Memberi Arti CINTA

Aku ingin menjadi mimpi indah dalam tidurmu, Aku ingin menjadi sesuatu yg mungkin bisa kau rindu, Karena langkah merapuh tanpa dirimu…

Kau seperti nyanyian dalam hatiku, Yang memanggil rinduku padamu, Seperti udara yg kuhela kau selalu ada … Hanya dirimu yg bisa membuatku tenang, Tanpa dirimu aku merasa hilang, Dan sepi, dan sepi …

Dealova feat Ade  

:) Senja ini saya habiskan waktu di teras belakang rumah, dengan petikan gitar dan senandung Dealova, sebuah lagu lawas yang menjadi lagu kebanggsaan bagi yang sedang in love,  yang indahnya mengalahkan murotal :) termasuk saya pastinya pernah jatuh cinta, pernah menjadikan lagu ini lagu kebangsaan saat cinta nan syahdu menyentuh relung hati saya yang lembut dan dalam nan romantis, pokoknya indah lah katanya, eh kata saya juga, waktu itu :) *ngeles aja nih Ade*

 

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”(QS. Ali Imran : 14)

Malam ini saya ingin memberi arti pada cinta dari kalimat milik ALLAH diatas [maha benar ALLAH dengan segala firmanNYA], dari kalimat diatas ALLAH memberi keindahan pada manusia berupa perhiasan, dan perhiasan itu bernama cinta. Kata perhisan untuk saya adalah sesuatu yang mahal, sesuatu yang harus ditempatkan ditempat yang semestinya kan kalung jadi indah kalau ditaruh di leher, coba kalau kalung ditaruh di telinga, kan jadi gak indah lagi, demikian dengan cinta, tempatkan pada hati bukan dibawah perut :) karena kalau cinta ditaruh dibawah perut maka rusak dan hancur tuh perhiasan, hilang makna cinta yang ada nafsu. Jadi jangan diumbar disembarang tempat tuh cinta. Makna cinta akan berubah menjadi napsu soalnya, sama sama 5 huruf tapi artinya jauh berbeda.

Kemudian kembali ke kalimat diatas, dan kepada ALLAH lah tempat kembali, artinya cinta selain ALLAH hanya perhiasan dan kembali kepada ALLAH lah cinta yang sesungguhnya, mari memaknai cinta lagi :) [kaya dosen cinta nih Ade] haih…

Ketika saya jatuh cinta maka sejuta rasa hadir dihati saya, rasa takjub [kagum sampe meleleh ketika melihatnya], rasa cemas takut kehilangan, H2C alias harap harap cemas ketika sehari saja gak ada sms darinya, rasa ridho [rela memberi apapun asal si dia bahagia] sejauh itu bisa saya lakukan, maka biasanya saya dengan senang hati melakukannya.

Pokoknya gunung kan kudaki, lautpun kan kuseberangi, “lebay banget lo De” :) kemudian  bisa dipastikan saya akan sering menyebut namanya, dan panggilannya indah ditelinga saya, kangen denger suaranya dan penuh pengorbanan. kira kira begini rasanya kan yah?

Dari kalimat ini, saya yang mengaku mencintai ALLAH sudahkah takjub dengan segala yang diberikan ALLAH kepada saya, bagaimana jantung memompa darah, bagaimana kaki saya yang hanya dua ini mampu berdiri tegak, bagaimana mata saya mampu melihat dan membedakan warna, sudahkah saya takjub? Mustinya saya cemas ketika dijauhkan oleh ALLAH, harusnya saya H2C ketika belum bertemu denganNYA melalui shalat shalat saya, mustinya saya mengorbankan separuh dari harta saya sebagai pengorbanan untuk yang saya cintai, ketika kekasih saya mencintai anak yatim dan fakir, mustinya saya juga dong :)

Ketika kekasih saya memanggil untuk bertemu dengan saya  lewat adzan yang berkumandang indah, harusnya saya segera menemuinya, ketika adzan berkumandang dan saya masih sibuk kerja, sibuk nyetir, “ntar lah waktu masih panjang” apa ini yang saya katakan cinta, kekasih memanggil, saya cuekin… pacar saya aja ngamuk sms nya gak dibales, terbayang murkanya ALLAH, nauzubillamindzalik :( irhamnna ya ALLAH.

Jadi untuk menumbuhkan cinta atau mahabbah kepada ALLAH caranya adalah dengan taqqorub ilallah (mendekatakan diri kepada ALLAH). Bukankah saya juga selalu ingin dekat dengan dia yang saya kasihi? bukannya saya selalu merindukan panggilan sayangnya nah indah ditelinga saya? bukankah dia selalu ada dihati saya :) begitupun ketika saya mengaku sebagai kekasih ALLAH, mustinya semua rasa ini hadir pula untuk ALLAH  inilah cinta yang sebenarnya cinta, inilah arti cinta dalam surat Ali Imran diatas.

Jika Dealova dimaknai sebagai cinta kepada ALLAH, subhanallah :)

“KAU seperti nyanyian dalam hatiku, Yang memanggil rinduku padaMU, Seperti udara yg kuhela, KAU selalu ada … KAU selalu ada”

 

 

141 thoughts on “Memberi Arti CINTA

  1. Sukaaaa sama tulisannya…, jadi malu sama Allah. Dulu aku sprt itu mba, mirip banget sama yg dikisahkan. Pokoknya klo lg kasmaran sama pacar rasanya berjuta2 deh. Skrg sudah berusaha hijrah, semoga bisa kasmaran sama Allah melebihi kasmaran sama pacar dulu :)

  2. hai mba rindu ^_^..tulisannya menyentuh sekali..pada akhirnya kitapun harus kembali bersimpuh padaNYA..karna dialah dzat pemberi ‘cinta’…

  3. salam, de :)
    betapa mudah untuk kita melupakan bahawa Allah S.W.T. itu kekasih kita, bukan? betapa mudah untuk kita melupakan bahawa Allah S.W.T. seringkali memanggil-manggil kita untuk mendekati-Nya, bukan?
    terima kasih di atas karya ini, De… semoga Allah S.W.T. sentiasa melindungi kamu… Amin ya rabbal alamin… :)

  4. Assalaamu’alaikum Ade,

    Setelah membaca beberapa tulisan kamu, saya menilai tulisan kamu bagus, sangat bagus. Bahasa yang kamu gunakan lembut. Kelembutan bahasa kamu membuat belajar agama Islam menjadi lebih mudah, orang yang masih awam agama pun bisa lebih mudah memahaminya. Tulisan-tulisan kamu mampu menyegarkan hati dan jiwa yang kering kerontang, mampu mengisi kekosongan jiwa, mampu mencambuk jiwa yang lalai.

    Saya rasa tulisan-tulisan kamu sudah layak dijadikan sebuah buku. Insya Allah akan laku keras, meskipun nanti belum bisa menjadi best seller, saya percaya tulisan-tulisan kamu punya segmen pasar tersendiri.

    Oh iya, terima kasih kamu sudah menjadi pengagum saya :), saya tersanjung dikagumi oleh seorang Rindu. Tetapi jangan memuji dan mengagumi saya berlebihan, karena semua pujian hanyalah milik Allah.

    “Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nyalah segala kekuasaan dan pujian. Dan Dia atas segala sesuatu Maha Kuasa”

    Saya hanyalah seorang hamba, seorang manusia biasa, seperti juga manusia-manusia yang lainnya :).

    Pesan saya,
    1. Tetaplah menulis, menulis dengan bahasa kamu. Tetaplah menebar kebaikan. Insya Allah kebaikan-kebaikan yang kamu tebar melalui tulisan-tulisan di sini akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kamu di hari akhir nanti. Amin.
    2. Jika ada yang mengkritik, cobalah untuk menerima dengan lapang dada dan jiwa yang besar. Karena tidak semua orang akan suka atau setuju dengan apa yang kita lakukan, pastinya ada pihak yang pro dan pihak yang kontra. Jangan mudah menyerah dan putus asa oleh kritik. Karena mungkin kritik-kritik yang kamu terima akan membuat kamu makin berjiwa besar, akan membuat tingkat keimanan kamu makin tinggi. Amin.
    3. Jaga kesehatan kamu, karena kesehatan yang prima akan membuat kita mampu melakukan apa saja, tentunya dengan ijin Allah.

