PPT [Perempuan Pencari TUHAN]

Kemarin saya bertemu lagi dengan sahabat pengajian saya, seorang perempuan nan cantik, berkulit putih bersih, bermata belo hitam, berjilbab panjang bak bidadari, dengan senyum khas seorang model memang. Iya, dia adalah sahabat saya, seorang model, perempuan mualaf yang sedang belajar dari titik NOL, perempuan yang sedang belajar shalat, perempuan yang sedang belajar sedekah, belajar mengosongkan jiwa dengan dzikir kalau menggunakan istilah sahabat saya ini “De, ajarin gue Islam dengan cara yang paling gampang ya De, yah kaya Islam for dummy gitu De” istilah yang indah ditelinga saya, menggelitik rasanya dijiwa saya :)

Kemarin saya bertanya kepadanya apakah shalatnya sudah dijalankan setidaknya yang wajib dan dengan gayanya yang khas perempuan ini menjelaskan “De, gue sudah belajar wudhu, wudhu itu bukan hanya membasuh anggota tubuh dengan air De, tapi juga membersihkan jiwa kita dengan basuhan air itu, dan shalat itu yang wajib ada 5 [lima] De, itu kudu De, wajib gak bisa ditinggal, harus dan sedapat mungkin begitu panggilan ALLAH berkumandang, kita segera wudhu, shalat itu tiang agama De, menjauhkan kita dari yang mudharat deh pokoknya” ehm … saya terbengong bengong mendengar celotehnya yang lebih bisa dibilang ceramahnya :) andai semua umat yang terlahir Islam mampu melaksanakan shalat 5 waktu pada panggilan adzan pertama, pasti dunia ini semakin indah, seindah wajah sahabat saya ini yang mulai tampak bening dan bercahaya oleh air wudhu.

Kemarin jua sahabat saya menceramahi saya soal ujian sebagai tanda cinta ALLAH kepada hambaNYA dan kalimat yang meluncur dari bibir indahnya sungguh sangat indah mengalir ke dalam telinga saya, yang diawali dengan joke yang indah pula “De, kemarin gue dengar siraman rohani De, tahu gak De, kenapa disebut siraman rohani?” saya terdiam sejenak dan menjawab sekenanya “karena yang disiram rohani kita kan kali Feb, makanya disebut siraman rohani kalau yang disiram badan kita pasti siraman badani kan?” ah si Ade suka sekenanya menjawab :) dan kamipun tergelak berdua, dan kembali ke celoteh sahabat saya tadi dengarlah ketika ia bicara soal ujian.

“Tahu gak De, bahwa ujian itu tanda cinta ALLAH kepada kita, kalau DIA gak cinta maka kita akan dicuekin De, gak dikasih ujian dan gak naek naek kelas, jadi syurganyapun di kelas yang paling rendah, Dan tahu gak De, setiap kali kita menghadapi masa sulit, masa yang membuat kita menanyakan keberadaan ALLAH, bertanya dimana ALLAH mengapa saya menderita, mengapa rejeki saya jauh, mengapa kekasih saya pergi, mengapa saya diberi penyakit, mengapa jodoh saya tak kunjung tiba, mengapa dan mengapa, masa dimana kita merasa ALLAH meninggalkan kita, masa dimana semua pintu seperti tertutup untuk kita, masa dimana kita menangis meraung raung luka tersayat, hati berdarah darah, itulah masa masa dimana ke-Iman-an kita diuji De.

Saat itulah sebenarnya ALLAH sedang menunjukkan rasa sayang nya kepada kita. ALLAH sedang memberi kita lembar-lembar persoalan yang harus kita selesaikan, iya lembaran ujian, bahwa ALLAH sedang berdiri mengawasi kita seperti pengawas ujian sipenmaru. ALLAH sedang menjaga kita dari gangguan mahluk lain, bahkan gangguan orang orang terkasih kita agar ujian kita tak terganggu, mungkin ALLAH menempel tulisan “sssttt…. harap tenang, ujian sedang berlangsung” di depan pintu kita De, makanya orang orang disekitar kita emang diusir ALLAH, yang karena cintanya kita dibiarkan hening, hanya berdua ALLAH saja, bayangkan De, berdua dengan pemilik segalanya loh.

Subhanallah, sahabat saya telah melewati dua tahap ke-Islamannya, pertama ia telah menjadikan shalat sebagai sandarannya kepada ALLAH dan kedua ia telah mampu memaknai ujian sebagai bagian dari cinta ALLAH. Jujur, karena ketika bertemu dengannya setahun yang lalu, ia adalah perempuan yang berada dititik NOL, kemudian putar arah dan menemukan ALLAH untuk mulai menapaki hari dengan 1,2,3,4 …. dst :) dan ia berhasil.

ya ALLAH, jangan biarkan kemilau dunia ini menghalangi saya untuk mencintaiMU, jangan biarkan pula penderitaan dunia ini menghentikan langkah saya menggapai cintaiMU, jangan luka dunia ini menjauhkan hamba dariMU ya ALLAH.

Rabbana aatina fiddunya hasanah, wafilakhirati hasanah waqinaa adzaabannaar

*untuk sahabat saya, rasanya sekarang saya yang harus belajar Islam darimu, berikan saya buku itu, buku Islam for dummy :) agar saya bisa belajar lebih banyak lagi dan lagi… *

About these ads

133 thoughts on “PPT [Perempuan Pencari TUHAN]

  1. mungkin itu jg yg terjadi pd ku mba saat ini “ssst harap tenang sedang ada ujian” membaca ini aku tersadar bahwa ALLAH SWT mau menunnjukkan bahwasannya dzat yg tak pernah tidur itu sejatinya yg selalu setia mengawasi dan menemani kita,,,, SUBHANALLAH….

  2. Ya Rabbana, Ya Rabbana, Ya Rabbana.
    jangan biarkan kami tersesat dalam Kasih SayangMu.
    terbius dalam kesenangan,..
    terpuruk dalam kesulitan,…
    karena hanya Engkaulah Tuhan kami.

  3. Ahh.. seperti biasa, blog Mbak Ade adalah sumur bagi orang-orang yang haus dengan rasa iman dan takwa. Terima Kasih ya Mbak untuk tulisannya yang ini, semoga Allah membalas segala kebaikan dengan kebaikan. Love U Sist :)

  4. Subhanallah…. kisah yang sangat menakjubkan,perempuan yang sangat mulia, saya smp berkaca2 membacanya… smoga ade dan sahabat ade selalu dalam lindungan Allah SWT… dan smoga saya jg bisa menjadi perempuan semulia itu… Amin Ya Robb

  5. Assalaamualaikum.

    Wahai anakku rindu…

    Sangat benarlah kata-kata sahabatmu itu…ALlah apabila menyintai hambanya diujinya hamba itu dengan berbagai ujian. Kadang-kadang ujian itu tidak sanggup dihadapi hamba.

    Namun hamba yang sedar akan cintanya Tuhan itu dengan turunnya ujian, ia akan sabar…Dan hamba tidak akan mampu sabar melainkan telah tajalli bagi akan sekelian buruk dan baik itu hanya menifestasi Perbuatan ALlah Taala.

    Demikian juga wahai anakku…Jika seseorang itu dikurniakan kesenangan dan kekayaan melimpah-limpah, maka koreksilah ia…kerana apabila manusia dikurniakan kesenangan dan kekayaan melimpah-limpah ia dua martabat…pertama memang ALLah Taala mengurniakannya, dan kedua mungkin ia istidraj iaitu pemberian ALLah Taala di dalam murka.

    Ketahuilah Tuan Guruku berkata…ALLah Taala jika Dia mencurahkan segala kesenangan dan kekayaan, mungkin Dia sangat murka. Kerana salah satu sifat ALLah Taala ialah semakin Dia murka semakin diberi.

    Maka koreksilah diri mungkin ada sebab yang kita lakukan yang mengundang kemurkaan ALLah Taala.

    Wahai anakku…tiada terlebih bahagia selain redha ALLah Taala dan tiada terlebih sengasara selain murkaNya.

