki2 juga begitu juga mengikuti agamanya, kalau mempunya anak kelak harus mengikuti ibunya mengangut agama islam, akhirnya mereka berdua setuju syrat2 dari orang tua na. yang saya tanyakan apakah sah kah mereka menikah kalau dalam agama islam?
    waktu menikah kan harus ijab kabul kalau agamanya islam??
    makasih sahbat2 ku.. mudah2n pertanyaan ku bisa yang menjwab lebig detail mgkin ada yg lebih paham.
    mudah2n bisa membantu buat saya… trimakasih
    ^.^…… ne bkn buat org lain. ne buat saya pribadi… mungkin ada yang membantu saya. mumpung saya bs curhat …………

    • dalam hukum islam, ga boleh nikah beda agama antara perempuan islam dan lelaki non muslim, sayang :)
      kalo lelakinya muslim dan perempuannya ahli kitab, itu sendiri masi diperdebatkan.
      yang pastinya, perempuan muslim harus menikah dengan lelaki muslim :)
      itu secara hukum agama ya.
      banyak juga yg tetep bersikukuh meluk agama masing2 dan tetap menikah tapi dilangsungkan di luar negeri. setau saya di singapura ga mahal kok nikah di semacam catatn sipilny. trus nanti di indonesia didaftarkan lagi di capil setempat. dengan begitu secara hukum, legal. namun secara agama, tetap namanya zina :)
      wallahu’alam.
      semoga membantu :)

    • Menikah beda agama sama dengan Zina. Jika wanita Islam, menikah dengan pria non-Islam, maka pria tersebut harus masuk Islam dahulu. Sebaliknya jika Pria Islam menikah dengan wanita non-Islam, maka wanita tersebut harus terlebih dahulu masuk Islam. Apa hukum berzina?, anda bisa cari di google…

      Allah ber Firman dalam Al Quran:
      “Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran” (Q.s. Al-Baqarah: 221)

  6. mba rindu :) baru engeh kalo mba uda berhasil publish buku pertamanya :) selamat yah.. semoga buku selanjutnya bisa jadi best seller yah mba :) mba makasih juga ya, you are the one of my inspirations. Makasiihhh banyak yah mba rindu… makasih makasih makasih makasih Allah menemukan mba rindu untuk aku di segala banyaknya blog di Indonesia :)

  7. assalamu’alaikum. tadinya hanya menyambar buku cetakan kedua di toko, akhirnya berkunjung ke sini. dan akan sering kemari. inspiratif sekali dan membuat saya belajar. numpang nge-link ya Mbak Rindu… Barakallah.

  8. Assalamualaikum mba..
    sungguh tenang dan damai ketika membaca semua tulisan2 mba Rindu :)

    Keep writing yah mba:)
    salam kenall :)

  9. assalamu’alaikum ..
    ka’ade, syukron jazilan, buku antum sangat inspiratif, dan telah manyadarkan hidup saya yg selalu haus akan nikmat dunia,,
    trimakasih ka, smoga kaka selalu dirahmati Allah SWT ,,
    amiin

  10. Assalamu’alaikum Wr Wb

    Hajimemashite,, :)

    baru saja saya berdo’a pada-Nya untuk mendatangkan kpd saya teman yang dapat membimbing dan menemani saya kepada-Nya,,
    berkenankah mbk membimbing dan menemani saya?

    I’am female, 20 y.o. :)

  11. mampir ke sini ternyata banyak banget manfaat yang saya dapat
    semoga apa yang ada di blog ini menjadi manfaat bagi banyak orang ya mba.
    sudah nyetak buku juga ya mba, pengen ah nyari ;)

  12. subhanalaah sangat menarik di tengah- tengah carut marut dunia yang seperti sekarang
    semoga kita semua tetap menjadi insan yang ada di jalan Allah
    salam kenal :D

  13. Assalamualaikum. Salam kenal mba Rindu, senang sekali bisa mengenal mba. Blognya bagus. Isinya luar biasa. Bukunya kelak akan saya cari :) I follow you, mba :)

  14. Assalamualaikum, mba rindu..
    Udah lama ga baca blog mba, untungnya gmail membantu saya meng-update tulisan2 baru mba rindu.
    Saya sangat suka tulisan2 mba, “cukup” inspiratif bagi anak muda jaman sekarang yang memang dalam keadaan bingung di saat dunia penuh teka-teki sepert ini.
    Saya memuji cara menulis mba rindu yang menggunakan hati..
    Hanya saja saya agak gelisah, ketika bakat mba rindu dalam menulis “untuk mencari makna hidup” hanya digunakan untuk mengungkapkan suara hati. Memang tidak ada salahnya, bahkan saya sangat suka. Hanya saja, sekali lagi hanya saja akan lebih bermanfaat jika mba rindu menggunakan bakat mba rindu untuk menggali khazanah keilmuan Islam yang sedang surut.
    Beberapa teman, yang punya bakat seperti mba rindu, sudah memulainya. Manggunakan bakat untuk menghidupkan tradisi keilmuan Islam. Memang, pemuda zaman sekarang awan dengan hal seperti itu. akan tetapi ini sangat penting bagi Islam.
    Saya sangat berharap sumbangan tenaga dan fikiran mba rindu.
    Waalaikumsalam mba….
    afthonlubbinuriz@gmail.com

    • waallaikum salam warahmatullah mas Afthon

      Saya sungguh merasa tersanjung atas komen mas, jarang jarang loh saya bales komen di kolom “saya adalah” :)

      Sejauh ini saya memang menulis dari apa yang saya alami atau orang orang terdekat saya alami, makanya saya bisa menulis dengan hati, karena saya tahu persis apa yang terjadi dan bagaimana ALLAH memberi saya dan mereka jalan keluar, dengan harapan pembaca dapat belajar dari pengalaman hidup saya yang mungkin miskin makna

      Menulis dengan tradisi ke-ilmuan islam artinya mengurai apa yang ada di hadits dan Quran dan saya bukan ahlinya mas, meski sedikit demi sedikit saya juga belajar sewaktu masih di pesatren dulu, waktu masih SD itu juga.

      Jadi saya menulis dengan ilmu yang saya miliki, karena saya juga harus menghitung HISAB dari apa apa yang saya sampaikan, mohon doa saja agar sama mampu menuju kesana, suatu hari nanti

      Ade a.k.a Rindu

    • Iya mba rindu, saya juga merasa terhormat sudah mendapat balasan dari mba. Khazanah keilmuan Islam sungguh sangat indah. Tradisi keilmuan Islam yang lahir dari Al Quran dan Sunnah Rosul telah berkembang sedemikian rupa di tangan para intelektual muslim. Para faqih, mutakallimun, failusuf, sufi, dan ulama lain dalam displin ilmunya masing-masing telah berjasa besar sehingga kita generasi zaman ini masih merasakan nikmat indahnya ajaran Islam yang begitu dalam menyentuh hati manusia. Itulah mungkin yang menjadi salah satu sebab mba rindu bisa menulis dengan hati. Berkat tangan-tangan mereka yang mengorbankan waktu, fikiran, tenaga, harta, bahkan nyawa.
      Konsep Ibnu Rushd mengenai akal diambil oleh Barat, dan menjadi gerakan besar Averroisme, meski Barat hanya mengambil sebagain pemikirannya saja, hasilnya Barat maju hingga saat ini. Karya-karya Imam Al Ghozali telah mengilhami dan melahirkan generasi emas seperti Sholahudin Al Ayyubi yang berhasil memukul mundur pasukan salib di mesir dan yerussalem. Bahkan konon keberhasilan Muhammad Al Fatih dalam menaklukan konstantinopel, adalah pengaruh dari buku-buku Imam Al Ghozali.
      Subahanallah sumbangan mereka dalam kemajuan peradaban Islam.
      Kini, kita sebagai generasi muda apa yang akan kita lakukan?
      Saya sangat apresiasi terhadap tulisan2 dan buku mba rindu. Masih sangat jarang generasi muda yang hatinya seperti itu.
      Saya hanya ingin saling tukar fikiran, bahwa kemampuan mba rindu jika diasah dan dipadu dengan khazanah tradisi intelektual Islam, akan menjadi sumbangan yang sangat berharga bagi umat Islam. Bukan dua tau tga tahun. Akan tetapi berabad-abad.
      Sekali lagi trimakasih mba rindu atas waktu yang diluangkan mba rindu..

      note: mba rindu bisa baca-baca kajian pemikiran Islam di insistnet.com. Banyak kajian dan buku-buku menarik yang bisa dijadikan penyegar semangat kita akan perkembangan pemikiran Islam.

      • Terima kasih atas kata kata yang panjang dan indah, saya jadi ingat pada cita cita saya sewaktu berumur 9 tahun, masih duduk di madrasah sebuah pesantren milik Buya (Kakek saya) waktu itu saya adalah penggemar tulisan Rabiah Al Adawiyah, dan bercita cita ingin seperti beliau …

        Tulisan tulisannya saya tempel di dinding kamar saya, dan saya bawa ke alam bawah sadar saya, hingga kini … cintanya kepada ALLAH luar biasa, membuat semua selain ALLAH tidak lagi menarik, tidak lagi nikmat

        Insya ALLAH saya akan terus belajar ilmu makrifat .. doakan ya mas, liat saya lima tahun lagi jika ALLAH memberi saya umur lebih.

        Ade a.k.a Rindu

        • Buya, jadi inget Buya saya, yang mengabsen tahajjud tiap jam 3 pagi. Hari gini masih diabsen, jadi malu….
          Saya doakan mba, semoga mba mendapatkan apa yang mba cita-citakan. Al hamdulillah saya sempat belajar ilmu tashawuf secara akademis. Meski bukan secara praktis saya belajar tasawuf, namun pengetahuan dan pemahaman tentang sufisme sangat membimbing saya untuk menjalani hidup menuju mati.
          Meski Robiah Adawiyah bukan favorit saya, tapi saya cukup terkesan terhadap pendirian hatinya. Pendirian hati yang cukup susah pada massa itu.
          Semoga mba rindu selalu menjalani hari-hari dengan indah…
          Wassalamualaikum…

  15. Thanks y mbax…….
    Krna crita mbax tlah mmpu mmbuat q menangis dan trharu dan trmah ksih jga karna mbax q lbih mngerti dan mmahami arti hidup yg ssungguh y……?
    Skrang q ykin bahwa ALLAH tak akan prnah mnguji umat-Nya melebihi kemampuan y………. Salam terindah dri Q……

  16. Thanks y mbax…….
    Krna crita mbax tlah mmpu mmbuat q menangis dan trharu dan trmah ksih jga karna mbax q lbih mngerti dan mmahami arti hidup yg ssungguh y……?
    Salam terindah dri Q……

  17. Assalamualaikum Mbak Rindu. Seneng bertemu blog ini. Tulisan2nya Sangat inspiratif untuk berbuat lebih baik. Thanks Mbak

  18. aku cinta dia mungkin dia tidak cinta aku tp aku hrs bagaimana lg aku gk tau klo ini bs terjadi padahal aku sudh sgt aku menagis dan bersedih aku tiada bisa pantas untuk dia bagaimana aku hrs brthn aku menagis……… dn brsdh tlng allah ku berikanlah aku doa tuk menghadapi ujaan ini

  19. assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh ,mba Rindu yg selalu aku rindukan ,hampir semua tulisan tulisanmu banyak yg mirif dg kisah hidupku,sehingga jk aku membacanya tak jarang air mata ini tumpah,ternyata bukan hanya aku yg terluka.tetapi masih banyak orang yg lainya,aku sangt berterima kasih kepada Allah yg telah mengutus aku sampai di kebun hikmahmu,sehingga aku jadi bnyak belajar dari tulisan yg mba coertkan lewan kebun hikmah ini , selain itu aku minta izin untuk berbg dg teman temanku semoga ada hikmah dan manfaatnya dan pahalanya terus mengalir kepadamu walaupun mba tdk tau,semoga mba ihlas hati merelakan dan mengizinkan aku untuk berbgi .sebelum dan sesudahnya aku ucapkan beribu terima kasih wajazakillah khoyron aamiin.sekian sj surat pendek ini aku berdo’a semoga mba panjang umur dalam taat ,sehat jasmani dan rohani agar mba terus ada disini di kebun hikmah ini dan terus menulis untuk aku dan yg lainya salam hormat penuh santun serta rindu dariku shaafaa

  20. ok kata demi kata yg terlukis dgn indah di blog mba ade ini Alhamdulillah dapat saya cerna dengan baik….
    dan Subhanallah….. ternyata di dunia ni masih tersimpat mutiara putih yg membuat smua Insan-Nya kagum…

  21. ku lihat kau tak pernah membalas komen2 ini, namun ku merasa bahwa Allah harus mempertemukan pemuda sepertiku dengan wanita perenung ini, haah kamu keajaiban Allah

  22. ternyata bersumber dari sini y,, terharu. tak bisa lg berkata2 karna banyak yang dah komentar. salam kenal aja dariku :)

  23. salam pertemuan.
    muga blog Rindu membawa kerinduan terhadap Tuhan Wajibul Wujud.
    insyaAllah.
    sekali sekala saya copy paste, boleh saja, ya? kredit tetap tak dilupai,
    insyaAllah.

  24. Orang nya cakep…..!!!
    Tapi lebih Cakep tulisannya….
    Dan Semoga Iman nya lebih cakep dari tulisannya….!!!
    Amin…………………

  25. Subhanallah….. Saya sedang mencari mengenai ‘sepi’ di Google. Dan membawaku kesini. Terimakasih atas tulisan2nya. Ini mengobati rasa sepiku. Dan saya langsung subscripe ke emailku untuk mengikuti tulisan2mu selanjutnya.

  26. asssalamualaikum, itu foto ukhti ya? kalo boleh usul, sebaiknya nggak usah dipasang foto di atas, itu lebih menjaga kesucian hati orang yang difoto dan juga orang yang akan memandangnya. barakallahu fiik…..

  27. Subhanallah, untaian hikmah yang tak kunjung putus dalam setiap lembaran tulisan Mba :) Semoga terus berlanjut ….. Semoga Allah tambah menyayangi Mba :) Salam kenal Mba Ade…

  28. teruslah berbagi hikmah, hikmah dari hamba yang tulus mencintai Allah dan dicintai Allah
    sangat-sangat indah.

  29. Subhanallah.. ini komentar terbanyak yang saya pernah lihat, 1242 ilmu baru. Selamat mba Ade.. semoga tetap bisa memberikan pencerahan buat kita semua.. :)

  30. sebelumnya saya minta maaf,,,,,,,,,wah mungkin yang dimaksud arti ikhlas adalah ilmu ikhlas….Klo memang mau tahu arti ikhlas atau mau belajar ikhlas…..tapi kenapa gak ikhlas klo hasil karyanya harus ada slogan …”jika ingin meng-copy tulisan dari kebun ini mohon mencantumkan sumbernya (linknya)”….
    yah saya doain biar cepet meraih ilmu ikhlas……tapi sebelum melangkah ke ilmu ikhlas kita harus meraih ilmu aqidah terlebih dahulu…karena aqidah adalah dasar dari semua ilmu…………… sessudahnya saya minta maaf……karya-karya anda memang bagus n top dech pokoknya……….teruslah berkarya sobat

    • Sikit ikut jawabin tuk komentnya belalangtue …tapi kenapa gak ikhlas klo hasil karyanya harus ada slogan …”jika ingin meng-copy tulisan dari kebun ini mohon mencantumkan sumbernya (linknya)”…. << Mungkin …ini saya juga baru mungkin.. Cuman ade sendiri yg tau maksutnya..
      Menurut pendapat saya .. ade ikhlas ! Cuman disini kan yg dishare itu '' Ilmu dan Pengalaman seseorang'' makanya dibutuhkan Satu Isnad yg jelas . Itu ditujukan untuk apa2 yg dia Ungkapin dan apa2 yg jadi isi dari semua tulisannya bisa dia pertanggung jawabkan…Ga salah ko minta di cantumin Link sumbernya ..dan menurutku itu Sebagai bentuk pertanggung-jawaban ada atas apa yg dia tulis !

      Maka saya Berpendapat Adhe iklas dg apa yg ade tulis.

      Wallahu alam …!