    Meskipun saya tidak bisa setiap saat berkunjung ke sini, tapi jika ada kesempatan saya akan coba untuk menyisihkan waktu saya untuk mampir ke tempat kamu ini. Insya Allah…

    Saya tunggu tulisan-tulisan kamu berikutnya :)

    Wassalaamu’alaikum,

  5. salam hangat ade,..

    kadangkala kita juga perlu mengingat masa masa kebelakang yang indah dan manis
    karena perlu untuk sekedar bekal kita menuju masa depan…yang tentunya harus lebih cerah.

    jadi rindu juga nih de,

  6. Berusaha untuk menjahui segala larangan NYA. Mencintai diri sendiri dan orang lain . Berusaha untuk tetap berada di jalannya… saya masih berusaha untuk melakukan hal itu sebelum benar2 bisa mencintain Nya.
    karena sekarang saya masih belum pantas….

    salam kenal dan salam hangat dari blogger Bali

  7. Cinta kepadaNYA adalah bentuk cinta tertinggi,tidak ada yang melampaui cinta kepada Sang Kekasih yang Maha Mencintai

    salam kenal dari new kid on the blog :)

    raz.

  8. mengamnakan posisi terakhirrr…

    saya belum bisa mencintai Allah SWt sepenuh hati terutama menjadi Imam untuk keluarga kecil saya

    inilah impian saya sebelum ajal menjemput

  9. cinta sejati bukan karen ia keren, pintar, cerdas, baik hati dan lain-lain. kalau itu yg menjadikan alasa-alasan mencintainya, maka waktu akan pudar seiring dengan hilangnya sifat-sifat di atas.

  10. Sungguh, tepat saat Allah menggambarkan cinta dengan kata zuyyina. Dibuat indah. Cinta memang membuat perasaan orang jadi terasa indah, berbunga-bunga.

    Ngemeng2, emang Ade sudah siap menduakan cinta pada-Nya dengan mencintai hamba-Nya?

  11. aku suka banget pengalan kata2 pertama itu aku merapuh tanpa dirimu hehe indah nian ueyy saya pake ya kata2 itu utk kedepan :D

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih :D

  12. anda kan sudah banyak menulis tentang banyak hal…seharusnya ibarat padi..semakin berisi itu semakin menunduk….:) anda setuju dengan saya kan…?apa yg kita tulis…itu yang harusnya kita terapkan sehari-hari..:)

  13. apa ada undang2 per-bloggeran yang melarang orang menuliskan kata hatinya ya….semua orang bebas berkreasi…seperti juga anda dan saya…jd please jangan terlalu sinis membaca hasil karya orang lain… :)

  14. ” Senandung Dealova, sebuah lagu lawas yang menjadi lagu kebanggsaan bagi yang sedang in love, yang indahnya mengalahkan murotal :)”

    memang sebuah ironi, saat lagu – lagu pop berjalan dengan kencang gantikan alunan murottal ..

    salam CeLoTeh,

  15. Subhanallah.. walhamdulillah..

    De, Trims atas jawabannya.

    O..ya ..Ma’af bila tadinya aku agak meragukanmu, karena banyak orang yang bicara tentang cinta Allah, tapi tanpa pemahaman yang cukup dan nggak bisa menjelaskan “rasa” itu sebaik kamu.
    Sekali lagi ma’af..dan terimakasih.

    Rindu: sama sama mas, sungguh saya masih belajar dan akan terus belajar untuk lebih dekat lagi dengan pemilik napas, mencintaiNYA hingga tak tersisa cinta yang lain dihati saya, tak tersisa lagi ruang untuk cinta yang melukai, cinta yang egois, cinta yang dibumbui hawa napsu, amin ya ALLAH … selamatkan hamba, irhamnna ya ALLAH.

  16. Cinta kpd Allah Adalah cinta yang Abadi

    Rindu: setuju … hanya cinta ini yang layak di pertahankan, semua cinta boleh pergi asal kita masih tetap mencintai ALLAH :)

  17. mbak ndu tadi aku copi tulisanmu.. ijin ya…ku sertakan link juga kok.. ma kasih sist… selamat menjalin kata dalam hening mengadu kepada kekasih yang satu…

    Rindu: silahkan dan cantumakan linknya, mari berdakwah secara online, dan pahalanya tak terkira, insya ALLAH :)

  18. ajari hamba untuk mencintaiMu, ya rabb…

    Rindu: dekat kan diri ke ALLAH … shalat ditambah, puasa ditambah :) dan jangan terbuai oleh dunia.

  19. Cinta itu bisa bermakna beda pada setiap mata yang memandang. Pada setiap hati yang merasa.
    Engkau cinta pada sesuatu yang kau anggap baik, belum tentu baik menurutku..

    Namun, betapa hebatnya sang kekasih seluruh manusia. Rasul yang mulia shalallahu ‘alaihi wa salaam yang telah menjadikan cinta kepada Allah dan rasul-Nya di atas segalanya. Sehingga berbondong-bondong menjadi satu kata dalam mengartikan cinta.
    Al hubbu lillaah aw al bughdu lillaah (Cinta dan Benci karena Allah)

    Maka berhentilah apa yang diperselisihkan oleh manusia, siapa yang harus dicintai terlebih dahulu dan kepada apa manusia harus meletakkan cintanya.

    Rindu: karena hanya pada-Nya-lah hidup ini diserahkan. Bahkan jika ALLAH berkehendak, setetes air mata keinsyafan akan menjadi syafaat status hamba, menjadikan air mata sebagai wasilah ridha ALLAH untuk memadamkan kilatan-kilatan siksa

  20. (Masih belajar untuk memahami cinta)

    seberapa banyak waktu dibutuhkan untuk mengurai cinta, seberapa luas ruang hati manusia menanggung cinta..

    Cinta kepadaNya….?
    entahlah,.. mungkinkah bisa diwakili hanya dengan kata Cinta?

    Rindu: jadi cinta itu apa? :)

  21. Wah suka dealova juga ya mbak. Saya juga suka.. Btw, cinta sejati itu suatu saat pasti akan kita dapati.

    Rindu: cinta sejati itu cinta sampai mati… gak ada kekasih dunia yang mau ikut mati kan? artinya cinta sejati itu hanya milik ALLAH, buat saya lo yah :P

    • =======
      Semua pasti tau kalo cinta sejati adalah cintanya ALLAH. Tapi cinta sejati dari kacamata manusia juga ada koq. Cinta yang sejati adalah cinta yang setelah akad nikah, selebihnya adalah cobaan dan fitnah saja. Menjadi cobaan dan ujian apakah kita bisa mengekang dan mengendalikan hawa nafsu yang terkadang atau bahkan sering menyertai cinta anak manusia.

      Tetapi setelah menikah semua hal yang haram akan menjadi halal, dan menjadi ladang ibadah bagi suami dan istri untuk semakin mendekatkan diri kepada ALLAH Azza Wa Jalla.
      =======

  22. cinta bukanlah cinta tanpa perbuatan dan pengorbanan. semoga cinta kita kepada Allah dapat terwujud dalam perbuatan dan pengorbanan kita buat bangun malam dan sholat di awal waktu.

    bagi yg belum mampu mencintai,maka boleh juga karena takut neraka ataupun berharap masuk surgaNYA. setiap orang punya derajatnya masing2 ,yang penting berusaha sesuai kemampuannya,insya Allah ,Allah yg menolong ,karena manusia itu lemah pada dasarnya ,kecuali dengan pertolonganNYA :D

    Rindu: Mencintai ALLAH, adalah mencintai bertabur keberkahan. Berhias pesona. Berbingkai kesabaran. Bernaung di bawahnya keyakinan akan kemurahannya disana ada gelombang-gelombang pengguguran dosa. Disana ada pintu Ar-Rayyan yang terbuka. Pintu Rahmah dan maghfirah. Beratnya menghias pesona cinta ILLAHI akan melahirkan lipatan-lipatan kekuatan untuk menghidupinya dengan cinta.