    Wassalam

  6. nemu artikel keren-keren disini…, ijin untuk bookmark blog anda 07:54

    Rindu: book mark apa sih mas? :) linknya Ade hapus ya mas, masup ke spam soalnya kalo diblog saya pake link, sengaja di set gitu agar original blog ini tetap terjaga dan indah :) insya ALLAH

  7. Hmm..
    Koq, dilihat dari nama yg berkomentar, sebagian besarnya nama lelaki yah, termasuk sayah?!
    hihi..
    Terimakasih buat Ade’ Rindu & sahabatnya (Mbak Febri, betul gak?), atas ilmunya yang bermanfaat.

  8. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    19 Hadits Mengenai WaNita:

    1. Doa perempuan lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayangnya yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah akan hal tersebut, jawab baginda, “Ibu lebih penyayang daripada bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia”.

    2. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah mencatatkan baginya setiap hari dengan 1.000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1.000 kejahatan.

    3. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.

    4. Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.

    5. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan..

    6. Apabila semalaman ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah memberinya pahala seperti memerdekakan 70 hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah.

    7. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seumpama orang yang sentiasa menangis karena takut akan Allah dan orang yang takut akan Allah, akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.

    8. Barangsiapa membawa hadiah, (barang makanan dari pasar ke rumah lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak NabiIsmail.

    9. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu daripada suaminya(10. 000 tahun).

    10. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana saja yang dikehendaki.

    11. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1.000 lelaki yang soleh.

    12. Aisyah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab Rasulullah, “Suaminya. “Siapa pula yang berhak terhadap lelaki?” Jawab Rasulullah, “Ibunya”.

    13. Apabila memanggil akan engkau dua orang ibu bapakmu, maka jawablah panggilan ibumu dahulu.

    14. Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung diudara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selama dia taat kepada suami serta menjaga sembahyang dan puasanya.

    15. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.

    16. Syurga itu di bawah tapak kaki ibu.

    17. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku Nabi SAW) di dalam syurga.

    18. Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggungjawab, maka baginya syurga.

    19. Dari Aisyah r.a., Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuan lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya daripada api neraka.

    wassalamu’alaikum

    wallahu a’lam…

  9. subhaanallah….
    isLam memaNg indah….
    ya ALLAH tErimaKasih baNyak…
    ENGKAU mengambiL seMUa yG aQ pUnya,,SuaMi mEninggaL,,dipiSaHkaN oLeh anaK,,dipEcaT daRi kErJa haNya kRn pErjuaNgkan aNak oLeh oRaNg bErKuaSa,,,daN cobaaN Lain yG bGiTu bErat yg aQ sEndiRi gag yaKin akan Kuat mEnGhadapi sMuanya,,,taPi bErKat seNtuhan Kasih-MU sedikiT saja Yg Qu raSakan ,,sUdah maMpu menyELesaiKan seMua maSaLah saffa,,,Subhaanallah…

    “Perempuan Pencari Tuhan ” ya postingan rindu benar2 pas untuk saffa,,,demi mencari jaLan ALLAH ,,saffa pErgi daRi baLi bnr2 meninggaLkan smua untuk mencari jaLan-MU,waLaupun masalah dgn anak yg diambiL keLuaRga aLmarhum sudah seLesai yg penting saffa bisa menengok kapan saja,,,saffa memilih meninggalkan RARA dan NANDA demi ALLAH,,saffa ikhLaskan mereka ya ALLAH,,saffa yakin ALLAH akan mnjaga kalian,,,dan saffa percaya suatu hari nanti jika ALLAH ijinkan paSyi Qta bErtemu Lagi,,,amin ya rabb…(kok jadi Curhat ya =D

    bUat Rindu,,jGn LeLah ya mnuLis,,kRn tulisan rindu biSa menajdi penyemangat saffa,,,
    wassalam..

    • alhamdulillaah, smoga Mbak Saffa semakin pandai lagi dalam bersabar dalam menghadapi hidup ini, & tidak akan pernah lelah dalam bersabar..
      aamiin..

  10. Saya jadi teringat salah satu Perempuan Pencari Tuhan, Michaela Ozelsel. Psikolog Amerika yang masuk Islam lantas menekuni dunia sufi. Dalam pencariannya, ia berkhalwat selama 40 hari dalam keadaan puasa.

  11. Ya…ALLAH..Alangkah indahnya memiliki sahabat seperti kalian….
    Seandainya saja kita semua dapat mangerti apa yang kita lakukan dan kita alami semua demi kebaikan kita.Yang telah direncanakan olehNYA…

  12. Kadang yang baru memeluk islam, ke imanan nya lebih dalam, dari kita yg sejak lahir tahu… kenapa ya ? udah dapat buku Islam for dummy, kalo sudah pinjem sist …

  13. Assalamualaikum, Sist…

    Schöne Posten, wie immer ;)
    Ich hab gestern mit meiner Brazilienische Freundin gechattet. Und sie hat mich gesagt:
    ”Wir sehen nur morgen oder übermorgen. Gott nicht. Er sieht die ganze Zukunft. Gott sieht unser Leben besser als uns. Immer glaub an Gott, er weiss die richtige Zeit für alles. Er gib was wir brauchen, nicht was wir bitten”.
    Es ist schön, oder?
    Und dein Posten gib mir auch Mut und Kraft, immer in der Nähe von Ihm sein.

    Keep writing und bleib istiqamah.
    Hab dich immer Lieb! :)

  14. “Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal saleh,
    maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah untuk mereka sebagian dari karunia-Nya.”
    –(QS Annisa [4]:173)

    Bagus Tulisannya… HAMASAH !!!

  15. salam
    lama tk berkunjung. tulisan yang bermakna. mudah-mudah bisa menjadi pelajaran para pencari tuhan yang lainya. tidak banyak orang yang bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian.

  16. askum…..
    panggemar baruni mbak rindu,,,,
    mbak sesuatu yang diawali dengan niat pelanggaran/dosa tidak akan barokah.
    maka awali hari demi hari dengan senyuman dan diniati karena ALLAH & mencari ridho ALLAH….

  17. Hetrixxx diblog sendiri ….

    *senyum terindah di pagi yang indah, akhirnya bisa juga saya hetrixx di kebun sendiri, biasanya kesalip melulu*

    ALLAH memang luar biasa, tak ada yang tak mungkin ketika kita berusaha, pasti dapat. PASTI.

    • Liat donk senyumnya ;)
      Udah kebayang koq indah senyumnya :)

      IKHTIAR dan DO’A … sisanya biarkan Allah yang ‘bekerja’ (baca: TAWAKAL)

  18. Kata sahabat blogger saya “menjawab komen itu menghargai tamu, dan menghargai tamu itu adalah ibadah”

    Jadi mari beribadah dengan menjadi tamu dikebun saya dan jawaban saya akan jadi ibadah untuk saya

    Semua diniatkan ibadah deh, agar cinta ALLAH mengalir terus, damai deh hidup …

    Ketika damai, maka semua akan indah, pokoknya semua ibadah untuk ALLAH, agar cintaNYA tak putus. Kan kalau kita jadi kekasih ALLAH, apa sih yang gak buat kekasih, kan gitu yah?

    *posting apa komen nih De* belibet.

  19. Alhamdulillah, sudah selesai membalas komen ditanaman yang ini … hari ini semoga indah, hari ini semoga dimudahkan segala urusan, hari ini semoga sehat.

    Dan napas yang ALLAH titipkan jangan digunakan untuk melawan ALLAH yah… ikuti perintahNYA dan jauhi laranganNYA, kita hanya debu.