  31. Ini benar2 kebun hikmah yang indah dan mempesona setiap ‘mata hati’ yang memndangnya. Sejauh mata memandang, deretan hikmah yang berwarna warni indah menyejukkan mata ini. hmmm. I really like this website….
    I have my own website : http://ahmadwasim.blogspot.com
    To all fans of this website, kindly please also comment to my site. thanks all..

  32. Ini benar2 kebun hikmah yang indah dan mempesona setiap ‘mata hati’ yang memndangnya. Sejauh mata memandang, deretan hikmah yang berwarna warni indah menyejukkan mata ini. hmmm. I really like this website….

  33. Assalamu’alaykum….

    Salam kenal ya ukhti…..
    Tulisan Anda sangat berkesan dan menarik …
    Semoga dapat bermanfaat bagi semua… ^_^

  34. asalamualaikum, mba rindu…
    salam kenal ya… blog yang begitu indah, untaian kata yang sangat indah…

    begitu membaca tulisan-tulisan mba, mimi langsung merinding, menangis dalam hati karena aku menyadari bahwa kita sebagai manusia hanya harus mencari ridho dalam setiap perbuatan dan amalan kita…

    mohon doakan mimi yang masih limbung karena dunia ini ya, mba… agar bisa total memperbaiki diri dari hari ke hari… berharap menjadi wanita penghuni surga, amiinn… (semoga Allah mengabulkan keinginan hamba-Nya yang hina ini)

    hiks…

  35. Kelembutan cahaya wajah yang terpancar dari sikap yang lembut dan hati yang sejuk ..nur Ilahi memberikan aura yang menawan.. surga mengharapakan singgahnya wanita sholehah…

  36. Ya Alloh berikanlah dia ini kekuatan, kelapangan dalam segala hal, sehingga setiap tulisannya memberi hikmah bagi semua yang membacanya….
    Salam kenal Mba Rindu….

  37. Salam kenal ya Rindu….. saya sering baca tulisan kamu, saya sangat menyukainya, kata2nya indah dan mudah di mengerti… terus menulis yaaaa…. Insya Allah saya akan terus pula membacanyaa… thx

  38. Satu hal yang terkadang terjadi, bahwa mencintai Allah… ingin dekat dengan Allah… hanya Allahlah satu satunya yang menjadi pemerhati Absolut, penyayang yang muthlaq karena memang demikian adanya diyakini atau pun tidak, tapi kenapa ini dilakukan hanya setelah hati kita terluka karena keinginan yang tak tergapai..? Seorang yang hanya ada Allah dlm hatinya, dia tidak akan pernah takut apapun kecuali oleh Allah, dia tidak akan pernah merasa kecewa terhadap apapun kecuali karena Allah meninggalkannya. Yakinlah bahwa Allah tidak pernah meninggalkan siapapun kecuali dia sendiri menghendaki demikian terhadap Allah…

  39. Rindu hamba pada Sang Pencipta, Tuhan hamba, yang FitrahNya-lah tempat asal fitrah jati diri hamba. Mengenali fitrah jati diri benih gaib manusianya sendiri yang akan mengantarkan pada pengenalan sang hamba kepada Fitrah Jati Diri Tuhannya.

  40. Riiiiiiiiiiiiiindu mengapa hatiku rindu tiada tertaaaaahan kau tinggalkan aku seorang
    kalau hatiku sedang rindu pada siapa aku mengadu…………

  41. Saya pikir tak penting lagi kan penghargaan dari manusia, selama tulisan ukhti bisa bermanfaat untuk yang membacanya, itu adalah hal yang terindah, sekalipun tak tersebut dalam postingan, sekalipun tak tertuang dalam komentar, sekalipun tak terungkap lewat lisan, sekalipun tak tercetak dalam hamparan kertas…saya yakin yang paling ukhti inginkan adalah terekam dalam catatanNya, yang tak perlu diketahui oleh manusia.

    Terimakasih atas uluran ukhuwahnya, tak ada yang lebih indah selain senyuman tulus dan sapaan salam saat kedua orang dipertemukan karena Allah, dan saya menyapa ukhti…Assalamulaikum ya ahlul bait… :)

    Semoga hikmah ini menjadikan saudariku ini menggoreskan catatan terindah di tangan malaikatMu ya Rabbi

    ***bentar lagi fansnya ngalahin nikolas saputra :))

  42. Saya pikir tak penting lagi kan penghargaan dari manusia, selama tulisan ukhti bisa bermanfaat untuk yang membacanya, itu adalah hal yang terindah, sekalipun tak tersebut dalam postingan, sekalipun tak tertuang dalam komentar, sekalipun tak terungkap lewat lisan, sekalipun tak tercetak dalam hamparan kertas…saya yakin yang paling ukhti inginkan adalah terekam dalam catatanNya, yang tak perlu diketahui oleh manusia.

    Terimakasih atas uluran ukhuwahnya, tak ada yang lebih indah selain senyuman tulus dan sapaan salam saat kedua orang dipertemukan karena Allah, dan saya menyapa ukhti…Assalamulaikum ya ahlul bait… :)

    Semoga hikmah ini menjadikan saudariku ini menggoreskan catatan terindah di tangan malaikatMu ya Rabbi…salam sayang dari Oyen :)

    ** bentar lagi fans nya ngalahin Nikolas Saputra :D

  43. Assalamualaikum…
    Sungguh menentramkan hati, kutunggu tulisan berikutnaya…. di KEBUN RINDUMU….

  44. berulang kali membaca SAYA adalah…hanya karena kehati2an saja supaya tak salah berkomentar…akhirnya saya cuman bisa nulis Do the Best…Salam kenal…

  45. asslmlkm
    saya dh baca sekilas tulisan2 di blog kamu… bukan bermaksud gombal cuman ,jujur saya merasa mendapatkan ketenangan ,atau mungkin kesejukan dibalik tulisan tulisan kamu….
    mungkin semua itu cerminan dari diri kamu yang memancarkan keindahan….

    terima kasih.. saya akan sering berkunjung ke blog kamu…..

  46. mbak Rindu.. bolehkah kita bertemu lewat ym..

    saya adalah seorang perempuan yang kurang lebih juga mengalami kisah yang sama seperti mbak..
    diawali oleh patah hati, kemudian sekarang ini sedang ber istqomah mencari hidayah-Nya

  47. Assalamu’alaikum,

    salam ta’aruf..walupun ukhti lebih muda dari saya ternyata dlm menggali & memahami hidup saya harus berguru, belajar dari ukhti, saya tunggu lagi wejangan2..hasil perenungan ukhti

    Wassalamu’alaikum.

  48. Assalamu’alaikum,

    salam ta’aruf..walupun ukhti lebih muda dari saya ternyata dlm menggali & memahami hidup saya harus berguru, belajar dari ukhti, saya tunggu lagi wejangan2..hasil perenungan ukhti

  49. Masya Allah, Merinding aku membaca Tulisan Kamu, begitu simpel namun langsung menembus Kalbu…
    Boleh saya copy paste ?:

    “Apa yang seharusnya saya miliki karena pecinta ILLAHI konon hanya ingin memiliki dan dimiliki ALLAH, ingin menjadi TIADA hingga bertahta ALLAH saja, hingga tinggal jiwa sederhana tanpa berbalut dunia.”

  50. Assalamualaikum…

    Alhamdulillah senang bersilaturrahmi di kebun kamu, Insya Allah bisa saling berbagi “hidangan Allah” dalam perjalanan hidup. Saling bersedekah pengetahuan dan hikmah.

    Salaam,

    ^_^

    • Dipersinggahan hari kesepuluh

      Di sepuluh hari awal perjalanan seorang hamba
      Dalam sebuah persinggahan di kebun Rindu
      Dalam perjalanan “memenggal diri”
      Seorang hamba bersimpuh terdiam
      Menanti saat Tuhan berbicara

      dalam relung hati….
      Berkehendaklah Yaa Rabbi….

      *Maaf….
      Numpang menggoreskan catatan perjalanan pribadi.
      (tidak punya maxud apa-apa ^_^)
      Terkadang hadir puisi secara spontan.
      Mohon maaf jika kurang berkenan.

  51. Dear Rindu…

    Rindu yang sesungguhnya adalah “Rindu” yang tersimpan dalam jauh di lubuk “hati” (Qalb).
    “Rindu” yang membuat Rabiah ra merasakan neraka adalah syuga dan syurga adalah neraka adalah sama saja…
    “Rindu” diantara kekasih ini seperti mutiara dalam sebuah cangkang tersimpan jauh didasar “samudra Tuhan”.
    Tak perlu menceritakan kepada “dunia” tentang “Rindu” ini.

    rindu didalam “Rindu”
    menghadirkan….
    cinta didalam “Cinta”

    jalan menuju Tuhan adalah “Jalan Cinta”

    ^_^

    Salaam…

  52. setelah saya membaca beberapa tulisan dikebun yg penuh Hikma ini, sy sdr ternyata Hidup ini sebenarnya Indah.. ya Allah maafkan kslhan Hambamu yg telah diperbuatny ini,terimalah tobatbya karna kami tau Engkau maha sglnya.

  53. Ma’af klo boleh saya nanya, Mba ada hubungan apa sama Khalil Jibran??
    Muridnya atau keluarganya Mba??
    Your blog make me crying, i’m remember with every my sin’s.. Allah hu’akbar

  54. Assalamualaikum Rindu……….
    Kenalkan saya Anas, seorang pria asal Sumut, yang merantau sambil menjajaki hidup serta menimba ilmu di kampung orang………

    Saya tertarik skali baca tulisan2 dari Rindu, ya membuat lebih smngat tuk memulai dari nol(0)………

  55. assalamualaikum..salam ukhuwwah..blog yang bagus..banyak manfaatnya..teruskan berdakwah, bil alat, bil hal, billisan..semoga dirahmati allah..

    Sabda Rasulullah s.a.w: Sesiapa yang mengucap LAILAHA ILLALLAH adalah da’i..wslm

  56. ass. wr.wb,
    mbak, ane terharu sekali membaca blok ente. ane merasa masih ane memiliki kehidupan indah, suami baik anak ada, tapi seakan kurang, mungkin keihklasan ane masih titik nol.

    makasih ya yang tadinya ane menyerah ane bangkit lagi. semoga rasa ikhlas tulisan mbak tercermin di hati mbak, jangan hanya sekedar tulisan…

    saran ane mbak buat gimana menikmati rasa ikhslas dan mencintai dan dicintai orang lain.

    wasalam.wr.wb
    cap ikhlas hidup

  57. Asswwb
    Terima Kasih Mbak atas tulisannya , semoga ini menjadi pencerahan jiwa untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kita semua Amin, dan rakmat Allah selalu menyertai mbak dan Keluarga.

  58. saya tidak tahu…apakah yg anda tulis adlh ungkapan pribadi atau sekedar tulisan yg bersifat ragawi,tanpa ada bekas pada diri sendiri…tp aku berterima kasih krn msh ada sedikit wanita yg mau mencari jati diri…di dunia yg kian munafik ini….

  59. salam kenal, perempuan titik nol. wow….tulisanmu benar-benar melukiskan pola pikirmu yang fantastis. Perempuan titik nol…. jarang ada seseorang yang begitu mampu mengidentifikasikan dirinya. saya pernah dengar yang mengenal dirinya, mengenal Alloh. Semoga rindu mencapainya. Fotonya g diganti kebun saja… so laki-laki yang datang bisa memberi opini lebih obyektif

  60. salam kenal, perempuan titik nol. wow….tulisanmu benar-benar melukiskan pola pikirmu yang fantastis. Perempuan titik nol…. jarang ada seseorang yang begitu mampu mengidentifikasikan dirinya. saya pernah dengar yang mengenal dirinya, mengenal Alloh. Semoga rindu mencapainya. Btw, pemasangan fotomu menimbulkan banyak pertanyaan ^_^?. bila memang tak ingin dijudge by its cover mengapa tak memajang foto kebun saja… sehingga laki-laki yang datang kesini dapat memberi komentar lebih obyektif

  61. salam kenal………….
    saya terkesan dengan kalimat kalimat yang begitu menyentuh hati, membuat hati saya kembali mersa rindu kepada saat saat saya merindukanNya.

  62. mbak rindu salam kenal saya seperti mendapat durian runtuh bisa masuk di blog njenengan… suka sekali makasih… mbak rindu terus nulis ya…

  63. Isi blognya bagus2 memberikan siraman makna yang berarti. Ada tulisan fotonya belum tentu rindu, saya khawatir saja memasang foto orang lain. ada kata bijak yang bagus jadilah dirimu sendiri. kalau bukan foto rindu menurutku lebih baik blong saja. he3.

  64. wahhh ……… inspiratif bagetttt. ada ya kesucian hati dan pikiran yang jenengan miliki. semoga bisa menjadi hikmah untuk semuanya amiiiin

    Rindu: amin ya ALLAH … semoga semua indah pada akhirnya.

  65. ^_^ assalamu’alaikum…

    Ade, kehadiranmu memberikan kesejukan bagi semuanya bagai embun dipagi hari yang begitu bening…

    ^_^ Rin, siapapun yang tersesat atau sengaja lewat kebun ne, pastilah dia kan berteduh diantara rimbunnya pepohonan yang ada, ntuk b istirahat sebentar atau rutin berkunjung untuk mendapatkan kedamaian yang semakin sulit ditemukan saat ne,

    De, semoga selalu berada dalam kebaekan, bisa memberikan kedamaian bagi semua yang mampir dikebun hikmah ne. selamat berjuang menempuh kehidupan baru, semga menjadi lebih baek lagi dibandingkan hari ini, ameen… thanks,

    wassalamu’alaikum… :-)

  66. Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Berbagi dengan sesama adalah keindahan yang takkan tergantikan, disatu sis kita memang hanya mengharapkan cintaNya, tapi disisi lain cintaNya akan datang bagi hamba2 yang mampu berbagi cinta pada sekelilingnya dengan CintaNya. Sahabatku…. Ajari aku untuk kembali ke titik NOL.

  67. assallam muallaikum. smoga allah swt mejadi penunjuk jalan menuju kekasih yang terkasih yang awal dan yang akhir..diantara
    perjalan dua titik yang dijalani. memang tidak panjang.hanya sepanjang tarikan nafas itu saja.. tidak lebih.. dan hilang lah
    ianya dalam belaian rabbul jalil.. Amin

  68. masyaallh
    sungguh indah makna yang buk tulis..
    saya senang sekli..,kata-katnya membuat hati ini lbih indah..,

    • aduh mbk kata2x bgs bgt buatin kata dong mau kutujukan buat suamiku,agar dia mau kembali pdku dan memaafkan ak…..

  69. sy br menemukan blog anda dan sy baca2, isinya bagusss. slm knal. sy suka dngn tulisan yg ad di blog ini, mdh2an dpt diterapkan jgn hnya sbg penghias blog sj. skg bnyk org yg pinter ngomong tp realitanya nol besar hanya utk di puji org lain….

  70. Subhanallah…Katsir jiddan yg komen..
    [...]memang semua orang terlahir dari NOL,tapi bukan berarti kita baru memulai hidup kita ini kan…,kita mempunyai masa lalu.[...]jadi itu smua bisa kita jadikan tolok ukur dala pencarian Ade yg dari NOL itu..
    [...]yang pasti_HIDUP SEKALI HIDUPLAH YANG BERARTI..

  71. Komentar ke 1111 :)
    Semoga segala hikmah dan kebaikan di Blog ini mampu mencerahkan banyak orang, sehingga menjadikan amal Ibadah yang tak pernah berhenti mengalir hingga Jiwa Pemilik Blog ini menghadap ke Illahi Rabbi. Amin Ya Rabb

  72. Anti benar, kecantikan raga adalah sebuah ilusi, ilusi hanya akan sirna jika cahaya yang hakiki menutupinya. kecantikan jiwa adalah sebuah tautan hati yang merampas keangkuhan, tertunduk dalam kerinduan pada pemilik jiwa.
    semoga akhlaqmu secantik guratan penamu dan selembut bayang kerudungmu.
    aq adalah jiwa yang kering, terjerembab dalam bising hati yang keras. namun saat tautan hati ini di pertemukan Allah dengan peredam rindu, jiwaku mulai basah dengan arus hidup yang membara.
    aq, istri dan mujahid kecilku, sangat mengharapkan muncul banyak perempuan dengan kelembutan hati dalam bingkai ketaatan kepada Allah.