    Bila yang didapat adalan penggalan episode kepedihan dan penderitaan, maka cinta menjadi penawarnya sebagai kekuatan penyadaran jiwa menjadi pesona cinta yang menentramkan. Tak ada kegalauan dan kegamangan, sebab cinta hanya mengenal membahagiakan kekasih jiwa. Cinta melipatkan kekuatan-kekuatan yang terserak. Cinta memang ada di dalamnya; seribu satu keajaiban.

    Irhanmma ya ALLAH

  23. situsnyha cantik banget kaa
    selalu ngajarin aku cinta sama Allah
    bahasanyha bahasa anak muda .
    aku suka banget kaa :) LANJUTKAN !!

    Rindu: semua yang indah dari ALLAH, jika ada bahasa saya yang salah, itu karena saya hanya manusia

  24. Tak kenal maka tak sayang, maka tak cinta…
    Kenalilah DIA untuk dapat semakin mencintai-NYA, kenali melalui ayat-ayat-NYA baik yang tersurat maupun yang tersirat.

    Rindu: cinta sama sayang itu beda yah? *bingung* :P

  25. Ini postingan yang ke berapa ya, yang topiknya rada’ melow…kayknya si mbak, kalo nulis postingan sambil inget2 wajahnya bang nicolas saputra… :) (out of topic)

    Rindu: bang Nicho memang menyilaukan mata saya, lelaki dengan senyum malu malu yang bikin saya meleleh lumer :) *lebay* tapi cinta bang Nicho tak akan menggantikan cinta saya kepada pemilik bang Nicho … ya ALLAH sampaikan salam saya untuk Nicholas Saputra, hahahha

  26. Salamu’alaika

    CINTA ALLAH…, ini suatu kalimat yang dari dulu sangat membingungkan karena menurutku CINTA itu adalah perwakilan dari bermacam ASSIFATULLAH yang berpadu menjadi RASA dan pada manusia ditumpangkan kedalam Nafsu.
    Bila ada Cinta makhluk tertuju pada makhluk itu wajar karena berada dalam dimensi yang sama, akan tetapi apakah pantas bila melabuhkan RASA kita yang rendah pada Sang Khalik?….
    Apakah tidak sebaiknya kita HANYA meng-HAMBA-kan diri kita layaknya seorang KHADAM yang hina?.
    Wallahu a’lam..

    Rindu: buat saya mencintai ALLAH melebihi dimensi apapun, ketika kita tidak mencintai ALLAH bagaimana kita menghambakan diri, ALLAH berada dekat dengan urat leher kita karena rasa cinta, jika tidak maka akan sangat jauh rasanya, benar kita hanya debu, benar kita hanya hamba, dan bentuk cinta punya cinta hamba, bukan dalam dimensi manusia, jangan dibolak balik.

    Jangan berpikir manusia dulu ketika bicara cinta, berpikir ke ALLAH, syukur itu cinta, penghambaan itu cinta, dan kita adalah ciptaan ALLAH yang dicintainya. Inilah cinta yang cinta. Jika masih dalam dimensi manusia yang rendah, berkutat dalam gelap, bukan cinta yang ini yang saya maksud dengan mencinta ALLAH, tapi dimensi yang lebih luas, dimensi menghadirkan ALLAH dekat dengan kita, sangat dekat, dekat sekali

  27. ——————
    Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Katakanlah: “Ta’atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir.”
    (3.Ali’Imran:31-32)

    Pengakuan cinta seseorang kepada Allah pun belum tentu benar, tapi harus dibuktikan dengan berjuang tuk beribadah kepada Allah dengan mengikuti petunjuk Rosulullah, taat kepada Allah dan menjauhi yang dilarang-Nya, mencintai Kalam-Nya, Al-Quran, mengosongkan diri dari yg haram, samar maupun sia-sia.

    Semoga Allah senantiasa menolong kita tuk dapat membuktikan pada Allah, pengakuan cinta kita.

    “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. ”

    “Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.

    “Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). ”
    (2.Al-Baqarah:165)

    ——————————

    Rindu: kalimat yang indah, Pengakuan cinta seseorang kepada Allah pun belum tentu benar, tapi harus dibuktikan dengan berjuang tuk beribadah kepada Allah dengan mengikuti petunjuk Rosulullah, taat kepada Allah dan menjauhi yang dilarang-Nya, mencintai Kalam-Nya, Al-Quran, mengosongkan diri dari yg haram, samar maupun sia-sia. Seorang kekasih ALLAH baru benar2 akan terlihat cintanya pada saat sakaratul mautnya. :)

  28. karena pengen tahu lirik lengkap lagi dealova, ini aku copy paste lirik lengkap lagu dealova

    Aku ingin menjadi mimpi indah, Dalam tidurmu, Aku ingin menjadi sesuatu, Yang mungkin bisa kau rindu

    Karena langkah merapuh, Tanpa dirimu, Oh… Karena hati tlah letih

    Aku ingin menjadi sesuatu, Yang slalu bisa kau sentuh, Aku ingin kau tahu bahwa aku, Selalu memujamu

    Tanpamu, sepinya waktu, Merantai hati, Oh… Bayangmu seakan-akan

    Kau seperti nyanyian dalam hatiku yang Memanggil rinduku padamu, Oh… seperti udara yang kuhela, kau selalu ada.

    Hanya dirimu, Yang bisa membuatku tenang, Tanpa dirimu, Aku merasa hilang… dan sepi, Dan sepi…

    Kau seperti nyanyian dalam hatiku yang, Memanggil rinduku padamu, Seperti udara yang kuhela kau selalu ada

    Selalu ada… Kau selalu ada… Selalu ada… Kau selalu ada…

    Rindu: ambil gitar dan kembali menyanyikan Dealova dalam bentuk cinta yang lain tentunya :)

  29. sebelum berangkat kerja menyempatkan mampir melihat kebun hikmah…
    ternyata ada tanaman baru yang ditanam…
    Uh..dealova….

    Waktu saya ngomong cinta sama istri bukan lewat lagu dealova de?tapi lewat lagu berjudul hampa…..…….hampa dan trus berbuah manis mendapatkan cintanya
    dan…Cinta adalah mutiara diucapkan bersama – sama
    Cinta adalah anugrah
    Insya Alloh cintaku hanya untuk
    “ CINTA ALLOH”
    “CINTA ROSULULLOH”
    “ CINTA KELUARGA “
    “ CINTA SESAMA “
    kaulah cinta pertama dan terakhirku

    Rindu: no future command, semoga ALLAH ridho :)

  30. Terinspirasi Aminah Assilmi (mualaf Colorado), yang mengenal islam by accident, cintanya kepada Allah (islam) mengakibatkan orang2 yang mencintainya mencampakkan dia, bahkan ayah tercintapun ingin membunuhnya, suami menceraikannya namun dia tetap istiqomah. In the end berkat hidayah Allah,Aminah mendapatkan kembali cintanya seluruhnya keluarganya masuk islam. Meski akhir hidupnya berakhir dengan tragic accident. Semoga Allah menyambut cintanya.

    Rindu: ketika kita mencintai ALLAH, maka ALLAH akan menghadiahi kita cinta cinta yang lain … dan ALLAH tidak pernah ingkar janji kan? Aminah Assilmi membuktikan bahwa janji ALLAH itu pasti :) sekarang gilian kita, cintai ALLAH maka ALLAH akan memberikan cinta yang lain. Kekasih ALLAH tidak pernah disia siakan.