    Wassallam from the bottom of my heart
    Ade a.k.a RINDU

  20. Kata2 yang membuat hati ini tersentuh dan otak ini berpikir. Trima kasih …

    Rindu: sekali lagi saya tersanjung, semoga tetap tawadhu ya De :)

    • =======

      Rindu: sekali lagi saya tersanjung, semoga tetap tawadhu ya De :)

      Amin ya Rabb.. Iya, tetep tawadhu ya Ade..
      Semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang berhembus.. :)
      =======

  21. selalu menjadi komentator terakhir nih.. hehe

    but, no problem.. tulisan kayak gini g ada kadaluarsanya.. layak dibaca walau udah ketinggalan,, semoga teman mbak bisa istiqomah…

    teman saya org arab, sebut saja ubaid, dia bilang “al-bidayah sahl, bal al-istimror… sho’b” (memulai itu mudah, tetapi meneruskannya yang sulit).. seperti teman mbak telah memulai, dan da berhasil,, namun dia belum terbukti tangguh untuk istiqomah.. nah,orang seperti mbak yg harus menuntun dia dan saling menasihati… itulah buah dr ukhuwah

    Rindu: insya ALLAH saya mampu mendampingi sahabat saya untuk istiqomah, dan saya akan belajar darinya karena semangat belajarnya tinggi dan ilmunya cepet terserap, sahabat saya ini bak gelas kosong yang tiap hari diisinya dengan ilmu ALLAH, mencintai ALLAH, hidupnya selalu dijadikan ladang ibadah.

  22. Alhamdulilah…tulisannya sangat menginspirasi untuk kita yang sudah lama memeluk islam tetapi hanya sekedar dogma n ritualitas ibadah saja,padahal islam adalah ‘penjaga’ semesta agar sunatullah tetap berjalan serasi,penuntun hidup sekaligus pengantar kita kelak agar dapat ‘bersanding’ dengan-Nya…

    Jikalau saja perempuan di dunia seperti de Rindu n sahabatnya yg mualaf itu…aah alangkah dahsyatnya Kalam Illahi itu akan mengaliri darah n sanubari para pencari jalan ilahi..hingga wushul dengan-Nya…Insya Allah.

    Saya mengutip tulisan bagus dari Ust.Muhamad Lukman Hakim di bawah ini semoga akan semakin meningkatkan hubungan dan ADAB kita dengan Allah Swt…amiin

    “Yang terpenting bukannya tercapainya apa yang engkau cari, tetapi yang penting adalah engkau dilimpahi rizki adab yang baik”

    Dalam ajaran thariqat Sufi, adalah yang terpenting bukannya tercapainya apa yang engkau cari, tetapi yang penting adalah engkau dilimpahi rizki adab yang baik terwujudnya apa yang diinginkan (sukses), tetapi lebih penting dari itu semua kita dikaruniai adab yang bagus. Baik adab dengan Allah, adab dengan Rasulullah saw, adab dengan para Syeikh, para Ulama, adab dengan sahabat, keluarga, anak dan isteri, dan adan dengan sesama makhluk Allah Ta’ala.

    Apa yang ada di sisi Allah swt, tidak bisa diraih dengan berbagai upaya sebab akibat, namun kita harus mewujudkan adab yang baik di hadapanNya, karena dengan adab itulah ubudiyah akan terwujud. Allah swt, berfirman: “Agar Allah menguji mereka, manakah diantara mereka yang terbaik amalnya.” (Al-Kahfi: 7), Allah tidak menyebutkan bahwa yang terbaik itu adalah yang terbanyak suksesnya, juga bukan yang terbaik adalah raihan besarnya.

    Rasulullah saw, bersabda: “Taqwalah kepada Allah dimana pun engkau berada, dan ikutilah keburukan itu dengan kebajikan, sehingga keburukan terhapus. Dan bergaullah dengan sesama manusia dengan akhlak yang baik.” (Hr. Imam Ahmad, dan At-Tirmidzy).

    Seluruh proses adab itu adalah menuju keserasian dengan sifat-sifatNya, dan inilah yang disebutkan selanjutnya oleh Ibnu Athaillah:

    “Tak ada yang lebih penting untuk anda cari disbanding rasa terdesak, dan tidak ada yang lebih mempercepat anugerah padamu ketimbang rasa hina dan rasa faqir padaNya.”

    Sikap terdesak, hina, fakir, itulah yang membuat anda terus kembali kepada Allah swt tanpa sedikit pun faktor yang menyebabkan rasa tersebut muncul. Dan sebaik-baik waktu tentu saja, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Atyhaillah dalam Al-Hikam pula adalah waktu dimana anda menyaksikan sifat butuh anda kepada Allah, dan dikembalikan pada wujud hinamu di hadapanNya.

    Para sufi sering bersyair:

    Adab sang hamba adalah rasa hinanya
    Sang hamba tak pernah meninggalkan adab
    Sang hamba jika sempurna rasa hinanya
    Sang hamba meraih cinta dan kedekatannya.

    Hajat manusia bertingkat-tingkat, Ada hajat dunianya, ada hajat akhiratnya, ada hajat meraih anugerahNya, ada hajat hanya kepada Allah swt, saja.
    Tentu hajat tertinggi adalah menuju dan wushul kepada Allah Ta’ala, dan itu semua harus diraih dengan rasa butuh yang sangat, rasa hina dan fakir. Kepada Allah ta’ala.

    Pernah dikatakan kepada Abu Yazid, “Pekerjaanmu senantiasa dipenuhi dengan rasa bakti, bila engkau menghendakiKu maka engkau harus datang dengan rasa hina dan butuh.”

    Diantara makna berguna dari rasa butuh itu adalah:

    1) Rasa berpaling dari makhluk Allah Ta’ala secara total,
    2) Menghadap Allah dengan total pula,
    3) Sang hamba berhenti di batasNya tanpa membuat pengakuan sedikit pun.

    Tiga hal yang merupakan jumlah kebajikan dan kesempurnaan.

    Rindu: terima kasih ya mas, atas komen yang lebih panjang dari isi postingan saya :) hahaha … lengkap sudah isi postingan ini dengan komen seindah ini.

    • Waah..anda keliru..saya hamba Allah biasa saja..saya hanya sedang belajar menjadi pribadi yg terus belajar menjadi baik stiap saat,memperbaiki ‘cacat’ diri..sama seperti anda

      Adab yg saya singgung disini adalah ‘sopan santun’ kita kepada Allah Swt sebagai HAMBA..
      Kenapa Adab ini sangat penting…karena kita sering ‘terjebak’ pada ke’AKU’ an kita sebagai manusia yang merasa paling Kaya karena punya segalannya..harta,tahta, status sosial dll,Paling Mulia karena merasa sudah beribadat wajib n sunah setiap hari, Paling Kuasa karena punya kedudukan yang tinggi dan Paling Kuat..

      Kebergantungan terhadap Sifat-sifat Rububiyahnya Allah swt, merupakan perwujudan kehambaan (‘ubudiyah), sehingga sang hamba merasakan fana’nya diri dalam perwujudan kehambaannya. Sifat-sifat Rububiyah yang dijadikan gantungan hamba itu

      adalah: Sifat Maha Cukup nan Kaya; Sifat Maha Mulia; Sifat Maha Kuasa dan Maha Kuat. Maka dengan Sifat-sifat Rububiyah tersebut, muncullah respon ‘Ubidyah atau kehambaannya, yang menjadi kebalikan dari Sifat Rububiyah. Yaitu, sifat faqir, sebagai respon terhadap Maha Cukupnya Allah, sifat hina-dina, sebagai respon hamba terhadap Sifat Maha MuliaNya, dan sifat tak mampu hamba sebagai respon sifat Maha KuasaNya, serta sifat lemah hamba merupakan respon agar bergantung pada Maha KuatNya.

      Dalam proses interaksi antara Ubudiyah dan Rububiyah tersebut, seorang hamba kadang-kadang mengalami dua situasi yang berbeda. Terkadang yang muncul adalah Sifat Maha Kaya dan Maha Cukupnya Allah dalam pandangan hamba, terkadang yang muncul adalah sifat fakirnya si hamba kepada Allah swt.
      Apabila yang muncul adalah sifat fakirnya si hamba kepada Allah swt, maka sang hamba haruslah kembali untuk berselaras dengan adab

      Pertama: Posisi dalam keleluasaan dan dan kemuliaan.
      Kedua: Posisi adab dan pengagungan.

      Rasulullah saw, pernah memberikan seribu sho’ untuk menujukkan betapa Allah Maha Cukup nan Kaya, di satu sisi pun beliau mengikat batu di perutnya untuk menunjukkan sifat butuhnya kepada Allah swt. Pada kondisi pertama beliau menunjukkan betapa butuhnya manusia kepada Allah swt, dan kedua, untuk mendidik ummatnya.

