Doa Yang Terluka

 

Tadi pagi saya berbincang dengan seorang sahahat lelaki saya yang tiba tiba muncul di pintu rumah saya dengan wajah yang kusut, lebih kusut dari wajah pemulung yang tidak mandi tiga hari, dari tampilannya yang seperti hidup tak mau mati takut ini saya bisa menyimpulkan bahwa sahabat saya ini sedang mengalami kiamat kubro :) mengalami luka, mengalami pendarahan hati, mengalami perih karena lukanya terkena cuka, duh koq mau sih dibeginiin oleh perasaan sendiri :(

Saya jadi ingat pengalaman hidup saya beberapa waktu yang lalu, ketika fitnah mendera dan saya tidak mampu melawan kekuatan besar dibaliknya, yang saya tahu semua sahabat meninggalkan saya, yang saya tahu, kemudian bak tsunami berita itu terus membunuh karakter saya tanpa mampu saya lawan, ALLAH meng-NOL-kan saya, dan satu hal yang saya punya waktu itu adalah DO’A. iya doa yang saya panjatkan dimalam malam hening, doa yang saya mohonkan ditengah keramaian, doa yang terus saya panjatkan dan saya tidak berhenti hingga ALLAH mengabulkannya, saya yakin setiap doa pasti akan terqobul, hanya masalah waktu :)

Dan masih terngiang ucapan guru mengaji saya kala itu “Saat kezaliman merajalela dan mata keadilan telah buta, satu-satunya kekuatan yang dimiliki oleh orang-orang lemah dan terzalimi adalah doa. Di tangan mereka, doa lebih tajam dari pedang dan lebih hebat dari pasukan bersenjata”

Dan hati-hatilah terhadap doa orang terzalimi! Karena jika sudah keluar dari mulut, ia akan berjalan menuju langit. Segera melampaui cakrawala, menembus angkasa, dan diijabahi Sang Mahakuasa. Subhanallah … maha suci ALLAH yang telah menjadi penolong mereka yang tersakiti, terlukai.

Sesungguhnya ALLAH tidak berbuat dzalim kepada manusia sedikitpun” [QS  Yunus;44] membaca ayat ini, terasa tonjokan yang dahsyat, koq saya yang hanya manusia bisa bisanya menyakiti hati manusia lain, koq sampai hati melukai sahabat saya, koq sanggup menyakiti hati orang tua saya, nauzubillahimindzalik, mari lah berpikir untuk STOP menyakiti hati manusia lain apapun bentuknya, cacian, makian, cibiran, hinaan, membuka aib manusia lain, tidaklah pantas saya lakukan, bagaimana jika hingga akhir napas saya tak ada maaf saya dapat dari orang orang yang pernah terluka oleh ucapan saya, tersakiti oleh perbuatan saya, habislah amalan saya untuk membayarnya, sia sialah ibadah saya karena pada akhirnya neraka pula tempat saya :(

Jadi berhati-hatilah terhadap doa orang yang kita aniaya, diantara dirinya dengan ALLAH tidak ada hijab. Sumpahnya, caciannya dan kata-katanya adalah doa yang didengar ALLAH “Demi kemuliaan-Ku, Aku akan tolong orang yang teraniaya itu dalam waktu dekat.” [hadis Qudsi]

Bayangkan jika caciannya saja didengar apalagi doanya … hati hati terhadap doa yang terluka, dan yang terpenting adalah saya harus mampu menjaga diri saya agar tak melukai hati orang lain, karena yang bisa saya jaga adalah diri saya saja, karena ketika sudah melukai doa mereka tak akan mampu saya jaga, apa yang terucap bersama lukanya itulah yang di ijabah oleh ALLAH

Jadi jangan menunggu luka, tapi jaga agar tak melukai…  :)

 