  73. Mbak aku mampir ke Blokmu, aduuuh luluh luntuhlah hatiku.. Ya Allah berikan aku kekuatan untuk sanantiasa ingat akan firmanMu,Bertobat atas larangan-laranganMu.Hidup di dunia ibarat mampir ngombe ( mampir minum )

  74. Ade a.k.a Rindu yang baik…
    Tulisan2 yang penuh dengan ke IKHLASAN…
    karena IKHLAS adalah kunci dalam menjalani kehidupan…..
    Selamat berkarya….
    Cheers….

  75. Tulisan hanya huruf yang berderet, ucapan hanya kata yang menari indah tetapi hati kan selalu tak berubah! semoga ni kehendak hati tuk selalu berbagi keindahan dalam perbuatan, mari bangun akhlaq yang lebih baik tuk sesama terutama muslim adanya, Insyaallah khan bermanfaat tuk ade a.k.a rindu
    (i like harun yahya – hakikat kehidupan)

  76. Assalamualaikum….,
    saya yakin akan ada bnyak hikmah bisa diambil disini, terimakasih Rindu, kau telah memanfaatkan pemberian ALLAH berupa kemampuan menulis dan merangkai kata untuk bisa dinikmati orang orang yg haus akan hikmah hidup…
    semoga ALLAH Ridho dgn semua ini dan semoga segala yg tertuang disini bisa dijadikan manfaat dan berkah, amin…
    saya mohon ijin utk ikut menikmati tulisan tulisanmu, semoga Rindu ikhlas….

  77. Assalamu’alaikum..

    Sebelumnya saya ucapkan salam kenal…

    Setelah saya melihat sekilas isi blog ini hanya satu kata yang bisa saya ucapkan.. “Subhanallah”

    Wassalamu’alaikum..

  78. Pingback: Architect Dream « Architect Dreams

  79. IKHLAS
    ikhlas (kata yang kita kenal saat ini) adalah gambaran suatu kondisi jiwa yang sampai saat ini tidak ada bahasa yang dapat mengekspresikannya. sejumlah penjelasan tentang hal tersebut saya rasa tidak dapat mengungkap keindahannya, sejatinya ikhlas. bahkan ada sejumlah penjelasan yang justru menjauhkan dari hakikatnya.apakah sdri RINDU mempunyai penjelasan yang cukup tentang hal tersebut?,kalau sudah, tolong sharing sama kita, kebetulan kita lagi konsen sama hal itu. Kalau bisa, sdri rindu akan lebih indah kalau dalam tulisan “saya adalah” tidak hanya mengungkapkan ‘dorongan jiwa’, tapi juga menjelaskan hal-hal yang sedang/ingin anda gapai (ikhlas dsb.). saya harap hal ini akan menjadi wahana diskusi/sharing,jadi mohon ditanggapi yach !!!!!!

  80. rute jalan yg kita tempuh memang berbeda, tapi karena tujuannya sama, maka ketika saya mencoba melongok keluar dari jendela gerbong kereta yang saya tumpangi, ternyata ada kesejukkan juga di luar sana. GBU

  81. jalan yg kita tempuh memang berbeda, tapi karena tujuan kita sama, maka keindahan kebun anda, terlihat indah juga ketika saya mencoba menengok dari jendela gerbong kereta yang membawa saya menuju padaNYA.

  82. makasi juga de.. serius, tulisan di blog saya memang tulus mau ucapin terima kasih sama ade.. bener,kalau ngak disemangati lewat ym-an dari ade, mungkin saya bisa terancam wisuda lebih lama..:)

    sungguh senang rasanya bisa kenalan ama ade..

    goncengan dengan vespa tua keliling jogja??? boleh aja sih.. tapi fans2 ade yang lain pada cemburu nanti sama mas..:)

  83. Salam kenal mbak…saya sangat suka dengan tulisan2nya yang mengalir bagaikan air…sungguh kebun ini memang penuh dengan pohon-pohon hikmah..thx

    Rindu: salam kenal mas, iya ada sungai kecil dikebun saya untuk pengunjung mewudhukan jiwanya, membersihkan hatinya :)

  84. Pingback: Review Statistik Rinduku « Laki-laki Biasa

  85. Setiap Keindahan Perhiasan Dunia
    Hanya Isteri Salehah Perhiasan Terindah

    Setiap Keindahan Yang Tampak Oleh Mata
    Itulah Perhiasan
    Perhiasan Dunia

    Namun Yang Paling Indah Di Antara Semua
    Hanya Isteri Salehah
    Isteri Yang Salehah

    Setiap Keindahan Perhiasan Dunia
    Hanya Isteri Salehah Perhiasan Terindah

    Hanya Isteri Yang Beriman
    Bisa Dijadikan Teman
    Dalam Tiap Kesusahan
    Selalu Jadi Hiburan

    Hanya Isteri Yang Salehah
    Yang Punya Cinta Sejati
    Yang Akan Tetap Setia
    Dari Hidup Sampai Mati
    Bahkan Sampai Hidup Lagi

    – Ka Rhoma –

    :-p

  86. Gajebo, ga jelas bo, abu-abu gitu rasanya. Hidup ini bagai diterpa sesuatu yang mengusik inti kestabilan sistem emosional. Kirain symptoms semacam ini cuma saya yang ngerasain, setelah bertanya ke gudang jawaban (google) segaris senyuman terlukis di wajah saya, sepercik pelangi terlukis di hadapan saya. http://themiphz.wordpress.com/2009/12/31/quarterlifecrysis/ Namanya quarter life crisis, saat usia kita menginjak twenty something, then something changed. ;-)

  87. Assalamualaikum, Teh…
    Masya Allah, tulisannya bagus2, pengalaman2nya luar biasa
    Semoga diberi keteguhan hati untuk tetap istikomah memberikan banyak hikmah dengan tulisan2nya
    Jazakallah khoiron katsir…
    Salam super hangat penuh semangat ^^
    (Suka main gitar ya Teh? kayaknya udah jago nih…, saya rekomendasikan “DEPAPEPE”, mudah2an bs memperkaya inspirasi)

  88. Assalamualaikum, Teh…
    Masya Allah, tulisannya bagus2, pengalaman2nya luar biasa
    Semoga diberi keteguhan hati untuk tetap istikomah memberikan banyak hikmah dengan tulisan2nya
    Jazakallah khoiron katsir…
    Salam super hangat penuh semangat ^^
    (Suka main gitar ya Teh? kayaknya udah jago nih… saya rekomendasikan “DEPAPEPE”, mudah2an bs menambah inspirasi)

  89. hm…
    apa memang benar-benar ada ya ilmu ikhlas itu?
    terus terang aku baru tau saat liat film ” kiamat sudah dekat “.
    sepertinya sangat susah untuk mendapatkannya.

  90. salam kenal mbak..
    tertarik dengan blog ini yang menyediakan kesempatan bagi yang membaca untuk mendapatkan hikmah kehidupan. Saya merasa menulis adalah salah satu pemaknaan kehidupan. Namun seringkali saya tidak mampu menangkap suatu makna dalam kehidupan sehari – hari..ada tips mbak??hehe..makasih

  91. Keren.. tulisannya mengalir keren.
    saya sendiri ga bisa banget berkata2 ato nulis seperti itu.

    Mungkin bakat saya hanya dalam bahasa gambar. Jadi blog saya ga ada tulisannya, kecuali judul. XD

  92. Asalamualaikum

    Blognya sangat bermakna Mbak…
    terima kasih sudah menyadarkan saya dengan tulisan-tulisannya…

    oh iya, sebelumnya salam kenal dari lereng tangkuban perahu.. :)

  93. Assalamu ‘alaikum

    kiranya kita punya ikatan batin yg sama
    dengan membuat Blog yang sama

    Syauqiy artinya Rinduku

    dari tulisanmu ya ukhti membikin kutertarik ta’aruf dgmu

    ya allah dekatkan aku dg nya

    Wassalamu ‘alaikum

  94. Assalamualaikum. Apa kabar, de?

    Udah lama jarang main sini, eh tapi sering kok jadi pembaca gelap tanpa berkomentar. Hihi…

    Soalnya tulisanmu bener-bener mencerahkan, de. Selalu mengajak jiwa untuk mengingat Sang Pencipta Jiwa. Subhanallah…

    Salam,
    Gilang Ramadhan

  95. Salam Kenal Mba’
    Saya kok tiba-tiba kagum dengan sampeyan.
    Halah …
    Lha tulisannya rameeee banget koment-nya.
    Mmmm … moga-moga bisa bawa manfaat buat aku.
    :-)

  96. Subhanallah…, sepanjang hidup saya baru kali saya ketemu wanita yang bicara tentang Cintanya pada Allah… Sang pemilik sesungguhnya.

    Bahagia sekali rasanya.., bila saya bisa kenal lebih jauh dengan anda…

    Harus saya akui Photo yang ada di atas sangat pas dengan karakter anda … tapi ketetarikan saya lebih kepada ungkapan anda mencoba memaknai hidup…. semoga Allah SWT memberikan yang terbaik buat Ade (dalam segala hal…)

    Oh..ya dapat alamat ini ketika membuka jurnal kesehatan….(Saya kira anda adalah Seorang dokter yang saya kenal dahulu, ketika di papua tapi ternyata bukan)

    kalau ade berkenan memberikan alamt email Ade kepada saya… karena saya pikir saya perlu banyak sharing tentang wanita kepada Ade atau sebaliknya.., tentunya dalam bingkai Islam.

    dan maaf kalau tidak berkenan dengan tulisan ini..ade abaikan saja…

    Semoga Allah selalu memberikan Hidayah dan kasih sayangnya pada Ade….

    Wasalam
    Esyaputra

    Salam sukses selalu buat Ade

  97. selamat berjuang dalam mencapai cita-cita yang kau inginkan.dan moga hidayah ini benar2 mbuat anda berubah………???

  98. assalamualaikum

    ketak sengajaan kumampir di blog ini, kumencari sesuatu tuk menjawab tuntutan jiwa. siapa yang mengira desah napas akan tertuju pada rangkaian kata yang menarik perhatian. Sungguh…hidup ini adalah pertanyaan yang harus terjawab sebelum Sang penncipta alam senesta ini menentukan janjinya, jangan sedih ketika apa yang diinginkan jauh dari pengharapan akan tetapi kembalilah menoleh jauh kedalam diri ini,karna pada dasarnya ada pelajaran yang paling berharga pada diri manusia. apakah itu? jawabku sebagai manusia yang sementara belajar adalah hati dan pikiran, dua komponen inilah yang bisa mengantar manusia menyatu dengan tuhannya,dan komponen ini pula yang mampu menjawab segala bentuk pertanyaan yang muncul dengan rumus SBB:
    persoalan dunia gunakanlah pikiran terlebih dahulu baru menggunakan hati, dan jika hasilnya sama-sama positip maka kerjakanlah karna itulah ketentuan Allah.
    persoalan akhirat, gunakanlah hati terlebih dahulu baru menggunakan pikiran dan jika hasilnya sama-sama positip maka kerjakanlah karna itulah kebenaran dari Allah(bukankah manusia dan mahluk hidup lainnya,serta alam semesta ini diciptakan oleh Allah dalam ukuran keseimbangan olehnya itu belajarlah menjalani hidup ini dengan menyeimbangkan hati dan pikiran) tapi ingat diantara hati dan pikiran itu ada mahluk yang telah dilaknat oleh Allah(syaitan)yang senantiasa membisikkan keraguan kepada komponen penyeimbang tersebut. sakit pasti sehat dan seterusnya… itu contoh yang sederhana aku gambarkan lewat celotehku yang membosankan ini. wassalam salam silatuhrahmiku tuk Rindu

  99. Kalau kita coba berfikir jernih/logis, coba kita fikir bagaimana mungkin tindakan orang lain bisa membuat hati kita terluka..Yang terjadi adalah sbb:
    Orang melakukan tindakan->Kita mempersepsikan tindakan orang tersebut sebagai tindakan menyakiti-> Kita mengizinkan untuk merasa tersakiti..

    Dengan suatu cara sebenarnya luka itu bisa hilang dalam hitungan menit, namun meskipun kita mampu melakukannnya kadang kala kita tidak MAU melakukannya karena tidak mengizinkan untuk melepaskan emosi tersbut..alias menikmati terhanyut diemosi tersebut..

    hehe bikin bingung ya…

    Btw, nicholas saputra maksudnya alias atau benar nicholas saputra? Bukannya nicholas saputra itu pacarnya dian sastro? *sok tau mode on*

  100. Kalau kita coba berfikir jernih/logis, coba kita fikir bagaimana mungkin tindakan orang lain bisa membuat hati kita terluka..Yang terjadi adalah sbb:
    Orang melakukan tindakan->Kita mempersepsikan tindakan orang tersebut sebagai tindakan menyakiti-> Kita mengizinkan untuk merasa tersakiti..

    Dengan suatu tehnik therapy sebenarnya luka itu bisa hilang dalam hitungan menit, namun meskipun kita mampu melakukannnya kadang kala kita tidak MAU melakukannya karena tidak mengizinkan untuk melepaskan emosi tersbut..alias menikmati terhanyut diemosi tersebut..

    hehe bikin bingung ya…

    Btw, nicholas saputra maksudnya alias atau benar nicholas saputra? Bukannya nicholas saputra itu pacarnya dian sastro? *sok tau mode on*

  101. Selamat berjuang untuk terus mencari makna hidup lewat belajar dan belajar dr kehidupan, sesungguhnya makan hidup kita adlh belajar, karena belajar tiada akhirnya kecuali stlh ajal menjemput
    Salam kenal mbak, salam blogger salam persahabatan dari saya

  102. Assalamualaikum,….
    Saya sungguh menikmati setiap kata yang kamu tuangkan disini…inspiratif.

    Allah tersenyum ketika engkau tercipta.

  103. Jangan melihat orang dari tampilannya, tetapi jangan pernah menipu dengan penampilan. Karena penampilan adalah jendela terdepan untuk melihat lebih jauh kedalam…

  104. dont judge by cover karena kecantikan itu jiwa, bukan raga. Jangan menlihat orang dari penampilannya, tetapi jangan juga menipu orang dengan penampilannya. Pandangan pertama adalah jendela untuk melihat lebih jauh kedalam.
    Salam Bahagia…

  105. ikhlasss… puncak perjalanan spiritual… smoga t’capai!!!

    Rindu: insya ALLAH … makanya jangan jauh jauh dari ALLAH agar tercapai :)

  106. salam kenal teh..
    sungguh…kebahagian memiliki wujud dan asal yang berbeda-beda tetapi demi ALLAH hakikatya datang dari DIA..

    semoga kita semua di berikan kebahagian dunia dan akhirat-NYA…

    sesungguhnya ALLAH mempunyai skenario yang sangat hebat dan tidak terduga…

    yang dapat kita lakukan hanyalah bersyukur dan menjalaninya dengan sebaik-baiknya….

  107. tundukkan wajahmu…
    pejamkan kelopak matamu…
    lembutkan hatimu……
    lalu biarkan ” NUR ‘ yang mendesah dengan linangan air mata :
    YA….ILAHI….
    ANTA MAKSUDI …
    WA RIDAKA MATHLUBI ….

  108. Assalamualaikum…
    siapapun kamu …
    sperti apapun kamu…
    kaya atau miskin kah kamu…
    aku tidak perduli…
    aku tidak sengaja terjatuh ke blog ini.. :P (ya bisa dbilang bgitu .. )
    ijinkan aku untuk menjadi temanmu…
    aku tidak punya apa2 untuk dibagi…
    aku hanya seorang pemuda yg mncari2 apa yg sebenarnya ingin ku cari …
    ternyata isi blog ini bisa menjawab apa yg aku cari ….
    bukan harta, wanita, kekuasaan, apa lgi dunia…
    terima kasih ya..

    harus aku panggil apa kamu?

    iya2..
    terima kasihku untuk

    …. RINDU….

  109. maks’y “Zero Mind Proses”
    smua berawal dri nol…….
    Cantik bukanlah suatu ukuran….dimata Allah…..Tp Ikhlas mncintai krena Allah tu yg utama…….
    Salam…bwt pnulis…

  110. di atas liat ada yang kritik tulisan rindu, tapi menurut saya simple. Kalau tulisan rindu itu membawa kebaikan, memberikan inspirasi bagi orang yang membacanya menurut saya itu malah bagus, hehe….