  31. Kemarin kok ga bisa komentar tentang cinta di blogku? sekarang malah nulis tentang cinta…hm…Ade sudah mencari tahu ya? Syukurlah sudah bertambah ilmunya

    Rindu: mas Hanif, pola pikirnya masih seperti kemarin yah? :)

  32. Kemarin kok bisa komentar tentang cinta di blogku? sekarang malah nulis tentang cinta…hm…Ade sudah mencari tahu ya? Syukurlah sudah bertambah ilmunya

    Rindu: tadi pagi saya sudah ilmu baru buat mas kan? :P

  33. Memang ada kalanya cinta itu buta, tapi bisa membedakan mana sepeda dan mana astrea apalagi bendi dan ferrari.

    Rindu: hahahah, cinta memang tuna netra ya mas :P tapi mustinya gak tuli, jadi masih bisa mendengarkan suara kebenaran :)

  34. Ketika semakin besar rasa Cinta kepadaNYA, maka Kerinduan untuk bertemuNYA semakin memuncak…kita kan merindukan kepulangan kita kepadaNYA…Namun sudah siapkan kita ?

    Ah, kadang saya masih bergelut dengan hati yang masih saja melihat cinta2 yang lain…
    Semoga saja kita mampu menepikan semua yang merintangi kita menuju cintaNYA, dan pada waktunya kecintaan kepadaNYA itu semakin sempurna, maka tidak ada yang lain…begitu gak de ?

    Rindu: mas, ketika mas melihat ada cinta yang lain untuk mas, kata guru ngaji Ade harus gini “Laa yajidu fii anfusihim khorojan, wayusallimuu taslimaa..(..dan tidak ada lagi dalam hatinya perasaan berat (untuk melaksanakan) dan dia berserah diri dengan penyerahan secara sempurna) artinya serahkan seluruhnya kepada ALLAH. ALLAH lah yang utama, derajat dan bentuk cinta ini hanya untuk ALLAH. Ruang ini hanya hak ALLAH.

    Sami’na wa atha’naa. Mendengar-Nya dan menta’ati-Nya. kan mas yang ngajarin Ade, “De, urutan cinta itu ALLAH, Rasul, Orang tua, dan yg terakhir calon istri canda mas, makanya Ade coret, istri nanti bila mas sudah menikah, kan gitu yah?

    ” Dan orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada ALLAH “. (Qs. Al Baqarah:165)

  35. dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana

    Semoga kita bisa mempersatukan hati kita. amien

    Rindu: amin ya ALLAH, semoga apapun yang terjadi kita bisa tetap berada di jalur yang sama, jalur mencintai ALLAH, bukan rel yang sebaliknya. kan hidup ini perjalanan menuju ALLAH kan?

  36. Allahumma innii as aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal ‘amala ladzi yubalighunii hubbaka. Allhummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa ahlii. ( Ya Allah, aku mohon curahan cinta-Mu , serta memohon curahan amal yang dapat mengantarkan diriku mencintai-Mu, Ya Allah, jadikanlah kecintaan kepada Mu lebih tertanam dalam jiwaku melebihi kecintaanku kepada diriku sendiri dan keluargaku. ) HR Tirmidzi.

    Rindu: amin ya Rabb :)

  37. Typical yang sedang dilanda cinta ( mencintai seseorang ) :
    1. Jika bertemu, jantung berdegup, gugup.
    2. Jika jauh kangen ingin bertemu, dengan segudang keinginan, padahal setelah bertemu, diam seribu bahasa.
    3. Ingin selalu dekat dengannya
    4. Semua hal yang berhubungan/mempunyai kenangan dengannya pasti disimpan rapi.
    5. Jika janjian di suatu tempat untuk bertemu, sebisa mungkin berpakaian rapi,wangi,dan tentu datang sebelum yang dicintai datang duluan.
    6. Ingin selalu berdua , kemanapun dan dimanapun.
    7. Jika ada yang mengganggu atau menghina yang dicintai, pasang badan duluan, membela mati matian.
    8. Apapun permintaan yang dicintai, pasti akan sellalu diberikan.
    9. Jika dimarahi yang dicintai, pasti akan selalu diterima dengan lapang dada.
    10. Memberikan panggilan dengan sanjungan sanjungan, dengan suara yang halus dan lirih.

    Adakah tanda tanda perumpamaan di atas ada, saat kita menghadap Allah?

    Rindu: Bagai puncak gunung menjulang. Seperti susunan piramida. Kenikmatan sejati ada pada puncaknya. Berdirinya di puncak cinta ia akan menatap sejuta macam cinta lainnya, yang ada di bawahnya. Derajat cinta itu merangkum kadar-kadarnya. Ada kadar yang ala kadarnya dan ada kadar yang telah ditakdirkan dengan kadar tanpa batas takaran, penakdirannya tak mengenal batas. Tak mengenal luas, kadarnya seluas langit dan bumi, seluas tujuh tingkatan langit. Itulah kadar tertinggi. Itulah derajat teragung dan maqom (tempat) paling mulia.

    Ketika kita menempatkan cinta ALLAH di maqom tertinggi, lihatlah betapa kecilnya cinta cinta yang lain, betapa tak berartinya :)

  38. Saya setuju dengan kalimat @Jadi untuk menumbuhkan cinta atau mahabbah kepada ALLAH caranya adalah dengan taqqorub ilallah (mendekatakan diri kepada ALLAH)” Wahana komunikasi untuk taqarub itu antara lain shalat yang khusyu’. Sungguh indah dan nikmat sekali ketika shalat bisa berjalan bagaikan komunikasi dengan Allah SWT

    Rindu: saya tambahkan mas, jika shalat lima waktu masih hanya seperti menggugurkan kewajiban, maka tahajud itu taqarub yang sesungguhnya, bayangkan mas dimalam yang hening hanya berdua ALLAH dan ALLAH janji semua yang berdoa di 1/3 malam akan diqobul, dan ALLAH tidak pernah ingkar janji, dahsyat kan?

  39. Setuju sekale mbak rindu, tapi sayangnya kita baru berpikir kalo pas lagi sedih, pas lagi gundah, pas lagi sendiri tapi kalo dah sibuk soal duniawi hal seperti ini jarang terlintas di pikiran kita.
    Moga2 aja dengan sering2 baca di kebun hikmah mbak rindu, kita di cash ulang untuk mengingatkan kita sebagai hamba Allah.

    Rindu: ketika kita mengingat ALLAH dikeramaian maka ALLAH akan mengingat kita di keheningan, saat kita bahagia ingat ALLAH maka ALLAH akan mendampingi kita ketika luka, subhanallah, dahsyat yah :)

  40. cinta tidak memberikan apa2 kecuali hanya dirinya… cintapun tidak mengambil apa2 kecuali dari dirinya… cinta tidak memiliki ataupun dimiliki karena cinta telah cukup untuk cinta…(kahlil gibran)
    dan cinta Allah adalah cinta yang maha dasyat, maha sempurna… smoga qta termasuk orang2 yang selalu dicintai Allah….

    Rindu: semoga kita menjadi hamba hamba yang terus mengingatNYA, dalam luka dalam bahagia dalam apapun :)

  41. Mbak Rindu.. Makasih ya untuk tulisan di kebun hikmahnya.. Menyentuh, mengingatkan.. As always.. :)

    Rindu: sama sama sist, peluk Ethie :P

  42. kalo cinta di bawah perut mah g ada..
    tp kalo di dalam perut ada de :D *Maliq* hihihi..
    semoga selalu sehat ya de…amin

    salam, ^_^

    Rindu: Maliq itu buah cinta … anugerah terindah dari ALLAH *mimpi mode ON* :)

  43. assalamualaikum wr wb

    ayo kita berlomba2 dalam kebaikan :)

    Rindu: iya, mari berlomba lomba dalam kebaikan, tidak inginkah diri kita menjadi bagian dari orang-orang yang dapat memberikan manfaat bagi orang banyak? Menjadi pribadi dengan orientasi hidup yang luas dan lentur? Hidup dengan orientasi memberikan manfaat dan bukan semata-mata hanya mengambil manfaat seperti benalu :) kan gitu yah?

