Motivator

Sejak memiliki twitter saya mulai mengenal banyak orang, mengenal setiap kicauan para orang orang hebat, para motivator tepatnya, ribuan kata kata bijak bak ombak yang tak bisa terbendung, meluncur dengan caranya masing masing, sahabat saya bilang ini zaman MTW alias Mario Teguh Wannabe :)

ada yang bicara sebagai pengusaha sukses dan mengajak orang berusaha tanpa modal, Wow!!

ada yang mengajak tahajud dan shalat subuh dimasjid bagi yang ganteng dan shalat tepat waktu bagi yang cantik, Top!!

ada yang mengajak untuk selalu bahagia, walaupun hidup jungkir balik karena fitrahnya memang kita gak selalu bahagia, Ok!!

ada yang mengajak orang putus karena pacaran itu haram, pacaran mendekati zina, tak peduli apa kata orang #udahputusin aja, Bisa!!

ada yang setiap hari jual ticket seminarnya, dan menamakan diri sebagai motivator nomer wahid, Boleh!!

ada yang mengajak sedekah kalau perlu jual semua harta, hutang numpuk dan gak bisa makan ya tak mengapa, Nekat!!

ada yang isinya untuk memulihkan jiwa, mungkin buat jiwa jiwa galau yang tahu arah pulang seperti lagu Rumors, Ehmm!!

ada yang isinya renungan, ngajak orang ngerenung terus *ah itu bukannya elo De?* gubrakk!!

Saya gak bilang salah loh yah, tapi cuma mau bilang gaya para motivator ini sudah jadi trend. Misalnya, seorang motivator yang berbagi tentang ilmu kesuksesannya, dengan lebaynya dia akan berkoar betapa dengan menikah maka semua masalah akan hilang. Padahal teman saya dari mulai bujangan ampe menikah dan punya anak juga masih belum sukses juga bahkan makin menderita karena dia menikah tanpa ilmu, gak siap, belum nikah, alasan nikah “pengen sukses seperti motivator” padahal takdir dan perjalanan hidup manusia kan beda beda yah? koq gitu? :)

Atau seorang ustadz yang banyak jamaah selalu lebay mengumbar bagaimana indahnya pernikahannya dan kemesraan yang penuh kebahagiaan, saat makan saling suapin, anak anaknya baik-baik dan berbakti, mau puasa istri bersimpuh minta izin, pelukan setiap semenit dan masuk TV serta koran, esoknya cerai, jadi mau dibawa kemana umatnya? bukankah setiap hidup harus ada ilmunya, saya diberi otak kiri dan kanan oleh ALLAH pasti harus dipake, kalau tidak pasti ALLAH cuma kasih otak kanan saja atau kiri saja, kan gitu yah?

Setelah saya pikir pikir ribuan kata bijak yang mereka ucapkan bolehlah hanya dijadikan alat pengingat, karena motivasi sejati ada dalam diri kita sendiri, mau ribuan kata nyangkut di kepala jika tak ada satu kebaikanpun kita lakukan maka sia sia, tetap tak bermanfaat hidup ini.. setuju?

Sumber motivasi yang benar itu adalah Quran dan Hadist, ini aja kita jadikan pegangan hidup, tanamkan dalam hati dan kepala, IQRO dan Laksanakan … setuju?

So, please STOP MTW :) :) 

About these ads

22 thoughts on “Motivator

  1. harusnya muslim harus mengambil kata-kata motivasi dari Al-qur’an dan As-sunnah, silakan yang menyampaikan itu siapa …..yang penting harus diamalkan, ilmu dan amal….itu adalah pasangan (azwaja)……intinya yang murah meriah, padat berisi, Al-quran dan As-Sunnah, ilmu dan amal

  2. Dear semua yang saya cintai, setelah komen saya yang ini, saya akan menutup semua komen dalam moderasi untuk tulisan “Motivator” ini yah, karena:

    Rasulullah saw bersabda, ” Aku jamin rumah di dasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam keadaan bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaknya. (HR. Abu Daud)

    Pelajaran yang dapat kita ambil faedahnya dari hadist diatas:

    Hindarilah berdebat karena: berdebat sering kali memicu perpecahan. Karena dengan berdebat maka akan terjadi perselisihan pendapat baik dalam ucapan, bahasa tubuh hingga akhirnya berujung pada perpecahan dan permusuhan.

