Catatan Tentang Patah Hati

cinta dan doa

Ini hanya sebuah catatan, ehm… catatan patah hati !! jika mendengar kata itu pasti yang terlintas dibenak saya dan pasti kita semua adalah tentang cinta yang kandas, tentang cinta yang putus sampai disini saja, tentang perpisahan, tentang airmata yang berlinang, tentang perihnya hati seperti tersobek sobek, berdarah darah, teriris iris, dan semua yang menyebabkan dunia serasa mengalami kiamat kubro, kata nya “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” hahahha :) apa iya sih patah hati seperih itu lukanya :) *tanya aja sama diri lo sendiri De* untuk yang kesekian kalinya hati nurani saya menjerit kejepit :)

Hati sanubari saya kadang berputar putar menari nari mencari jawaban kenapa sih cinta yang putus itu diberi judul patah hati, apa tidak ada istilah lain yang lebih indah gitu, misalnya “reinkarnasi cinta” atau “metamorposis hati” atau “kepompong basi” hahaha… pokoknya jangan pake istilah hati yang patah lah, padahal kan sebenarnya gak separah itu bukan? tapi sudahlah, toh apapun istilahnya tetap saja putus kan? jadi gak penting lagi istilah yang penting adalah bagaimana ketika cinta itu kandas, ketika cinta itu tak lagi tersambung, ketika cinta itu tidak lagi mau menjadi milik saya, dan ketika si dia tak mau lagi menjadi tempat penitipan hati saya :)

Jika begini keadaannya maka patah hati sama dengan atau identik dengan airmata, apa iya? gak juga, patah hati itu identik dengan hikmah, coba lihat catatan saya dibawah ini:

Ah seharusnya saya bersyukur masih diberi rasa patah ini oleh ALLAH, masih bisa menangis, itu artinya saya masih punya hati kan? bukan hanya sekedar hati, tapi hati yang sensitive,yang  lembut danyang  mampu bahagia dan luka, dan airmata yang mengalir ini bisa membersihkan kelopak mata saya yang kusam menjadi bening kembali karena airmata yang berlinang membawa semua kotoran dimata sehingga bening kembali kelopak mata belo milik saya :) bayangkan kalo kita gak nangis sebulan, apa gak perih tuh mata, menagislah karena mencintai ALLAH pada saat kita sendiri… airmata ini lebih bernilai pahala daripada nangisin si dia, orang yang ditangisin gak tahu koq kita nangis :)

Maka nikmat yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri, bahkan didalam air yang berlinang melalui mata ini, ALLAH menitipkan kasih sayangnya.

Kemudian saya mulai berpikir mungkin ada lagi nikmat ALLAH di balik kata patah hati ini, coba bayangkan, pada saat jatuh cinta kemarin mendengar suara telephon si dia lebih indah ditelinga saya dari suara adzan, sms mesra dari sang pujaan hati lebih sering saya baca baca dan berulang ulang agar lebih mengerti artinya dan lebih bergetar mencintainya, lalu seberapa sering saya membaca ulang sms sms dan surat cinta, email dari si dia daripada saya membaca surat cinta dari ALLAH yang tertuang lewat AlQuran? ah sungguh cara mencintai yang salah kaprah :)

Dan kini setelah tak ada lagi sms darinya, tak ada lagi suara indahnya, hikmah mulai terlihat bahwa dibalik hati yang teriris iris berdarah  darah ini ALLAH hendak mengembalikan saya kepada cintanya ALLAH, apa ada cinta yang lebih indah dari cinta sang pemilik napas ini? gak ada kan, maka nikmat ALLAH yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri? :) dibalik patah hati ini ALLAH menyelamatkan saya dari cinta yang salah, sahabat saya bilang “cinta itu berhala jika salah menafsirkan, kita menyembah dan memuja cinta melebihi menyembah dan memuji ALLAH” nauzubillahimindzalik, cinta gak salah sih mungkin hanya tidak tepat ketika saya lebih mencintai sang pujaan hati daripada mencintai ALLAH. :)

Ketika saya kehilangan si dia, setiap kali saya ingat dia, saya mulai gelisah, keluar keringat dingin, bengong mikirin langit kenapa warnanya biru, padahal sudah dari sananya emang biru warnanya, merasa bahwa hanya saya didunia ini yang hatinya patah, maka saya ingat ucapan guru mengaji saya “De, hanya dengan mengingat ALLAH hati menjadi tenang” maka yang saya lakukan kemudian adalah membeli tasbih yang digital agar saya bisa tetap dzikir dimanapun dan kapanpun, jika belum tenang juga saya membaca AlQuran sehingga selesai patah hati, khatam saya membaca AlQuran, ah sungguh dari patah hati ini ALLAH mengembalikan saya kepadanya, maka nikmat ALLAH yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri. Ditengah patahnya hati, saya khatam Quran dan berdzikir lebih banyak lagi, sehingga qualitas keimanan saya otomatis meningkat :)

Ingatlah bahwa ALLAH maha membolak balikan hati dan keadaan, jika hari ini ALLAH masih menitipkan cinta maka janganlah menjadikan cinta itu berhala dengan memujanya seolah olah dunia ini milik berdua, jumlah sms jadi lebih banyak dari jumlah rakaat shalat, jumlah pulsa telephon jadi lebih banyak dari rupiah yang kita sedekahkan, duduk berduaan ditempat sepi jadi lebih indah dihati daripada duduk tafakur diatas sajadah dan bermesraan dengan ALLAH dan jika ALLAH membolak balikan hati saya dan sidia dari cinta menjadi tak cinta maka ganti kata patah hati dengan syukur hati karena ALLAH lebih mencintai saya dari pada si dia, terbukti ALLAH mengambil saya untuk dikembalikan kedalam haribaan, limpahan kasih sayang dari kekasih hati yang baru dan selamanya yaitu ALLAH. Siapa sih yang gak mau jadi kekasih ALLAH, tenang, damai, indah, cukup rasanya hidup ini :)

Saya + ALLAH = Cukup.

ah sungguh nikmat ALLAH yang mana lagikah yang sanggup saya ingkari, bahkan hikmah begitu banyak ketika saya melihat kembali catatan dari gempa akibat patahan bumi, eh gempa dari patahan hati  yang kemarin :) bukan menolak syurga dunia sebelum syurganya ALLAH, tapi ketika saya mencintai Nicholas Saputra melebihi cinta kepada ALLAH, maka tunggulah hingga ALLAH menegur, takut kan? makanya, jangan keterlaluan lah.

 

 

About these ads

263 thoughts on “Catatan Tentang Patah Hati

  1. sesungguh nya dengan bertasbih dan sholat malam lah yang mampu membimbingng kita ke jalan yang baik
    amin
    terimakasih gan atgas postingan artikel nya sangat bagus gan
    wasalamualaikum wr.wb

  2. Reblogged this on Rika Sulastri's Blog and commented:
    Patah Hati…biarkan Alloh yang menyambungkannya kembali, mungkin tidak akan utuh…tapi yakin, Alloh menjadikan patahan bersatu dengan lem paling kuat, terbaik menurut Alloh…bekas patahan dijadikan sebagai pengingat bahwa berkat inilah, hati ini lebih kuat lagi.

  3. sangat membantu tulisannya,saya memang sedang dlam patah hati dan di duakan oleh kekasih saya dan sekarang sudah menjadi mantan . . . .!!! sakit rasanya ,bagai tersayat-sayat hati saya

    izin copas ya ukhti,trima kasih. . . . .

  4. memang selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa ya.. Apa2 yang menurut kita pahit belum tentu pahit di sisi Allah :)

  5. syukran ukh “catatan tentang patah hatinya”, saya lagi patah hati sekarang… sangat mendadak semuanya berubah, sehari sebelum putus masih baik2 saja, tapi keesokan harinya dia membuat pengakuan yang menyakitkan hati saya, dia mencintai orang lain..

    benar kata ukhti, saatnya kembali kepada ALLAH… dengan mengingat ALLAH hati jadi tenang… saya sangat bersyukur masih ada ALLAH di saat sekarang…

    mungkin ini teguran dari ALLAH, diduakan itu sakit rasanya, oleh karenanya jangan pernah duakan cinta ALLAH… cintailah ALLAH dengan tulus dan setia maka saya yakin suatu saat ALLAH juga akan memberikan seseorang yang tulus dan setia kepada kita…

  6. buat apa nangisin orang yg udah nyakitin. kalo udah sakit banget rasanya mending lupain aja. toh, kalo kita pergi dan kalo dia bener2 sayang sama kita, aku k\yakin. cinta itu akan kembali mencarimu lagi :'(

  7. Patah hati pasti semua orang pernah merasakan,tp buat sy yg terpenting jangan sampai patah iman ,menurut sy catatan ini sungguh luar biasa,pengalaman sy kt hrs rajin2 berkumpul dengan orang2 yg saleh,yg pandangan nya selalu engajarkan kt tentang bagaimana mendekatkan diri kt kpd sang pencipta,ya Allah kuatkanlah iman kt penuhi kehidupan ini dengan ketaatan kepadaMu,jangan biarkan hati ini melupakanMu walau sejenak,dan limpahkanlah salawat dan salam atas jungjunganku Nabi Muhamad da keluarganya,

  8. iy, bener bgt…
    jika dalam keadaan seperti itu, kt sering lupa…

    tp, gak bs di pungkiri…
    sangat sulit untk menjadi kekasih Allah…

    mungkin selalu minder…
    apakah Allah mau, menjadikan hambanya(yg penuh dg dosa ini) sbg kekasihNYA?

    dan apakah akk pantas menjadi kekasihNYA???

    wallahualam…
    tp, akk masih tetap berusaha mendapatkan Cinta dariNYA??? ^_^

  9. mksih
    wlpun aku baru prtma kali ptah hati
    namun aku harus sadar masih banyak yang sayang sama aku

    sedih banget

  10. yak, kembali saya komen disini. Catatan ttg patah hati untuk mengingatkan saya catatan patah hati ini, dimana saya tahun 2010 pernah komen di atas.
    Saya patah hati lagi untuk kedua kalinya dengan orang yang sama. Sungguh bodoh ya saya?

