Ibu …

Senja ini secara tidak sengaja saya mendengar petikan gitar bang @iwanfals, suaranya begitu bening melantunkan lagu Ibu dengan iringan accouistic, petikannya menghanyutkan ras, kira kira syairnya begini  “seperti udara kasih yang engkau berikan, tak mampu ku membalas, Ibu. Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu, hingga aku tertidur bagai waktu kecil dulu:( ah entah saya yang lagi melow atau memang ada hal lain, sungguh saya kangen Ibu

Saya adalah perempuan yang dibesarkan oleh seorang Ayah, bukan seorang Ibu karena Ibu berpulang ketika melahirkan saya, iya saya adalah perempuan yang seumur hidup saya merindukan kehadiran Ibu, maka semua perempuan yang dekat dengan saya akan saya anggap dan panggil Ibu, ada si mbok yang sehari hari merawat saya, menyiapkan sarapan hingga makan malam saya, bahkan menghangatkan malam malam saya dengan menyiapkan telinganya untuk mendengarkan semua cerita saya sepanjang hari yang saya lalui, si mbok rela begadang saat saya sakit, ia menangis ketika saya menangis, bahunya adalah tempat saya mencari kekuatan, si mbok adalah Ibu untuk saya … iya Ibu, “terima kasih ya mbok sudah ikut membesarkan saya, semoga ALLAH ridho

Kemudian diperjalanan hidup saya, saya dipertemukan oleh ALLAH dengan anak anak yang senasib dengan saya, anak anak yang hanya memiliki satu orang tua, ada Ibu tak ada Ayah, ada Ayah tak ada Ibu, ada yang bercerai kemudian tinggal dengan salah satu orang tua, ada yang dititipkan kepada neneknya yang sudah rapuh sepuh, ada yang ditinggal di panti asuhan untuk dicarikan orang tua, bukan karena orang tua mereka tidak mampu membesarkan

Tapi nasib berkata lain, lalu apa harus seumur hidup meratapi nasib, NO .. NO, mereka cukup kuat untuk tidak menyerah pada keadaan, dunia tidak kiamat meski mereka perjalanan hidup tak mudah

Dari mereka saya belajar kuat, dari mereka saya belajar bahwa cinta bukan hanya sekedar cinta, dari mereka saya belajar bahwa menangis tak pernah menyembuhkan luka, dari mereka saya tahu bahwa airmata itu tidak pernah ada di mata air 

Usapan tangan saya dipunggung mereka saat mereka merindukan Ibu, atau usapan tangan kecil mereka menghapus airmata saya, adalah syurga… mereka bahkan tak mengenal dekapan orang tua, tapi malam malam mereka tak dingin, ada ALLAH, iya ada ALLAH yang mencintai mereka, sejuta kata yang memang tak mampu lagi saya ucapkan, dirumah pengasingan ini kami belajar hidup meski tak lengkap

Kemudian terbayang oleh saya, berapa juta anak yang tak mau mendengarkan nasehat Ibunya, padahal tak ada nasehat yang tak baik bukan? karena Ibu lebih tahu, telah melewati masa yang saya dan seumuran saya, apa ada orang yang lebih mengenal kita sedalam Ibu mengenal kita? bukan hanya itu berapa banyak anak yang malu mengakui Ibunya itu Ibunya, padahal begitu banyak anak anak seperti saya dan teman teman saya yang merindukan Ibu, ah !!  :(

Ibu, suatu hari kelak kita akan bertemu karena saya pun akan pergi dari dunia ini ke dunia tempat Ibu sekarang, melepas segala kerinduan yang berpuluh puluh tahun saya tahan, melihat wajah Ibu bukan hanya dari lukisan didinding kamar Ayah, kata guru mengaji saya doa anak yang soleh/solehah akan sampai ke Ibu, iya hanya doa anak yang soleh, yang gak soleh gak akan sampai ke Ibu, saya akan belajar dan belajar lagi untuk terus solehah, agar sampai salam saya untuk Ibu

Ya ALLAH , titip salam untuk Ibu di syurgaMu …

15 thoughts on “Ibu …

  1. setiap goresan kuas kehidupan akan membentuk lukisan indah, apabila kita tidak mengacaukannya dengan penyesalan-penyesalan….
    seperti lukisan rindu.. terlihat, terasa, terbaca indah.
    walau ketidakhadiran ibu,
    ibu telah menjadi bingkai indah dalam setiap tetes riindu
    semoga menjadikan tambah indah dalam perjalnan rindu