      Sepanjang manusia tidak memiliki rasa fakir, hina, tak berdaya, dan lemah, lalu dirinya merasa cukup, mulia, hebat, kuasa dan kuat, maka ia telah terhijab dari Sifat rububiyahnya Allah swt. Dan orang tersebut akan terlempar dari sifat kehambaanya, kemudian jadilah ego dan kesombongannya menguat.

      Iblis dan Firaun adalah representasi “keakuan” paling fenomenal yang muncul kekuatannya dari kegelapan. Sifat “keakuan” yang sering dieksplorasi untuk pendidikan manusia modern, pendidikan yang menggiring manusia agar muncul dan eksistensial, sehingga lahir kekuatan-kekuatan adidaya manusia. Dan ketika kekuatan itu benar-benar muncul jadilah dirinya sebagai neo-Iblisian dan Firaunan.

      Mengenai esensi (Al-Kahfi:7) anda benar..setiap amal tergantung kepada niatnya…

      Syeikh Ahmad ar-Rifa’y
      Riwayat dari Umar bin Khotob ra, aku mendengar Rasullulah mengatakan:
      “Sesungguhnya amal-amal itu bergantung dengan niat-niatnya, dan sesungguhnya setiap orang tergantung apa yang diniatkan. Maka siapa yang hijarhnya kepada Allah dan rasulNya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasulNya.(Walahuallam bissyawab…)
      Dan barang siapa yang hijrahnya kepada dunia akan mendapatkan dunia, atau kepada perempuan, akan mengawininya. Maka hijrahnya tergantung apa yang doiorientasikannya.” (Hr. Bukhori, Muslim dan Nasa’y dan yang lain)

      Rindu: JANGAN DEBAT DI KEBUN SAYA, Komen hanya untuk mengomentari tulisan, bukan mengomentari komen lain :(

  23. dalam stahun kau begitu
    sedangkan aku
    huh…
    sunggu terlalu
    aku iri padamu
    wahai permpuan berkerudung

    Rindu: tidak adak kata terlambat … yok mulai detik ini kosongkan jiwa, isi hanya dengan kebaikan sehingga keislaman kita bermanfaat :)

  24. Subhanallah….

    Dia menepis resahnya
    kenakan kerudungnya dengan manis
    rok panjangnya menjuntai menguntai cintanya pada sang Ilahi…
    mengeja pelan setiap makna dan kebesaranNYA…

    Rindu: simple dan indah … suatu hari saya ingin kebun ini berisi sahabat sahabat yang mencintai ILLAHI, berbagi keindahan karena ALLAH, mengobati luka karena ALLAH, dan menulis komen karena ALLAH.

  25. mampir walau buncit, Gimana De kabarnya baik selalu kan? bila melihat judul aku langsung ingat sosok Rabiah Al Adawiah seorang Pencinta sjati Tuhan yang mengkaryakan hidupnya demi cinta Illahi, Semoga Kita semua mampu untuk meraih cinta Illahi dengan lebih baik, salam hangat selalu

    Rindu: kabar saya baik mas :) Rabiah adalah tempat saya bercermin, semoga saya mampu…

  26. De, semoga tetap istiqomah….
    memegang Al Qur’an dan Sunnah Rasul, di tengah hiruk pikuk kapitalisme dan globalisasi budaya…

    Kadang saya berfikir, jamannya anak saya kelak seperti apa ya? apa bisa sy memberikan bekal hingga anak saya bisa survive memegang Dienullah?….

    Rindu: mas, alquran dan hadits kan berlaku sepanjang zaman yah? jadi untuk membuat anak anak kita survive, jadikan dua hal tadi sebagai sandaran kala jatuh, sebagai peta kala tersesat, disana jelas mana benar, mana salah … ah semoga ALLAH mengkaruniakan saya anak anak yang soleh dan solehah :) *mari berdoa*

  27. Assalamu’alikum w w

    ahhhhhh…..
    leganya…
    setelah lama ga menengoknya
    makin hijau dan suburrr kebun ni

    Rindu: makin subur, makin indah, makin tawadhu, insya ALLAH :)

  28. saya setuju sekali pada statement..bahwa ujian Allah ini adalah bentuk kecintaan-Nya terhadap kita…
    makanya saya saya semakin cinta Allah…
    pakabar de?

    Rindu: alhamdulillah baik mas, dan saat ini ALLAH lagi sayang sayangnya sama mas, terima ujian kali ini dengan ikhlas ya mas, saya tahu mas pasti mampu melewati ini semua :)

  29. subhanallah, membaca tulisan mbak, hati ini rasanya turut disirami air sejuk menambah semangat untuk menjadi muslim yang lebih baik…
    amin :)

    Rindu: alhamdulillah, semua yang indah ini datang dari ALLAH mbak, saya hanya debu … yang akan hilang ditelan angin bernama waktu.

  30. Namaku dahulu: perempuanmencarituhan.blogspot.com

    Sekarang ganti: sangperempuan.blospot.com

    Rindu: nama saya dulu sayap … seiring dengan waktu, saya kembali ke bumi, berkebun disini, kita semua bermetamorposis kan sist :)

  31. mba posting lagi kapa nich?aq mau koment paling atas….

    Rindu: asik, ada yang nunggu, biasanya saya post seminggu dua kali, menampung dulu setiap kejadian, mencerna menjadi hikmah karena kebun ini adalah buku harian saya, tempat saya menuangkan isi jiwa saya agar gak penuh, dengan jiwa yang kosong ilmu lain akan masuk.

  32. ^_^ asalamu’alaekum… mg kabar ade sell dalam lindunganNYA, ameen…

    sejuk banget De’ semga kita bisa tetap dalam jalan lurus, beristiqomah dalam kebenaran, berakhir dalam khusnul khotimah, ameen…

    Rin, tetap semangat ya… semangat ade’ memberi saya inspirasi jg kekuatan, :-) maturnuwun, salam ‘alaekum…

    Rindu: kita semua lemah mas, kita semua rapuh …. tapi ketika kita menjadikan ALLAH sebagai sumber kekuatan, maka kita akan menjadi sangat kuat, ujian sangat kecil dibanding maha besarnya ALLAH, kan gitu yah?

  33. Subhanallah..tulisan anda menjadi pencerah suntuknya kerjaan dipagi hari ini. thank ya. Smoga bermanfaat utk semua pembaca. Amin..

    salam,

    tukanglistrik

    Rindu: lengkap sudah pengunjung kebun hikmah, ada guru mengaji, ada tukang kue, dan kini ada tukang listrik .. indahnya perbedaan :)

    • tinggal nunggu tukang ledeng, tukang kayu, dan tukang yg lain-lain maka Rindu bisa bikin PT atau CV.. :D

      salam,

      tukanglistrik

  34. =======

    “De, gue sudah belajar wudhu, wudhu itu bukan hanya membasuh anggota tubuh dengan air De, tapi juga membersihkan jiwa kita dengan basuhan air itu … “

    Salut dengan pemahamannya tentang wudhu…

    Iya, Febri benar De.. wudhu memang bukan hanya sekedar pembersih lahiriah saja tetapi juga ruhaniah. Wudhu dapat membersihkan hati dan jiwa, dengan terlebih dahulu merontokkan dosa-dosa dan maksiat yang kita lakukan, seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini,

    Apabila seorang hamba yg muslim atau mukmin itu berwudhu di mana sewaktu ia membasuh mukanya, maka keluarlah semua dosa yg dilihat dengan kedua matanya dari mukanya bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air yg terakhir. Jika ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah semua dosa yg diperbuat oleh kedua tangannya itu bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air terakhir. Dan jika ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah semua dosa yg diperbuat oleh kedua kakinya itu bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air yg terakhir, sehingga ia benar-benar bersih dari semua dosa. (HR. Muslim dari Abu Hurairah dalam Riyadush Shalihin)

    “Maukah kamu sekalian aku tunjukkan sesuatu yg mana dengan sesuatu itu ALLAH akan menghapus dosa-dosa kalian dan dengan sesuatu itu pula ALLAH akan mengangkat kalian beberapa derajat?” Para sahabat menjawab, “Iya, wahai Rasulullah.” Nabi bersabda, “Yaitu menyempurnakan wudhu atas hal-hal yg tidak disukai, memperbanyak langkah ke masjid-masjid dan menantikan sholat sehabis sholat. Maka itulah yang dinamakan ar-Ribath (mengikatkan diri dalam ketaatan).” (HR. Muslim)

    Untuk dapat “melihat” ALLAH tentunya kita harus membersihkan jiwa dan raga kita terlebih dahulu. Dan wudhu adalah tahapan pertama agar kita dapat “melihat” ALLAH, dengan merontokkan kotoran2, dosa2 dan maksiat2 kita. Kebersihan dan kesucian lahir dan bathin (yg diperoleh dari wudhu) tentunya akan membuka mata hati dan penglihatan bathin pun akan tersingkap pula. Dan tahap selanjutnya adalah dengan menghias diri dengan akhlak2 yang disukai ALLAH SWT.. dan insya ALLAH, “wajah” ALLAH pun akan terlihat.