About these ads

90 thoughts on “Doa Yang Terluka

  1. saya mau tanya sy sdng ada mslh dg istri saya,saya muslim 25th skrg usia pernikahan sy 4th dg 1 anak,singkat crita gr2 ribut kecil istri sy prgi ktmpat orang tuanya smpai saat ini sudah 1,5 bulan..mertua saya sudah tidak mengijinkan istri saya kembali kpd sy,bahkan istri sy skg juga brpkr ga mau kembali dg alasan dulu sy tidak perhatian skrg dia menutup hati utk sy..bahkan scara terang2an bilang skrg sm sy dah punya org yg bs perhatian ma dia,stiap sy sms minta pendapat sm laki2 itu,saya sudah tdk dianggap sm sekali.sgl cr udh sy tempuh utk menyelamatkn rmh tngga tp smpai saat ini dia ga peduli mlh minta cerai..setiap sy pgn beri nafkah selalu ditolak,dia jg sll menyakiti ht sy dg mengagungkan laki2 itu..apakah dia telah berbuat dzolim kepada saya??

    • Allah maha tahu, Allah maha adil, Allah maha melihat… Aamiin.
      Serah’khan smua kpd Allah,memohon keadilan dr Allah..
      Jgn kotori hati kita dan prbuatan kita dgn dendam..
      Lbh baik bs intropeksi diri kita sndri shaja..
      Dmn Salah atw benar’nya kita, serah’khan kpd Allah..
      Yg penting kita bs menjadi yg lbh baik dan smua kejadian di jadi’khan pengalaman dan catatan dlm agenda prjln’an hdp..

  2. saya dfitnah dtuduh mencuri Uang pernikah saudara sepupu saya…,,,,jd saya harus bagaimana….dia lbh percaya dgn dukun & org yg mnfitnah saya….jd saya berkata dukun & org yg mnfitnah saya tantang untuk melakukan sumpah pocong & melangkah Al-Qur’an biar mrka prcya bhwa saya benar2 tdk melakukn perbuat’an trsbut….apakh saya salah untuk melakukn sumpah & melangkh’in AL-Qur’an

  3. Sy jg lg di fitnah oleh gru sy sendiri,, sya di tduh memprofokatori tman sya sndiri yg sya hrankan mengapa dari setiap gru brbda omonganya, dan saya di suruh buat srt pernyataan kalo sy tdk lulus sy tdk akan menuntut syapapun,, saya sedih karna tk ada stupun gru yg percya pada sayaa hanya Allah, ortu, dan kawan saya mungkin yg percya sma saya. .
    Saya minta doa nya ya supaya besok UN nya lancar dan saya dapat lulus dg nilai bgus. .

  4. apa yang saudari Erma sama persis dengan apa yang saya alami.Usaha saya beserta ruko seisinya diambil paksa oleh adik ipar dengan bantuan mertua saya.Saya juga tidak bisa berbuat apa2.Sekarang kehidupan kami tinggal dirumah kontrakan dengan penghasilan tak pasti,dan terbeban banyak hutang.Setiap hari sya sma istri selalu ribut,jika ingat itu dada saya selalu sakit.ingin rasanya saya bunuh ibu mertua saya yang punya inisiatif awalnya,sekarang saya tidak pernah komunikasi dengan mereka.Bahkan mereka berusaha menjauhkan saya dengan anak saya.Mereka juga Islam taat,ibu juara MTQ nasional malah.Justru saya mualaf kaget perlakuan mereka begitu.Tapi setelah 5 thn,Allah mendengar doa dan tangis saya.Apa yang mereka perlakukan ke saya,terjadi pula dengan anak-anaknya yang lain.Kerja dipecat,ditipu orang,menghamili orang,kawin cerai,pokoknya semua hal yang lebih menyakitkan.Saya sebenarnya kasihan dengan itu,tapi kalau Keadilan/Pembalasan Allah sudah berjalan,siapapun tak akan ada yang mampu menghentikan.walaupun cara lambat,mungkin Allah masih senang mendengar Doa dan tangisan saya X ya ?