  2. pada umur saya yang masih menginjaki 17 tahun ibuku telah tiada dan ia meninggalkanku karena sakit yang dideritanya cukup parah yg biasa disebut sakit yg sudah tidak bnyak diharapkan lagi yaitu penyakit kanker usus, aku sangat menyesal dulunya karena sulit untuk menuruti apa kata katanya padahal disini saya masih sekolah yang masih membutuhkan tanggung jawab orang tua tiba saatnya saya belum bisa apa apa bahkan saya belum bisa membahagiakannya ibu telah di ambil pada yg maha pencipta, andai waktu bisa di putar dulunya saya seperti itu pasti saya akan mengubah semuanya tapi kita sebagai manusia tidak tahu bahkan tidak pernah ada yg tahu kecuali dia kapan hambanya akan di ambil untuk menghadapnya, dan saya adalah orang yg termasuk dalam ibunya yg telah tiada setelah 2hari ibuku meninggal kabar lulus dari PT pun mengahmpiri saya, dan itu semuanya percuma karena dia (seorang ibu) tidak akan mencicipi kebahagiaan yg saya rasakan skrg :((( saya sebagai anaknya hanya bisa menyampaikan dan mengirim do’a untuknya di setiap saya menghadap Allah :(

  3. Ibu saya meninggal dunia saat saya berumur 30 tahun 6 bulan di bulan November 2012. Saya belum menikah dan sehari-hari masih tinggal bersama Ibu, ayah dan kakak adik saya. Betul mbak, orang yang paling mencintai kita adalah ibu dan ayah, tetapi yang paling dekat pastilah ibu. Sejak ibu saya meninggal, saya suka googling mencari adakah yang nasibnya sama dgn saya. Lalu saya menemukan blog ini. Terimakasih mbak tulisannya telah membantu menguatkan saya.
    Saling mendoakan ya mbak supaya kita menjadi anak yang sholihah sehingga doa kita sampai ke ibu kita. Doakan aku juga supaya dapat jodoh yang sholeh dan dikaruniai anak-anak yang sholih dan sholihah :)

  4. Pingback: Ibu Yang Sudah Tiada | Eomeoni…

  5. 46. Al Ahqaaf 15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa:
    “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

    14. Ibrahim 41. Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

  6. Ibu,

    Sebuah kata yang tidak bisa di deskripsikan..
    Sebuah semangat yang tak pernah padam..
    Sebuah inspirasi yang mendalam..
    Sebuah senyuman yang hangat..
    Sebuah cinta dan kasih sayang yang sangat besar, cinta dan kasih sayang Ibunda hanya nomor dua setelah cinta Allah…

  7. Ya ALLAH , titip salam untuk Ibu di syurgaMu …like this mbaa, jadi kangeen almarhumah ibuku…aku punya banget banyak impian yang ingin kuwujudkan untuk membahagiakan ibuku, tapi beliau pergi sebelum semuanya terwujud. I just feel really-really love her, after she left me, and i never showed her before…..

  8. sαyα ιηgєт ωαктυ ιтυ ρєяηαн вєятєηgкαя sαмα ιвυ sαyα, вαнкαη sαyα sαмραι вι¢αяα đєηgαη ηαđα тιηggι, sαмραι sαyα мιηggαт đαяι яυмαн, ραs sємιηggυ кємυđιαη ιвυ sαyα ηєļρση υηтυк кємвαļι ρυļαηg, αкнιяηyα sαyα кємвαļι кєяυмαн đαη мιηтα мααƒ
    Dє..sαyα ιηgιη мєηαηyαкαη
    1- Aραкαн đσsα ĵιкα sαyα мєηιηggαļкαη σяαηg тυα đємι кαяιя, мιsαļкαη вєкєяĵα đι ļυαя кσтα ? Mєηgιηgαт ιвυ sєηđιяι đιяυмαн
    2- кαļσ мιsαļкαη кιтα ιηgιη мєηgιяιмкαη đσα υηтυк σяαηg тυα αтαυ sαηαк sαυđαяα yαηg sυđαн ωαƒαт ραкє αļ-ƒαтιнαн вιsα gαк DE ?
    Tнαηкs sαļαм ¢υιт…¢υιт…

    • Dulu sewaktu saya kecil, setiap kali pulang sekolah saya berharap ada Ibu yang menunggu saya, membukakan pintu kemudian memeluk saya, tapi ternyata hingga saya dewasa, saya sadar, ini hanya mimpi yang tak akan pernah menjadi nyata ….

Leave a Reply