    Wudhu adalah penanda awal, cara pertama, jalan nomor satu, untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan. Tujuan puncaknya adalah “wajah” ALLAH, yaitu kenikmatan dalam “memandang”-NYA. Kenikmatan akan kekuatan-NYA. Kenikmatan akan kuasa-NYA. Kenikmatan akan kemuliaan-NYA. Kenikmatan akan kebesaran-NYA.
    =======

    Rindu: saya suka kalimat ini “dengan wudhu kita mensucikan diri, dengan suci maka kita dapat memandangNYA, dengan memandangNYA maka jiwa akan tenang, plus wajah kita akan bercahaya” sungguh wudhu itu memang luar biasa, mulai sekarang selalu wudhu yah, selalu.

    • =======
      Wudhu pun menjadi pembeda antara umat Nabi Muhammad saw. dengan umat yang lain..

      Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memerlebar putihnya maka kerjakanlah itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

      =======

      Rindu: sungguh wudhu itu memang sumber cahaya, dan Febri mampu memaknainya :)

    • =======
      Dan malaikat pun akan memohonkan ampun untuk kita…

      Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, Siapa yang tidur dalam keadaan suci (berwudhu) lalu tidur dalam penjagaan malaikat, dan tidaklah dia bangun, melainkan malaikat itu akan berdo’a untuknya, “Ya ALLAH ampunilah hamba-MU si fulan, karena dia tidur dalam keadaan suci (berwudhu).”
      (HR. Ibnu Hibban, menurut Albani derajat hadits ini shahih, hadits no. 597 dalam shahihu at-Targhib)

      =======

      Rindu: makasih tambahannya ya Aa :)

  35. subhanallah…
    benar-benar menyadarkan….hehe..jadi tersentil…

    sepertinya blog ini akan sering saya kunjungi…hehehe….

    salam kenal yah mba…

    Rindu: janji yah sering sering kesini … jika indah itu karena ALLAH :)

  36. Subhanallah, maha suci Allah yang telah memasukkan cahaya dan memberikan rahmat-Nya kepada ‘Feb” sahabatmu itu, yang telah mampu mengambil pelajaran dan ibrah dalam setiap hidupnya. sungguh saya terlaaalu malu :D, terlahir dalam keluarga Islam tp keseringan saya lupa bahkan kadang2 “cuek” aja lantaran tidak tau dalam melihat dan menilai arti sisi kehidupan.
    kpn ya saya bisa berada pada titik nol, kembali terlahir dalam keadaan fitrah, kemudian melewati dengan baik permasalahan dan ujian2 yang diberikan-Nya dalam setiap roda kehidupan.
    skrng saya masih minus, msh banyak melakukan maksiat dan dosa, hiks :cry: :cry: klo udah dibaca, gantian dong pinjem jg bukunya hihi… ;)

    salam

    Rindu: mas, saya pernah berada di -99 tapi seiring dengan waktu saya melangkah 123 dst, dan kini saya tahu kemana arah pulang itu :) dan bekal apa yagn harus saya bawa. yok kita mulai mengosongkan gelas jiwa, karena ketika kosong maka ilmu akan mengisinya, kalo udah penuh gimana mau masuk tuh ilmu :) luber

    .

  37. Subhanallah… titip salam untuk sahabatmu itu ya… yang telah juga menjadi saudara kita :)

    Rindu: akan saya sampaikan, insya ALLAH dia membaca semua komen disini, dan kadang dia terharu :)

  38. saya tertarik sekali sama cerita tentang sholat yang 5 waktu, semoga hambamu ini mendapatkan maafMU karena terlalu baya’nya dosa yang telah di tinggalkan,

    Rindu: amin ya ALLAH :)

  39. postingan mbak rindu selalu reflektif dan mencerahkan. selalu membuka dialog utk makin mendekatkan kecintaan dan kerinduan kita kepada Sang Pemilik Kehidupan.

    Rindu: *tersipu kalau dipuji sama seorang guru*

  40. de… temennya sudah punya suami blum :D
    mungkin dia termasuk (PEPES) perempuan pencari suami :). saya siap nampung, hahaha.

    Wanita Berkerudung Bianglala

    Wanita itu bergerak cepat
    Kerudungnya berkibar
    Angin di sekelilingnya berubah aroma
    Bukan aroma melati
    Bukan aroma mawar
    Bukan pula aroma kesturi
    Tak bisa tercium oleh indra
    Tapi terasa di hati
    Membuat bahagia

    Wanita itu bergerak cepat
    Kerudungnya berkibar
    Memancarkan cahaya
    Tak terlihat mata jalang
    Tak ada warna di mata hubbuddunia
    Tapi sangat mempesona
    Bagi mata hati
    Yang bersih dan suci

    Wanita itu bergerak cepat
    Kerudungnya berkibar
    Kerudungnya yang lebar
    Tak membatasi geraknya
    Tak pula mengurangi cepatnya
    Karena kerudungnya adalah bianglala
    Yang berkibar indah
    Ujungnya menyentuh surga

    by coqi

    Rindu: kabar terakhir yang saya dengar sahabat saya ini sudah dijodohkan dengan anak pak ustadz, dan kabarnya mereka segera melenggang ke ladang ibadah yang lebih penuh ujian :) btw, makasih puisinya mas.

      • Semua cerita tentangmu
        Yang masih tersimpan di dalam benakku
        Meresap dijiwaku
        Memenuhi ruang hatiku….

        ode – padi

  41. Hasan al-Bashri, seorang sufi, mengatakan:

    “Carilah ilmu dengan sebenar-benarnya, asalkan tidak berseberangan dengan ibadah, dan laksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya, asalkan mengetahui ilmu, serta sarana dan prasarana ibadah.”

    Acuan kita dalam beribadah adalah bahwa kita sadar dengan sebenar-benarnya bahwa kita ini adalah hamba dan Allah adalah Tuan kita.
    Kewajiban seorang hamba adalah mentaati Tuannya, begitu pula kita sebagai seorang hamba. Maka beribadah merupakan wujud ketaatan kita kepada Allah, Sang Tuan.

    Kita juga sadar dengan sebenar-benarnya bahwa kita ini makhluk dan Allah adalah Khaliq (Pencipta). Kewajiban seorang makhluk adalah untuk menyembah, mengabdi, dan tunduk kepada penciptanya sekaligus kita juga menyadari bahwa kita ini makhluk, yang lemah dan butuh pertolongan serta lindungan dari Allah.

    Dalam Al-Qur’an disebutkan ‘ Sami’na Wa Atha’na’ (Kami dengar dan kami laksanakan).
    Begitulah semestinya seorang Muslim bertindak manakala dia sudah mengetahui tentang segala perintah dan juga larangan yang digariskan oleh agama.

    Allahumma akrimni biqadha-i haajati wa aljimni bi-thaatika
    Ya Allah muliakan aku dengan tercapainya hajatku dan berilah aku kekuatan dalam mentaati-Mu.

    Rindu: iya untuk urusan agama memang kita tak perlu berdebat, karena ilmu kita tak akan pernah cukup untuk debat, jadi memang harus ada guru yang membimbing, harus “Sami’na Wa Atha’na” SETUJU.