  5. tapi bagaimana jika orang yang menyakiti kita dan kita memaafkan mereka.. tetapi mereka melakukan kesalaham mereka kedua kalinya….
    kaya “air sisu dibls tuba gituuuuu

  6. Sakit banget rasanya disakiti tetapi aku percaya allah ga tidur. Orang yang udah nyakitin saya(ngancurin saya itu suatu saat akan ngalamin juga)•diamku sabarku•

    • Yg bisa menghancurkan dan membahagiakan kita adalah diri kita sendiri,bukan orang lain atau siapapun juga,karena hidup kita yg menentukan,disaat kita merasa dizalimi,disakiti,dihianati maka keputusan kita yg menentukan mau hancur atau bahagia…

  7. Memang terasa sakit disaat kta didzolimi seseorang, apalagi yg mendzolimi adalah pimpinan sy sendiri, shg terasa di hukum berat dmn sy sdh kehilangan jabatan yg otomatis tunjab dah gak terima, Remunerasi hanya terima separo & itu dah sy rasakan sampai saat ini 16 bln. Pd hal apa yg sy lakukan jelas2 tdk merugikan orang lain, klopun ada yg rugi adalah sy sendiri & scr hukum juga tdk memenuhi unsur pidana, walaupun dipaksa kan kyk apa ttp aja tdk bs maju ke Kejaksaan. Ironisnya tmn kanit sy melakukan tindak pidana yg dirugikan masy semua krn brg bersubsidi tp pimpinan di pusat maupun internal tdk mengambil tindakan smskl yg mana sampai saat skrg msh menjabat kanit. Memang mrk rutin setor kpd pimp krn mmg untungnya bsr skl bs sampai 100 %, sedangkan sy boro2 utk setor, sambilan ga ada melulu gaji dr knt aja. Mengapa pimp tdk bersikap adil & normatif. Jd mmg bener2 sakit sdmn skrg nasib ga jelas dg jab dicopot. Namun sy ttp berusaha sabar walau susah & ttp sy syukuri krn itu adalah jl terbaik dr Allah SWT.

  8. Perasaanku adalah hak ku .. Q mencoba untuk memaafkan mereka yg tlh menyakitiku .. Mencoba tersenyum walau terasa sakit ..

  9. Semoga Tuhan mengampuni sahabat ku yang telah menyakiti hati ku dengan perkataan” dan perbuatan” nya .. :’)

  10. sakit hati karena teman, kekasih, atau orang lain tidak seberapa sakitnya, didzolimi orang lain tidak akan sampai mata menangis, tapi sangat sakit sekali bila yang mendzolimi dan menyakiti adalah ibu kandung sendiri, itu yg saya alami, mau dibantah takut tambah salah, mau dibalas takut dosa, kalau disakiti orang lain tinggal balas tanpa sesal, tp kalau ibu?????? hanya bisa diam dan menunggu sang ibu pulang ke rahmatulloh..

  11. baru kali ini saya merasakan sakitnya hati karena fitnah dan aniaya, Semoga Alloh menunjukkan kebenaran dan kekuatanNYA. Amin

    • آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن

  12. aku baru mendapat masalah,adik2ku mengambil lahan usaha ku dengan dukungan orang tua ku,hati ku sakit,sakit sekali,setiap ingat masalah itu aku menangis sendiri dan jantung ku jadi sakit…padahal mereka rajin shalat ngaji tp kok mereka mengambil lahan usaha ku,dan membuat usaha ku yg dulu mereka kelola jadi bangkrut…doa apa untuk mereka yg menjadi penghianat

  13. assalamu’alaikum…… salam kenal .’smua
    subhanalloh ……………………………….
    doa adalh obat hati yg ajib’
    karena dg doa hati kt akn tnang
    kala hati terluka..bersujudlah dg yg maha krna tak kan mgkin
    Alloh memberikan cobaan kecuali dia mampu akan cobaan itu”””…..
    tetap ykin optimiss dn pcya
    bhwa setiap maslah’cobaan’dn ujian..pst ad jalan nyaaaaaa
    tgal bgman kt mykapinya.. jagalah tetap tenang dg dzikir kpdNya

  14. Ada org menyakiti hatiq,tp aq gak kuat menghadapix,dkala ingin sholat selalu teringat sampai air mataq bercucuran dlm keadaan sholat apa lg kl berdoa,krn baru kali aq merasakan sakit,aq tdk tau harus berbuat apa.
    Mdh2an stiap doa N ucapanq akan dterimah olh Allah.