  111. Assalamualaikum.

    Salam kenal. Nice blog!
    Meski saya baru baca satu tulisan, yang judulnya Laki-laki Berkalung Sorban.

    Ihsan

  112. Blog Terbaik dan Termurni yang pernah saya singgahi secara tak sengaja, sampai hari ini !

    Bersyukur saya nyasar ke Blog ini
    Semoga semua belum terlambat ya ALLAH

  113. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Membca dua tulisan “saya adalah ..” dan “dibalik kerudung ..”, begitu indah bagus, di hari 1 Syawal 1430 H met lebaran semoga tetap istiqomh amiin. Doakan anak-anaku bisa menemukan kenikmatan dan pemahaman seperti Ade ….aamiin
    Wassalam

  114. lagi browsing cari tuhan, ehhh… malah ketemu jodoh di sini…he he he
    hidup di persimpangan terus, kerjaan tiap hari bolak balik cari jalan yg lurus… semua jalan tak pernah lurus.
    Ehhh ada kebun, mampir ngaso dulu.
    boleh kan ?

  115. Sangat jarang wanita seperti anda..tapi yakinlah apa-apa yang anda cari pasti terjawab dengan kesungguhan hati anda mencari tentang Hakekat semua yang ada dibumi ini,,permasalahan manusia cuma satu dari mulai kehidupan bumi ini ada, yaitu hanya masalah Hakekat Ketuhanan. Hanya karena itu manusia sampai harus hidup ‘berulangkali’ untuk menyelesaikan masalah itu sampai dengan sempurna kembalinya. Bermohonlah kita untuk itu semua…agar kehidupan bumi ini jauh lebih baik. Semoga di Ridhoi..

  116. boleh usul sedikit agar sesuai jiwa muda pemilik blog, utk mengganti latar belakang jadi lebih energic & sporty namun tetap soft … :)

    salam kenal :lol:

  117. Assalamu’alaikum,

    Blognya bagus sekali. Saya yang setua ini jauh ketinggalan. Semoga bisa belajar banyak dari Rindu. Tukeran link ya.
    Terima kasih.

    Salam dari Cianjur

  118. Assalamu’alaikum W.W
    Salam Takzim
    Mohon izin singgah ntuk mencari yang belum ku tahu sebagai pencerahan jiwa, jika berkenan mampir ke blog ku ya dan coreti dia agar bermakna
    Salam Takzim Batavusqu

  119. Rindu…boleh kritik yaa…setelah b’selancar d blog km yg rame ini & membaca tulisan2 km, kok kayanx bnx sekali hubungan komunikasi/aktifitas/sikap yg seharusnx Hablumminallah tp km blow up yaa (maaf kalau sy salah)…bknkah hal2 spt itu ckup km dan Allah sj yg tau. Bila ingin b’syiar ttg agama alangkah baiknx apabila km mencitraknx tanpa subjek. Jd tdk terkesan km sdg menunjukkan klo km org baik. Karena seperti apa hubungan kita dengan Allah tidak perlu org lain tahu. Maaf kalau kritik ini mengganggu Rindu. Salam kenal yaa…

  120. Assalamu ‘alaykum Wr. Wb

    Apa kabar sahabat?
    Hmmm…nice blog.
    salam kenal dan salam blogger… semoga kita bisa bersilaturrahmi. Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. semoga amal ibadah kita diterima oleh Alloh, amin.

  121. Assalamu ‘alaykum Wr. Wb

    salam kenal…. apa kabar shobat? nice blog…
    wah kerennnn…mudah2an nanti bisa mampir2 lagi.
    semangat yuk…!

    Rindu: semangat !! cayooo .. :D

  122. Ketentraman bathinmu terdapat pada imanmu,
    Selamatnya hatimu terdapat dalam ridha hatimu,
    Keteduhan matamu terdapat dalam shalatmu,
    Kecantikan wajahmu terdapat pada senyummu,

    Kehormatanmu terdapat pada hijab mu,
    Ketenangan pikiranmu terdapat dalam zikirmu,
    Saudariku, engkau dengan kecantikanmu lebih anggun dari sang surya,
    Dengan akhlakmu lebih harum dari minyak wangi.

    Dengan hatimu lebih terhormat dari tetesan hujan,
    Dengan ketawadu’anmu lebih tinggi dari rembulan,
    Maka peliharalah kecantikan mu dengan iman,
    Dengan ridha dlm syukur dan dengan kemuliaan hijab mu.

    Jadilah seperti intan didasar laut yg dlm,yg orng susah mengambilnya,dan perlu perjuangan untk mendapatkan nya,mahal harga nya,indah kilaunya,bening warnanya.

    وَإِنِّي مُرْسِلَةٌ إِلَيْهِمْ بِهَدِيَّةٍ فَنَاظِرَةٌ بِمَ يَرْجِعُ الْمُرْسَلُونَ

    “Dan sesungguhnya aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan membawa hadiah dan aku akan menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu.” (An-Naml: 35)

  123. Assalaamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokaatuh.
    Salam kenal dari MasYon di Cilegon.

    Alhamdulillah, di hari ke-2 puasa Ramadhan ini saya baru saja menemukan blog ini http://rinduku.wordpress.com/

    Isinya bagus sekali bisa sebagai renungan yang bisa menyejukan hati kita (khususnya umat Muslim)untuk lebih menambah pengetahuan dan wawasan guna mengenal dan lebih dekat dengan Robb-Nya, ALLAH SWT…. melalui pengenalan diri sejati sebagai makhluq-Nya dan alam lain. KeImanan…Kesabaran….Keikhlasan…
    Cinta…Kasih Sayang… Kepedulian pada sesama…dll.. Teruslah dikupas! Jangan berhenti untuk menulis ya!

    Salam Hangat Yang Bikin Damai, Tetap Semangat dan Sukses Selalu.

    Cilegon, 23 Agustus 2009
    MasYon

    Rindu: tersanjung saya …. semua yang indah datangnya dari ALLAH, dan jika ada kesalahan dalam menulis itu karena khilaf saya :)

  124. selalu hidup di tengah persimpangan jalan, simpang delapan, bahkan lebih…
    bolak balik nggak tahu apa yang dicari
    ujung2nya selalu mulai dari nol lagi, lagi2 di tengah persimpangan lagi
    cape dehhh !
    all i see always a dead end that i must turning back
    but i wish i can turn back time to my childhood

  125. “ketika kata aku,tak lgi b’arti buatku_ dan lenyaplah sgla existensiku_
    Maka tinggallah yG SATU, yaitu TUHANqu”

  126. Bismillah,
    Assalamu’alaikum

    Jangan terlalu mencintai ” SESUATU ” karna suatu saat pasti akan meninggalkan-nya

    Wassalam

    Rindu: iya, tak ada yang abadi … sungguh !!

  127. Bismillah,
    Assalamu,alikum yaa ukhti,
    ana sempat membaca beberapa tulisan anti diatas, sungguh luar biasa kalau ana nilai. begitu cantik kata yang saling bertaut,mengena dihati hati siapa yang tidak tersentuh dengan kata-kat yang indah dan bijak. tapi sayang kalau boleh ana nasehatkan ( semoga Alloh memberi taufik n hidayah kepada anti )dalam kata – kata itu tidak ada satupun ayat atau hadist. semua hanya disandarkan pada kata – kata belaka. tidak ada isinya. sayang kalau seandainya kita mau menasehatkan kepada orang hendaknya jangan menyandarkan pada diri sendiri. kita ini siapa ? ulamakah ? ustadkah ?
    atau siapa sebenarnya diri kita. takut pada Alloh tidak hanya dengan kata-kata tapi perlu implementasi dari itu semua. barang siapa berkata atas agama tanpa dalil niscaya siapkanlah tempat duduknya dari api neraka. agama dibangun diatas dalil bukan diatas ra’yu.
    Jazakillah khoiran katsiro

  128. susah ya kalo jadi cewek cantik, berjilbab lagi. rata2 yg komen cowok semua, ahahahaha
    sampe tipis scrollnya jadi malas baca satu2.
    cantik sih…

  129. Attitude itu lebih penting dari pada pintar. Sebab, pintar itu bisa belajar. Attitude susah untuk diubah–, meskipun bukan tidak mungkin. :)

  130. mbak rindu,….
    andaikata mbak juga membahas tentang makna dan penerapan tentang “BERSYUKUR” yang mungkin jika digabungkan dengan “SABAR”, atau dikombinasikan dengan “CINTA”…. siapa tahu menjadi satu ramuan mujarab bagi pencari cinta yang kadang kehausan tanpa tahu harus berlabuh dimana….
    sebab saya sendiri butuh saran dari mbak tentang cara menerapkan ketiga kata diatas…. matur thangkyu sak’Before..

    Rindu: tulisan yang berat tuh mas, saya mungkin tidak sanggup menanggung beban psikologisnya … karena menurut saya setiap tulisan akan dihisab di mahkamah ALLAH jadi harus hati hati bagi saya, takut tak mampu menjawab ketika ALLAH bertanya apakah tulisan itu sudah memberi manfaat buat orang banyak, apakah saya mampu seperti yang saya tulis dan sebagainya :) tapi akan saya pikirkan, ketika saya mampu akan saya tulis.

  131. Assaalamu’alaikum Wr.Wb.

    Salam kenal ya Mbk ;)
    Saya senang membaca tulisan2 di blog Mbk Rindu .. suka dapat pencerahan setelah membacanya :)

    Keep moving + Istiqomah ya Mbk ;)

    Wassaalamu’alaikum Wr.Wb.

  132. *Photo diatas belum tentu RINDU,..karena kecantikan itu jiwa, bukan raga *

    Pemilik cantik hati dan cantik rupa… baru pasti…itulah RINDU yg asli… ;)

  133. Assalamu’alaikum…

    saya kutip kata2 mba’ Rindu: “mencoba belajar tentang arti IKHLAS, arti SABAR, arti MENCINTAI dan DICINTAI, arti MEMAAFKAN, arti TAWAKAL, arti TIADA-ADA-TIADA, bukankah tak ada yang abadi dibumi ini, bahagia tak abadi, deritapun tak abadi”

    Persoalan hidup cenderung membuat manusia lupa akan beberapa hal tersebut..!! kuncinya hanya ada pada tingkat keimanan terhadap Allah SWT..

    Salam kenal dari Angga,
    Smoga sukses selalu bwt mba’ rindu… :-)

  134. seringkali kita mencari makna sabar… namun tak pernah tahu bahwa sabar itu tak terbatas, sedangkan kesabaran itu memiliki keterbatasan…
    jika CINTA adalah kebahagiaan mengapa kita sering menangis dibuatnya?
    Jika CINTA adalah kesederhanaan mengapa kita bersusah payah menterjemahkanya?
    cinta itu bukan obyek (karena jika ia adalah obyek maka memiliki awalan di–> menjadi DICINTA)
    cinta itu juga bukan subyek (karena jika ia adalah subyek maka memiliki awalan me–> menjadi MENCINTA)
    JADI…sebenarnya cinta dan kesabaran itu apa??

  135. Subhanallah…., Alhamdulillah dengan membaca tulisanmu ada pencerahan untuk hatikau…, alhamdulillah..thanks for your spirit…, terdapat hikmah disetiap tulisan…,terus dan terus enulis ya…untuk pencerahan banyak jiwa….,sukses selalu

  136. Assalamualaikum…

    Salam kenal…mba Rindu ini puitis sekali ya…dan cerita-cerita nya penuh dengan perenungan…semoga kita bisa saling berbagi dalam perjalanan menuju Jalan Nya,…

  137. Idzinkan aku menitipkan sepercik kisah atau setetes embun, mungkin bisa lembabkan hati yang gersang, atau basahi nurani yang lembab: “WA WAQORNAA FII BUYUUTIKUNNA WA LAA TABARRUJNA TABARRUJAL JAAHILIYYATIL UULAA”
    Nobody ever can stop me writing,,,
    Maaf, Saya optimis bisa menghalangi anda berhenti menulis walau sementara. Tantangan. Tolong balas tantangannya ke kisah@ymail.com.

  138. ada makna tersirat dalam kamis sore
    petuah lama dibacakan ma’un penjaga pintu
    tiada pesan tiada kesan datar bagai
    hembusan angin,
    tapi ada satu kata mesra nan indah
    suara hati dalam hati tertindas
    ………………..
    ………………
    ………….

  139. De, foto di sidebar kanan atasnya mengganggu diriku. Ga konsen baca tulisannya, pengennya ngelirik ke situ terus hehehe… Bisa dihapus aja ga? hahaha… terserah sih…

  140. ade, kenapa engkau sembunyikan dirimu.. hingga banyak yang meragukan dirimu siapa sebenarnya?? apakah engkau bidadari yang turun dari langit……

    Rindu: saya bukan siapa siapa mas, dan saya TIDAK pernah sembunyi jadi gak usah dicari :( santai aja yah, gak usah cari saya karena saya hanya debu milik ALLAH sama seperti kamu :(

  141. assalamualaikum. . .

    sebenarnya saya ndak tau mau nulis apa (sambil berharap inspirasi datang tuk menuliskan sesuatu disini). . .
    kali pertama melihat blog ini saya yakin mbak adalah wanita yang diberkahi begitu banyak kelebihan dan semoga dengan segala kelebihan yang mbak miliki mbak bisa memberikan (sedikit / banyak) pencerahan dalam memaknai hidup. . .

    salam kenal

    Rindu

    : salam kenal juga … *salaman*

  142. assalamu alaikum
    oo ini to yang namanya mbak RIndu yang sering disinggung di blognya mas triatmono
    salam kenal

  143. Assalamu’alaikum, kak rindu.

    Salam kenal yah

    Tukeran link yuk, punya kakak aku taruh dulu, terimakasih.

  144. Pilihan kata mbak rindu cair mengalir enak di baca ,mudah di mengerti,genuin….
    pantesan .. . . jari-jarinya indah bermain diatas tuts-tuts qwertyui.
    moga kebun hikmahnya makin lebat dan subur berbuah banyak mutiara hidup yang ranun.

  145. kog hampir mirip dng film perempuan berkalung surban & ketika cinta bertasbih,
    hidup cm 1X jalani dengan sebaik-baiknya raihlah cita2mu toh nti semuanya akan terjawab

  146. sunggh indah kata2mu merepresentasekan nama usermu RINDU.. harapnnya orang yang menulis ini benar2 terfleksi, amin… beautiful lahir batin.

  147. Alhamdulillah…
    Saya senang bisa membaca tulisan seperti ini. Saya rasa tulisan Anda ini adalah representasi tentang betapa berjiwa besarnya Anda dalam menyikapi kehidupan.

    Terimaksih untuk tulisannya.

  148. As..mbak ade, akhir-akhir ini postingnya ko kurang mengigit..:-)

    Rindu: wah, tulisan saya memang engga dimaksud untuk menggigit siapapun kang … malah ini yang saya hindari :(

  149. Tulisan2 kamu semua bagus mengingatkan pada Allah SWT. Adakah niatan untuk merealisasikan kontribusi memberikan konsultasi bagi mereka yg sedang membutuhkan motivasi karena beratnya beban hidup? hubungi saya by email. thanks wassalam..

    Rindu: dari Bank Mandiri Fatmawati ya mas? email sudah saya kirim yah :)

  150. Assalamualaikum.
    Kunjung-kunjung neh. Alhamdulillah postingannya sarat makna dan hikmah. Jangan bosen-bosen ngeblog yah Mbak.
    Wassalam

  151. Wah. blog anda Simpel tapi berisi yach.

    Banyaknya Potingan yang anda buat di saingi oleh komentar dari orang – orang yang menyukai tulisan anda.

  152. Pingback: Shobat… .. Dia Bukan Aku! « Rouftracal

  153. Assalamu’alaikum…
    Lam knal ya..!
    saya baru di dunia maya..sejuk juga membaca tulisan anda. artinya dalam banget, seorang wanita yang mencari hakikat manusia (kalo menurut saya).Oh ya Rindu,kamu ga harus men delete koment yang meng-hina kamu,bukankah itu proses pembelajaran mencari makna hidup,ga usah takut menghadapi hinaan,serahkan semua kepada-Nya
    sory..bukan ngajarin,saya tahu anda lebih mengerti daripada saya..
    terus berkarya ya..!
    Wassalam..