  42. wah… jaman sekarang ternyata masih ada blog yang komentarnya banyak ya… :-P

    Rindu: masih, dan alhamdullillah atas kasih sayang ALLAH, kebun ini selalu rame :)

  43. Subhanalloh. Kadangkala kita memang disapa oleh ALLOH dengan kasih dan sayang-NYA melalui berbagai kesedihan (menurut ukuran kita). Semakin berat dan sulit ujian yang kita hadapi berarti menandakan semakin cinta ALLOH kepada kita, tetapi hanya sedikit saja orang yang menyadarinya.

    Rindu: ujian adalah cintaNYA ALLAH, luka adalah cintaNYA ALLAH, jadi gak perlu takut luka … dariapada dicuekin, disenengin terus sampe kita lupa, dan akhirnya lalai untuk membayar dosa didunia :)

  44. nanti boleh pinjem ya bukunya… :-)

    Rindu: insya ALLAH nanti saya terbitin buku “Islam for dummies” doain.

  45. Semoga nanti bisa bertemu di surga dengan pemimpin / ketua para wanita disurga…..yaitu Fatimah Az Zahra…..kunjungan balik..blog baru,,,

    Rindu: amin ya ALLAH, insya ALLAH nanti kesana, tapi mohon maaf saya jarang keluar kebun mas :)

  46. cerita yang menginspirasi keislaman kita semua yang sudah bertahun2 dalam islam, setelah menelaah jadi berfikir aku ada dimana ya??? makasih ceritanya bu.

    Rindu: iya, kita ada dimana? :)

  47. ——————————
    Ujian dari ALLAH, sebagai tanda Cinta-Nya. Orang-orang yang paling ALLAH cintai adalah para nabi, Dan merekalah yang paling berat ujiannya. Ada banyak sekali para Nabi yang dibunuh oleh umatnya, bahkan dibunuh secara mengenaskan. Dan banyak para Nabi yang disakiti, dilecehkan dan diperangi oleh umatnya. Dan banyak para Nabi yang pengikutnya sedikit sekali atau bahkan tanpa pengikut, alangkah banyaknya dosa manusia.

    Dan Nabi Ayyub diuji dengan penyakit yang sangat mengerikan. Dan Nabi Yusuf diuji dengan saudara-saudaranya, sumur, majikan, wanita, dan penjara. Dan Nabi Ibrohim diuji dengan bapaknya, Rajanya, api, Istri dan anaknya. Dan Nabi Luth diuji dengan Istrinya. Dan juga para Nabi yang lain.

    Maka orang yang mengikuti Nabi dengan sebenarnya juga akan diuji.

    2.155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

    Namun kesusahan juga akan menimpa orang-orang yang durhaka kepada ALLAH.

    16.112. Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari ni’mat-ni’mat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.

    Maka apakah kesusahan yang menimpa kita itu ujian atau musibah? Itu kembali pada keadaan diri kita, Jika hidup kita telah sesuai dengan petunjuk ALLAH maka itu ujian, namun jika tidak, maka itu siksa dari Allah.

    Maka benarlah jika kita harus terus belajar petunjuk ALLAH yang benar, kemudian mengamalkannya dengan ikhlash. Kemudian jika ujian itu terjadi maka itu adalah penghapus dosa-dosa kita. Segala Puji bagi ALLAH atas setiap keadaan.
    ———————————-

    Rindu: kalimat ini indah “Maka apakah kesusahan yang menimpa kita itu ujian atau musibah? Itu kembali pada keadaan diri kita, Jika hidup kita telah sesuai dengan petunjuk ALLAH maka itu ujian, namun jika tidak, maka itu siksa dari Allah”.

  48. Semoga kita selalu melangkah menujuNya, mulai dari titik nol ataupun negatif yang penting kita berjalan. Apakah itu itu dapat 1, 1/2, 1/4 bahkan 1/100 pun yang penting kita harus melangkah maju, jangan diam ditempat bahkan mundur.

    Terus melangkah maju sobat, dan teruslah menyemangati teman yang lain agar kita bisa menang bersama-sama. Amin

    Rindu: mulai hari ini kita berkaca yok, mengosongkan diri kita sebab ketika kita merasa gelas kita penuh, gak akan bisa masuk air lagi, luber soalnya

  49. ———————————-
    Islam yang mudah adalah Islam yang asli, yang dipraktekkan oleh Nabi & para Shahabatnya, bukan Islam yang ditambah-tambahi, atau dikurang-kurangi. Karena Islam telah sempurna, tak perlu tambahan ajaran dari kita, dan tambahan itu hanya akan memberatkan, dan tidak diterima ALLAH, bahkan durhaka kepada ALLAH karena membuat syariat/thoriqot baru padahal syariat Allah telah sempurna.

    Taubat, kembali pada ALLAH, mengosongkan diri kita untuk menerima petunjuk ALLAH dan menjalankannya dengan ikhlash. Taubat akan menghapus dosa, dan masuk Islam juga kan menghapus dosa.

    Wudhu adalah juga membersihkan tangan kita dari dosa-dosanya, mungkin pernah menjabat tangan lawan jenis yang bukan mahram kita, juga wajah kita dari dosa-dosa, mungkin indahnya wajah kita telah menjadi fitnah bagi lawan jenis kita, mata kita mungkin telah memandang wajah yang tidak halal bagi kita, hidung kita mungkin telah mencium wanginya lawan jenis yang bukan mahram kita, mulut kita mungkin banyak mengatakan yang tidak baik, telinga kita mungkin lebih banyak mendengarkan yang haram & sia-sia, atau kaki kita…

    Wudhu yang diterima juga akan menjadikan badan kita yang terbasuh itu bersinar sehingga dikenal oleh Nabi di padang mahsyar nanti.

    Begitu juga sholat yang baik akan menghapus dosa-dosa kita dan mencegah kita dari kemungkaran. Kita mengucap ALLAHU AKBAR dalam sholat sekian banyaknya dalam sehari, maka seharusnya kita mengagungkan ALLAH dalam hidup kita dan takut pada-Nya dengan tidak mendurhakai-Nya.

    Semoga ALLAH senantiasa mengampuni kita, merahmati kita, memberikan Hidayah-Nya pada kita juga keselamatan, rizqi dan kebaikan dunia & akhirat. Amin.
    ————————————-

    Rindu: gini nih kalau orang langit komen, rasanya berat dan penuh ilmu :) makasih ya mas, kita saling melengkapi

  50. Allah memberikan taufik kpd siapa yg dikehendaki untuk melakukan kebaikan. bukan oleh selain Allah dari hamba2NYA juga bukan oleh para Nabi. mereka hanya bisa memberikan hidayah irsyad (penjelasan dan bimbingan) dan balagh (menyampaikan)

    Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendakiNYA (QS Al Qashash : 56)

    Inilah kekuasaan Allah kepada HambaNYA yang menuju kepadaNYA,maka Allah memberikan hidayah taufik yang ditanamkan oleh Allah kedalam hatinya, sesuai dengan kapasitas dan pemahamannya, walaupun dengan hal sederhana sekalipun, itu akan menambah keyakinan dan kecintaan kepada ALlah…

    Namun justru karena seorang hamba yang Ridha dengan kebenaran yang datang dari Allah, menempatkannya dalam sikap yang luhur ketika memaknai suatu musibah… “Bersyukur” ketika mengalami musibah, menurut Ulama Akhirat, adalah Tingkatan tertinggi ketika manusia di berikan ujian musibah, setelah Marah (dalam hati, lisan dan perbuatan) , lalu bersabar, Bersikap Ridha .

    Semoga kita semua mampu istiqomah dalam perjalanan menuju kepadaNYA…
    Amin Ya Rabb

    Rindu: mas, terima kasih sudah mengajarkan Ade tentang Islam dengan cara yang sederhana, bagaimana ikhlas itu dipraktekan, tawakal itu dijalankan, dan sabar itu dilakukan. :)

  51. Islam itu rahmatan lil alamin. Tergantung cara memikirkannya, semakin sulit berpikir tentang islam maka akan semakin sulit mendapatkannya. Aku rasa temanmu bisa menggunakan cara yang lebih mudah.