  15. rasanya sakit yg teramat sangat ketika saya d jolimi teman sendiri,,,,,semoga allah mengampuni dosa’ nya…..semoga ikhlas nya hati saya mmberi ketengan batin…saya merasa d ingatkan ketika mmbaca RINDU….TERIMAKSIH IA

  16. saia pernah terzolim pi alangkah baek qt mendoakan org yg menzolim qt agar dy sadar dgn prbuatanx dan kmbli k jalan Allah,,,
    bkan malah mendoakan yg tdk baek,,,,

  17. saya puan devi,saat sekarang ini saya lgi sedih banget,adik kekasih saya tidak merestui hubungan kami.ketika sayaa tanya mengapa dia tidak setuju dngan hubungan kami dia tdak mau menjwbnya.dia cuma ingin saya dan abg nya mengakhiri hubungan tersebut.dan dia menyumpahkan saya agar mampus.disini saya sedih sampai hati nya membuat saya terluka.saya ingin hubngan saya dan adiknya baik2 saja.
    #mohon solusinya….

  18. kalo sekedar teman yg melukai dg perkataan dan perbuatan,mgk tdk akan seberapa luka. tp kalau suami yg melakukan itu apalagi di dpn selingkuhannya, hanya ALLAH yg tahu penderitaan menanggung lukanya.kata2 apapun tdk akan sanggup melukiskannya.

  19. mbak ijin menuntut ilmu dari tulisannya ya,ijin copy di masukkan di fb . .
    cz ceritanya hampir sama,cuma agak berbeda versi,semoga bermanfaat bagi yang membaca aamiin . .

  20. Subhanaallah….

    benar sekali…
    sy dpt mengambil hikmah dari hadist tsb…

    mulai skrg, harus lebih mengontrol ucapan ato sikap sy kpd orang lain…

    makasih atas postinganny?
    byk memberi manfaat :)

  21. mu numpang istiraht bntar,,,;/maksih mbah adex,,,rangxaian hyalan-a bguzz bget.aq jha hmpir ngisss bca-a.

  22. Subahannallah……
    Selama ini hamba ternyata tdk sengaja berdoa
    dengan ucapan dan perkataan di saat hati ini sakit
    Ya Allah …..
    jika semua ucapan dan perkataan yg dpt di sebut Doa itu bisa hamba
    Hapus dgn segala cara,Hamba mohon hapus Doa hamba
    Karna hamba takut dgn Doa” hamba itu menjadi nyata……

    NaujubilaMenjalik……

  23. Asalamualaikum wr.wb….
    Emba Ade yg baik salam kenal dariku jujur tulisan2 emba tlah banyak menginspirasi saya dan sangat menyentuh, saya sangat suka semua tulisan embak… saya ijin mengcopy tulisan ini ya mbak sekaligus ingin saya baca berulang2 dan semakin kuatlah keyakinan saya untuk berubah menuju jalan Alloh dan saya semakin mencintai ALLOH aminnnnnn terimakasih embak Ade……….

  24. Assalamualikum wr.wb.

    Sebuah tulisan yang berasal dari sebuah perenungan yang dalam dan hati yang jujur membuat tulisan ini begitu menyentuh hati saya. karena apa yang saya rasakan sepert itulah adanya. Semoga mba selalu diberikan kesehatan dan saya banyak belajar dari mba.

    Wallaikumsalam wr.wb.