    Berdebat akan membuang waktu dan pikiran dengan percuma. Karena setiap manusia memiliki hak untuk berpendapat yang pasti belum tentu sama maka sia sialah usaha kita untuk berusaha memaksakan kehendak ego dengan berdebat.

    Berdebat bisa membuat sesuatu yang benar menjadi salah dan sesuatu yang salah menjadi benar. Karena yang menjadi pemenang dalam debat adalah mereka yang mampu memutar balikkan kata- kata, bukti, bahasa sehingga suatu yang salah seakan bisa jadi benar.

    Sedangkan yang namanya kebenaran itu tidak perlu untuk diperdebatkan karena tidak akan berubah kedudukan kebenaran dimata Alloh secerdik apapun kita mengelak, karena semua yang perbuat akan kau pertanggung jawabkan kelak di hari pembalasan.

    Salam dari sudut Kebun Hikmah

    Ade a.k.a Rindu

  3. assallamualaikum wr.wb…….

    mbak ade anu bijak nian tea…..jreng jreng!!!!!!seorang nabi saja sampai dilempari kotoran segala ketika menyampaikan sebuah kebenaran dy tidak marah bahkan dy mendoakan orang2 yang menolak dan menghujatnya…intinya dy tidak memusuhi orang2 yang memusuhinya…

    kl patokan ataw sumber referensi mabak sebagai juru ketik Allah adalah alquran dan hadist…harusnya mbak faham betul itu…orang2 yg mampir n singgah dikebun mabk kan bukan musuh dan bukan pula sdg menghujat!!!!jika ada koment taw kritikan kayanya sah sah aja deh….sebagai mana mbak bilang “So, please STOP MTW :) :)…

    WEEEEKKK apa ini mbak????? bukankah ini suatu ajakan pemboikotan mario teguh??????????saya penggemar berat mario teguh lho saya juga suka ustadz yusuf mansur,,,saya juga gemar mendengarkan tausiyah manajemen kolbu milik aa gym….masalah????kl itu saya anggap baik ????

    dan satu yang terpenting dari orang2 tersebut mereka tidak pernah sekalipun saya mendengar ataw membaca tulisan ataw ucapan mereka yg menghasut ataw mengajak orang2 untuk berhenti menyukai taw berprasangka buruk pada tokoh2 lain selain dirinya….
    okeh mbak ade sang juru ketik….????

    *mbak ade maaf yaaa….tadi udah muntah yaaa????aduuuhhh jadi muntah bt kedua kalinya deh setelah baca komen saya ni….sekali lagi mohon maaf kebunnya jd kotor n harus ngulang ngebersihinnya….

    waalaikumsallam wrwb…

    • Kalem aja mas/mbak/pak/bu (maaf saya gak tau jenis kelaminnya) :), lagi emosi yah? koq tanda seru dan tanda tanya-nya banyak banget? :D

      IMHO (In My Humble Opinion).. Kalo saya sih nanggapin tulisan ini sbg masukan aja :). Maksud saya, apa kata para motivator itu gak perlu kita ikutin semua, gak perlu kita telan mentah2. Karena para motivator melihat permasalahan dari sudut pandang mereka secara umum, yg belum tentu sama dengan sudut pandang kita. Para motivator itu gak tau, gak paham detailnya permasalahan yg kita hadapi. Apa mereka tau dan kenal dengan kita? Apa mereka tau setiap detail permasalahan kita?