  154. Hidup kita kerana Allah.Ibadat kita kerana Allah dan semua yang baik itu datangnya dari Allah.
    Jadikan hidup kita hari ini lebih baik dari semalam dan hidup kita di hari esok tentukan lebih baik dari hari ini.
    Selain dari solat 5 waktu sehari semalam, perbanyakkanlah solat sunnat.

    Rindu: sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk ALLAH, begini kira kira konsep shalat ya kang?

  155. Salam rindu,aku benar2 rindu, disaat2 aku dicutikan utk bersujud pdNya terasa seakan pecah dadaku menanggung rindu, perempuan hikmah, bantulah aku…..
    gimana harus kuleraikan rindu ini…….

  156. assalamu’alaikum

    mba tulisannya bagus banget..
    penuh makna… :-)
    banyak renungan di dalam setiap tuliasan..
    lam kenal mba…

  157. Sekiranya ketimbulan dahaga mencengkam rasa ke telaga kau renungi mungkin tidak berselira, tapi cuba bawa ke dulang hidangan mungkin tidak mencukupi.
    Hamba menghidangkan dulang yang kosong untuk dirimu penuhi agar dapat ku rasai madu atau pun racun.
    Keimanan, Ketakwaan, Kesabaran, Ketulusan dan Kejujuran mesti dan wajib kau miliki.
    Keangkuhan. Kesombongan, Kebenciaan, Keegoaan dan Kepalsuaan bukan milik hamba.
    Ketaataan,Kehambaan,Kesabaran,Ketulusan dan KeImanan hamba pada Allah Swt setiap kali nadi hamba bergerak adalah pendoman hidup hamba.
    As’ Kum Wbt.

  158. Maaf sebagai pembuka tirai.Dari kaca maa hamba porait mu amat bermakna.Kecantikan uang dianugerahkan oleh Allah Swt. harus cantek di jiwamu.Tingkah laku, perangai mu harus sesuai dengan kecntekkan dirimu.Kalau inilah dapat dilaksanakan hamba percaya dan yakin inilah Bidadari yang muncul diDunia ini.
    Sola jangan diabaikan,Puasa jangan ditinggalkan melaikan keuzuran yang tidak dapat dielakan.Tutur kata terutama dengan kedua orang tua jangan sampai mereka rasa tergores.Ringankan diri mu untuk membantu membersihkan dalam dan luar rumah.Rungankan tangan menolong Ibu didapur.Bantulah dengan wang ringgit jika mampu kepada kedua orang tuamu.
    Seekor nyamuk mereka tidak benarkan hinggap ditubuhmu.Setiap kali kau menangis mereka akan cuba mententeramkan agar diri mu tidak menangis atau cuba mencari punca kau menangis mungkin lapar nak susu, mungkin sakit perut, mungkin kena tikaman nyamuk yang tidak menaruh belas kasihan pada manusia.atau ……lain-lain yang menyebabkan kau menagis.Jagalah hati keduanya.
    As’ Kum Wbt.

  159. semua orang pasti akan mati,,,,,,,,,,,teruslah belajar dan mnuntuit ilmu karena menuntut ilmu nitu wajib hukumnya,,,tuntutlah ilmu sampai tiba ajal matimu

  160. Kebun yang indah, sejuk, semoga pemiliknya juga ‘seindah’ dan ‘secantik’ kebunnya… Salam kenal mbak, bila berkenan sudilah kiranya berbagi hikmah & kebijaksanaan via japri. Nice to know you.

  161. cobaan begitu berat sedang saya alami,sangat menyesal bila memikirkan masa lalu yang serba sangat mudah tidak dimanfaatkan dengan segala sesutu yang lebih brguna dan bermanfaat,kesenangan yang sebenarnya benar segala sesuatunya atas izin dan ridhoNya..apakah Allah sedang memberi teguran keras kepada diri saya..alhamdulillah mungkin cara seperti ini Allah memberikan hidayahnya.semangat,doa dan cinta,harus itu!..cayoo bro!I will be back,mulai dari nol y mbak,hehe,..eh mbak boleh knal donk,hehe..thanks for y’r insfiras.

  162. bila mba ingin dekat dengan ilahi bacalah alam dan lakukan fungsinya sebagai khalifah di bumi temukan tugas yang diberikan sesungguhnya Allah menciptakan mahluknya semua ada tugasnya, tulus, ikhlas, sabar dan lainya sebetulnya jalan tuk bisa bertemu dengan Allah, bila mba sudah mengerti tugasnya insyaAllah disitu baru mengerti kenapa saya perempuan kenapa diberi cantik/jelek, semua predikat yang diberikan manusia kepada mba akan terjawab….. selamat berjuang wassalam

  163. boleh mamfir ya bis baru ketemu blog nich, maklum baru belajr kompternya juga tapi stelah baca dalem juga dan berisi belajr dimana ya boleh ngajarin saya nya ya

  164. byak renungan disini. byk dri kita yg tlah mrasakan, mngetahui dan melewati. byk pula yg baru menyadari. smoga, foto diri, tdk mnjdkn laki-laki lupa akn niat baik pemlik kbun ini. bahkan mlupakan yg disamping mereka. smoga niat baik dek rindu, dpt menghijabkan cinta2 selain cinta pdNya.

  165. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    Afwan, semoga saudariku ini diberikan kesempatan untuk dapat mempertimbangkan kembali baik atau tidaknya memperlihatkan wajah di halaman ini. Saya khawatir apabila dimunculkan foto wajahnya, akan banyak para ikhwan yang terluka hatinya.

    Yang benar datangnya dari Alloh Tabaroka wa Ta’ala, bila salah, datangnya dari saya.

    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  166. Aku tidak tahu harus berkata apa dalam kerudungmu ini,

    Biarkan hitam pekatnya kerudungmu ini menjadi coretan kelam tanganku.

    Aku jadikan engkau teman baikku bukan karena sendunya seyumanmu namun karena pekatnya kerudungmu.

    Bercelotehlah sepuas-puasmu namun jangan tinggikan suaramu karena Tuhanmu bukan pekak dan tuli

    SALAM

  167. Assalamualaikum wr..wb..
    Apa khabarmu..Saudariku..Moga keberkahan dan Rahmat Allah Robbul Jalil..senantiasa menaungimu..
    Tulisanmu begitu mengguggah hati..moga..coretan-coretan penamu..senantiasa menjadi Oase..bagi diriku..yang baru kembali meniti jalan kebenaran..menuju Ilahi Rabbi..
    Moga kita dipertemukan..dalam lautan Hikmah..dan Kebahagian Hakiki..
    Wassalam

  168. sejenak tertegun ….. read postingan di atas, dan akhirnya penasaran baca semuanya, you have a talent to writer

    your contemplation …..is not bad

  169. saran sj dek rindu. spy menguatkan niat ade, bgaimna kalau foto mbak diganti dgn gmbr lain slain foto diri. biar tak ada lgi pingin dipuja, puji, smua dlam hijab Tuhan yg pling mengerti isi hati.

  170. Allahuakbar.
    Saat pertamakali masuk ke blog ini…
    saya hanya bisa terpana. sungguh. Terdiam dalam keheningan pikiran yang sedang berebut ingin masuk ke dalam untuk dapat melihat sosok mba Ade dalam imajiner lengkap dengan buah pikirannya yang telah melimpah ruah dalam blog ini. Sekali lagi…membuat saya henning…..untuk secara lirih mengucapkan :” salam kenal……”

  171. halo teman, mbak, dik, atau ade, salam kenal ya, saya tau blog ini dari blognya sie, salam persahabatan dari bali yaa, ayo lari…. :)

  172. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Mantap banget mbak blognya, tapi ada kata2 yang membuatku berfikir :
    “Saya adalah perempuan di titik NOL di kebun hikmah yang tidak memiliki apa yang seharusnya saya miliki”
    Makna tulisan ini begitu penuh arti yang dalam dan sebenarnya adalah cerminan kehidupan kita semua ….
    Disamping itu kita juga berlatih untuk sabar iklas dan tawakal ….

    Jika saya boleh berpendapat ……
    Di saat kita diberikan komentar yang menyinggung, menyakitkan ataupun mencemooh perasaan kita…. itulah suatu cobaan bagi kita dan disinilah kita baru belajar untuk menjadi sabar, iklas dan tawakal……dan tugas kita adalah bagaimana caranya menjawab komentar itu dengan kata2 yang bijak dan arif.
    Seandainya tiada komentar mengkritik …. bagaimana kita harus belajar …..
    Setiap manusia yang ada di kebun hikmah ini (ngikut istilahnya ya mbak ) di berikan watak dan sifat yang berbeda…
    Dilain sisi kita dapat mengambil hikmah dari perbuatan atau perkataan orang lain …di sisi lain kita harus bersabar, iklas dengan perbuatan ataupun perkataan orang lain …. gitu aja mbak ….kalau saya boleh berpendapat he he he he
    untuk semuanya …salam kenal
    Wassalamu’alaikum wr wb…

  173. Ass.Wr.Wb, numpang lewat ya…aku tadi kebetulan lewat terus mendengar ada desir angin dan desah nafas seorang perempuan…makanya aku masuk, dan yang kulihat ternyata didalamnya ada kebun hikmah dengan seorang perempuan berkerudung yang sedang berusaha menghitung dan merapihkan untai kasih…ya…tentu untai kasih Allah yang sebetulnya tidak akan pernah terhitung oleh kita…
    salam kenal ya, semoga masih ada tempat buat aku untuk sekedar menjadi sahabat yang bisa bertukar wawasan…..
    salam juga buat semua teman yang lagi nongkrong ditempat yang sangat sejuk ini.

  174. Asslm…
    mulai kenal blognya rindu skitar bulan Juli 2008 dari paman google, tulisannya menjadi penyejuk dikala hati sedang kosong & hampa…jd keterusan buat buka blognya
    Wasslm…

  175. Assalaamu Alaikum ,mau ke serpong ya ,Insya Allah km di pilih Allah.Ana abis gerak jkt Utara cakung n pl kbang 40 hri. Doain ana bisa ikut Istima bln 7 kluar lg 4 bln.Ana lg maqami di Mks.Info Dakwah:081241951979.by Hamba Allah.Syahril Mks.afwan sy nebeng di Email teman.sukseskan Istima.Allahu Akbar.

  176. as. wb.. bgtu filosofis kata-katamu,, sungguh menggugah dan mampu menggetarkan hatiku,, kita semua semntara berproses mncari arti semua keadaan yang telah ada pada diri kita ini .. semoga kita bsa menemknnya seblum maut menjemput.. amin.. back ya.. sang wanita perindu..
    http://karimfisika86.wordpress.com
    salam ukhuwah demi islam yang mulia…

  177. Hidup itu perjuangan dan hidup tak lepas dari belajar dan belajar maka belajarlah dari kesalahan insya 4JJ Nenk apa yang kmo mau terkabul Amien !!!Tonk bosen aza nya cuuu Lam weh tie orang garut yeuh

  178. yang ada 0 lalu ada 1
    mengetahui yang 1 dahulu baru anda bisa sampai di 0 semoga anda menemukan titik 0 itu. Bila sudah ketemu 0 maka 1 sudah tidak ada lagi yang maujud hanya bisa dimulai dari 0
    anda masih di 1 teruskan langkahmu hingga 0 anda gapai, saat itu seluruh raga dan jiwa hilang dalam cinta, bukan cinta semu tapi cinta sejati

  179. Ada seorang penceramah yang sudah mengisi acara dibawa stasiun TV swasta mengartikan kata IKHLAS…? Yaitu Seorang hamba ALLAH yang melakukan aktifitas buang air dengan penuh perasaan senang & gembira dikala dia berhasil melakukannya & dia pun tidak menyesali apa yang telah dilakukan. Karena dia tahu apa yang dilakukannya hanya semata-mata karena ALLAH SWT.
    Dan tetaplah bersabar dalam menghadapi segala apa yang telah dialami oleh kita… Karena Allah mencintai orang-orang yang bersabar. Dan orang yang bersabar sangat mulia disisi Allah dan mukanya bercahaya yang cahayanya dapat menerangi dunia yang kelam ini. Mencintai dan dicintailah hanya karena Allah, karena kalau seseorang mencintai dan dicintai karena Allah pasti Allah bersama orang yang mencintainya. AMIN

  180. Dunia hanyalah fatamorgana yang mengharubirukan makna
    manakala manusia terjaring cinta hasrat akan dunia
    maka ia kan lupa bahwa Life’s but a working shaddow a poor player. lalu kita bagaikan ….
    seorang bocah yang ingin manggapai bulan rembulan
    yang tercebur dalam kolam
    maka diambilnya jala
    dijaringlah sang bulan di dasar kolam
    dan hanyalah seperti mimpi
    kitapun terus dipermainkan bayang-bayang.
    tetapi ketika mampu kembali pada titik 0
    itulah kemenangan sejati haribaan sejati

  181. Entahlah bagaimana untuk memulai merangkai kata, selembut kata-kata kamu, sedalam jiwamu, segelap blogmu (alah-alah.., maksa banget biar bisa nandingin tulisan kamu). Aku memang tidak terbiasa membuat kata-kata indah. Aku memang tidak terdidik mengindah-indahkan kata, mendalam-dalamkan makna, termehek-mehek soal cinta ala remaja. Tidak pernah. Aku bicara dan bertindak apa adanya. Mangkanya aku tidak cocok menjadi penyair, atau politisi. Pasti tidak laku.

    Kata-kata indah saja bagiku tidak memiliki arti apa-apa, tidak bisa mengubah dunia. Sebab di dalamnya ada nilai fantasi manusia. Sedang yang kita jalani adalah realitas hidup; aku sering bertanya, mau makan apa besok ? bagaimana nasibku esok ? Apakah aku selamat atau menjadi hamba celaka ? Aku cuma berharap ampunanNya, kasih sayangNya, cintaNya, dari segala kelemahan yang aku miliki.

    Akh….Kita memang sering kali begitu cengeng soal cinta muda-mudi, cinta ini itu. Tapi kita lupa, seharusnya kita belajar mencintai yang mengaruniakan cinta itu sendiri, siapa lagi kalau bukan Dia. Dzat satu-satunya yang layak bersemayam di hati kita (bukan yang lain)dengan kalimat Dzikir tanpa henti (ALLAH..ALLAH…ALLAH…ALLAH), Dzat Yang Mahamemberi tanpa imbalan, Dzat Yang Mahamencintai tanpa pamrih. Cuma dia yang mau mencintai kita tanpa syarat. Tetapi Dia juga Mahacemburu terhadap hamaNya yang berpaling, ingkar.

    Mari kita mulai dengan belajar mencintaiNya. Jika berhasil menjadi sang Robiah Al Adawiyah abad 21 ini, cinta itu pasti akan berimbas kepada sesama manusia. Mustahil seseorang mencintai ALLAH tapi tidak mencintai tetangganya, orangtuanya, pacarnya atau siapalah. Mustahil. Tapi, jika kita lebih mencintai kepada sesama mahluk lebih dahulu pasti akan menemukan kekecewaan yang teramat sangat. Sekarang pacar kita bilang cinta, ibu kita bilang cinta, teman kita bilang cinta, esok lusa belum tentu. Oo alah, bagaimana mungkin kita bisa menuntut cinta dari sesama manusia, sedang mereka sendiri tidak bisa memproduksi sendiri rasa cinta itu. Tuhanlah yang mengkondisikan rasa cinta itu.

  182. bagaimana anti belajar ikhlas dan sabar kalau diawal sudah mengancam akan men-delete tulisan yang tidak berkenan, padahal dengan adanya tulisan atau pendapat tersebut bisa menjadikan tahapan pembelajaran itu akan lebih dinamis dan bisa juga digunakan sebagai tolok ukur tingkat ke-ikhlasan dan ke-sabaran anti dan tentunya akan berimbas pada seberapa kuat keimanan anti

    sukron

  183. Subhanallohiwabihamdihi,

    Sesungguhnya Sholatku, Ibadahku, Hidupku dan Matiku hanyalah untuk Alloh, Tuhan semesta alam.