    Semoga ini terakhir kali saya patah hati.
    Pasti ada hikmah dibalik patah hati. Karena Allah pasti memiliki sesuatu buat kita.
    Pelajaran buat kita. Instropeksi diri

    Kembali selalu mengingat Allah, itu lah yang terbaik.
    Obat saya patah hati adalah membaca buku, dan menulis. Bertemu banyak orang, bagi saya kurang membantu.

    Terima kasih buat catatan ttg patah hati. Saya melirik lagi kembali tulisan ini.

  11. aku juga lg patah hati….patah hati itu benar2 sakit ya,memb0sankan,m’yakitkan…ya tuhan,,,aku nggak tau hrus ngapain??buntu sgt2…

    • patah hati… hhhhmmm sungguh sangat sangat menyakitkan, siank malam yang ada di otak cuma ada sosok orang yang pernah kita cintai itu. hingga sayapun dapat menyimpulkan ” jika patah hati, saya seakan takut jika malam datang. sebab di saat saat hening seperti itulah bayangan dia seakan menari2 di atas diam dan lelehan tangisku. ” dan saat inipun patah hati sedang melandaku. benar kata komen Fela di atas. jika patah hati obatnya adalah membaca dan menulis. akupun melakukan hal yang sama seperti itu. walaupun kadang tulisan ku itu mengandung banyak pengertian2 patah hati yang sesungguhnya sedang aku sembunyikan. akh.. tapi ini hati. yang kadang tidak bisa di sembunyikan sesempurna mungkin. dan aku… hanya berpegang teguh padaNya. pada do’a dan munajat2 yang ku agungkan terhadap illahirobby. semoga dengan terciptanya PATAH HATI ini manjadikan diri ini semakin mendekat denganNYA. amin amin ya robb… ^_^

  12. Salam kenal mba Rindu….
    Saya rasa semua orang pernah merasakan patah hati, tapi dibalik itu banyak hikmah yang bisa kita dapatkan, mungkin orang itu ga baik untuk kita, dan bukti kasih sayang Allah untuk kita agar kita bisa lebih dekat dengan-Nya, semoga Allah menggantikan dengan yang lebih baik lagi…

  13. maksih mba …apa yg mba ceritakan diatas ..benar2 Q mgalami-y n sekarang Q mengerti knp aku patah hati mungkin karena allah syg pd ku n dia ingin menjauhiku dari org yg telah menyakiti hatiku n membuatku lupa akan pada kecintaanku pada allah ..semoga aku dapat bertemu cnt c0z allah n trakhir dlm hdup ku ..amin ..sekali lagi terima kasih mba

    • sip banget krna memang benar yg patut kita cinta dan syangi adalh ALLAH,,,,ini bkin aq semua jd bsa berpikir positif.

  14. mungkin d dunia ini hanya sy yg mengalami luka yg amat sangat dalam.. hahah..
    bhkan ak ngetik, aer mata sambil netes.. hahahahaa… :'(

  15. dah byk cmentx,
    hemh, hati ini sdah hampir staun krg sbln abln perih.
    Hati yg blum prnah mngenal cinta akan lawan jenis, tiba2 hrus mngenalx, nmun hya sbntr, dan itupun dlm ktrlambtn, dan prpisahan yg tiada masalah dan kbencian, dalam kbaikan.
    Tp ttp perih wlpn sdh brusaha tuk ikhlas, krn mgkn diri mmg blum pantas tuk mlindungi dirix,
    ya sudahlah by bondanpnf2b
    emh, mksh mbk,
    pgn praktekin, mga jlnx mudah,
    krn mmg perih itu mgkn takkan prnah hlang,
    dan sbnarx wlpn perih, q mnyukai knangan itu dan enggan melepasx.
    Cinta 1 n trakhir sampai saat ini, smoga slalu bahagia n slamat buat bayi dekyu yg akan lahir,
    ha3, msh netesin pmbersih mata, hampr staun, tp msh, ya gt dah, ha3.
    Iseng2, krn msh trasa perih, nulis patah hati di mbahe,
    pnghibur hati, ya mgkn blum mnumakan pnggantix krn diri ini msh blum siap tuk mlindungi dan mnghidupix, maka blumlah dkrmkn dirix,
    pgn cptn nikah, tp blum, diri ini msh rusak dan kotor, ha3, geblek.
    Mksh, smoga hati ini bisa, . . . . . . .
    Lbh baik sakit gigi drpd sakit hati, bener dah, coz dah ngrasain 22x

  16. assamualikum…
    subhanallalah mbk kalimat2nya sungguh indah,,
    jadi tersentuh…krn pengalaman mbk ptah hti..
    jadi bsa lebih mengmbl hikmhnya:)
    sukron mbk lam kenal dri plembng:)

  17. Alhmdulillah stelh bca tlisan ini,,,,
    htiQ mlai sdar,,,,
    stelah hri2 kmren q sllu nangis,,,,
    thnks ya sist,,,,,
    Insya Allah,,, sbntr, bsok dn sterusx Q bsa mlepasx pergi dngn ikhlas,,,
    dan tdk nangis lagi,,, ^_^

  18. wow, ini tulisan yang berbeda…
    ada sesuatu yang tidak lazim saat saya membacanya…
    keren, keep write for your life oke…
    i like banget dah…
    kunjungan balik ya…

  19. saling mencintai sesama manusia juga ciptaan-NYA kan?jadi mencintai seseorang karena-NYA. saya ga mau kaya robiah aladawiah yang ga nikah karena katanya cintanya begitu besar pada yang KUASA. bagus tapi saya tidak mau seperti itu. cinta kepada-NYA memang tiada banding,salah satu bentuk anugrah cintanya yaitu diberi saling mencintai laki2 n perempuan

  20. alhamdulillah….menyentuk banget ya mbak kata-kata nya,..walau pun aku baru baca..tapi hati ku tenang banget
    bener mbak..aku pengen banget mbak punya pendamping hidup ku yang bisa menjadi imam buat ku..yang bisa
    menuntuk aku kejalan ALLAH..aku juga merasakan mbak, andai aku sedih..aku selalu mengadu kepada ALLAH, dan hati ku langsung tenang gitu..tapi kalau lagi senang juga gak lupa kok..belakangan ini aku jarang banget baca ALQURAN..biasa sehabis shalat magrib, aku pasti mengaji..terimakasih ya udah membuat hatiku tenang dengan kata-kata ini..terus berkarya dan ingat kan kami dengan kata – kata yang dalem ini ya mbak..terimakasih..ASSALAMUALAIKUM

  21. searcing, eh nemu ini… hehe
    good job mbak, dan memang
    “segala sesuatu yang berkarta ada pengkilapnya, dan pengkilap hati adalah mengingat Allah”
    Baihaqi.

    lha kan tapi kl sebelum patah hati, kan harusnya ya tetep baca quran no…
    mosok baca qurane kl pas patah hati mulu. hoho.

    garuse emang kudu bisa menyeimbangkan, gimana coba besok kl besok punya suami??? nah kan…
    lha kan tiap hari bisa jatuh cinta melulu apalagi manten anyar

  22. ahhh.. catatan ini… catatan yang mengubah hidup saya setahun yang lalu..

    Terima Kasih Ya Rabb.. Ya Nurul Qalbu..

    Aku tahu tidak ada rencana-Mu yang sia-sia..

    Gak mau ah, lagi2 ninggalin Allah buat manusia.. rugiiiiiii….!! :D

  23. saya baca blognya… Indah.. mudah2an setiap tetesan air mata ini akan tergantikan dengan kebahagian. “kebahagiaan yang tertunda” amin..

    terimakasih mbak rindu.. salam kenal..

  24. Sering berkunjung ke blognya mbak Ade, selalu terkesan meskipun sy jarang meninggalkan pesan. Yang ini juga tidak terkecuali. Apalagi di catatan (hampir) terakhir, Saya + ALLAH = Cukup. Semoga semakin banyak yang berkunjung & semakin bermanfaat, Amin;

  25. Subhanallah..
    Trimakasih ya mbaaa… Tulisan mbaa sungguh ngena dihati sy…
    Dan memang Allah sgt sayang padaku sepertinya… Mencintai Allah tak akan pnh mngecewakan. Patah hati ini banyak hikmahnya.. Walo jujur masi nangis bombay… Smoga ibadahku tmbh khusuk lagi, amin.