      Yang tau dan kenal diri kita ya kita sendiri..bukan orang lain, bukan juga para motivator. Ngga setiap nasihat/motivasi dari orang lain itu harus kita kerjakan dan lakukan..karena belum tentu tepat dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Sekali lagi, yg tau siapa diri kita dan apa yg kita perlukan adalah diri kita sendiri. Dan kita sendiri yg bertanggungjawab atas diri kita, bukan para motivator..

      Itu yang coba saya ambil dari tulisan Ade di atas.
      Tapi KALAU PUN tulisan di atas menjelek2an atau menghina para motivator knp musti sebagian pembaca di sini yg emosi? Kalem aja mas/mbak/pak/bu.. :)

      Btw, gaya tulisan “Berbesar Hati”, “Butiran” dan “Saeb” koq sama yah? Apa mereka ini satu orang yang sama? :D

  4. Aduh.. mabak ade.. jangan suka menghina sesama motivator.. :(( jadi ill fill bacanya… kalo.. sumber dari segala sumber motivator itu adalah Alquran.. dan hadish.. cuma kalo pake menghina.. menghina.. segala.. jadi aneh.. lah.. emang mbak ade sudah yakin benar.. dengan segala tulisan mbak ade… kepala boleh sama hitam.. , tapi mungkin pemahaman atau isi kepala ??? sapa yang tau… ??? hanya Allah yang bisa menilainya… dan bukan mbak ade.

    • Maaf nih sebelumnya, emang kalimat saya kalimat “hinaan kah” perlu saya jelaskan bahwa saya BUKAN motivator, jika ada kata kata saya yang menjadi inspirasi itu karena ALLAH menutup aib aib saya, sungguh saya hanya juru ketik ALLAH … dan saya tidak pernah mengatakan bahwa saya benar, apalagi yakin benar.

      ALLAH adalah juri terbaik dan itu betul, jadi komen diatas dengan kalimat “jangan suka menghina sesama motivator” SALAH, totally wrong, 100% menilai saya dengan secara salah

      Mulai sekarang, silahkan tinggalkan kebun saya, daripada muntah disini dan saya harus membersihkan kotorannya, maaf jika ada kata kata yang keras dan dinilai salah, ini hanya sikap.

      Salam
      – Ade -

      • Assalamualaikum mbak ade,

        Saya adalah penggemar berat tulisan mbak ade…, disetiap tulisan yang mbak ade rangkai sangat indah, memotifator para pembacanya khususnya saya, itu saya akui.. hamper semua tulisan mbak saya, baca.. dan ALHAMDULILAH… sangat berpengaruh baik sama saya, khusus untuk tulisan mbank ade.. yang satu ini…, banyak.. kesan.. bahwa dibalik arti tulisannya seolah olah Cuma pikiran mbak aja yang terbaik…

        Sebagai seorang penulis.., setajam apapun kritikan itu adalah asahan yang baik untuk ilmu yang sedang disampailan ke pembacanya… bukankah mbak.. ingin menjadi.. penulis yang baik.. Insya Allah.

        Pada poin 2 tulisan diatas contoh :
        ada yang setiap hari jual ticket seminarnya, dan menamakan diri sebagai motivator nomer wahid, Boleh!! ( tidak sadarkah tulisa dengan bahasa menamakan diri …… Boleh !! )
        ada kesan disitu bahasa meledek..

        ada yang mengajak sedekah kalau perlu jual semua harta, hutang numpuk dan gak bisa makan ya tak mengapa, Nekat!! ( tulisan di atas… secara tidak langsung .. meledek.. :(, kita taulah orang yang dimaksud dengan dakwah seperti itu.. kata Nekat itu …???)