    Sedikit mengupas tentang “Hidupku”. Terlepas dari saat berdiri, duduk, tidur melakukan apapun Nafas selalu hadir. Terlepas dari apapun yang kita kerjakan 3 kondisi tubuh diatas merepresentasikan semua aktivitas manusia. Ingatan ini mengatakan tentang sebuah hadis yang menyarankan tuk kerap berzikir pada saat kita berdiri, duduk maupun tidur. Maka, Apakah Nafas itu sebaiknya digunakan sebagai Media Zikir?

    Mungkinkah inilah arti Nafas yang anda cari?

    Pernah fikiran ini melayang membayangkan tentang nikmat terbesar yang kita terima.
    NAFAS, itulah yang dirasakan sebagai nikmat terbesar yang diterima oleh semua manusia. Sehingga pernah zikir mengalir dalam tarikan ataupun hembusan.

    Jawaban itu ternyata SALAH. NAFAS bukanlah nikmat terbesar yang kita terima.

  184. Itu Abu Mundzir ngajak diskusi berdua kekekeke…. ;) (senyam-senyum sendiri gw…)

    Rock on.
    Batio.

  185. Assalamu’alaikum wr,wb.
    Kayaknya saya termasuk orang yang terlambat yg posting ke saudari, saya kagum dengan saudari karena jarang ada wanita yg seperti saudari. saudari penuh keikhlasan untuk berpegang teguh kepada agama islam. dan do’a saya kpd saudari adalah tetap istiqomah selalu!
    salam ukhuwah!

  186. Pujiannya bukan untuk Rindu, tapi untuk perubahan yang telah Rindu lakukan. Dan menurut Amna, Rindu berhak mendapatkannya karena perubahan ke arah yang baik adalah sebuah kenikmatan dari surga duniawi.

  187. titik nol… maksutnya titik dasar ya…
    dalam matika bila berada dalam titik nol,nol maka pas banget ditengah tengah.. jadi masih ada pilihan ke ++,+-,-+ atau –.. :D

  188. Assalamu’alaykum,
    mbak saya mampir lagi, mau ngasih sedikit saran, kemarin pas saya mampir saya sempat kasih komentar dan belum liat bagian “saya adalah…”, setelah saya liat hari ini saya agak kaget, karena melihat foto wanita, gini mbak terlepas dari foto itu foto mbak atau bukan saya ingin ngasih sedikit nasehat, sebaiknya mbak gak menampilkan foto itu, karena fitnah wanita merupakan fitnah terbesar buat para lelaki, wanita itu mbak (pasti mbak lebih tau) hampir seluruh bagian tubuhnya adalah aurat, jadi ketika mbak menampilkan foto itu berapa banyak laki2 yg bukan mahrom melihat wajah mbak (atau bukan). jadi saran saya mbak ganti aja foto diatas karena menurut saya juga tanpa foto itu mbak masih bisa terus menuliskan. oh iya mbak komentar saya ini lebih baik jgn di tampilkan di publik ya, karena kadang nasehat itu lebih mengena di hati bila cuma berdua kita berdiskusi dan tidak di hadapan khalayak ramai. bila mbak ingin menjawab komentar saya bisa lewat email. OK.. teruslah menuntut ilmu syar’i mbak karena itu yang akan menjadi pelita kita di dunia ini. mudah2 mudahan mbak di mudahkan oleh allah dalam menuntut ilmu.
    Barokillahufiik, jazakillah khoir

    saudaramu,

    abu mundzir al falimbanji

  189. ‘Indah’
    proporsional, antara perasaan dan akal (pikiran). setiap tulisan tak berkepentingan kecuali ,e,wakan sebuah makna. banyak tulisan anda yang saya baca, dan saya hanya bisa memberikan kesan itu. ‘INDAH’

  190. ya…ukhti,…afwuan bgt, syukronillah mg yg sodariku cari dlm penemuan jati diri mg terkabulkan kr andai ga slh inti dari segala ursan didunia ini badan yg berbicara ” siapa yg ngenal dirinya dia akan mengenal Tuhannya, dan kenimatan yg diturun bg anak cucu adalam yg terbesar adalah “KEYAKINAN”, slm hormat ta lupa jg buat kel. amin.

  191. Maaf..kalo emang anda juga gak yakin yang di foto itu belum tentu anda..ya jangan tampilin foto itu sis..kasihan yang punya beneran..orang2 juga udah nganggep anda itu ya yang di foto itu..
    saran saya..klo akhwat lebih baik jangan kasih fot lah..tetep menjaga hijab hati..
    OK! Semangat!!

  192. sungguh indah tulisan-tulisanmu…. mengisi relung hati menyegarkan dan sejenak menghilangkan kerinduan yang selama ini kita cari dalam dunia fana ini…

  193. Kasihinilah…
    jiwa yang rapuh
    raga yang lelah
    sirami….
    dengan lisan yang meyejukan
    Laku yang menetramkan
    Karena rahman dan rahim
    selalu kita dambakan

    Salam kenal…
    saya terkesan,
    terinspirasi…
    termotivasi…
    terobsesi….
    dengan sosok dalam gambarmu
    dengan tulisan dalam blogmu
    dengan imajinasi ttg dirimu

    Bila itu…
    menjadi nafsu
    Saya berlindung kepada Allah
    dari kehancuran

    amin…
    salam kenal,

  194. Subhanallah … Sejujurnya, Penulisnya cantik, tulisannya cantik & semoga jiwanya juga cuannntik 3x.
    “Mencoba belajar tentang arti IKHLAS arti SABAR arti MENCINTAI dan DICINTAI” – untuk ALLAH SWT dan siapapun, itu memerlukan KEKUATAN PERJUANGAN, PENGORBANAN & JIWA. Terus berusaha … Semoga Allah Swt. Memberikan Rahmat-Nya.

  195. masa laluku penuh dengan kesedihan ketika aku mencoba mencari sesosok wanita yg menurutku telah ditentukan oleh jalan allah swt. sayang rasa yakinku thd allah SWt ku tafsirkan melalui seorang perantara yg entahlah maksudnya menipuku atau aku yg terlalu curiga, keindahan islam kupaksakan hadir dlm hatiku walau perih dan sakit kurasakan karena ku yakin bersama mereka2 yg kuyakini akan membawa diriku dan umat manusia ke jalan jannah, entahlah wanita itu telah kusakiti atau aku yg tertipu??kini aku dalam persimpangan hati yg tak berujung jalan dan entah berakhir dimana

  196. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hidayah untuk selalu tetap berada dijalan-Nya. Untuk anda semoga Allah SWT melimpahkan karunia-Nya agar selalu Istiqomah, dan mewujudkan keinginan mulia yang didasarkan atas-Nya, karena-Nya dan untuk-Nya. Semoga Allah senantiasa merahmati kita semua, amin. Wassalamu’alaikum Wr Wb.

  197. pertama-tama saya buka blog ini karna foto pemilik nya..dan sekarang, seperti nya bakal jadi pembaca setia nih blog.(tulisan nya penuh makna)
    salam kenal yaa

  198. dari ucap hatimu telah kau temukan cinta abadimu
    dari ungkap jiwamu telah kau dapati ikhlas kodratmu
    dari laku lakumu telah kau jalani takdirmu menuju surga adni janati
    Ya robb ya qudus tuntunlah jiwaku dititian kecil ke keabadian jiwaMU

    akankah sabar dan khusyu’ dalam sholatku akan membayar tunai titian kecilku?

  199. Pertama, saya tidak akan memanggil anda dengan sebutan mbak, karena saya tidak menginginkan anda menjadi mbak saya.

    Kedua, saya juga tidak akan memanggil anda dengan panggilan ade, karena saya juga tidak menginginkan anda menjadi adek saya.

    Ketiga, saya hanya ingin memanggil anda dengan sebutan cahaya, karena tulisan-tulisan anda telah telah banyak mebuat jiwa saya bercahaya terang “malam ini” sebagai lelaki baru kembali dari perjalanan panjang penuh dosa.

    Keempat, andai anda benar-benar cahaya saya pada seluruh waktu yang harus saya jalani (dalam cinta karena Allah), maka saya tidak akan ragu untuk sujud bersyukur.

    Kelima, Khairul Ashabi Man Yadulluka ‘Alal Khair (Pepatah Arab).

    Keenam, Tolong disimpan tulisan ini karena Allah dan tolong dihapus juga karena-Nya.

    Terakhir, maaf untuk kelancangan ini dan bukalah pintu maaf jika ini salah.

  200. assalamu’alaikum wr.wb
    Perempuan dikebun itu… Ia terlihat cantik dan bersinar, bahkan justru saat ia memilih menutupkan kerudung. sungguh elok dipandang semoga ia tidak hanya cantik luarnya saja tapi cantik dari dalam juga(inner beauty) dan sholehah , hatinya juga harus selembut sutera insya allah. kuncinya melaksanakan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. serta selalu mendoakan kedua Ibu Bapak. serta apabila sudah mampu berangkatlah menunaikan ibadah haji, insya allah. Amin ya robbal ‘alamin.

  201. assalamu’alaikum wr.wb
    Perempuan dikebun itu… Ia terlihat cantik dan bersinar, bahkan justru saat ia memilih menutupkan kerudung. sungguh elok dipandang semoga ia tidak hanya cantik luarnya saja tapi cantik dari dalam juga(inner beauty) dan sholehah , hatinya juga harus selembut sutera insya allah. kuncinya melaksanakan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. serta selalu mendoakan kedua Ibu Bapak. serta apabila sudah mampu berangkatlah menunaikan ibadah haji. Amin ya robbal ‘alamin.

  202. إذا ما خلوت بريبة في ظـلمـة

    و النـفـس داعية إلى طغيان

    فاسحي من نظر الإله و قال لهـا

    إنّ الـذي خلق الظـلام يراني

    Apabila Engkau menyepi dengan keraguan dan kegelapan

    Dan nafsu mengajak untuk kemaksiatan

    Malulah dari pandangan Allah dan katakan padanya

    Sesungguhnya pencipta kegelapan akan melihatku

  203. ass wr wb
    hidup ini memang perlu perjuangan
    namun saat kita lebih ikhlas dan membuka mata kita akan menyadari hidup kita lebih baik. saat keikhlasan menghilang dari hati kita maka kita akan merasa hidup kita sangatlah berat, selalu saja kurang. apapun yang kita lakukan seakan siasia.
    wassalam

  204. mb itu cantik banget, siapa sih cowo, lelaki, Pria, atau ikhwan yang menyangkal kecantikan mb,

    kalau boleh saya usul, lebih baik foto avatar mb jangan foto asli, karena:
    1. aku banyak mendengar kasus2 yang di menimpa saudara2 kita yang fotonya di pajang di internet (di blog, frienster, atau facebook) yang disalah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab, seperti ada sebuah kasus dimana ada orang iseng yang mengedit foto seorang muslimah dengan foto seorang pelacur, gawat kan? bukannya aku menakut-nakutin sih, tetapi sebagai jaga2, untuk mengurangi resiko hal tersebut terjadi.

    2. aku jadi lupa lagi, entar dech kalau inget ku tambahkan lagi, oke…?

    kalau mau kenalan kunjungi ja blogku di http://muhammadsurya.wordpress.com/
    sama kayak mb saya juga lagi belajar menulis.

  205. Aslm……
    Subhanallah….
    lewt kt2mu kmu bs menjernihkan hati seorang hamba Allah yg khilaf, kotor dan bermiliar-miliar dosa, walau hanya sebesar zarah, kt2 indahmu mu insya_ALLAH cb q resapi…thankS…
    LAm kNal….!!!
    WasLm…

  206. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih ya atas ceritanya. cerita ini membuat saya mengerti apa arti hidup yang sebenarnya.salam kenal dari saya : marjunmahsyan.

  207. Assalamualaikum…

    Mbak berminat mempunyai web sendiri seperti rinduku.com atau namapribadi.com? Kami lihat comment mbak di ryanutopia.net

    Kami bisa menyediakan dengan syarat bersedia memasang banner web kami. Silahkan reply via email apabila beminat.

    Buzz

  208. kamu cantik dech
    semoga bisa menjaga kecantikanmu, karena kecantikan adalah amanah dari Allah dan juga ujian. dipakai untuk kebaikan untuk mencari ridhonya ato sebaliknya

  209. assalamu’alaikum wr. wb.

    nice blog..banyak plajaran yg bisa dipetik..salam knal mbakyu..
    smoga ALLAH membalas kebaikan anda…

    wassalamu’alaikum wr. wb.

    “say piss..^^V”

  210. Ass..,
    Sampai gak tau mau comment apa mbak. Subhanallah..,kok bisa mbak buat tulisan se “ramah” ini???
    Alhamdulillah..bisa ketemu sama situs ini.
    Salam kenal ya mbak…, Insya Allah berkah…

  211. subhanallah…. membaca tulisan-tulisan yang dituis Rindu membuat hati saya bergetar, begitu mengalir indah. salam kenal?
    kalau ada tulisan baru boleh donk kirim ke email ku (abudhuha@gmail.com), syukron.

  212. Assalamu’alaikum wr..
    dr tadi mo ikutan nulis ga nyampe2. panjang bgt yak yg dah pd nulis comment?
    lam kenal ja k’

    tak ada yg sempurna,
    yg ada bagaimana qta sll berbenah n berbenah,

    krn nilai prestasi qta da di akhir hidup qta..

  213. teruskn perjuangan mu na…
    om dukung kamu untuk mencari kehidupan yang selama ini kamu cari, smoga allah melindungi di setiap napas dan langkahmu

  214. Ass…
    lam kenal dari Garut Kota Dodol kata orang bilang..
    Kebetulan lagi iseng kesana – kemari browsing ga karuan, akhirnya tanpa sengaja masuk kesini., coba dibaca ….
    menyenangkan sekali, sampai tiap kali browsing pasti sempatkan diri tuk baca.
    `RINDUKU`, terima kasih, tulisnmu sedikitnya telah membuka jendela – jendela hati yang mungkin tertutup atau sengaja ditutup entah oleh apapun itu alasannya yang hendaknya jangan lepas kan satu detikpun tuk selalu mengingat-NYA..

    regars,

  215. Jiwa.. Bergantung pada penggalan hidup yang telah berlalu.. ada jenak-jenak di sana.. ada letih yang tertatih.. ada gumam yang terhenti.. dan hidup tak seperti kata hati. Ada prakata sangka di sana.. tapi tidak ada alamatnya. Berbuih.. dari terpaan ombak yang tak menemui tepi. Ada bayangan kemilau di ujungnya, lalu sirna karena gelap di antara bayangnya. Timbul tenggelam dalam pekatnya.. Pada kata.. Pada jiwa.. yang senantiasa ada waktu penantiannya.. SALAM :-)

  216. Masya Allah !!!!! aku merasa ikhlasku semakin menjauh atau mendekat begitu melihat perwujudan kreasi Allah dalam “Rindu”. Rindu dalam bahasa arab :”Syawq” segenerik dengan Asyiq-Masyuq. Sepertinya mengunjuki blog ini jadi asyik nieh banyak yang “Masyuq” termasuk Aku. Me-masyuq-kan kreasi Tuhan lewat Rindu.. Subhanallah….

  217. Komentar:
    Buatin dong mas, gambar kaya film jaman dulu gini, untuk di blog saya … bisa kan?

    Re-Comment:
    Buatin desain apa? desain cover juga atau desain header blog? Boleh-boleh aja kok, nyantai aja… ntar tak buatin desainnya deh, lha wong sudah kerjaanku mendesain hi..hi..hi…
    Kirim email aja.
    Salam kenal, Oki.

  218. dari “kacamata” saya, saya melihat kebun kosong di hamparan peladang yg terjebak fatamorgana avatar.
    dari “kacamata rindu” = no comment ! pembenaran itu selalu ada dalam setiap ketidakbenaran.
    siapa nyusul belajar keiklasan dng balutan ngepas?
    tapi, kacamata kadang tidak selalu jelas melihat kan, kacamata batin lebih memaknai diri kita sebenarnya, walaupun itu tdk pas dng kacamata iman.
    intinya, dari kacamata mana anda melihat?