    Rindu: Islam itu tidak menyulitkan :)

  52. sungguh cahaya akan hadir pada hati yang telah gelap namun siap untuk menerimanya
    dan sungguh mengapa mereka yang lain tak mendapatkan secercah cahaya padahal mereka mengaisngaisnya adalah karena setiap kali menemu cahaya mereka melemparkannya kepunggung dan pura-pura tidak tahu…. beruntung sekali orang yang mendapatkan cahaya itu… jazkh…

    Rindu: ya ALLAH jadikanlah hati kami hati yang bening, agar masuk cahayaMU, karena ketika hati kami kusam penuh debu, bagaimana cahayaMU dapat masuk wahai ALLAH.

  53. Tulisan ini benar-benar memberikan banyak inspirasi bagi saya, terima kasih banyak :D

    Rindu: sama sama mas, memberi inspirasi untuk saya juga :) terima kasih sudah mampir.

  54. Subhanallah, sejuknya kebun ini.
    kalau di tv ada SSTI (suami-suami takut istri) disini ada P3T (para perempuan pencari tuhan)

    Rindu: kalau di PPT SCTV ada zaskia mecca disini ada Ade a.k.a RINDU :)

  55. subhanallah… semoga dipanjangkan umur dalam usia jaman kepada para pencari Tuhan… :)

    smangat mba’ ^^

    Rindu: namanya matahari? saya jadi ingat salah satu tujuan hidup saya untuk menjadi matahari bagi hamba hamba ALLAH yang lain :)

  56. De, saya juga banyak bertemu dan membaca buku-buku tentang muallaf-muallaf seperti itu. Masyaallah, mereka rata-rata lebih kuat dan lebih istiqomah. Memang beda jika berislam dengan ilmu dengan berislam karena faktor keturunan seperti kita. Bahkan tidak jarang dari muallaf-muallaf ini menjadi benteng ketika islam dihujat, diserang dan dilecehkan.

    Di negara-negara maju, terutama di Amerika Utara dan di negara-negara Eropa Barat pertumbuhan islam sangat pesat, dan merupakan angka pertumbuhan terbesar, sesuai dengan janji tuhan : Liyuzhirahi ‘aladdini kullihi-Allah akan nyatakan (kebenaran islam) itu diatas agama-agama yang lain.

    Semoga ya sahabat Ade itu semakin istiqomah dalam islam, dan semoga semakin canggih ilmu dan teknologi, semakin banyak orang menemukan cahaya islam …….

    Rindu: iya, para mualaf ini memang luar biasa yah, keikhlasannya membela Islam melebihi kita yang terlahir sebagai Islam :) subhanallah.

    • Oh ya De, judulnya boleh juga untuk sinetron ramadhan nanti, melanjutkan PPT [Para Pencari Tuhan] versi Bang Dedy Mizwar …….. Mudah2an Bang Dedy M ikut baca ya De ……..

      Rindu: insya ALLAH ada bang Dedy disini, yang pasti sahabat mualaf saya ini telah menginspirasi saya untuk menuli buku tengtang “Islam for Dummies” gimana mas?

      • Setuju De, biar jadi semacam buku panduan untuk belajar tentang islam yang gampang dimengerti, ringan, menyejukkan dan mengedepankan wajah islam yang ramah dan bersahabat ….. biar teman-teman kita yang lain ikut tertarik dan tahu bahwa islam itu indah lho …..

        Rindu: islam itu sangat indah dan tidak rumit … sahabat mualaf saya bilang sebelum dia menjadi islam “islam itu menakutkan ya De, semua gak boleh semua rumit, semua bid’ah, sukanya menyalahkan” waduh :) sekarang dia tahu bahwa islam itu mudah dan indah, rahmatan lil alamin kalo pake bahasa guru ngaji saya.

  57. Assalamualaikum. wr.wb.
    semoga terus istiqomah untuk ade dan sahabatnya..dan hikmahnya bermanfaat bagi kita…

    Rindu: wallaikum salam warhamatullah, doakan saya selalu istiqomah ya mas, seperti nama indah saya :)

  58. wadhu mbak yu maap bukan gua gak mau komen….postingan loe
    tp numpang singgah, salam kenal dari aku tukyman ;)

    Rindu: gak apa apa kang mas, santai saja :)

  59. wanita dengan kerudung hitam,, persis dengan pengalaman dan cerita manis saya..

    satu yang saya ga akan lupa dengan dia,, dia menganjurkan untuk menoba belajar ikhlas dan sabar..??

    Rindu: dia siapa tuh? :P

  60. hmmm…..rasa itu sejati dari dalam diri yang tawaqal dan ikhlas untuk Allah SWT Teh :D

    salam hangat

    Rindu: iya Aa, insya ALLAH saya ikhlas :)

  61. semoga tetap istiqomah di medan perjuangan yang tanpa henti, medan ujian yang tak putus dan medan pertempuran yang penuh tantangan…di dunia…

    hingga kita menjemput medan peristirahatan kita, semoga khusnul khotimah…amiin

    Rindu: amin ya ALLAH, menjadi orang baik itu tidak mudah sist … love you. :)

  62. memang iman tidak mngenal senioritas ya… ini buktinya… mualaf ini imannya jauh lebih bagus dari iman saya…
    ck.. ck.. ck..

    saya masih harus banyak belajar … :)

    Rindu: belajar itu katanya memang harus seumur hidup, agar kita berpulang dalam kondisi berilmu :)

  63. Ndoe perjalanan hidupmu penuh warna kayak pelangi, diantara warna warni itu kini kamu pilih satu warna. Dan bersyukurlah kamu dikelilingi orang2 yg sewarna. Semoga warna Ilahi itu tetap menemanimu sampai kamu berjumpa denganNYA…

    Rindu: iya, hidup saya memang penuh warna, sehingga gak membosankan, semua warna ini karena ALLAH sayang saya, hitam ketika luka.

  64. Ha ha ha, sekarang saya sudah di belakang lagi, kalah rajin deh sama yang lain-lain :-D

    Untuk sahabat yang sedang semangat menapaki kembali jati diri , saya ikut mendoakan semoga senantiasa istiqomah di jalan jihad ini. Pasti akan berat perjuangan, tetapi jangan khawatir, di jalan ini banyak sahabat seperjalanan yang dengan suka rela akan menjadi bagian yang lain dari tubuh yang sama (sebagai jamaah tentunya). InsyaAllah. :-)

    Titik nol menurut saya adalah kembali pada pengakuan kesalahan total cara pandang selama ini dan kita serahkan sepenuhnya untuk dirombak dengan nilai-nilai yang baru menuju jati diri yang hakiki.

    Untuk pendapat jeng Isti, setuju deh. Dan tentu saja selain membaca buku yang mudah juga perlu untuk mendapat bimbingan dari seorang ustad yang mumpuni dan ikhlas seperti yang telah kau jalani.

    Keep sensitive dengan segala keindahan wajahNYA yah :-).

    Salam.

    Rindu: iya mas, saya dan sahabat sahabat saya ini memang dibawah bimbingan satu guru :) cantik cantik loh muridnya, canda dink.

    • Telah disebut dalam Al-Qur’an : “Dengan mengingat (berdzikir) ALLAH, maka hati/jiwa akan menjadi tenang”.

      Menurut Ustad saya saya sih pengertiannya adalah dengan dzikir kita mengisi hati/jiwa ini.

      Pengosongan biasanya adalah dengan suatu proses pemutusan semua harapan dan ingatan kepada selainNYA. Seperti kata sahabat itu tentang ujian. Semua hal yang sebelumnya mengisi hati ini diusir pergi olehNYA.

      Nah setelah kita merasakan kekosongan itu, barulah kita bisa mengisinya dengan satu-satunya ingatan dan harapan, DIA dangan kasih sayangNYA.

      Jadi yang disebut ujian itu ya sebenarnya anugrahNYA yang sangat besar dan harus disyukuri. Begitu kan? :-)

      Sebenarnya ada lho cara yang khas bagi seorang perempuan untuk menggapai kedekatan kepada ALLAH dengan mudah, yaitu menjadi seorang istri yang sholihah sehingga suaminya ridlo padanya. Dari pintu selain itu yang mungkin adalah dengan menjadi seorang ibu yang sabar dan pengasih kepada anak-anaknya. Maka ketinggian surga pun hanya akan berada di bawah telapak kakinya (pernah saya singgung yah).