    • :) setuju ma ade..

      ingin hidup memberikan manfaat dan kebahagian bagi orang2 yang kurang beruntung…

      sebagai wujud syukur, ibadah, dan kecintaan kita kepada-NYA…

      senyum buat ade :)

      Rindu: makasih senyum manisnya yah :)

  44. Pepatah Patkai Sungokong “Dari dulu begitulah Cinta Deritanya Tiada Akhir

    he..he.. itu lantaran yang dicinta mahluk Allah tapi bila yang dicinta itu Allah seperti yang diatas hakiki, abadi bahkan enggan berbagi memberikan tempat untuk yang lain dihati … Semoga Tetap Istiqomah Cinta kepada Allah, dan Cinta untuk mahluk Allah itu juga dari Allah karena tak terjadi tanpa kuasaNya dan apa kuasa mahlukNya…

    Rindu: kan ALLAH sudah bilang, siapa yang mencintai dunia melebihi cintanya kepada ALLAH maka tunggulah teguran ALLAH, dan teguran ALLAH amat keras, ketika diujung bacaan terdengar Maha Benar ALLAH dengan segala firmanNYA, masih berani apa yah kita nantangin ALLAH untuk terus mencintai manusia :( nauzubillamnindzalik.

  45. “KAU seperti nyanyian dalam hatiku, Yang memanggil rinduku padaMU, Seperti udara yg kuhela, KAU selalu ada … KAU selalu ada”
    :-) betul banget De,

    Rindu: iya, sangat indah … sesak didada rasanya, begitu ALLAH hadir dalam setiap hembusan napas :)

  46. :-) setuju banget ma Ade,

    cinta ntu indah banget De, mereka yang berada dlm kesesuaian jiwa, satu hati kan menemukan indahnya cinta…

    De, makasih atas tambahan ilmunya…

    Rindu: cinta ALLAH itu menyelaraskan, gak bisa dipungkiri …

  47. mendefinisikan cinta saja saya tak bisa… tapi kalau merasakannya tentu bisa…

    Rindu: saya juga mbak, betapa kasih sayang ALLAH tak terdefinisikan :) tapi cinta manusia saya kehilangan arti dan rasa !!

  48. Assalamualaikum, mbak…salam kenal…
    aku coba utk berkunjung ke kebunmu…sepertinya banyak hikmah yg bisa dipetik (dg seizin yg punya, tentu…)…

    Rindu: waallaika salam, silahkan masuk :) masih agak basah nih kursinya, gelar tiker aja deh, duduk dirumput kebun yah :)

  49. ketika segala sesuatu ditempatkan sesuai dengan porsinya (tidak terkecuali cinta) insyaAllah indah lagi berkah. . .semoga dengan cinta kita kepadaNya, kepada orang tua, kepada orang2 terkasih selalu dalam keberkahanNya. . .

    salam

    Rindu: amin, semoga semua cinta cinta yang mas sebut karena ALLAH semata, bukan yang lain :)

  50. cinta ga usah diberi arti krena cinta itu sendiri sudah berarti

    Rindu: tak akan ada artinya cinta jika bukan karena ALLAH, untuk ALLAH … cinta yang lain bahkan mampu menyerupai berhala.

  51. Semoga bisa mencintai sebagaimana makana QS. ALi Imran tsb.

    Hemm.. pingin suatu saat mendengarkan suara Ade lagi bernyanyi sambil memetik gitar.

    Rindu: insya ALLAH nanti ya mas, akan saya petikan dawai terindah dari gitar kesayangan saya :)

  52. waduuh,.

    dah telat 2 hari nih..,

    hemmm,.

    post yang bagus banget, tidak ada komentar untuk anda..,

    buat mbak rindu..,

    sukses slalu yah,,.

    ^^

    Rindu: no comment, kaya indonesia idol … nanti ada Blog Idol :P

    • iya.,aq kan jadi jurinya,.

      hehehehehe,.

      anda lolos ke babak berikutnya,,.

      selamat ,. selamat,.

      Rindu: alhamdulillah … gak ada pesaing soal yah?

  53. sebuah lagu yang indah..dan bisa di aplikasikan ke banyak hal..

    Rindu: betul, semua yang terdengar mengingatkan ke ALLAH, semua yang terlihat adalah milik ALLAH, iya, ALLAH adalah sepanjang mata memandang :)

  54. Benar seandainya kita dapat menikmati Cinta Kepada Allah selalu seperti ketika kita jatuh cinta pada ciptaanNya, Subhanallah!

    Rindu: gak seandainya, tapi HARUS dan WAJIB … jangan lagi berandai andai, gak akan cukup waktu kita :)

  55. sama-sama 5 huruf, timbangannya ada di hati, apakah akan menjadi indah ataukah menjadi hancur

    Rindu: iya benar mas, sama ama 5 huruf tapi beda timbangan, memperberat napsu akan meringankan cinta dan sebaliknya, jika salah menempatkan, tunggulah hingga ALLAH menegur, dan teguran ALLAH amat keras :)

  56. NICE Posting…!

    Cinta Sejati itu tak akan pernah Melupakanmu….Cinta Sejati itu tak akan pernah meninggalkanmu….

    Rindu: dan ALLAH lah pemilik cinta sejati itu, jadi Ari Lasso salah tuh kalau bilang dia pemilik cinta sejati :)

  57. Ikhlas mencinta karena-Nya dan atas Nama-Nya

    Rindu: iya, begitulah kira kira … hanya ALLAH yang tak pernah menyakiti, hanya ALLAH yang mencintai sekaligus menutupi aib aib, kalau bukan kepada ALLAH, kemana lagi?

  58. kalau sholat, puasa, zakat, dan ibadah lainnya hanya ingin pahala dan hanya ingin masuk surga, berarti belum mencintai Allah.

    Rindu: SETUJU … hebat dah emang kang Danang nih :)

  59. mencintai , tidak menginginkan imbalan apapun, kecuali hanya ingin dekat dan ingin dicintai juga.

    Rindu: mencintai ALLAH, mengharap cinta ALLAH, mendekatkan diri kepada ALLAH … that’s a life

  60. Ketika semua aktifitas direalisasikan dengan tujuan untuk keridhoan Allah semata…tak ada yang lain.

    Rindu: iya setuju, semua yang diniatkan untuk mencari ridho ALLAH maka ridho yang didapat, kalau bekerja untuk uang semata ya cuma uang yang akan habis dalam sekejap :)

  61. jatuh cinta itu mudah. membangun cinta susahnya…

    Rindu: apa bedanya yah membangun dengan jatuh? saya kadang suka bingung dengan kata jatuh cinta, kenapa harus jatuh kata didepannya? :)

  62. wah.. komen saya hilang kemana ya…
    salam kenal aja dan permisi mau masuk kebun kalau ada buah boleh petik ya.. :)

    Rindu: gak ilang koq, tapi masuk ke spam, dikebun saya biasanya yang ada iklan diri yang masuk ke spam, sengaja di protek agar originial isi kebunnya, meminimalkan yang dagang mas :)

  63. oby benar benar dapat peleajaran baru hari ini…
    seneng bgt bisa baca tulisannya mbak.. ^^

    gak seperti blog saya yg bahasanya amburaduuul

    salam kenal

    Rindu: makasih yah … :P

  64. cuman jalan2 wah yang OL malam ini 10 orang luarbiasa :)

    Rindu: iya mas, kebun saya memang selalu rame, alhamdulillah … pada ronda disini kayanya :)

  65. Waw .. eh .. Subhanallaah! Smoga ALLAH memberi kesempatan diri ini untuk mengenal dan merasakan cinta yang seperti itu

    *memandang langit dari sudut kebun*

    Rindu: kemarin nyari kebun Ade di google earth ketemu gak mas? :P

  66. Cinta penuh dengan misteri
    Thanks infonya ya..

    Rindu: cinta memang misteri, tapi cinta hanya tidak tampak, invisible gitu maka agak sulit memberi arti, lonjong kah cinta, bulatkah cinta, persegi kah cinta :)

  67. Imam Ghazali berkata dalam kitab fenomenalnya Ihya Ulumuddin:

    “Barangsiapa yang mengakui empat hal tanpa disertai empat hal yang lain, maka dia adalah pendusta. Orang yang mengaku cinta surga, tetapi tidak melakukan ketaatan (kepada Allah), maka dia pendusta; Orang yang mengaku cinta Nabi saw. tetapi dia tidak cinta ulama dan orang-orang fakir, maka dia pendusta; Orang yang mengaku takut terhadap siksa neraka, tetapi dia tidak meninggalkan kemaksiatan, maka dia pendusta; Dan orang yang mengaku cinta Allah Swt. tetapi dia mengeluh sebab musibah yang menimpanya, maka dia pendusta.”