  219. assalamuálaikum mba Rindu

    titik nol? buat saya itu sebuah kata2 simple tapi agak susah mewujudkannya. setiap hari kita buat kesalahan. entah di sengaja ataupun tidak. Kalo prinsipku. be and do the best. sulit bagi beberapa u/ berkomitmen memulai dari titik nol dan berusaha menambah nilai di setiap detiknya… hmm, setuju apa kata mba Rindu dont judge mba Rindu by her photo. cantik itu jiwa. :) aku masih belajar nih memulai dari titik nol dah menambah nilai di tiap detiknya. :) makasih mba Rindu. Salam kenal ya…

  220. asalamualaikum
    semoga dalam perlindungan tuhan yang maha esa allah,
    ketika saya membaca tulisanmu tentangtemanmu ingatan yang tak pernah aku lupakan selalu terbayang seseorang yangpaling aku sayangi bersemayam kehadapan allah seprti temen kamu segalah sesuatu pasti ada jalan yang membuat aku tegar menghadapiya semoga kamu juga dan perlindungan allah selalu bersamamu. amin

  221. asalamualaikum semoga dalam perlindungan tuhan yang maha esa allah,
    ketika saya membaca tulisanmu tentangtemanmu ingatan yang tak pernah aku lupakan selalu terbayang seseorang yangpaling aku sayangi bersemayam kehadapan allah seprti temen kamu segalah sesuatu pasti ada jalan yang membuat aku tegar menghadapiya semoga kamu juga dan perlindungan allah selalu bersamamu. amin

  222. bismillah, dan salam sejahtera, semoga masih selalu dalam lindungan-Nya.
    maaf, kalau hanya sebagai benalu yang ikut nimbrung.
    ini dariQ sebuah permintaan untuk membalas kenal.
    tolong konfirm di “rouftracal@yahoo.com”
    trimakasih
    wasssalam

  223. Keindahan yang tampak bukanlah dari wajah saja tapi juga hati yang damai dan hati yang merindukan, adalah sebuah keteduhan ketika jiwa tertudungi dengan iman.
    Trimakasih, kalau ini bisa dijadikan sarana perkenalan
    wassalam

  224. arti IKHLAS arti SABAR arti MENCINTAI dan DICINTAI. ikhlash itu yang saya tahu hanya menjadikan Allah sebagai sandaran hidup, mengabdi kepadaNya, memakai hukum yang diatur olehNya. sedang sabar menjadikan shalat dan saling menasehati sebagai kesabaran amaliyah nyata dalam kehidupan. sabar juga bisa berarti keras, seperti halnya yang dicintai kita keras terhadap musuh-musuhnya. dan kita pun disuruh keras, agar kita dicintaiNya. :) salam ukhuwah

  225. Pada mulanya saya kunjungi blog ini karena fotonya. Sebuah gambar cantik menghiasi avatarnya. Namun setelah saya buka, bukan hanya cover yang cantik namun tulisannya jauh lebih cantik dari cover penulisnya. Cover tinggalah cover, bisa dibuat gambar siapapun. Namun tulisan itu bisa jadi terbit dari hati yang cantik. Saya kagum dengan tulisa-tulisan penulis di sini, siapa pun itu pasti seorang profesional.
    Salam dari BKsmanci

  226. Hebattt…comment-nya banyak buangeet!..baru mengusung tema “..dari titik nol” saja udah buanyak banget yang nge-respond, apa lagi kalo udah 1, 2, 3, …dst, dsb.
    Selamat. Semoga bermanfaat besar buat banyak orang.

    Salam

  227. Assalamualaikum…
    Wanita, tak susah dimengerti.
    Sedikit terkesan sombong atau egois atau apalah…
    Biasa,
    Wanita kan?!

  228. Assalamualaikum…
    Salam kenal…
    walau terkesan egois, tapi itulah wanita. tak susah untuk dimengerti…

  229. assalamualaikum..
    black minimalis..
    backgroud kelam..
    namun sarat akan petuah..
    emm senang membacanya..
    tulisan berwarna putih menghiasi..
    menunjukkan kebaikan itu pasti terlihat
    walau dalam gelap gulita..

    akhukum fillah musayka…
    wassalam

  230. belajar itu tidak ada habisnya..
    kejarlah terus walau sampai ke negeri China..
    dan yang utama, kita sharing dengan apa yang kita punya, kita sebarkan kepada orang lain, salahsatunya lewat blog..
    so..
    keep blogging, always update..

  231. yang cuma bisa gw katakan ma loe mungkin semua bisa loe capai yang seperti loe bilang gw pengen mencintai n dicintai thats good.n loe bilang loe lagi belahar mendekatkan diri loe sepenuhnya kepada sang pemilik napas loe(ALLAH S.W.T)THATS GOOD TOO.yang sekarang jadi answer gw ma loe,loe tadi bilang loe pengen belajar ikhlas,sabar,dan mungkin kebaikkan laennya.Now answer gw boat loe, loe tau gak arti sabar n ikhlas ntu apa?kalo loe bilang loe pgn belajar ikhlas n sabar itu loe dah salah bgt cause sabar n ikhlas ntu bukannya suatu rumus MTK yg hrus loe pelajarin tapi semua itu harus loe cari jauh di lubuk hatimu.

  232. terus terang nulis di sini tertarik dari paras yang telah diberikan Tuhan kepada kamu…tapi ternyata kamu nggak menganggap tinggi itu. Ya memang benar..karena Tuhan tidak melihat itu, Tuhan hanya melihat hati dan amal kamu..selamat karena kamu telah mencapai level itu….di mana aku masih belum

    regards,

  233. ikhlas dan sabar hanya milik Allah, yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita bersikap pada saat kita tidak sabar dan tidak ikhlas, ok rindu…….rindulah selalu kepada ALLAH

  234. sumpah w cape bener baca comen dari atas mpe bawah,, bejibun gile,,, da 1 thn ne tulisan msh di comen jg,,, sumpe salutt coklut,, hew,,hew,,

    tapi tetep aja w bacain smua walo mpe +-2 jam, cz penesaran,, cpa tw da comen yang bisa w renungin,,

    bu admin w ikut ngedumel yaw, bleh kan,,?

    “titik 0″??????
    sebenernya “0” dgn “nihil” sama kga she?

    angka “0” berapapun besar ato kecil nilainya ,masih punya sebua nilai yaitu “0”,,,

    sedangkan “nihil”,,?? apakah ada nilainya,,??

    w pernah disebut oleh seseorang bhwa w skrang sdang dalam masa “nihilisme”, entah apa maksudnya w kga ngarti?

    tapi yang jelas w rasain, entah dari mana, sampe dimana, dan mau kemana hidup ini? w lum tau,,

    apa, oleh apa dan untuk apa hidup ini? w jg kga tau,,

    berjuta pertanyaan2 kecil dalam hati mulai menggelitik dan cukup menggelisahkan,,

    ketika w curhat di room islam/kristen dlam chat mig33, malah banyak yang nyaranin w mati aja biar tau kebenaranNya

    kadang w bergumam dlam hati, haruskah semua ini w fikirin???

    sampe saat ini w blum bisa nyimpulin keberadaan tuhan tetapi w juga belum bisa nyimpuli ketiadaan tuhan,,

    pak,,bu,,om,,tante,, help me dhunk plizzz,,, huuaaa,,, (emote mewek)

    http://kodokmigren.blogspot.com

  235. maaf, kata kadang membawa kita kedalam lautan maqna yang fana.
    dan maqna kadang membawa kata kedalam buih tanya.
    Lalu dimanakah sebenarnya kita harus berada ?
    Barangkali Kepada-Nya lah kita berserah dengan keunggullan fitrah kita sebagai manusia. ( Salam selalu )

  236. Assalamu’alaikum
    Perempuan di titik NOL.
    Nol adalah bilangan yang menunjukkan bahwa sesuatu itu adalah tidak ada. Saya artikan bahwa segala sesuatu yang ada semua berawal dari tidak ada (NOL). Karena sesuatu itu diawali dari tidak ada (NOL), maka lambat ataupun cepat pasti kembali pada titik NOL (TIDAK ADA).
    Wassalamu’alaikum

  237. Asw. Mbak rinduku, yang diatas itu benerkah foto aslinya mbak rinduku? klu bener, Subhanallah… :-) ya Allah hamba mohon Ampunanmu, aku merindui orang2 yang merinduiMU.

  238. its good,brjuang trus,kalau mbak rindu mencari makna hidup, jgn lupa juda cari makna sebuah kematian. karna bagi saya hidup untuk mati& mati untuk hidup

  239. Asslm,, teh, gmn kbr kebunx hri ini?? mdh2an selalu dberi kesuburan serta kesegaran bagi yng singgah dsana..!! teh.. aq sring mlhat keindahan dkebun hikmah, jga daya tarikx ‘slah stux adalh avatarx! maaf teh, kalu bleh.. saya mau nmpang mupuk(beri msukan) d kbunx!? mdah2an pupuk organik ini tdak mrusak lahanx^_^ Teh,, klu avtrx dgnti gmn,,? saya harap dngn pupuk organik ini akan mnumbuhkan keikhlasan serta membuahkan kesadaran ‘baik yng hanya nmpng lwat maupun yng smpat singgah, shgga akan mnampilkan ketulusan d setiap ungkapan ucap kata/tulisan, serta akan melahirkan benih-benih iman yng bru.. amiin

    Rindu: duh, ini pake bahasa apa yah? pake xxx gini sih :( bisa pake bahasa Indonesia aja yah masukannya, buat saya mengerti :)

  240. ..assalamu alaikum wr wb..

    salam kenla sebelum nya yach mbak…asli tulisan nya…tidak bisa di comment seperti nya semua nya perfect banget…..semoga dapat melahirkan kembali..tulisan-tulisan yang lebih bermakna bagi yang membaca….good luck…

  241. ikhlas tidak segampang orang mengatakan, tidak semudah goreng tempe, tapi harus ditempa dengan berbgai problematika yang bisa jadi kita hampir tidak mampu menanggungnya,
    Jangan sebut dirimu beiman kpadaKu sebelum aku datangkan ujian

  242. salam kenal saudari…
    dari orang yg tidak terkenal dan pengin belajar bikin blog…^_^
    tulisan tulisan sdri bener2xs mantap :)
    sangat menyentuh gitu…:D

  243. Hmmm…kayaknya memang kecantikanmu cukup membuat beberapa koment menjadi agak genit terselubung malam, hihihi… Muga2 dapat yang baik untuk dunia akhirat. (Mau…)

  244. Asli, saya heran dengan komunitas blogger yang melesat cepat jumlahnya. Terutama di blog ini. Hmmm…ada apa ya? Apakah silaturahmi fisik sudah terlalu merepotkan? Atau memang zaman semakin berkembang dalam mengartikulasi makna silaturahmi, pertemanan, … Entahlah. yang jelas tetep aja saya heran dengan pengunjung di blog ini yang luar biasa, sampe cape saya scroll down komentar2nya, hehehe… Apa karena yang punya manis?

  245. Assalamu’alaikum….Mbak Rindu, saya ijin taut link kemari ya…biar tiap hari bisa belajar banyak dari tulisan2mu yang sangat indah.

    Wassalam
    Yep

  246. sungguh menyentuh Hatiku ketika membaca visi”memaknai arti IKHLAS arti SABAR arti MENCINTAI dan DICINTAI” karena sama dgn visi diriku…itu yg kutau..jika mbak rindu bisa mencapai titik tersebut…wow hanya ALLAH yg tau…JK mbak belum nikah…pantas sekali(muslimah)…jadi idola…semua lelaki muslim..termasuk saya….

  247. assalamualaikum wr wb
    o y mbak

    bukankah klo jilbab harus menutupi bagian dada jg

    ditunggu jawabannya………..

    Rindu: iya betul mas, tapi saya membatasi diri untuk tidak membahas soal photo, mohon maaf.

  248. Pingback: Blogos - Blogger Solo » ada pemilu dimatamu? RINDU : perempuan di kebun hikmah

  249. Pingback: ada pemilu dimatamu? RINDU : perempuan di kebun hikmah | Rudi Susanto

  250. “Don’t judge a book by its cover.” Yup, betul sekali. Tak syak lagi, saya masih ingat perempuan dalam foto di atas. Orang yang pernah dekat sekali dalam kehidupanku. Perempuan yang senantiasa mengisi hari-hariku. Suaranya nan merdu tak pernah lelah menerobos gendang telingaku. Wajahnya yang ayu setiap hari kutatap. Senyum manisnya selalu menari di pelupuk mataku hingga aku terlelap dibuai mimpi. Dan ia pun sering mengisi mimpi-mimpi.

    Duhai, Ade, mengapa tidak yakin dengan kecantikanmu sendiri? Seperti yang kau katakan, bukankah kecantikan jiwa yang lebih penting? Bagaimanapun wujud lahiriah dirimu, kecantikan jiwamu akan jauh lebih bersinar terang.

  251. kupeluk ia dengan sepenuh-penuh rindu, namun terobatikah rinduku setelah itu? kukecup bibirnya demi melepaskan tututan gejolah hati namun ia justru menjadi-jadi. Sepertinya kegelisahan jiwa tak bias terobati kecuali ketika dua nyawa ini bertemu (dalam ikatan suci). Ibnu Ar-Rumi halaman 141 buku “di jalan dakwah aku menikah”

  252. Assalamu’alaikum~

    Blog yang benar-benar membuat hati menjadi tenang nih mbak..
    Awalnya niat blogwalking, tapi setelah baca isinya jadi tergugah untuk terus berusaha mendekatkan diri dengan Allah.

    Nice writing ^_^

  253. alhamdulillah
    manusia setiap hari harus lebih baik dengan hari kemarin, karena jiak tidak makan akan rugi.
    berarti anda sebeenarnya anda sedang membutuhkan seorang guru, untuk membimbing hidup. terutama guru agama.
    saya sarankan anda mencari informasi tentang kyai/guru agama yang bisa membimbing

  254. yupzzz….apa yag dikehendakiNYa maka terjadilah…. tapi semakin kita mendekat kepadaNya maka syaithon akan lebih gencar menggoda kita semua belum lagi Hawa nafsu kita bisa jadi musuh terbesar mengalahkan syithon itu sendiri…Na’udzu billah min dzalika…

  255. assalamu ‘alaikum…
    salam kenal… teh,udah rampung kuliahnya? sy sedang mnyusun skripsi. jurusan Ekonomi perbankan islam..klu blh mau konsultasi..
    oy, sy suka banget tulisan2nya

    Rindu: silahkan konsultasi ke saya, saya ambil kosentrasi syariah

  256. Ass…….lam Knal.!! aku dalah hanba Allah Yang sekarang Gi Mencarai rido Allah susah bgt y…te2h artikelnya bagus aku seneg bacany loh…

  257. e-hem.

    semoga jalan itu, ibadah

    dan untuk tahajud yang meringis, aku coba untuk menjalani.

    makasih, mbak
    purnama (biar terang j, hehehe)

  258. as.wr.wb.
    salam silaturrahmi…
    membaca blognya… luarbiasa isinya… rasanya terharu juga….apalagi tulisan ttg ibu.. hik..hik…

    teruskan nulisnya ya…

  259. Salam ‘alaikum ya ukhti,,
    Semua jawaban yang anti cari ada didalam Al Quran & Sunnah,,
    pelajari dan pahami ya akhi,semoga Allah Jalla wa ‘Alla memudahkan jalan bagimu dan bagiku,

    Al Fakir illa Robbi

    – Onie Al Ghifarri -

  260. Bagi saya, “nol” adalah sebuah penentu besaran sebuah nilai. Tergantung ia diletakkan di mana: di muka sebuah angka atau di belakang sebuah angka.

    Semakin banyak angka nol pada muka (sebelum) sebuah angka, semakin kecil nilai angka itu.

    Sebaliknya, semakin banyak nol di belakang angka, semakin besar nilai angka itu.

    Jadi, bergeraklah dari titik nol. Maknai angka-angka di luar sana dengan nol itu.

    Salam kenal.

    Sofwan
    http://www.kalipaksi.wordpress.com

  261. terukir kekecewaan kala q klik SAYA adalah … dan yg muncul jauh dari bayanganq. Kiranya U akan lebih cantik bila menampilkan foto U sendiri ato foto Dibalik Kerudung.

  262. ^_^ Tanpa sengaja saya melihat ada yang lucu…

    *catatan: photo diatas belum tentu photo saya loh :) dont judge me by cover *

    Emang bukan kan? Sekarang gambarnya diganti dengan angsa putih… gwhaahha…

    Ups… maaf ya… :D

    Udah kedenger adzan. Pamit ah.