  26. Thank’s mb… membaca tulisanmu sakit hatiku sedikit terobati…
    Tak mudah menerima kenyataan pahit bahwa suami yg kunikahi 16 thn lalu ternyata gemar berselingkuh…
    Sudah kucoba menerima dengan berbagai cara… tapi rasanya tetap saja tak sanggup…
    sebab terlalu perih rasanya…
    Daripada melakukan hal yg nggak2 yg nantinya bisa merugikan kedua anak2ku… akhirnya aku mampir di web mbak…Thanks mbk, semua tulisannya bnr2 menyejukkan hatiku…

  27. Hari ini buka FB, dan saya melihat kalau Foto/Gambar yang ada di Catatan Tentang Patah Hati ini muncul di sebuah Note FB nya seseorang yang saya tidak kenal, mudah2an beliau sudah minta izin ke Pemilik Blog ini.

  28. wallahi…..
    aq tak ingin alami hal itu lg…skit itu lebih dari sakit apapun yg pernah ku rasa.

  29. Dear all Mengapa istri saya patah hati kepada orang lain ( anak om saya)…? tolong sarang

  30. Mbk rindu,aku takut jatuh cinta lagi,takut ada yang akan tersakiti lagi. :(
    Ya ALLAH cinta-Mu lah yanh hakiki.

  31. makasih ya mba, atas kalimat ” nikmat yang mana lagi yang sanggup saya pungkiri, bahkan di dalam air yang berlinang melalui mata ini ALLAH menitipkan kasih sayangnya “.. kata kata itu sangat membuatku terharu..

  32. assalaamu’alaikum…mba Rindu, andai Tuhan pertemukanq dgn wnt sesbr dn stegar drmu…slm kenal…

  33. ceneng deh bacanya,, aku lagi patah hati udah 2 minggu ini ga pulih2 sudah cukup lama jg, kasih yg hampir sampai tapi akhirnya tak sampai e mba,,hikzzz…,mungkin benar kata koment diatas hal itu ” karena aku bepikir dengannya lah aku bahagia makanya pas ga kesampean jd sakit hati , kecewa n sedih tak bertepi” achhhh…sama seperti mba rindu bilang “aku hampir kehilangan cara utuk menghilangkan rasa ini”..paling tidak tulisan yg ada memberikan sedikit pencerahan..

    knalan dung mba , add ym ku ya k4_kero@yahoo.com
    trimz

  34. time kasih… alhamdulillah… walaupun dalam bahasa indonesia..tp penulisannya masih bole di baca oleh sy..
    sgt berinformasi..
    susunan ayat yang indah..
    maybe awk mggunakan bahasa indonesia y standard.. tu la psl sy bole fhm..time kasih ye..
    lastly, persahabatan xmengenal benua k…
    he3 Malaysian people..

  35. hai mba..tulisan ini mnecerahkan aku yg sedang berduka..aku hanya seorang wanita biasa yg tak kuasa melihat ‘calon suami’ ku trnyata selinguh dgn perempuan lain dan mengakibatkan kelahiran seorang anak,dan kabarnya mereka pun akan menikah..pantaskah aku untuk tetap mencintainya..??tq ^_^

  36. Intrik , cinta dan patah hati

    Ini kata yang tepat , sebuah upaya manusia memilih keadaan dimana atara harapan dan kenyataan berbeda.

    Patah hati mudah di obati Ya dengan mimilih serta memfokuskan keadaan dimana harapan dan kenyataan berbeda menjadi jiwa dalam segenap hati dan perasaan. Bila ini meyatu tak ada istilah patah hati.

    ah , biasa saja. Dia hatinya belom terpaut ya Berdoa saja moga terpaut, belom juga ya berdoa lagi belom juga ya . Menunggu ketetapan Allah yang lebih baik dari sekarang. Mudahkan

    Ini curhat apa koment ya , apa sajalah yang penting bisa mengunjungi blog ini

  37. Bila Kau memandang segalanya dari Tuhanmu
    Yang Maha menciptakan segalanya
    Yang menimpakan Ujian padamu
    Yang menjadikan sakit hatimu
    Yang membuat Terhalangnya keinginanmu
    serta yang menyusahkan hidupmu

    Pasti akan terasa damailah hatimu
    Karena adakah Allah ….
    Mentakdirkan segalanya untuk sesuatu yang sia-sia

    Bukannya Allah tidak tahu
    akan derita Hidupmu dan Retaknya Hatimu
    Tapi itulah yang Dia tahu
    yang terbaik untukmu
    Karena Hati yang seperti inilah
    akan lebih lunak dan Mudah
    Tuk Akrab dan dekat dengan-Nya

  38. wah, saya lagi patah hati nih..trus cari-cari cara menenangkannya di google..trus ketemu situs ini,.. isinya keren and indah banget..salut ma yang nulis..hehe
    *5 thumbs up*

  39. assalamualaikum
    aku baru baca nic..

    kisahnya hampir sama ma aku… dari patah hati “putus sama mantan” saya lebih mengenal Allah SWT dan lebih mencintainya… ngapain nangis buat seseorang nangislah karna teringat dengan dosa-dosa kita…

  40. Sesungguhnya manusia itu diciptakan dari setetes air mani yang bercampur, yang kami hendak mengujinya dengan perintah dan larangan karena itu Kami menjadikan dia mendengar dan melihat (punya hati dan pikiran – pen)Sungguh Kami telah menunjukan jalan yang lurus, ada yang bersyukur dan ada yang kufur (Al Insan : 1-3);
    Lalu seperti apa jalannya orang-orang yang lurus ? inilah ijab qabul nya :
    “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang dijalan Allah sehingga mereka terbunuh atau terbunuh, sebagai janji yang benar dari Allah di dalam taurat, injil dan al-quran. dan siapakan yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan, dan demikian lah kemenangan yang agung” ” Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, beribadah, memuji (allah) mengembara, rukuk, dan sujud, menyuruh berbuat makruf, dan mencegah dari yang munkar dan yang memelihara hukum2 Allah dan Gembirakanlah orang2 yang beriman” (At-taubah :111-112).
    Segala Bentuk Keindahan, Keagungan, Kebaikan, Kegagahan hanyalah milik Allah Semata,.. so if we know that!
    My first and last love for Allah…
    Mencintai dan Membenci karena Allah tak akan merasa sakit hati apalagi patah hati… termakasih, kl ada sumur diladang izin minum + mandi, kl ada umur diperpanjang boleh lah saya koment lagi … Keep the spirit.
    Waslkm Wr Wb

  41. maafin saya yah, kalo membuat mbak rindu patah hati…sungguh jabrig nggak nyangka loh, tapi mau gimana lagi…mbaknya yang sabar ya. masih banyak yang laen kok, yang lebih baik dari jabrig… (kabuuurrrr………).

    Rindu: saya sabar koq, yang lalu biar berlalu … gitu kan yah? :)

  42. subhanalloh..tulisannya menyentuh banget apalagi sekarang saya sedang mengalami patah hati yang sangat….ga bisa dibayangin deh..tiap hari murung dan kerjaannya nangis…tapi setelah baca tulisan diatas saya jadi bersemangat lagi…hohooho…makasih n sukses ya mba..^____^

  43. salam kenal yach,,,
    tulisanx bguz bgt…emang semua yang terjadi akan datang silih berganti dan semata-mata terjadi hanya karena Allah

  44. Keren mbak tulisan nya, aku lagi sedih mb, karena ibu gak suka sma pcr aku, o-
    jadi kita udahan, padahal kita baru …
    Mungkin Allah gak izinin ya mb …
    O_o

  45. bergetar hati saya saat membaca kalimat yang ini ” Maka nikmat yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri, bahkan didalam air yang berlinang melalui mata ini, ALLAH menitipkan kasih sayangnya.” dan ini ” maka nikmat ALLAH yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri? dibalik patah hati ini ALLAH menyelamatkan saya dari cinta yang salah ”
    dibalik semua kejadian terdapat hikmah yang sangat besar yang saya terima.
    Terima kasih mbak postingan ini mengingatkan saya pada ALLAH, walaupun saya juga lagi patah hati saya akan mencoba untuk tidak trus2an sedih dan saya akan terus mengingat nama ALLAH mbak, karena ALLAH lah yang bisa menyembuhkan luka hati saya :)

  46. kalau saya sampai saat ini belum pernah merasakan patah hati, malah membayangkan rasanya saja tidak terbayangkan,

    jadi, saya nyanyilah, lebih baik patah hati dari pada sakit gigi

    *sumpah, saya sudah pernah sakit gigi, dan sakitnya kagak ketulungan, kagak mau mau lagi dah sakit gigi, amin*

    tapi, melihat banyak orang yang berkata patah hati itusakit, maka saya berharap tak merasakannya.

    dan cinta saya pada Allah, tidak mungkin Dia lukai, ahhhhhhhhh

  47. Di alam jiwa, sayap cinta itu sesungguhnya tak pernah patah. Kasih selalu sampai disana. “[I]Apabila ada cinta di hati yang satu, pastilah ada cinta di hati yang lain”, kata Rumi. “Sebab tangan yang satu takkan bisa bertepuk tanpa tangan yang lain”. Mungkin Rumi bercerita tentang sesuatu yang seharusnya. Inti cinta adalah memberi.. Kalau cinta berawal dan berakhir pada Allah, maka cinta pada yang lain hanya upaya menunjukkan cinta Pada-NYa, pengejawantahan ibadah hati yang paling hakiki: selamanya memberi yang kita berikan, selamanya membahagiakan orang-orang yang kita cintai.