  25. Assalamuallaikum, wr.wb.
    Saya sangat senang membaca tulisan ke rinduan anda pada sang Illahi. Tulisan anda menyentuh jiwa saya yang terdalam. Saya tidak bisa berkata banyak, selain saya kagum dengan kemampuan menulis anda. Saya banyak belajar dari tulisan anda.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

  26. udah lama gak main k kebun ridu…kangennn bangt ama tulisan2 nya…
    mudah2an kita semua terhindar dari sikap menzolimi dan menyakiti orang lain….amin…

  27. Yth. Ade, dan..
    semua pengunjung kebun hikmah yang saya hormati pula.

    terimakasih Ade, atas semuanya,
    tetesan embun pagi ,adalah suci
    birunya langit malam yg berhias bintang adalah bentuk keindahan ,
    seindah cinta kita padaNya, secerah rindu kita padaNya,
    dan hanya bimbingan serta pertolonganNya lah yg kita butuhkan, tentunya dgn rahasiaNya,
    tiada yang tak mungkin atas kuasaNya,
    karena jiwa kita sendiri adlah milikNya.

    dan mohon ma,af atas kesalahan dan kekurangnku,

  28. seringkali bila hati ini telah dilukai kita akan semakin dekat dengannya bila fitnah terjadi adukan ke kepolisan aja . kita kan negara hukum biarlah hukum yang berbicara. met liburan

  29. Pingback: Rujak Posting « de Go Blog

  30. doa orang yg teraniaya memang amat cepat dikabulkan. kayaknya kalau model ade gini gak suka menzalimi orang deh,hehe… yang ada ade kali ya sering dizalimi?? :P

  31. Bismillah
    Maaf Mbak, sedikit mengoreksi. Kiamat kubro itu adalah kiamat yang sebenarnya, kalau yang dimaksud disini adalah kiamat kecil, redaksinya bisa diubah menjadi kiamat sugro.

  32. bagus mbak… jangan hanya menjaga hati diri seorang tapi juga menjaga hati orang lain karena sama halnya dengan menjaga diri dari api neraka… :)

  33. ada dua prinsip hidup yang harus menjadi pegangan.
    1. Allah tak akan memberi cobaan melebihi kemampuan umatNYA.
    2. Tak ada hal yang tak mungkin bagi Allah.

    bagi kita wajibnya adalah berightiar, karena hasil mutlak kuasa Allah.
    Hanya Dia yang tahu apa yang terbaik bagi umatNYA.

  34. wweeitt..kemana aja de.. sibuk ? jaga kondisi yaa

    ohya mungkin maksud ade adalah sahabat sedang mengalami kiamat ” Sughro ” yyyyy , kiamat kubro wah wah jangan dulu lah…. dahh

    salam hangat

  35. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh ade..^^

    yups.. jadi insyallah mungkin kesimpulannya biar kita tak di doakan yang buruk2 oleh orang2 yang merasa di aniaya oleh kita hehe.., alangkah baiknya bila kita berhati2 atas segala ucapan yang akan kita ucapkan kepada orang2.., apakah kata2 yang akan kita ucapkan akan menyakitinya atau tidak.., begitupun dengan sikap atau laku yang akan kita lakukan..^^, ya de’ ya..wallahu’alam…(^^)v.. hehe… :-)

  36. Mbak Rindu sudah mengudara lagi nih,

    Makasih, mbak sudah membagi lembaran hikmah baru dengan kami, semoga dengan berbagi kita bisa saling menguatkan dan mengingatkan.

    Doa yang Terluka sungguh terdengar menakutkan bagiku yang seringkali berbuat khilaf dan aniaya terhadap diri ini dan orang-orang disekitarku.

    Ya Allah, maafkan atas segala kehilafanku dan mudahkan aku meminta maaf kepada orang-orang yang pernah tersakiti olehku, semoga cukup di sisa waktuku

    Aku HARUS jadi orang baik

  37. Doaku…

    Semoga orang yang menulis blog yang berisi tulisan2 yang indah dan inspiratif ini, senantiasa dilindungi oleh Allah SWT, dan Allah meridhoi syurga-Nya untuknya.
    Amin.