    Zulaikha, sebelum beriman dan menikah dengan Nabi Yusuf As., begitu mencintai dan menggilai sosok Nabi Yusuf As. Bahkan demi kecintaannya kepada Nabi Yusuf As., dia rela untuk berbuat apapun dan kehilangan kemuliaan demi agar bisa untuk ‘bercinta’ dengan Nabi Yusuf As. Tetapi diceritakan setelah mereka menikah, Zulaikha justru selalu menyendiri menghindar dari Nabi Yusuf As. dan menyepi untuk beribadah. Dia benar-benar tenggelam dalam keasyikan beribadah kepada Allah Swt..

    Betapa besar pengaruh cinta, hingga bisa merubah kebiasaan, sifat, watak dan perilaku seseorang. Seorang Zulaikha yang dulu begitu mencintai Nabi Yusuf As. tetapi setelah mengenal Allah Swt. maka cintanya beralih, hanya untuk Allah Swt. Sampai-sampai karena terlalu sering ‘diabaikan’ maka Nabi Yusuf As. berkata kepada Zulaikha: “Sesungguhnya Allah Swt. memerintahkan kepadaku untuk melakukan hal itu (berhubungan badan) dengan Anda. Dia mengabarkan kepadaku, bahwa Dia akan mengeluarkan dua orang anak dari (melalui) Anda yang akan Dia jadikan sebagai Nabi.” Lalu Zulaikha berkata: “Jika memang Allah yang memerintahkan untuk melakukan hal itu dan menjadikan aku sebagai jalan mewujudkan tujuan tersebut, maka berarti hal itu sebuah ketaatan terhadap perintah Allah, maka silahkan Anda melakukannya.”

    Semoga cinta-cinta yang kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari kesemuanya berhulu dan bermuara dari dan kepada cinta Allah Swt.

    Rindu: Realita kehidupan kita memang menunjukkan betapa banyak manusia yang salah dalam menempatkan derajat-derajat cintanya. Kabur dalam membuat takaran-takaran ukurannya. Kadar-kadarnya. Ada derajat ketujuh membuainya, menjajahnya. Yaitu Cinta Syahwat, kecintaan yang mewariskan kemudaratan. cinta yang tidak termasuk dalam peringkat cinta terendah sekalipun tapi malah dijadikan prioritas utama. Atau ada pula yang salah dalam menempatkan peringkat cintanya. Jika seperti itu, cinta bukan lagi sebagai anugerah, tetapi berubah menjadi samudera duka yang terus mendera. jika cinta sudah begini, jangan salahkan cinta *sok tahu nih Ade* :)

  68. Lihat kebunku penuh dengan bunga,
    Ada yang putih dan ada yang merah
    Setiap hari kusiram semua
    Mawar, Melati semuanya indah.
    Puluhan tahun sudah lagu itu begitu akrab di telinga/
    Kini,

    Di usia yang sudah senja, kebun itu telah berubah wajah dan makna.
    Kebun itu kini telah menjadi ladang aqidah yang bersih nan lurus (semoga.
    Kan ku tanami kebun itu dengan pohon syahadat, berbagai jenid pohon sholat, puasa dan zakat dan satu pohon lagi yang masih menjadi obsesiku yakni pohon Haji.
    Kan kuhiasi pula kebun itu dengan tanaman keikhlasan berbagi, kejujuran bertutur kata dan bersikap.

    Aku ingin membangun kebun itu, sebagaimana Kebun Hikmah milik sahabatku Rindu.

    Rindu: kata guru mengaji saya cinta tingkat tinggi itu adalah cinta dalam bentuk tatayyum, cinta dalam bentuk tatayyum ini adalah cinta kepada Sang Khaliq. Ia berada pada derajat tertinggi. Tidak ada lagi yang diduakan. Cinta tatayyum adalah kecintaan totalitas. Ruang besar tanpa batas. Tanpa reserve. Cinta penghambaan. setuju gak mas?

  69. Ijinkan aku mencintaimu dengan keterbatasan dan kelebihanku.Bukan sama kamu dek tp ma ALLAH…

    Waduh makin hari ku makin cinta ma tulisan ade,padahal ini baru tulisan apa lagi kalau ketemu orangnya bisa dag,,,dig,,,dug,,,deg,,,dog,,,ni jantung,jadi makin aku cinta ni he…he…
    *ngarep mode on*

    Aku disenangkan 3 perkara dari urusan dunia yaitu wanita,wangi wangian (parfum),dan dijadikam kesejukan hatiku dalam mengerjakan sholat (HR An Nasa’i)

    Cintailah cintamu…

    Rindu: cuma bisa tersenyum :) pernah dengar ini mas “Tidak pernah kutinggalkan sepeninggalku godaan yang lebih besar bagi kaum lelaki daripada wanita.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim), semoga ALLAH menjauhkan saya dari tangan setan yang bisa menjadikan saya penggoda :) ya ALLAH ya muhimmin, lindungi saya.

  70. Salam dari Malaysia,mbak ade..

    saya suka sangat pada entry-entry kamu..membangun jiwa menyuburkan cinta pada Allah :)

    Syukran ya

    Rindu: terima kasih sudah jauh jauh datang ke kebun saya, semoga apa yang ada disini mampu membangun rasa, menyuburkan cinta kepada pemilik cinta yah, amin ya Rabb :)

  71. Assalamu ‘alaikum wr wb.

    Judul posting kali ini kok berat ya.
    Saya alami pengajian tentang makna cinta ini menggunakan banyak referensi yang ditulis oleh para ulama baik suni maupun sufi dalam buku yang tebal-tebal. Mengacu pada Al-Quran dan hadits Rasulullah sudah pasti. Kajiannya mungin bisa dianggap sudah selesai, tetapi pemaknaan internalnya sepertinya harus terus dan terus digali selama hayat dikandung badan. Bahkan mereka yang sudah meninggalkan dunia ini masih juga terlibat dengan urusan pemaknaan cinta ini.

    Yah, baiklah. Allah Sang Pemilik segala sesuatu juga Maha Mengaruniakan segala sesuatu menurut kesempurnaan ilmuNYA.

    Semoga kita sebagai hamba dapat istiqomah dalam kefaqiran terhadapNYA. Sehingga akhirnya DIA tentukan saatnya bagi kita untuk dapat bersanding denganNYA dan memahami makna hakiki dari cinta, yang mencintai dan yang mencintai. Aamiin.

    Wasalamu ‘alaikum wr wb.

    Rindu: ketika cinta membawa energy ketaaatan dan ketundukan. Kepasrahan dan kebersandaran. Ketika cinta (akhirnya) bertasbih, mentasbihkan sang Pemilik Jiwa Cinta, Al-Waduud. Itulah sebab musababnya kenapa ALLAH sesungguhnya DZat Yang Maha Pecinta (al-waduud). :)

    • Maaf, Ralat paragraf terakhir :-) :
      “… cinta, mencintai, dicintai, yang mencintai dan yang dicintai”.

      Rindu: makasih ya mas atas ralatnya :)

    • Sedikit sumbangan pikiran untuk mengapresiasi sayidah Robia’tul Adawiyah, Syaikh Jalaluddin Rumi dan Imam Al-Ghozali. Ini adalah pemahaman saya dari bimbingan Ustad saya selama ini. Mohon maaf kalau pemahaman saya ini berlebihan atau kekurangan :-).

      Allah menciptakan manusia sebagai makhluq kecintaanNYA yang merupakan puncak ciptaanNYA.
      Untuk manusia sajalah seluruh alam semesta ini diciptakanNYA.
      Karena cintaNYA, Allah pun karuniakan segala macam rasa kepada manusia termasuk cinta kepadaNYA. Dengan semua karunia ini Allah tinggikan kedudukanNYA. DilengkapiNYA juga karunia cinta ini dengan penghalang, pembelok dan musuh, agar semakin tinggi nilai cinta ini.