    Dalam makna memberi itu posisi kita sangat kuat : kita tak perlu kecewa atau terhina dengan penolakan, atau lemah dan melankolik saat kasih kandas karena Takdir-NYa. sebab disini kita justru sedang melakukan sebuah “pekerjaan jiwa” yang besar dan agung :Mencintai. Ketika kasih tak sampai, atau uluran tangan cinta tertolak, yang sesunguhnya terjadi hanyalah “kesempatan memberi” yang terlewatkan. Hanya itu!!. Setiap saat kesempatan semacam itu dapat terulang.

    Selama kita memiliki cinta, memiliki “sesuatu” yang dapat kita berikan, maka persoalan penolakan atau ketidaksiapan jadi tidak relevan. Ini hanya murni masalah waktu. Para pecinta sejati selamanya hanya bertanya : “Apakah yang akan kuberikan?” Tentang kepada “siapa” sesuatu itu diberikan, itu menjadi sekunder. Jadi kita hanya patah atau hancur karena kita lemah. Kita lemah karena posisi jiwa kita salah. Seperti ini : kita mencintai seseorang, lalu kita menggantungkan harapan kebahagian hidup dengan hidup bersamanya!..

    Maka ketika dia menolak untuk hidup bersama, itu lantas menjadi sumber kesengsaraan. Kita menderita bukan karena kita mencintai. Tapi karena kita menggantungkan sumber kebahagiaan kita pada kenyataan bahwa orang lain mencintai kita. Sekali lagi, inti cinta itu adalah memberi, pemberian utama seorang pecinta sejati adalah perhatian.

    Kalau kamu mencintai seseorang kamu harus memberi perhatian penuh kepada orang itu. Perhatian yang lahir dari lubuk hati paling dalam, dari keinginan yang tulus untuk memberikan apa saja yang diperlukan orang yang kamu cintai untuk menjadi lebih baik dan bahagia karenanya…. (Anis Matta)

  48. Makasih ya mbak…. aku betul-betul terharu baca tulisan kamu.Sehabis baca, aku sadar bahwa selama ini aku telah mengagung2kan cinta. Aku terlalu mencintai pacarku, sampai akhirnya waktu kami putus, aku merasakan bahwa hatiku ini benar2 rapuh, cengeng, bahkan sampai ada niat mau pergi ke dukun segala… Astaghfirullahaladzim….!
    Sekali lagi makasih banyak, tulisan kamu sangat berharga dan telah menyelamatkan saya dari kekhilafan.

  49. kl hbs patah hati trus Khatam Quran, baik jg…:))
    sering2 patah hati nantinya.. hehehe
    semangat ya de, krn Allah berarti masih mencintai makhluknya yg berinisial “Rindu” dgn cara masih di beri ujian dan cobaan… dan berakhir penuh hikmah.

    Semangat…!!!

  50. Mb Ade
    Senang sekali saya menemukan blog anda dan tulisan2 anda. terutama yang ini. sangat menguatkan. dan cukup menyentil karena saya sekarang kdang masih belum bisa menerima takdir Allah SWT, masih protes, masih mengeluh, masih mempertanyakan banyak hal.
    Pdahal harusnya bersyukur, nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan ?? Sungguh Kenaikan Kelas yang harus lebih bijak dihadapi…

    Makasih banyak ya mbak, telah sudi berbagi.. :)

  51. bahwa semua hidup kita syudah di atur oleh sang pencipta….kapan,dan dimanapun kita berada.,
    sampai2 langkah dan udapan kitapun tanpa tak sadar sydah diatur pula…
    btw,sadarlah akan perbuatan kita slama ini..,BERSYUKURLAH kpd allah swt,bahwa apa yg sudah diberikannya tidak ada yg sia sia…wassalam

  52. Sungguh potingan yang luar biasa…dan mengharukan….cara berfikir yang rasional….. thanks atas infonya… berkat posingan ini ilmu aku jadi bertambah……!!!

  53. Salam kenal, gadis kuat!

    Membaca postingan di atas, saya terharu dan serasa sejuk. Ada sederetan kata-kata yang sarat hikmah yang patut kita renungkan kembali, dalam-dalam, sehingga memunculkan sebentuk kesadaran baru, entah apapun kesadaran itu.

    Ketika cinta kita posisikan sama seperti makhluk2 lain, maka cerita cinta akan menjadi cerita yang biasa, wajar dan sangat apa adanya. Jadi knp harus terpuruk karena hanya putus cinta? Percayalah, ada banyak jalan yang mungkin belum Allah rentangka untuk kita. So, husnud dhan aj deh!

    Salam semangat!

  54. salam kenal, rindu…
    saya non-muslim, tapi so far tidak jauh berbeda. Kemarin saat saya patah hati, memang dgn mengingat Tuhan rasanya jadi damai sekali. Awalnya hanya iseng nyetel lagu rohani Nikita, tau2 hati saya langsung ‘nyerah’ begitu mulai mendengar lagunya…
    Jadi memang benar, saat merasa tidak ada 1pun teman yg mendampingi atau yg bisa mengerti, itu kadang hanya untuk mengingatkan kita bahwa kita gak pernah sendirian ;-)
    Salam kenal, ya, Rindu…
    Maen2 ke blog ku ya. Baru mulai sih hihihiiii…..^_^

  55. rasa sakit patah hati itu tiap orang beda kadarnya. tergantung seberapa besar rasa cintanya. dan tergantung kita lebih suka patah hati atua sudah sering buat orang patah hati.

  56. Sukurlah semua pada sadar setelah disentil. Kalau melihat laju dunia ini, betapa banyak yang sulit untuk sadar, bahkan dengan sentilan yang lebih keras.

    Mudah-mudahan saya juga termasuk orang yang mau sadar; kalo bisa tanpa harus disentil-sentil dulu.

    Salam kenal.

  57. ass rindu..setahun aku jalani hub.terpisah di awal puasa kmarin,persis hari pertama. Mungkin Allah cemburu coz aku jd lupa dg DIA. Itu yg buat aku sadar.

  58. Saya mohon maaf yah, tidak lagi sanggup membalas komen ditulisan yang indah ini, karena keterbatasan yang saya miliki :) terima kasih atas segala komen semoga ALLAH ridho kebun ini menjadi tempat kita singgah dan berbagi, amin ya ALLAH.

    Ketika ALLAH rihdo maka jika ALLAH izinkan [insya ALLAH] kucuran kasih sayang pasti akan menjadi milik kita semua, sekali lagi saya mohon maaf jika tak sanggup membalas semua komen :)

    with warm regard, assallamuallaikum warahamtullah
    Ade a.k.a RINDU :)

  59. Don’t hurt anymore and don’t turn around
    Just live happily from now on…

    Pa kabar De? Alhamdulillah Rina udah di Indonesia :)

  60. Setujuuu..:) disaat kita mencintai manusia, kita lupa akan cinta yang abadi cinta yang suci, Cinta Allah kepada kita.
    Alhamdulillah akupun Putus cinta disaat aku jauh dari Allah, Allah masih sayang kepada HambaNya yang ingin menjadi lebih baik…
    Patah hati, Putus Cinta adalh teguran kepada kita agar kita tidak lupa akan Cinta Allah…^^,)
    De, minta linknya yah..untuk di Fb hihi, trima kasih ^^

  61. Alhamdulillah..sungguh laksana oase dalam gersangnya padang di hati ini. Saya sungguh terhenyak membaca tautan kalimat yang ada,semoga saya bisa meresapi dan melakukan semua itu…hanya..hanya demi Allah SWT semata..syukran ‘alaik

  62. masya allah mbx
    begitu bsr nikmat allah
    saya jg ingin mencintai krn allah mbx,tp knp sy msh mencintai org lain yg sudah tdk pduli sm sya sdgkan skrng sy sudah pnya pcr yg bgtu sopan dan baik.apa yg harus sy lakukan mbx?

  63. -
    Rasanya lama tidak tau kabarnya.. alhamdullillah sekarang bisa berkunjung lagi di kebun ukhti.. semoga ukhti.. baik-baik saja.

    > patah hati ada 3 atau lebih, berdasarkan waktunya; 1.ketika tak ada ikatan janji, 2.dalam ikatan pacaran/dsb, 3.dalam ikatan nikah.