        Atau seorang ustadz yang banyak jamaah selalu lebay mengumbar bagaimana indahnya pernikahannya dan kemesraan yang penuh kebahagiaan, saat makan saling suapin, anak anaknya baik-baik dan berbakti, mau puasa istri bersimpuh minta izin, pelukan setiap semenit dan masuk TV serta koran, esoknya cerai, jadi mau dibawa kemana umatnya? ( kata Lebay… bukankah.. sama saja.. dengan … )

        Saya sebagai penbaca .. hanya mengingatkan saja.., sadarkah mbak ade.. bahwa sengaja atau tidak sengaja mbak ade itu seoran Motivator.. apalah .. atau juru.. tik bahasa mbak ade…,..
        Apa yang ditulis mbak ade. Sedikit banyak juga berpengaruh kepada yang baca…,
        Pertama kali say abaca tulisan tulisan berdiri di atas takdir ..

        ALLAH maha Adil, setiap cobaan sesuai takaran kemamapuan masing masing, ALLAH aja yakin saya kuat, masa saya gak yakin !! jreng jreng !! jangan bilang beriman kalau gak teruji, jleb jelb !! saat itu ada kekuatan tersendiri bagi saya..,

        Maaf kalau ini terlalu panjang.., saya cuma ingin membaca tulisan mbak ade.. seorang ade yang cantik, lemah lembut, ikhlas, yang tidak mudah marah..  dan sekali lagi yang Istikomah.. memandang segala sesuatunya dengan ringan, tapi tetap sesuai dengan jalurnya Alquran dan Hadis.
        Wasalamualaikum mbak ade,

        Saya Cuma seorang ibu rumah tangga kok.., jadi kalo tulisannya berantakan.. dan nyolot.. maafff ya.. , maklum ga sekolah 

  5. Jadi ga nyambung nih, saya aja mulai dengan kata kata bijak, perlahan cari motivasi dari berbagai tulisan, atau di bantu dari tulisan tulisan orang lain. Walau panjang tulisannya tapi terkadang sepenggal kata saja sudah cukup memotivasi. Mudah mudahan dari niat yang tulus kita bisa berbagi dan mengingatkan.
    Tetap Istiqomah …

  6. Knp pls stop MTW?? Maksudny??

    Jadi kl MTW stop? Merenung bolehnya? Hehehe… = ajakn merenung terus2an bc tulisan mb de? Awww…. Kok gitu mb?

    Smua mtw yg org lain tulis kl emg utk.kbaikan knp tdk mb? Drpd sekedar merenung mulu, jg sama aj kl g ada implementasiny.

    So sah2 aj mb org mau tulis ap, jgn terus d suruh stop, menulis kn suka2 org…

    Ajakn menikah jg baik loh mb, ketimbang sendiri klamaan mikir malah g nikah2, wuuaa..keburu jadi perawan tua nanti mb kl kbanyakn pertimbangan….#tepok jidat…

    Toh menikah ibadah, tinggal bgmn kita bersama pasangan membina pernikahan menjadi ladang ibadah brsama kelg baru nt ny. Iy kan??

    Setjuuuu jika quran dan hadis jd pegangan hidup..krn emg sejatiny sumber ilmu seorg muslim y quran dan hadis bukan?

    So kembali lg k diri msg2, silahkn memilah hal2 yg baik, kl dr mtw emg bagus knp tdk, slama tetap sesuai syariah, quran n hadis…

    Thanks…

    • yang di maksud ade :
      sahabat saya bilang ini zaman MTW alias Mario Teguh Wannabe :) ???

      dan ini maksudnya apa ??

      Mulai sekarang, silahkan tinggalkan kebun saya, daripada muntah disini dan saya harus membersihkan kotorannya, pantaskah itu ??

  7. sukses relatif…bisa jadi kita belum menganggap kita sukses..tp orang lain nganggap kita udah sukses….begitu juga sebaliknya….

    kata teman saya…saya udah sukses…tapi saya bilang blom…..

    tp kesuksesan menurut Imam Syafei adalah apabila kita udah menginjakkan kaki di Surga..

    pa khabar de???

  8. jika omongan atau ocehannya untuk untuk suatu kebaikan kenapa tidak ? …yg keluar dari pantat ayam saja klw itu telur ambil saja, bukannya bergizi. bahkan eek’nya pun bisa bikin tanaman subur. di pilah sajahhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s