      Ahh, betapa beruntungnya perempuan sholihah :-).

      Rindu: iya saya pernah dengar tuh mas, rhido suami ridho ALLAH … tapi suami yang bagaimana dulu, kan gitu yah? karena suami itu semestinya adalah imam dalam membawa istri dan anak anaknya ke surganya ALLAH, surga dunia dan surga akhirat, kalau kerjaannya cuma melukai istri dan anak anak, kan gak bisa minta ridho darinya *sok tahu nih Ade* :)

  65. tinggalkan jejak dulu saya disni :) (lumayan masuk 20 besar xixixi… :D)

    sudh saatnya pulang (dah ada janji ama teman mau ke bank)
    nanti saya beri komentar :)

    salam ;)

    Rindu: ini saya juga dengan nengok kebun saya dari luar pager terus pergi lagi naek motor karena buru buru :)

  66. Jangan sampai kalah dengan sahabat Ade..
    *teriak untuk diri sendiri* :-)

    Rindu: yes, harus semangat … ayo kejar saya :P *kejarlah daku, kau kutangkap*

  67. Adem sekali rasanya membaca artikel ini. Dia sudah melalui perjalanan yang sangat panjang, saya kira. Mungkin untuk mencapai titik nol pun dia perlu perjuangan keras. Dan sekarang dia sudah menapaki anak tangga 1 dan 2 dan 3 dan semoga terus berlanjut.
    Saya punya dua harapan untuknya.

    Pertama semoga dia tetap istiqomah dalam langkah-langkahnya dan tidak berhenti hingga waktunya.
    Kedua semoga dia menapak di atas pondasi yang kokoh. Yaitu Aqidah yang lurus. Bukan yang tercemar.
    Salam …

    Rindu: terima kasih ya bang sudah berkenan mampir kesini, iya semoga doa kita semua di ijabah ALLAH, karena ketika akhirat menjadi tujuan maka dunia pasti akan mengikuti :)

  68. Ade, di awal tulisan Ade menyebut sahabatnya sdg mencari ‘titik NOL’. Di akhir tulisan Ade menyebut sahabatnya sdg berada di titik nol..Tepatnya di tulisan “Jujur,krn ketika bertemu dgnya setahun yg lalu, ia adalah perempuan yg berada di titik nol. arti pas ‘titik NOL’ mnrt Ade gmana sih? .. ato aku yg o’on ya De? ^_^ Kog sy agak bingung?…^_^

    Rindu: sudah saya revisi sist … karena sahabat saya telah melangkah dari titik NOL menuju 1 2 3 dst, makasih yah koreksinya :) sungguh tak ada tulisan yang tak retak

  69. Btw memang ada bukunya loh mbak rindu islam for dummies .. :D sampulnya warna kuning gitu hehehe … Suka postingan ini

    Rindu: oh ya? saya baru tahu loh ada bukunya, karena saya pikir si Febri becanda :) nanti cari deh.

  70. saya juga perlu buku nya, cari di mana ya..? karena saya lebih dummy dari sahabat ade Rindu, abis nya saya nich”orang nya bebal banget…begitu masuk kebun ade Rindu,sholat nya lumayan, tapi lama dikit, ndak berkunjung, sholat nya udah bolong lagi, bebal kan saya ini..!!jadi saya perlu sangat itu buku buat mengingatka terus menerus..wasalam…

    Rindu: bukunya ada dialam jiwa kita mas, tapak yang kita buat, hati yang ingin kembali itu semua adalah tulisan demi tulisan hidup kita … keinginan untuk menjadikan ALLAH segala galanya itulah Islam :) Islam bicara cinta ini akan jadi buku saya nanti.

  71. Hmmmm…kapan ya kira2 nicolas saputra jadi pemeran utama di senetron PPT (g nyambung *di timpuk empuknya blog) :)

    Rindu: setiap kali bicara bang Nico, maka hati saya langsung bergetar … hahahah, tambah gak nyambung. :P

  72. senangnya punya sahabat, teman seperjalanan yang tak kan biarkan kita tertinggal jauh darinya.

    Ade juga sahabat aku :)

    Rindu: ah bahagianya punya sahabat … makasih yah, sudah menjadikan saya yang sederhana ini sebagai sahabat :)

  73. jika Allah menghendaki, ilmu & kepahaman itu bisa diberikanNya kepada siapapun, dengan jalan apapun, termasuk dengan jerih usaha kita…

    Rindu: iya, karena ilmu dan hidayah itu memang harus dijemput, bukan ditunggu … udah gak musim lagi nunggu hidayah, tapi jemputlah hidayah itu dengan usaha kita itu betul mas :)

  74. siapa yg sanggup menolak petunjukNYA bila telah datang? Allah memberikan petunjuk kepada siapa yg dikehendakiNYA dan kepada mereka yg sungguh2 meminta petunjukNYA.

    Ujian memang harus dimaknai kasih sayang Allah,karena manusia sifatnya suka lupa saat diberi ujian kesenangan dan kenikmatan dunia. tapi biasanya akan ingat lagi dan mencari pertolongan Tuhannya saat diuji dalam kesulitan.

    siapa bilang diberi kenikmatan dunia itu juga bukan ujian? malah bisa jadi sebenernya lagi dicuekin dan dibiarin oleh Allah saat dia diberi nikmat dan malah sibuk bermaksiat.

    pernah liat orang kaya banyak maksiat tapi hidupnya tambah kaya? nah itu bisa jadi malah lagi dicuekin Allah,seperti terangkum di quran :
    (QS 6 : 44) “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami-pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”

    semoga kita semua mampu memaknai setiap ujian dengan hikmah yg baik,dan lulus menjadi pribadi2 yg mulia di sisi Allah

    maaf kalo kepanjangan komennya ya,salam untuk temannya dari sesama mualaf;p

    Rindu: saya pernah dengar “pikirkan ketika kita tak perah sedih, mungkin ALLAH melupakan kita” nauzubillahimdzalik, seperti apa nanti diakhirat ketika kita sibuk dengan kebahagiaan dan belum ada waktu menebus kesalahan di dunia :)

    • saya juga mau ah ,nanam pohon di riyadhus solihin yg satu ini:D

      semoga dapet amal jariyahnya buat ngurang2in dosa saya yg amaaaaaaaaat buannyaaaaaak ini ,astagfirullah,semoga Allah memaafkan segala kesalahan kita dengan banyak berbuat kebaikan.

  75. makasih de..
    pagi2 udah dapet inspirasi krena tulisan ini.
    hmmm kapan yah saya bisa menemukan wanita yang seperti d tulisan ade..? :D

    Rindu: sama sama mas Arief, perempuan seperti di tulisan Ade atau Ade? hahahah :) *dibekep*

    • hahay…..
      narsis #mode on# ini ade :D
      teruslah menulis yah de…
      biar kami selalu bisa menikmati kebun ini yang penuh hikmah.

      Rindu: insya ALLAH saya kan terus menulis selama ALLAH masih menitipkan napas :)

  76. Saya juga mau bukunya..
    Karena sepertinya saya jauh lebih dummy daripada sahabatnya…

    Rindu: nanti deh, saya tulis buku dengan judul “Islam for Dummies” :) gimana mas?

  77. Assalamualaikum wrwb …

    Moga berkah ya,,,

    Rindu: waallaikum salam, amin ya Rabb, banyak doa di kebun ini :)

  78. semoga sahabat ade itu terus dibimbing olehNya untuk terus berada di jalan yang diridhoiNya.. Ade juga, saya juga ;)

    Rindu: semoga ALLAH ridho, tak ada yang lebih kita harapkan lebih dari itu :)

  79. Subhanallah….Makasiy..menyentuh banget..semoga Ade en sahabat Ade selalu dalam limpahan Cinta Allah SWT. Amin..

    Rindu: amin ya ALLAH, hidup ini memang indah ketika kita berbagi keindahan yah … indahnya langit, indahnya bumi, subhanallah :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s