    > obat patah hati; 1. Beriman kepada Allah dan takdir Allah, menyadari bahwa si dia bukan jodoh kita, dan sabar, 2. Dekat kepada Allah dengan taat, taubat, slalu ingat/dzikr dan berdoa kpada-Nya, 3. Sibukkan diri dgn hal yang meningkatkan iman yaitu ketaatan dengan meningkatkan ilmu pengetahuan petunjuk Allah yaitu risalah-Nya, 4. Tidak berputus asa dari rahmat Allah, bisa mengharap ganti yang lebih baik di dunia ataupun di surga.

    > obat ini dapat dikombinasikan dengan obat hati sebagaimana telah banyak diketahui. :)
    -

  64. salam
    syukur mbak telah di sadarkan, cinta yang berdasarkan nafsu itu dari setan apalagi jika menganggap bahwa suara kekasih kita lebih mulia dari suara ajakan Allah untuk shalat.

    sang pelembut hati

  65. Assalamu’alaikum wr.wb…
    Masyaaallah…maav Mbak Ade, saya telat ke sini, sudah lama tidak Blogwalking,jadinya sepi juga Blog saya sekarang…

    Subhanaallah…Ini postingan yang sangat mencerahkan hati, saya senang Mbak Ade berkenan untuk share “perasaan itu” dengan sudut pandang yang lebih bijak dari saya. Alhamdulillah Allah masih memberikan nikmat ukhti yang selalu mengingatkan. Jazakumullah Khoiron Katsiron ya Ukhti :)

    Salam semangat selalu

  66. Pengen nitipin senyum saya di sini :)

    Patah hati lantas khatam Qur’an, bagus tuh. Jadi ingat sama “Custom Message” teman saya tadi pagi :

    “surga Mu mengalihkan duniaku”

  67. terkadang cinta menjadi rasa permen yang setelah hilang rasa manisnya kita akan tersedih sejadi-jadinya…bagus teh tulisan mu yang ini dan sungguh aku suka :D

    -salam- ^_^

  68. Dibalik mendung pasti ada hujan..dibalik pencobaan ada hikmah dari Allah..habis hujan tampak pelangi..dibalik duka menanti pelangi..kasih yang kekal..kasih dari Allah..
    Salam kenal Mba Rindu..salam persahabatan..saya juga pernah ngalami patah hati berkali-kali, terakhir tunangan saya selingkuh dengan mantan pacarnya sampai hamil..kaya lagunya Anang y..duh gimana rasanya..bumi bergetar berputar..hati diiris iris..nama baik keluarga.. ditampar n dilecehkan..tapi semua ada hikmahnya..dia bukan pasangan yang terbaik & setia..disini kita bisa belajar..bahwa cinta itu buta..tapi jangan sampai membutakan mata rohani kita kepada Allah..Allah dinomor duakan..pacar dinomor satukan..itu terbalik..mengalirlah ikuti kehendak Allah..jangan cintai pacar kita 100 persen..klo belum resmi menikah..
    salah satu cara mengetesnya adalah bagaimana hubungan pacar atau calon kita dengan orang tua kita dan orang tuanya sendiri..klo bisa harmonis..saling menghormati..lanjutkan..klo tidak akhiri saja..sebenarnya kita sudah diberi sinyal-sinyal kepekaan dari Allah..tapi karena cinta kita buta..maka sinyal-sinyal itu kabur tidak kelihatan oleh ego kita sendiri..dan jangan berharap mantan kita minta kembali lagi..percuma..karna hati kita sudah tergores..kalaupun ditambal masih ada bekasnya..dunia tak selebar daun kelor..masih banyak pria-pria soleh diluar sana..jangan andalkan kekuatan sendiri..andalkan kekuatan Allah..karena Dia yang menyediakan tulang rusuk terbaik buatmu..

    Maaf y..kaya kotbah aja..
    Salam Persahabatan n silaturahmi..
    Natan Sumiyarto – Tegal
    yarto_28@yahoo.co.id
    0815 659 6583
    kunjungi blogku juga y..baru belajar bikin nich..
    http://www.natansumiyarto.blogspot.com

  69. alhamdulillah, lagi patah hati mampir ke kebun ini, suasana hati jadi lebih sejuk, ternyata begitu mudah melewati kedukaan hati yang sedang gundah gulana di kala sedang patah hati…

  70. semoga saya bisa menjaga cinta agar tetap dalam kadar yang di ridhoi Allah, sehingga tidak menjadikan cinta kepada makhlukNya menjadi lebih utama.
    artikel yang mantap…

  71. TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

    Hanya dengan kerendahan hatilah yang dapat menyatukan Tuhan dan Manusia.
    Keilahian yang supra sempurna akan menjadi satu dengan keterbatasan manusiawi , jika cinta menjadi auranya.

    Catatan yg menyejukkan sahabat Rindu, thanks.
    Salam sejahtera selalu

  72. kamu patah hati tapi di sekitar kamu masih ada teman atau sodara atao ortu yg bisa diajak berbagi. ato paling tidak ada tempat melabuhkan kesedihan. coba kamu hidup yatim-piatu ato berada di posisi orang tua yang tidak harmonis.kehilangan kekasih yang di cintai itu melebihi tajamnya bilah pedang.andai kamu berada di posisi ini, teorimu itu gak ada artinya non.

    Rindu: tetap ada artinya mas, ketika saya tidak memiliki siapa siapa saya memiliki ALLAH, masih percaya kan kalau ALLAH tidak pernah meninggalkan kita? :) jangan menyimpulkan saya tidak pernah diposisi yang mas gambarkan. Jangan.

  73. Eh difotonya yang diatas itu lg nangis yah.
    tadi pengen ngusap kagak kena..
    *hmm, cuman gambar*

    lagian kan kagak boleh pegang2.
    hufff…

    *lagi care*

    Rindu: ehm … iya, gak boleh pegang2 nanti nyetrum :D

  74. semoga tak ada lagi patah hati

    jumpa kembali kita, dik :)

    Rindu: kemana aja kang … setiap hari saya melongok ke pager kebun, berharap kang cucu datang ke kebun saya, hahaha *lebay lo De* :) makasih ya kang sudah ingat kebun saya.

  75. Duh gue bawah banget ya…
    Patah hati ya…??

    gw jadi ikutan sedih jika mbak sedih..
    mbak senyum dong…
    dikiiiiit aja….
    dikiiiiiiiiit lagi…
    nah gitu dong…

    *Triunt yang sok care, jangan diganggu*

    Rindu: komennya membuat saya terseyum :) makasih yah, atas komen yang tak biasa ini.

  76. sodara saya baru nikah dan dia bilang sama pacarnya yg udah jadi suaminya “cintai aku karena Allah karena raga ini akan berubah satu waktu nanti, tapi Allah ga akan berubah.” trus pacarnya bilang “realitanya sih mencintai itu karena Allah dan jiwa raga pasangannya juga lah..”

    haha.. buat saya sih cinta ya cinta aja. pusing mikir panjang2 :mrgreen:

    Rindu: buat saya simple, ketika saya merasa hati saya berdebar bertemu kekasih saya dan tidak berdebar ketika shalat itu pasti cinta saya lebih ke manusia :) kalau sudah seperti ini siap siap ALLAH membolak balikan hati saya, membolak balikan keadaan :) itulah cinta, iya cinta.

  77. selamat malam jeung Rindu……….
    blue mungkin tak ingin kita patah hati yah heheh…..
    salam hangat selalu

    Rindu: emang Blue lagi patah hati yah? :) cari pengganti aja, biar lukanya cepet kering …

  78. saya baru sadar,, ternyata sakit akibat patah hati ini karena Allah ingin merengkuh saya kembali,,,,
    makasi ya sista dah ngingetin saya,,,

    Rindu: sama sama, ALLAH memang selalu indah, mengajarkan kelembutan melalui luka agar kita tidak sombong dengan apa apa yang kita miliki :)

  79. tulisan D njitak C banget….
    *nunduk sambil mikir…

    D jika mencintai seorang wanita itu karena Allah.. maka perjuangan patang mundur jadi bagian dari sisi lain mencari berkah kan?

    D jika cinta mengalahkan logika dasar sebuah rumus hitungan abc, maka cinta itu lebih rumit ya? karena tak ada logic yang menjabarkan hasil akhir perhitungan cinta?

    hmm… dengan mencintai orang yang kita sayang karena Allah… akan mampu menjadi lilin saat gelap bersibak dalam hati… ^_^

    Rindu: C, semoga tulisan ini menguatkanmu yah … amin ya ALLAH. :)

  80. Mudah-mudahan Istriku kelak berkarakter seperti itu

    Rindu: insya ALLAH, laki laki yang baik untuk perempuan yang baik … jadi harus baik dulu mas, setiap hari harus lebih baik agar pendampingnya sebaik saya, hahahah *narsis mode on* :)

  81. Tulisanmu selalu pada posisi 100 besar. Saya salut. Salam

    Rindu: terima kasih, iya saya juga gak tahu mas kenapa tulisan saya selalu masup ke 100 besar blog of the day :) padahal baru belajar nulis mas.