      Bagi Sang Pencipta, sangatlah lumrah untuk mencintai ciptaanNYA. Karena dalam ciptaan tersebut terdapat diriNYA sendiri. Sehingga, bila dibuatNYA ciptaanNYA itu mencintaiNYA, maka itu adalah cintaNYA kepada diriNYA sendiri.

      Mereka yang sudah berpengalaman dengan rasa ini mungkin mengerti, bagaimana rasanya mencintai yang tidak dijadikanNYA untuk dicintai. DIA akan menghancur-leburkan seluruh kecintaaan itu agar kemudian hanya menjadikanNYA sebagai kecintaan. Bersyukurlah, DIA telah menyatakan cintaNYA kepada anda.

      Dari pemahaman ini, maka cinta kepadaNYA adalah bukti pengakuan sebagai ciptaanNYA, yang memang harus mengagungkanNYA tanpa syarat. Tak perlu lagi bertanya tentang cintaNYA, karena cinta kepadaNYA adalah bukti cintaNYA. Inilah cinta yang universal (hanya mengarah ke satu tujuan). Maka temukanlah DIA pada setiap ciptanNYA.
      Bukankah DIA ada di setiap keberadaan ciptaanNYA? Sebelumnya, bersamanya dan sesudahnya?

      Kata Ustad saya : Cinta, pecinta dan yang dicintai adalah satu.
      Apa boleh buat, pembahasan ini sudah terlanjur mengarah pada filsafat agama. Semoga bisa memberi manfaat kepada yang sedang membutuhkannya. :-)

      Rindu: Guru mengaji saya bilang “Diantara sembilan puluh sembilan asma ALLAH, yang terpilih dalam kalimat basmalah hanyalah dua sifat yaitu ar-Rahman dan ar-Rahim. Adakah ini satu kebetulan belaka? tanpa maksud tertentu dari ALLAH? Maha suci ALLAH dari sifat kebetulan, semua apa yang berasal dariNya memiliki fungsi-fungsi dan makna-makna tersendiri. agaknya karena kedua sifat ini (memiliki akar kata yang sama) yang paling dominan diantara sifat-sifat yang lain, sebagaimana ALLAH menegaskan: “Rahmat-KU mencakup segala sesuatu” (QS 7:156) … *komen berat*

  72. Wah,,, semalem aq kecepatan datang ke kebun.
    Saat rindu belum ngepost hikmah baru, :D

    Rindu: biasanya saya posting diatas tengah malam sist … karena jiwa saya lebih hidup dihening :)

  73. Assalaamu’alaikum wr.wb.,

    Begitu banyak daya dan upaya seorang hamba untuk mendapatkan cinta Sang Pemilik Cinta, dan juga membuktikan cintanya kepada ALLAH Azza Wa Jalla. Ada beberapa kriteria orang-orang yang pantas mendapatkan cinta-NYA. Rasulullah saw. bersabda,

    ALLAH Ta’ala berfirman: Orang yg saling mencintai karena-KU adalah orang yg pantas mendapatkan cinta-KU, orang yg saling menyambung tali silaturrahim karena-KU adalah orang yg pantas mendapatkan cinta-KU, orang yg saling menasehati karena-KU adalah orang yg pantas (juga) mendapatkan cinta-KU, orang yg saling menziarahi karena-KU adalah orang yg pantas (juga) mendapatkan cinta-KU, orang yg saling berkorban karena-KU adalah orang yg pantas (juga) mendapatkan cinta-KU, orang yg saling mencintai karena-KU akan berada di atas mimbar yg terbuat dari cahaya yg diinginkan oleh para Nabi, assiddiqun dan para syuhada. (HR. Thabrani. Menurut Albani derajat hadits ini shahih, lihat hadits no. 4321 dlm Shahih al-Jaami’)

    Rindu: Cinta itu unsur kimia hati yang merasuk tanpa tersadari. Tak nampak namun bisa dinikmati. Terjaga walau dalam gelapnya arti. Kadarnyapun berwarna-warni. Sewarna 1001 macam kekasih yang menggelanyuti hati. Menawarinya dengan sejuta kenikmatan, pun menjajahnya bagai budak. Sewarna warni itu membutuhkan tuntutan, membutuhkan prioritas. semoga saya mampu menempatkan cinta itu dalam nampan-nampan suci, dalam tingkatan kesejatiannya. Ah sulitnya mengerti cinta :(

    • Untuk mengerti cinta lawan jenis (manusia) memang terkadang agak sulit, tetapi untuk mengerti cinta-NYA ALLAH.. sepertinya tidaklah sesulit mengerti cintanya manusia.

      Alam dan semua isinya serta semua apa yang kita alami (baik, buruk, senang, susah, bahagia, sedih, dsb.) adalah bukti cinta ALLAH kepada kita (jika kita mau berpikir). Dan untuk mendapatkan cinta-NYA banyak hal yang bisa kita lakukan. Beberapa di antaranya ada pada hadits di atas.. :)

      Don’t be sad..

      Rindu: sahabat saya bilang “lebih mudah mengerti TUHAN dari pada mengerti Laki laki, karena ALLAH seperti persanggkaan umatnya sedang laki laki gak jelas apa maunya” :)

      • ALLAH lebih mudah dimengerti karena sudah jelas koridornya (baca: Halal dan Haram), dan ALLAH tidak pernah berubah-ubah seperti manusia yang mudah berubah pikiran dan berubah rasa.

        Rindu: iya begitu katanya :P

  74. assalamualaikum,ingin ikutan mba metik buah hikmax biar cinta sm sang pemilik nafas lebih besar dr segalanya

    Rindu: waalliakum salam, silahkan masuk ke dalam kebun saya yang sederhana ini, semoga bermanfaat, mengalirkan ilmu, amin ya ALLAH. :)

  75. Raudhatul muhibbin.

    Rindu: tamannya orang orang yang mencinta, Cinta memang ajaib. Seperti menafsir kembali tentang pemaknaan syukur. Keajaiban syukur itu hanya akan dapat diterjemahkan dalam uraian-uraian yang menjiwa. Syukur hanya bersemi dalam jiwa-jiwa yang memiliki keterampilan sekaligus kecerdasan dalam memaknakan setiap apapun itu sebagai sebuah karunia cinta ILLAHI.

  76. =======
    Ba’da Subuh.. buka pintu pager Kebun supaya pengunjung bisa masuk dan menikmati “hidangan” cinta..

    *punya banyak kunci cadangan :-D*
    =======

    Rindu: telat Aa, sudah Ade buka dari sebelum subuh tadi, sekarang udah terang :P

  77. saya sudah sering berkunjung dan memetik makna di kebun hikmah milik mbak rindu a.k.a Ade

    Rindu: memang banyak koq yang gini, berkunjung dan memetik hikmah tapi gak absen, tak mengapa untuk saya, karena saya kebun saya memang tempat mencari ridho ALLAH, bagi saya, bagi yang membaca, bagi yang komen, bagi yang gak komen, semoga ALLAH ridho yah.

  78. Di treat kemarin ketinggalan jauh, mumpung pada tidur Absen dulu mbakyu.. .
    *koment sederhana selalu n selalu.. .. :)

    Rindu: absennya dicatat … terima kasih yah, malam malam buta ke kebun saya, maaf kalau gelap karena hanya lampu depan yang menyala, pendopo sengaja tidak saya nyalakan malam ini, save our energy kata tukang listrik :)

  79. Semoga kita termasuk golongan orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah

    Rindu: amin ya ALLAH, jika bukan kepada ALLAH cinta bermuara, maka kemana lagi, iya kemana lagi …. ya ALLAH ridhoi kami.

  80. =======
    Assalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh Ade..