  263. assalamu’alaikum….

    lama tak silaturahmi ke laman ni….
    subhanalloh, sentiasa mengajak tuk “tafakkur ” ukht…
    semoga Allah sentiasaz berikan berkah kurniaNya pada kita semuwa….

    walhamdulillah

  264. mbak “Rinduku” (maaf belum tau nama aslinya:) kalo gak keberatan boleh kah daku minta dikirimin tulisan2nya yang bagus tersebut melalui email.. trims bgt sebelumnya..

  265. Aku adalah orang asing dalam dunia ini.
    Dan kubiarkan semua asing bagiku,

    Namun, tulisanmu tak asing bagiku,,,,

    Aku suka pandanganmu tentang hidup.
    Aku suka gayamu menuangkan rasa,
    Aku suka eksistensimu,,,,,

    Aku ingin lebih mengenalmu,,,,

    Tolong kirimkan sebuah email untukku,,,
    Tuk obati rasa rinduku pada diriku sendiri,

    Salam rahasia penuh warna
    Dari kangcinta

  266. sangat menyentuh,hati yang di beri cintaNya akan selalu memberi kedamain bagi orang lain.senyum adalah curahan kasih sayang dari hamba yang penuh cinta.tak ada dendam sekalipun ia disakiti.hanya kepadaNya ia serahkan semua urusannya.

  267. luar biasa, kata-kata itu menggoda imaji saya. lama tak menemukan kata-kata puitis yang terangkai dalam satu paragraf karya. bukan sekedar sajak tanpa makna. namun, ini adalah kehidupan, tarikan nafas dan denyut nadi sang pecinta. biarlah dia mengalir dalam sejuta kata.

    dan jika tak ada beban di hati singgahlah sejenak ke kebun saya.

    Salam.
    http://budhikw.wordpress.com

  268. ………….
    Kesalahan telah menutupku dengan pakaian kehinaan
    Perpisahan dengan-Mu telah membungkusku dengan jubah kerendahan
    Besarnya dosaku telah mematikan hatiku
    Hidupkan aku dengan ampunan-Mu
    Wahai Cita dan Dambaanku
    Wahai Ingin dan Harapanku
    ……Salam wahai perempuan di kebun hikmah

  269. Sungguh diantara luasnya dunia, penciptaan manusia mengantar kepada kepribadiaan yang tak teruraikan kata. KekuasaanNya hanya mampu diimani dan hanya mampu dihujami sujud para hambaNya.

  270. sebetulnya tulisannya biasa-biasa saja, tapi yang patut di perhatikan adalah kekuatan visi yang tertuang didalamnya, disisi lain anugerah tuhan berupa kecantikan yang dititipkan pada owner blog ini memang menjadi daya tari tersendiri. dan semoga saja semua ada hikmahnya. satu hal lagi! jangan sekali-kali melupakan sejarah (JASMERAH) sebab sejarah adalah cermin pinjakan di masa depan. sejarah adalah ingatan, bagaimana mungkin manusia dapat melangkah dengan benar jika melupakan sejarahnya?! manusia tanpa sejarah hakikatnya adalah manusia tanpa ingatan alias gila. maaf kalau terlalu jujur dan lugas tapi ini penting bagi semua “penggemar” anda. salam damai

  271. aku suka susah tidur kalau melihat wanita cantik dan berjilbab.. hehe (kiding)..

    cc futuna ganti dumz jangan angsa.. Y_Y
    kip pos aja deh cc…

    satu kata dari nubie buat cc “SALUT”…

  272. Waduh keretanya komentar nya panjang banget, ikut dong…Berkali-kali aku melirikmu di blognya mbak Aling, Sabdalangit dll. akhirnya aku harus mampir spy nggak penasaran.
    Cantik juga :-)bangau :-) nya.
    Pernah juga aku mengalami suasana hati seperti mbak Rindu (moga nggak salah, namanya ciapa cih) saat ini, sepertinya segalanya terasa lebih indah dan rasanya siap banget kalau Allah harus memanggilku. Lalu semuanya mulai terbuka sedikit demi sedikit.
    Satu-satunya kemungkinan setelah kondisi terburuk adalah menjadi lebih baik karena kalau lebih buruk lagi artinya mati. Kalo nggak mati berarti lebih baik, itu yang membuat aku tabah mendapat cobaan.
    Salam kenal mbak, kalo sempat mampir keblogku. Wassalam.

  273. AssWrWb.
    Salam kenal Tante….
    Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Menarik sekali renungan, kontemplasi, meditas(?), keluhan, ungkapan syukur, “hujatan”, dsb yang ada di blog Tante.
    Hanya saja saya ingin sedikit usil… kalau tidak berkenan mohon maaf. Saya merasa sangat terganggu dengan kerancuan penggunaan kata depan dan awalan “di” dalam tulisan-tulisan Tante.
    Sebagai contoh adalah kalimat “tempat diujung masjid, didekat tiang besar dengan harapan saya bisa khusu menyantap semua yang guru mengaji saya sampaikan…” pada tulisan berjudul “Senda Gurau Bumi”. Ataupun judul tulisan “Menari Diatas Waktu”… Semua “di” pada kalimat dan judul tersebut adalah “kata depan” bukan “awalan” yang dengan demikian harus ditulis terpisah.
    Ini sekadar keusilan saya, yang bagai merasakan ada “kerikil-kerikil” kecil yang mengganjal di telapak kaki di dalam sepatu, manakala sedang berjalan menikmati indahnya panorama blog Tante.
    WassWrWb.

  274. Sepanjang umur yang Allah berikan kepadamu, selama itulah masa yang akan kau tempuh untuk mencari semua yang yang kau inginkan.
    karena memang dunia ini, tidak akan pernah memberikan semua yang kau inginkan.
    sabar, ikhlas, mencintai, dicintai, tidak seorangpun jua yang bisa meraihnya.
    yang ada, hanyalah upaya dan proses diri untuk bisa meraihnya.
    sampai kapan?, sampai ajal datang menjemput kita…

  275. as..subhanallah ukhti..benar-benar curahan hati..
    oya..foto profilnya bgus..kalo sya boleh ngasih perimpamaan..angsa itu makhluk yang santun..coba tengok saat ia berenang di sungai..subhanallah dia tampak tenang..padahal bila kita menyelam kedlam sungai tampak jelas kakinya mengayum kencang bekerja keras…”ia tidak ingin orang tau kalo dirinya sedang susah..ia tidak ingin mmbuat orang lain berpikir buruk hingga risau tentngnya…

  276. salam kenal aja …
    tulisannya menyentuh qalbu.
    semoga siapapun yang membaca selalu diberikan hidayah Allah

    maaf kak .. itu foto adminnya asli pa ndak sih ?
    saya kok jadi kesengsem …
    maaf lo …

  277. manusia hidup harus berubah, itu salah satu cara agar kita bisa mencari makna hidup yang hakiki, Keikhlasan, kesabaran dan Kerendah hatian dan juga cinta adalah modal utamanya dan tidak lupa juga usaha dan do’a serta berserah diri KeHadiratnya.

  278. Assalamu’alaikum,, slam knal y mba’..tulisanx baik, mdah”an bermanfaat!! maaf mba sy sedikit sok memberi bahan perenungan neh he”^-^ ‘tuk tulisan “Perempuan Kembali ke-titik Nol” k’ perasaan-hati saya mengarah ke “Wanita Yang Kembali ke- TITIK” (karana wanita memiliki makna tersendiri.. Wau, Nun, & Ta : Wau bentukx sperti janin, & janin itu adanya atau tumbuh pada rahim wanita,, Nun itu ada ti”k dtengahx, itu mnggambrkn rahim pada wanita,, sdangkan Ta itu mnggmbarkan Air Susu Ibu/wanita).. untuk Nol itu sndiri Alqur’an tidak mengenalkannya melainkan TITIK” …smntara itu dlu aj mba, maaf.. muda”an ini bkan brasal dari nafsuq yang tercela… Wassalam

  279. ha…ha…ha… syukurin deh, banyak disebut orang… baerarti nama sampean emang inspiratip, eh inspiratif!

    rindu, rindu… kapan2, setiap nulis saya pake “kangen” aja deh…

  280. rindu tak hanya hanya banyak disebut di blogku, bukan hanya di “blog hitam”mu ini, tapi ada di setiap helaian nafas setiap yang hidup… meski “rindu” bukan berarti kamu…

    salam kenal juga, bu rindu yang (insyaallah) selalu merindukan yang di”rindu”i, dan semoga (insyallah) menjadi kerinduan sang rindu, sesuai namamu…

  281. Saat pipit tak mampu berkicau…
    Ada “Rintihan” yang penuh dengan keIkhlasan…
    Ya Alloh…
    KepadaMu lah aku mengadukan kelemahanku,
    Kurangnya kesanggupanku,
    KepadaMu lah aku menyembah..
    KepadaMu lah aku memohon…
    Engkaulah yang menggemgam jiwa-jiwa manusia…
    Engkaulah yang membolak-balik hati manusia…
    Engkaulah yang mempergilirkan kejayaan diantara manusia…

    Kepada siapa aku meminta…
    Selain kepadaMU ya Alloh…

  282. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Aku tidak pernah mengenalmu
    Aku juga tidak pernah melihatmu, hanya sebuah fotomu yang berkerudung hitam di tampilan awal web mu yang kulihat
    itupun belum tentu benar gambarmu

    Aku tidak perduli siapa kamu
    Bahwa Perubahan, kelahiran kembali dalam Hidup, Hijrah dalam arti luas bukanlah pilihan ya atau tidak
    Bahwa aku berpendapat itu semua adalah keharusan dan kewajiban

    Masa bodoh dengan kecantikan wajahmu sebagai wanita
    Tapi aku membarikan aplous yang berbeda dalam pandanganku untukmu

    Aku juga tidak bisa berbicara manis pada wanita
    yang kubisa adalah menghargai tabiat, tingkah laku, pemikiran, apresiasi dan semangat

    Kamu punya jiwa Perubahan
    Tapi aku tidak tahu apakah itu narsisme semata untuk dirimu atau keluar dari hati tulusmu
    Allah itu Maha Tahu aku tidak pernah meragukan
    Manusia mempunyai impian dan cita-cita itu harus
    Nabi Muhammad mengharuskan umatnya untuk mempunyai cita-cita dan keinginan untuk lebih maju
    Hanya orang-orang yang kurang akalah yang tidak mempunyai itu semua

    Selamat berjuang demi perubahan diri, agama dan lingkunganmu

    Salam ta’zim

    wassalamu’alaikum Wr. Wb
    Silahkan bersilaturahmi Ke:
    Email:karnoeruls@yahoo.com
    Blog: http://www.sukarno82.blogspot.com

  283. bagus-bagus isinya,nyentuh bnget..
    lmyan buat pencerahan, jadi makin semangat..!!
    salam kenal yaa,skalian minta ijin utk bookmark.. thks

  284. fotonya yang mana ya…
    kata-katanya indah banget…
    salam kenal ya… kenal untuk rindu…

    ——
    Nyepam dikit, ada lomba weblog di Honda berhadiah jutaan rupiah, pendaftaran diperpanjang sampai 20 Januari. segera daftarkan diri anda.. info lebih lanjut hubungi http://www.hondabengkulu.com

  285. i’m so happy meet you though via blog. I like your words in expressing the meaning life. I do want to introduce and know u face by face. Coz, I think you’re special girl that created to give inpiration 4 everyone.

  286. Weleh weleh, ada peringatan pentingnya toh jika mau koment.

    Yang jelas aku suka kalimat yang ini “Mencoba belajar tentang arti IKHLAS arti SABAR arti MENCINTAI dan DICINTAI “.

  287. hakikat hidup harus selalu kita renungkan bahwa sesudah kehidupan dunia yang fana ini ada kehidupan yang abadi yaitu akhirat perlu kita mempersipkan untuk bekal diakhirat kelak

  288. Assalamualaikum

    Salam kenal.. Numpang istrahat di blog ini, numpang silaturahmi, numpang ninggalin jejak.
    Blog bagus, semoga tetap eksis.

    Wassalam,
    OmpuNdaru

  289. “”Keadaan hatimu adalah cerminan dari tingkah lakumu. Berhati-hatilah! Ingatlah baik-baik bagaimana caramu menghibur kesedihanmu! Surga di dunia adalah perwujudan surga di akhirat.””

    “Kemulian hidup berawal dari keberanian untuk menghadapi tantangan dan cobaan hidup”

  290. Rindu,
    Wajahmu banyak yang merindukan dan banyak yg support yach. Aku cuma bisa bilang kalo ada seseorang yang benar – benar sayang. Jangan kecewakan dia ya, dia tidak akan membuatme menyesal

  291. mba rindu, makna hidup itu ada sejak kita lahir, merangkak, berjalan, belajar, jatuh cinta, dan kemudian patah hati dan JATUH CINTA LAGI, yaitu BELAJAR dan BELAJAR.karena hidup itu ujian baik susah-senag, sehat-sakit, jatuh cinta-patah hati. Selamat berjuang dan menemukan cinta yang baru yang lebih baik

  292. Rindu, jika dirimu mencari makna hidup yang sebenarnya cobalh tuk merenungkan semua dan jadikan semua sebagai pelajaran dan jika kau rindu masa lalu ingatlah yang ada sekarang dan jangan takut kan hari esok karena tak kan tiba tanpa hari ini. kisahku tak lebih baik darimu.”orang yang kurindu telah kulukai dan aku kuga terluka”

  293. wajahmu begitu jauh
    tak terjangkau objektifikasi verbal
    tak ada jalan lurus
    menginterpretasi rupamu
    ke dalam dunia kata dan kalimat
    entah rupawan, menawan, mempesona
    pun jika buruk rupa
    biarlah tak terkatakan
    kecuali oleh kebisuan
    sebab,
    identitas dalam kata bisa jadi reduksi
    bagi diri yang sejati
    wajah dalam kalimat adalah ilusi
    dari jiwa yang murni
    identitas dan wajah diri
    menjadi tak punya arti
    rindu,
    lalu kau bersembunyi

    (maaf, mba rindu, awale “celotehan” itu memang bukan tentang samepan. tapi pas mampir ke tempat ini, ndilalah kok sampean ya agak “tergambarkan” oleh celotehan itu. sekali lagi maaf, dan salam kenal)

  294. Assalamualaikum Wr.Wb
    Rasa rindu adalah anugrah dari Allah SWT, Yaitu rindu untuk bisa memperbaiki diri, rindu untuk lebih bersyukur kepadaNYA, rindu untuk bisa mencapai cinta dan ridhoNYA dan rindu untuk bisa memberi kedamaian dan kenyamanan sesama manusia.
    Wah maaf ya mba kalo ada kata2 yang salah, sebelumnya salam kenal, blog anda bagus dan bermanfaat, Sukses ya.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  295. assalamualaikum….
    meski baru pertama aku mengunjungi Blog ini, namun aku merasa kagum dengan tulisan tulisan yang terpampang di layar hitam ini,,,, terkadang aku sendiri masih bingung dengan apa yang mau ku tulis dalam blog ku sendiri…
    salam kenal ….

  296. Assalamu’alaikum wr..wb..(mas,mba)kembali ke titik NOL, Belajar arti IKHLAS, SABAR & arti MENCINTAI serta DICINTAI. semua kita sudah tinggal bagaimana kita bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan kita sehari2 sesuai dengan keyakinan kita masing-masing dan ketika kita sudah mengimplementasikan hal itu maka kita insya ALLAH kita bisa paham dan tahu serta mengerti apa yang menjadi pertanyaan kita..ketahuilah SABAR itu sesungguhnya tanpa batasan…

  297. Salut, waktu saya nulis komen ini, saya berada dalam urutan ke 588, suatu rekor yang luar biasa.

    Semoga hati anda selembut wajah anda…

  298. Assalamualaikum…
    Kemanapun saya klik blog2 sebelah…selalu ada mbak Rindu disana:)
    Luar biasa..produktif sekali ternyata. PAntesan aja saya ampe penasaran )padahal saya orang yang sangat sangat jarang penasaran he he).

    Well lam kenal mbak Rindu
    I like ur writting
    Ur blog 2 :)

    Minta ijin tak link blog nya ya? :)

  299. assalamu’alaykum ….

    terima kasih mbak, udah mampir di warung “bung ipan” – bungakehidupan. semoga kita tetep istiqomah untuk selalu berusaha memberikan manfaat buat orang lain

    salamdarinanda