  82. Putus cinta mah biasa… putus rem tuh yang bahaya…

    Kemarin aja di lampu merah… 1 avanza putih yang sedang parkir ditabrak secara brutal oleh Truck yang putus tali rem nya…

    Putus cinta… life still go on lah, putus tali rem… Life bisa sampe itu aja tuh…

    Rindu: hahaha … iya rem emang penting banget yah :) *bahas rem mobil aja deh, daripada membahas hati yang luka*

  83. Patah hati adalah anugerah-Nya. Semacam blessing in disguised. Berpuluh-puluh buku lahir dari hati yang patah yang dirasakan Kahlil Gibran.

    Ngemeng2, patah hati tampaknya sumur yang tak pernah kering dari ide bagi Ade. He…he… Segitu dalamkah luka itu?

    Rindu: saya tidak tahu seberapa dalam luka yang ia tinggalkan kang, yang pasti hingga saat ini perihnya masih terasa, dan saya nyaris kehilangan cara untuk membuat luka ini berlalu … :) tapi saya baik2 saja kang, ALLAH dan waktu akan menyembuhkan :) doain ya kang, doakan saya mampu berlalu.

  84. baru pertama berkunjung nih…
    menarik juga tulisannya….
    bagus sekali…..
    ehm.. kata orang…
    sakit karena patah hati itu akan mengiris luka sedalam kita menginginkannya dan bertahan selama kita membiarkannya…
    jadi… semua tergantung kita, klo kita ga mau berlarut-larut dalam duka dan segera mengambil hikmah…
    pasti semua akan baik-baik saja…
    hehehe…

    Rindu: ‘patah hati itu akan mengiris luka sedalam kita menginginkannya dan bertahan selama kita membiarkannya’ quote yang indah … kalau begitu jangan biarkan luka itu berlama lama, jika bukan kita yang meninggalkan luka siapa lagi, masa menunggu luka itu meninggalkan kita, kapan dong… harus kita yang meninggalkan, gitu yah kira kira? :)

    • Betul sekali Mbak Rindu…
      patah hati sih boleh, dan itu wajar…
      namanya juga dikecewakan…
      yang ga boleh kan terlalu larut dalam duka itu…
      betul kan???
      hehehe….

  85. Patah hati yang membawa hikmah. Terasa musykil, meski tidak mustahil.

    Rindu: untuk ALLAH tidak ada yang tidak mungkin, makanya saya menyandarkan cinta saya hanya kepada NYA. :)

  86. Ass.Wr.Wb… salam kenal Mba Ade… terimakasih sudah berbagi dlm tulisannya bagus sekali…bermanfaat, inspirasi, memotifasi, menyentuh qolbu… ehmmm patah hati sy mengalami 4 x PH… ya semua itu sy kembalikan lg pada yg punya HATI ALLAH Azza Wazalla…teruslah berkarya ya Mba… ditunggu notes2nya…oh ya klu boleh saya izin share, terimakasih.Wasalam.

    Rindu: waallaikum salam warahmatullah, salam kenal juga mbak … saya hanya sedang belajar menulis mbak, silahkan jika berkenan berbagi, dibelakang kebun ya mbak :) saya tunggu.

  87. Duh… Ade kok ngomongnya gitu !!! Pake bilang Abang ninggalin ntuk jadian sama si Indra Brugman….. Abang jadi sedih nich…..

    Rindu: gwaahahhaha … ini Nicho Siahaan atau Nicholas Saputra pacar saya itu yah? :) hahaha. *komennya membuat saya tertawa* makasih yah.

  88. Teh/mba itu gambar cerpennya ya kalau ya mau pesen ah..kalau bukan bikin ya hehehhee

    Rindu: mau buat spt ini kang? saya punya temen design grafis yang kerjanya ngatak ngatik blog saya dengan gambar gambar hasil buatannya :)

  89. saya pernah mengalami luka dan perih karena cinta…lebih perihnya lagi karena saya tidak tahu salah saya dimana, padahal sebuah tanggal sudah disebar ke sanak saudara sebagai hari bahagia kami.

    semula saya berontak, menangis dan hanya ingin sendiri…bertanya, duh Illahi apa salah saya, berat nian cobaan ini ???
    Tapi semua sudah saya ikhlasin…

    Dan tulisan mba ade mampu membangun image saya yang sudah layu…Bismillah saya harus mampu…

    Rindu: sist, hubungi saya dibelakang layar … kita belajar mengobati luka, mencari ridho ALLAH, ALLAH tidak menguji kita diluar batas kemampuan kita bukan? let’s share :)

  90. Itulah pentingnya poligami… biar kalau satu putus, masih ada yg lain. Makin banyak, makin tidak patah-patah hatinya, hehe….

    Rindu: mas, kalau pulang ke indramayu saya mau nitip sesuatu yah… hubungi saya loh :D

  91. :-) demi waktu, cinta dan do’a… dimana ada cinta maka disitu pasti akan ada rindu. rinduku pada ade kan selalu terobati dengan berkunjung kekebun ade, q minta izin ma ade, mungkin q kan sering maen kekebun ade, disini damai banget rasanya, salam kenal toek ade. thanks, wassalamu’alaikum…

    Rindu: iya, sering sering main kekebun saya, saya selalu ada meski kadang lagi nyapu, lagi nyabutin rumput, lagi nyiram tanaman, lagi nanam bunga mawar baru, agar harum kebun saya seharum pemiliknya :)

  92. Assalamu’alaikum,
    Saya selalu Rindu datang kemari, tapi kesibukan tidak bisa ditunda. Catatannya menarik sekali.Seorang Muslim tidak boleh patah hati. SAYA + ALLAH = CUKUP, saya kenal kata-kata itu.
    Terima kasih.
    Salam

    Rindu: kata kata itu dari milis mario teguh mas … dan saya merasa beginilah memang seharusnya kita menjalani hidup, menjadikan ALLAH sandaran atas segala galanya :)

  93. ah saya jadi terharu…hihihi seperti biasa mengamankan posisi terakhir

    Rindu: mari kita tunggu kang, apa komen ini jadi pamungkas ditulisan ini, biasanya sih engga :D

  94. Mbak,patahanya tercecer dimana mba?

    CINTA—>datang tak dijemput pulang tak diantar…

    Sedih,sakit,Patah hati hanyalah ilusi belaka bg org yg tak SIAP utk menghadapi keadaan..

    Coz tak ada yg abadi di dunia ini..

    Sedang ALLAH maha perkasa lg maha bijaksana..

    Itu hanyalah ujian,
    dengan atau tanpa cinta masihkah ada iman di dada..

    Rindu: 2x dengan komen yang sama yah? jadi yang ini gak perlu dijawab ya mas? :D

  95. wah mba yang satu ini masih seperti yg dulu, selalu hadir dg kisah yg sendu…jangan terlalu larut lho mba, nanti cepet bekerut tuh wajahna..

    Rindu: saya tidak pernah berubah mas … insya ALLAH yang sudah baik akan saya jaga agar ALLAH ridho :)

  96. Kalau kita coba berfikir jernih/logis, coba kita fikir bagaimana mungkin tindakan orang lain bisa membuat hati kita terluka..Yang terjadi adalah sbb:
    Orang melakukan tindakan->Kita mempersepsikan tindakan orang tersebut sebagai tindakan menyakiti-> Kita mengizinkan untuk merasa tersakiti..

    Dengan suatu cara sebenarnya luka itu bisa hilang dalam hitungan menit, namun meskipun kita mampu melakukannnya kadang kala kita tidak MAU melakukannya karena tidak mengizinkan untuk melepaskan emosi tersbut..alias menikmati terhanyut diemosi tersebut..

    hehe bikin bingung ya…

    Btw, nicholas saputra maksudnya alias atau benar nicholas saputra? Bukannya nicholas saputra itu pacarnya dian sastro? *sok tau mode on*

    Rindu: Dian Sastro kan akan jadi menanti konglomerat di jakarta ini, semoga cepet nikah deh :) *cemburu ya De* engga lah !!! hahaha.

  97. asalamualaikum ade. . .

    hmm…dah lama nggak mampir teras ade,masya Allah ciri khas tulisan ade selalu menjadikan hikmah dibalik setiap peristiwa dan mengembalikannya kepada sang Khalik.

    keep istiqomah ade. . .

    Rindu: “Istiqomah” memang nama yang sangat indah … :) mungkin maksud Ayah saya memberi saya nama ini agar saya seindah artinya.

  98. Mbak,patahanya tercecer dimana mba?

    CINTA—>datang tak dijemput pulang tak diantar…

    Sedih,sakit,Patah hati hanyalah ilusi belaka bg org yg tak SIAP utk menghadapi keadaan..

    Coz tak ada yg abadi di dunia ini..

    Sedang ALLAH maha perkasa lg maha bijaksana..

    Rindu: pahatahannya hipotermia di kutub utara kayanya mas … separuh lagi tenggelam di samudera atlantik, separuh lagi tersimpan di hati saya dan terkunci, nah masalahnya kuncinya dibawa oleh si dia, jadi menunggu dia mengembalikan kuncinya baru saya bisa buka hati lagi :)

  99. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan,hanya ALLAH yang maha tahu ,dan manusia harus menjalani apa yang tersurat dengan penuh kesabaran,keikhlasan dan thawakal.