  38. “Doa dari orang teraniaya” mungkin ya?

    Wah setelah sebulan, akhirnya Ade jadi juga “rindu” kembali. Kirain sudah ganti rindunya :-)

    Saya dapati memang benar pertolongan Allah itu sangat dekat dengan mereka yang teraniaya. Bukankan DIA itu lebih sayang kepada hambaNYA melebihi seorang ibu yang paling sayang kepada anaknya? Kalau seorang ibu saja akan segera datang begitu anak yang disayanginya memanggilnya minta tolong, maka DIA pasti lebih dari itu. Sebenarnya orang itu dapat teraniaya tidak hanya oleh orang lain. Bahkan sering kali justru dirinya sendirilah yang mengaiaya. Seperti pengakuan Nabiullah Ada AS
    “Ya Tuhanku, sungguh kami telah menganiayadiri kami sendiri. Dan jika tidak KAU ampuni kami dan KAU sayangi kami, maka sungguh kami termasuk orang-orang yang merugi”
    Allah SWT pun mengampuni dan merahmati beliau dan istrinya setelah berdoa ratusan tahun, itu hanya agar beliau benar-benar kembali sebagai kesayanganNYA. Maka, ya janganlah sampai kita jatuh dalam posisi selain itu (kesayanganNYA).

    Akan halnya komentar Ade tentang sahabatnya yang mengalami “kiyamat kubro”, saya kira itu perlu diluruskan, walaupun mungkin itu bukan maksud Ade sebenarnya. Kiyamat kubro itu adalah sebutan untuk terjadinya peristiwa pemungkasan kehidupan seluruh alam ini. Kata tersebut berasal dari kata “qiyam” yang berarti bangkit. Selain diikuti kata kubro (besar), sering pula dipakai kata syughro (kecil) dan wustho (menengah), seperti untuk peristiwa kematian seseorang (syughro) atau terjadinya bencana yang mengambil banyak kurban meninggal dunia (wustho). Kalau yang digambarkan Ade itu sepertinya istilah yang lebih mengena adalah “Al-Zalzalah” (keguncangan yang besar) atau “Al-Qoori’ah” (gedoran yang keras).

    Wallahu a’lam bishshowab.

    Salam ….

  39. keren..keren..
    subhanallah..
    tulisannya bagus2,,,,mbak
    nyesel baru ketemu ma ni blog..#kemana aja yah selama ini..
    =)
    di tunggu tulisan2 selanjutnya…

  40. Saya mohon maaf baru bisa menulis lagi yah… sok sibuk soalnya :) insya ALLAH akan saya usahakan untuk tetap berada di kebun saya meski tak ada tanaman baru, tapi saya akan selalu ada, disini !!

    Dan semoga ditulisan yang singkat ini, masih tersirat makna meski tak sedalam biasanya, semoga ALLAH ridho itu sudah cukup untuk kita semua bukan?

    • Ade Yth.
      seperti sebelumnya ku hanya ikut belajar , jadi mohon ma,af.

      Sesungguhnya ALLAH tidak berbuat dzalim kepada manusia sedikitpun” [QS Yunus;44]

      benar Ade, gak ada manusia yang sempurna,
      namun gak ada juga yg mampu mendzolimi ,kecuali diri kita sendiri { fikiran dan perasa,an kita}
      itulah yg menyakitidan mendzolimi diri kita sendiri,
      kita belajar dan berfikir pada tanah , dimana Adam tercipta, termasuk kita, tanah selalu kita dzolimi dari mulai makan sampai buang kotoran dsb, toh tanah gak pernah menuntut apapun pada kita,
      sekaligus bukti kekuasa,an dan kebesaran Allah,
      bukankah kerusakan di bumi dan laut, akibat dari ulah tangan manusia,
      jika hati ini bisa seluas samudra mungkin kitapun takkan pernah merasa tersakiti oleh apa dan siapapun,
      semoga Rindu ku selalu dalam lindunganNya, dan sehat selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s