    Ayo bangun, sudah menjelang 02:30.. nikmati panggilan-NYA di malam yang gelap ini, kan katanya cinta..
    =======’

    Rindu: insya ALLAH saya mampu terus hening, sebagai bentuk kemesraan saya pada kekasih saya, hening hanya dengan ALLAH memberi saya ruang untuk berdua saja, mengadu bahwa saya tak lagi sehat, meminta bahwa saya akan diberi waktu lebih, berlinang airmata atas cacat yang melekat di raga saya, dan memohon hingga terbungkuk ampunan atas dosa dosa saya, yang mungkin masih mengalir hingga kini,

    Allahumma Ameen. Allahumma Ameen. Allahumma Ameen [ ya ALLAH! Please accept. Please accept. Please accept]

  81. “Kau seperti nyanyian dalam hatiku, Yang memanggil rinduku padamu, Seperti udara yg kuhela kau selalu ada … Hanya dirimu yg bisa membuatku tenang, Tanpa dirimu aku merasa hilang, Dan sepi, dan sepi …”

    Capaian cinta seperti dalam lirik lagu DEALOVA ini sebenarnya sudah ada De, yakni bagi orang yang merindukan ALLAH diatas segala-galanya oleh orang-orang terdahulu bahkan juga oleh orang-orang shaleh hingga jaman sekarang. Dalam jalan tasauf MAHABBAH nya Rabiah Al-adawiyyah kita mengenal cintanya kepada kekasihnya [Allah] menyebabnya dia memendam rindu yang tak terperikan … bahkan dia masuk ke etape cinta tingkat tinggi seperti itu.

    Rabiah pernah di tanya : Apakah ia membenci iblis? ia menjawab : Cintanya sepenuh hati kepada Allah tidak memberi ruang baginya untuk membenci iblis! Lalu Apakah ia mencintai Nabi Muhammad Rasulullah? Ia menjawab : cintanya yang penuh kepada Allah tidak memberi ruang lagi untuk mencintai makhluk lain kecuali hanya CINTA KEPADA ALLAH saja! Bahkan cinta yang sedemikian penuh membuatnya seolah-olah ia berada pada titik fatalisme :

    Jika aku beribadah kepada Mu ya ALLAH lantaran takut siksa neraka-Mu maka masukkanlah aku kedalamnya! Dan jika aku beribadah kepada-Mu karena berharap syurga-Mu, maka campakkan syurga itu dariku! Tetapi ibadahku kepada-Mu ya Allah tiada berharap yang lain selain berharap hanya keredhaan-Mu semata. Bahkan puncak fatalisme cinta ala Rabiah itu terlihat ketika dia sakit dia tidak mau berdoa dan tidak mau didoakan. Karena menurutnya semua yang menimpanya itu adalah kehendak dari kekasihnya ALLAH!

    Itulah ibadah tingkat tinggi yang didasarkan oleh keikhlasan cinta semata. Itulah Rabiah dengan cintanya.

    Mungkin cinta model Rabiah ini sudah teramat tinggi derajatnya dijaman sekarang. Mungkin lirik lagu Dealova itu sebuah cermin dari polarisasi ekstrim cinta dijaman sekarang ini dimana kita sudah memberhalakan cinta kepada makhluk sedemikian parahnya? Sehingga hanya terisi oleh si dia dan tidak ada ruang untuk Allah? Nauzubillah minzalik!

    Ya De, alangkah indahnya jika lirik lagu ini jika ditujukan kepada Allah, Zat yang memiliki kita dan mencintai kita!

    Makanya, selain HATI-HATI DENGAN HATI, HATI-HATI JUGA DENGAN CINTA, begitu ya De?

    Rindu: iya betul mas, hati hati denga cinta, bicara Rabiah? beliau adalah life model, love model sejak saya berusia 15 tahun, semua buku bukunya saya baca, dan tertanam di hati saya bahwa suatu hari saya ingin seperti Rabiah, semoga suatu hari… tapi mungkin saya tak akan sampai disana, karena saya ternyata bukan sufi, setidaknya I keep trying, dan terus berusaha menjadi lebih baik dalam mencintai ALLAH, jaga hati dan jaga cinta, semoga ALLAH ridho, irhanmaa ya ALLAH.

  82. ini kebun….,selalu ada pohon baru yang meneduhkan, makin cinta sama kebun ade…

    Rindu: alhamdulillah, karena ALLAH saya jadi begini mbak, karena ALLAH menutupi aib aib saya :)

  83. cinta itu.. biarkanlah mengalir, biarkanlah tumbuh, biarkanlah berjalan, seiring waktu yang akan menjawab, apa itu cinta

    cinta itu… ada disini, mengalir tanpa henti, sampai di ujung hulu

    cinta itu… biarkanlah hanya kita yang tahu, sampai semuanya akan datang…. indah pada waktunya

    Rasulullah s.a.w bersabda : ” Allah menjadikan kasih sayang terdiri dari seratus bagian. Satu bagian diantaranya diturunkan-Nya kebumi. Termasuk di dalam satu bagian itu rasa kasih sayang diantara sesama makhluk, sehingga hewanpun mengangkat kaki karena khawatir menginjak anaknya ” (HR Bukhori )
    bs 2010

    Rindu: terima kasih ya mas puisi kirimannya, iya biarlah mengalir dan saya ingin mengalir ke hulu yang benar, ke muara milik ALLAH, hingga tak menyisakan ruang untuk yang lain, andai saya mampu … semoga saya mampu, akan saya cintai si dia karena dia mencintai ALLAH juga, karena dia mampu membuat saya hanya sebagain kecil saja, bahwa saya bukan segalanya :)

    • Sebuah mutiara kan merekah indah,
      kala menantikan hangatnya mentari.
      Sebuah penantian kan merekah indahnya
      di kala hati merindukan.

      Sebuah perjuangan kan merekah indahnya
      kala terbalut dengan ketaqwaan.
      Sebuah cinta kan merekah indahnya
      di kala bermuara kepada cinta-Nya.

      Rindu: bila KAMU disisiku, hati rasa sahdu … [bang Haji mode on] saya udah dengar loh mas, syahdu memang.

  84. selamat malam wahai penjaga kebun hikmah… he he he mungkin anda sudah terlelap tapi mlm ini sangat bersyukur dengan koneksi internet yang kadang ada dan kadang tiada masih bisa memperoleh obat atas apa yang baru saja saya alami…

    malam kemaren masih saja saya terbuai oleh alunan sapa sayang tapi akhir sore ini semua telah berakhir,,
    aku telah salah dengan menduakanNYA bahkan saat ku berhadapan dalam wajibku seringkali terbersit namanya mahkluk yang dulu sempat mengatakan bahwa saya adalah rusuknya yang akan menguatkan dan ahhhhhhhh apalah… :( pokokknya aku dapat obat malam ini ma kasih ya teh Ndu.. :)

    Rindu: mbak baca ini: http://rinduku.wordpress.com/2009/10/30/catatan-tentang-patah-hati/ semoga menyembuhkan :)

  85. semoga kita termasuk golongan orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala :)

    Rindu: amin ya Rabb, cinta yang tak pernah menyakiti, cinta yang tak pernah meninggalkan, cinta yang hakiki, inilah cinta yang sebenarnya cinta …

  86. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Jadi teringat mantan pacar saya yang demen banget nyanyi lagu ini. Sayangnya lagu ini bagi mantan pacar saya spesial buat saya…

    Rindu: boleh, silahkan mas… sang mantan memang selalu menyanyikan lagu ini, semua mantan suka lagi ini, tapi mereka hanya mantan, hanya perhiasan yang pada akhirnya berlalu juga. kali ini saya menyanyikan lagu ini dalam bahasa qolbu, bukan bahasa mantan :)

    • cuit-cuit, sekarang dah jadi istri ya mas alamendah???

      Rindu: waduh, gosip dari mana nih? nanti ada yang cemburu loh :) mas Alam maaf yah, suka becanda keterlaluan emang nih.

  87. assalamu’alaikum wr wb… de’ :D

    b(^^)d…., yups aku sependapat dengan ade.. insyallah… :D

    Rindu: waalaikum salam warahamtullah, makasih sudah sependapat yah, semoga yang lain juga :)

Leave a Reply