    Rindu: kita hanya hamba … tiada daya dan upaya tanpa kehendak ALLAH :)

  100. yang terbaik menurut kita belum tentu yang terbaik menurut Allah Mbk :)

    “…… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS : Al-Baqarah : 216)

    Semangat Mbk ;)

    Rindu: iya sist, apapun yang datang dari ALLAH itu yang terbaik, apapun yang diambil oleh ALLAH dari saya itu untuk kebaikan saya, maka nikmat ALLAH yang mana lagikah yang sanggup saya pungkiri :)

  101. -“reinkarnasi cinta” atau “metamorposis hati”-
    lebih indah terdengar
    kamuflase dari hati yang telah tersakiti

    Rindu: katanya patah hati itu hanya permainan kata, ketika kita mengatakan kepada jiwa kita bahwa kita akan bahagi maka kita akan bahagi :) gitu katanya mas.

  102. kalo hati beku, tak ada setetespun air mata…
    ajari aku..

    Rindu: sering sering mengingat ALLAH [dzikir…] untuk melembutkan hati :)

  103. Hemm… pantas bola mata Ade begitu bening dan indahnya, ternyata rajin dialiri dengan air mata.

    Semoga mata hati Ade menajdi lebih bening dan lebih indah lagi.

    Btw, mencintai makhluknya memang sebaiknya tidaklah berlebihan. Karena semua makhluknya gak ada yang kekal. Mencintainya juga hendaknya juga karena Allah SWT.

    Rindu: mulai sekarang saya hanya akan menangis untuk ALLAH, itu tujuan pembenahan diri saya mas, semoga bukan hanya bola mata saya yang menjadi bening tapi juga hati saya :)

  104. saya sangat suka dengan template blog ini, begitu bagus strukturnya dan rapi… juga ringan di komputer…

    Rindu: tersipu dan merah pipi saya kalo dipuji … makasih ya mas :) sudah mampir ke kebun saya yang sederhana ini…

  105. aHh saya juga pernah mengalaminya … patah hati pd cinta pertama lagi …
    begitu rapuhnya waktu itu, tp sya segera bangkit …

    dan skrg smua itu sdh menjadi pengalaman bagi saya …

    slam hangat Blogger Kalsel

    Rindu: memang tak ada yang abadi, karena hidup itu hitam putih, siang malam, hanya pergantian saja :)

  106. Mengapa harus patah hati.Putus cinta wktu pacaran lebih baik daripada putus cinta setelah menikah.
    Cintai dan mencintai dengan niat yang ikhlas untuk ibadah dan karena Allah agar mendapat ridho-NJya.Amin
    Kok nggak ikut Ladies Program di blog ku tho nduk ??
    Salam hangat dari Surabaya

    Rindu: loh ada ladies night toh disana? gak ada undangan kesini mas … pengajian atau ladies night nih yah? :)

  107. jika manusia pernah merasakan cinta pasti pernah merasakan patah hati karena hanya 1000:1 orang yang dapat mencintai cinta sejatinya tanpa merasa patah hati…

    Rindu: cinta dan benci hanya sebatas rasa katanya mas … tinggal dibolak balik aja :)

  108. Sist…dirimu menyindirku kah??Hehehe..coz menohok banget. Anyway..Makasiiy buat pencerahannya..

    Rindu: :) bukan menyindir sist, tapi mengingatkan kalau patah hati jangan lama lama, ntar keburu tua gak dapet pengganti :) *menohok diri sendiri*

  109. Hay2 pg2 udh menggnggu nich !
    Permisi De’ Rin aq mau masuk !
    Patah hati ? Gk prnah tu’ tp kcewa sering bnget .
    Sarapanya donG !

    Rindu: hahaha, saya suka nih, kecewa tapi gak sampe patah hati … *mikir gimana caranya* :)

  110. semoga dgn pengalaman rasa sakitnya patah hati yg pernah kita alami, bs membawa diri kita kembali menyambut jalan Nya yang haq.
    memang benar cinta sejati itu hanyalah cintanya Allah azza wa jalla tak ada yg lain :)

    Rindu: begitulah fitrahnya semua akan kembali kepada ALLAH … :) selain itu tak ada yang abadi, bertemu, berpisah hanya pergantian.

  111. Saluutt………..tuk Kak Rindu.
    Baru kemarin buat artikel, sekarang sudah banyak yang comment.
    Patah Hati sama siapa, kak?

    Rindu: iya, alhamdullillah tulisan Ade emang banyak ditunggu tunggu, hahaha GR lo De :) becanda sist, iya lagi patah hati nih sama Nicholas Saputra, cinta Ade ditolak sist :) rugi deh tuh bang Nico nolak cinta saya.

    • Wahh,,,,
      sungguh sungguh ter ter terlalu tuh bang nico.
      Dia merem kali ya ngeliat Kak Rindu.
      Indra Brugman aja ngejar-ngejar kak Rindu(minta utang. Hehehe….piess)

      Rindu: gwahahaha… kejamnya bang Nico, jangan2 dia ninggalin Ade buat jadian sama Indra Brugman lagi, gawat :)

  112. copy quotenya “Saya + ALLAH = Cukup” setuju kak…. imagenya diedit pakai apa tu kak?? sepanjang perjalanan ngikutin blognya kak rindu …. nama Nicholas Saputra yang sellau disebut2…ada apakah gerangan :D

    Rindu: imagenya dibuatin temen sist, iya bang Nico memang cinta pertama saya :) hahaha… maksudnya cinta pertama saya mirip bang Nicholas Saputra ini sist.

  113. Ini sekedar berbagi yah.

    Pada suatu saat, kita akan menemukan jejak-jejak cinta kita kepadaNYA melalui kecintaan kita kepada makhluqNYA. Dengan serba keterbatasan kita, maka hati kita ini tak akan dapat kita penuhi dengan cinta bila kita berhenti hanya dengan 1 cinta saja kepada makhluqNYA. Dan karenanya, kita juga tidak akan dapat mengejawantahkan cinta tsb sendirian. Kita akan memerlukan pertolongan melalui cinta dari orang-orang yang kita cintai dan mencintai kita. Itu lah sebabnya Allah turunkan kepada kita orang yang kita cintai. Mulai dari keluarga, saudara, sahabat, lawan jenis, anak keturunan, hingga masyarakat kita, bahkan juga seluruh makhluq yang berhubungan dengan tempat dan waktu kehidupan kita.

    Dengan penuhnya hati oleh cinta, maka Allah akan semakin memperluas hati ini sampai akhirnya DIA ridlo. InsyaAllah.

    Rindu: saya terharu dengan komen ini mas :) sekali lagi terima kasih sudah selalu menemani saya. semoga ALLAH ridho.

  114. Memang sulit ya mbak, menempatkan cinta ALLAh di atas cinta2 yg lain, di atas segala-galanya

    Rindu: iya sulit ketika hati kita tertutup oleh cinta yang lain, ketika semua diambil dan hati kembali kosong maka ALLAH lah tempat kembali :) saya ingin yang ini.

  115. Waduh de, judulnya udh bikin saya mengkerutkan jidat hehehe..
    apalagi isinya…

    Allah sdh menyembuhkan luka mu de ?

    Rindu: luka saya mungkin tak akan pernah sembuh nih, hahaha … “akan ku hapus jika ku mampu” gitu kata Andra on the back yard [halaman belakang bukan tulang belakang] :D

  116. Tidak semua manusia mengerti s’gala perasaan yang ada di hati kita
    Tidak pula dapat selalu memahami gejolak jiwa yang ada di dalam diri kita

    Janganlah selalu mengharapkan orang lain harus mengerti akan perasaanmu walaupun ia adalah sahabat karibmu sendiri

    Kar’na perasaan adalah bahasa hati yang dapat berubah di setiap waktu
    Hari ini ia adalah orang yang sangat mengerti akan perasaan hatimu
    Mungkin esok ia adalah orang yang paling tidak memahamimu
    Janganlah memaksa kar’na saudaramu juga hanyalah seorang manusia biasa

    Cukuplah hanya Allah tempat mencurahkan segala isi yang ada di hati kita dan menumpahkan segala perasaan yang ada di jiwa

    Rindu: KAU lah sandaran hati … [letto mode on] :D

  117. Bagi yang serius cinta-cintaan dengan lawan jenis, segera nikah aja, nggak usah pacaran, ingat syetan selalu menggoda.

    Rindu: :) semoga bumi terselamatkan dengan menikah yah.

  118. Patah hati….aku pernah juga patah hati, cinta manusia memang tidak hakiki. Ketika aku begitu yakin dengan cintanya ketika itu pula dia menghianatiku.

    Rindu: iya, dan hanya ALLAH yang tidak pernah menghianati kita, coba bayangkan ketika seseorang menghianati seorang yang lain, apa gak malu yah sama ALLAH :) ah sudahlah, manusia memang tempatnya khilaf, terutama saya :)

  119. Assalaamu’alaikum…
    Tulisan ini, mengingatkan saya pada nasihat seorang teman. Bahwa rasa sayang kepada manusia, belum tentu dibalas. Tapi rasa sayang kepada Allah, sudah pasti dibalas… :)

    Rindu: dengan ALLAH kita tak akan pernah bertepuk sebelah tangah, bahkan pada saat kita lupa DIA, bahkan pada saat kita tak menyapaNYA, bahkan pada saat kita melanggar aturaNYA, ALLAH tetap mencintai kita :) maha besar ALLAH.

  120. Alhamdulillah sampai sekarang saya belum mengalami patah hati. Kenapa? Karena petuah dari sang Ibu, jika menjalin hubungan dengan orang lain, haruslah mengalah dan tidak dengan rasa amarah untuk menyelesaikan kalau lagi ada masalah!

    Rindu: ALLAH maha membolak balikan hati, meski sudah mengalah dan menyelesaikan masalah tanpa amarah tetap saja perpisahan itu bisa terjadi, begitulah jika ALLAH berkehendak. :)

  121. patah hati terhadap sesama manusia tak mengapa, asal jangan sampai patah hati terhadap yang Maha Kuasa

    Rindu: duh, indahnya komen ini … :) jangan sampai kita membuat ALLAH menjauhi kita ya mas, takut.

  122. salam petang menjelang siaang
    jadic eritanya broken heart lagii^^
    ia uudah nanti juga aday ang tebaik buat rindu
    __selamatpetangfuture__

    Rindu: iya gitu deh ceritanya … :)

  123. Sebenarnya dalam bahasa inggris itu broken heart mbak.Jadi hati itu diibaratkan gelas kristal yang indah namun rapuh, maka oleh karena itu, dijaga yang baek ya mbak..

    Rindu: hati = kristal :) hati = mutiara katanya, indah dan mahal harganya, terawat di dalam terumbu.

  124. Gambarnya bagus,… Cinta & Doa…

    “Sesungguhnya,…aku mencintaimu kerana agama yang ada padamu,…dan jikalau agama itu hilang daripadamu,. maka hilanglah CINTAku padamu…”

    “aku mencintaimu dan agama menjadi cahayanya, jika kita tidak ditakdirkan bersama maka agama menjadi penjinak cintaku, jika kita ditakdirkan bersama dalam pernikahan maka agama menjadi bahan bakar ekstra cintaku, semakin kamu mencintai Allah, semakin aku mencintaimu.”

    Begitu ya terusannya? :)

    Rindu: iya begitu seterusnya … :) terima kasih sudah melengkapi yah.

  125. lebih baik patah hati daripada patah gigi
    *jelek soalnya, mosok giginya gompel* :mrgreen:

    harannya, kuq saya ndak pernah patah hati karena si DOI. artinya si DOI selalu ada buat saya ia kan ia tho ia dunk. tapi masiiii aja saya suka nyuekin si DOI.
    doh..!!! sungguh hamba yang hina dina emang :(

    Rindu: padahal DIA sudah memberikan segalanya yah, mata yang mampu melihat, telinga yang mampu mendengar, bibir yang gak gompel… masih juga kita lupa yah, lalai gitu, duh sungguh bukan hamba yang baik nih kita, yok waktunya menjadi hamba yang baik … :)

    • Biaya dokter gigi sekarang mahal, queen… :mrgreen:
      Ikut2an merista diri nih…sama2 hamba yang tidak baik… :(
      *bertekad* marilah kita menjadi hamba yang baik!!!
      Karena Allah tak akan pernah membuat kita patah hati… :)

  126. patah hati itu adalah pekajaran untuk menjadi jiwa yang lebih kuat. pelajaran yang lebih membawa pada sejauh mana kita dekat dengan yang di atas :)

    Rindu: pelajaran atau ujian mas? :)

  127. kata orang love and lost itu satu paket :)

    moga ade tetep senantiasa dalam lindungannya :)

    Rindu: iya sist, satu paket memang saya juga baru ngerti, dulu saya pikir tak ada seorangpun mahluk berburung yang tega menyakiti hati saya, ternyata ada seiring dengan dia mencintai saya, itu artinya satu PAKET :) makasih ya sist, sudah kesini.

  128. Kenapa temanya mesti patah hati yA?

    jadi GEMES nich ngedengernya!!! abis ga begitu paham soal romansa cinta, maklum hampir sepanjang hidup saya tidak banyak menyisahkan ruang kosong untuk WANITA_ bagi saya WANITA tetaplah mimpi yang belum perna terbelih, misteri yang belum sempat aku mengerti, yang saya tahu hanyalah KECANTIKAN adalah simbol KEINDAHAN_ KELEMBUTAN melambangkan KEDAMAIAN_ SENYUMAN menyiratkan KETULUSAN,.. sebagai bentuk pengejawatahan atas Existensi “TUHAN” dengan atau tanpa wanita saya yaqin bisa sampi ke khadlirat ALLAH SWT,

    Seandainya TUHAN menurunkan seorang WANITA untuk saya, mudah2an keberadaanya semakin memperjelas kehadiran ALLAH dalam setiap sela2 kehidupan saya/KITA!!! ma’ap kLO tulisan saya mungkin kurang nyambung ama temanya, abis saya ga ngerti mesti tulis ap!!!

    Rindu: ini curhat yah? kalau gak pernah patah hati pasti gak pernah jatuh cinta … sahabat saya bilang gak apa2 patah hati yang penting pernah merasakan dicinta dan mencintai :) ah cinta dan tak cinta karena ALLAH pasti indah.

  129. Alhamdulillahi Robbil ‘alamin.

    Saya turut dalam ungkapan syukurmu ini. Kesembuhanmu ini adalah anugrah yang teramat besar. Tidak hanya bagimu, tetapi juga bagi semua orang yang telah mengunjungimu.
    Begitu lah DIA mengganti dengan yang lebih baik bagi kita.
    Semoga kesehatan ini akan mengantarkan kepada kesuka-citaan yang penuh dengan rasa syukur kita kepadaNYA. Dan semoga DIA ridlo atas keridloan kita kepadaNYA.
    Dan meneguhkannya dalam “istiqomah” seperti namamu.

    Saya ini hanyalah pecinta para pecintaNYA. DianugrahkanNYA cinta yang indah dan unik kepada masing-masing. Dengannya saya menikmati keindahan cintaNYA. Seperti kebun, tanaman dan penanamnya ini. Oh ya, pengunjungnya juga loh :-)

    Rindu: mas Pramu, terima kasih yah sudah selalu ada dikebun saya, saat saya sendiri, saat saya luka, saat saya gelisah, saat saya tersenyum, saat saya tertawa tergelak gelak, saat saya dalam keadaan apapun, sehat dan sakit … saya berterima kasih pada semua nasehat mas, komen bahkan kritikan :) sekali lagi terima kasih, iya saya ingin mengembalikan semua kepada pemilik saya mas, hanya ingin ini :)

  130. cinta dan patah hati hampir tak terpisahkan

    Rindu: tak ada bedanya lagi … jika sekarang cinta besok patah hati, jika sekarang patah hati besok cinta, hanya pergantian seperti pergantian siang dan malam :)

  131. Patah hati mempertemukan saya dengan kebun ade dan pengunjug2nya….. :D

    Rindu: patah hati membuat kebun saya jadi tambah indah, karena menulis pada kondisi sekarat katanya hasilnya memang indah… sekarat? duh De :D

  132. Mbak rindu…Mudah2an istiqomah ya…cukup Allah sebagai Muara Cinta sejati Kita, dengan mengingat-Nya kita menjadi Tenang…

    Bagiku dalam hidup ini aku tak pernah menyesal kenapa aku harus jatuh cinta…
    Karena akhirnya cintaku menemui pelabuhan terakhirnya,
    Untuk-Nya…
    Yang Maha Mencintai…
    Aku sudah kehilangan makna, apa itu Cinta selain untuk-Nya…

    Saat aku jauh, aku tak menyadarinya, padahal Ia begitu dekat…
    Saat aku dekat, aku tak kuasa untuk pergi dari-Nya
    Bagi-Nya cinta bukan sebuah hasrat dan kebutuhan,
    Tapi bagiku…Cintaku kepada-Nya adalah sebuah keharusan

    Agar aku bisa bertemu dengan-Nya kelak…

    Rindu: kalau boleh bicara jujur, saya juga tidak mampu lagi memaknai cinta dengan mahluk ALLAH bernama laki laki… mungkin saya hanya bisa memaknai cinta dalam arti yang lebih luas, mencintai yang lebih luas dari sekedar saling menitipkan hati kepada satu orang dan terluka dalam :( *menarik napas dalam, merasa tak mampu mencinta dan dicinta*

  133. Patah Hati… itu normal….
    kalo ga pernah patah hati kemungkinan besar orang itu gak punya hati…
    hehehehe…..

    Rindu: kira kira Rasul pernah patah hati gak yah mas? :)

    • saya belum pernah baca ato denger cerita tentang Rasulullah pernah patah hati dan rasanya gak mungkinlah mbak, patah hatikan cerminan bahwa kita tidak ikhlas atas guratan taqdir yg telah di tulis oleh Allah…
      menurut saya tapi……

      Rindu: iya, Rasul adalah hamba yang paling ikhlas diseluruh zaman, pasti tidak pernah merasa patah hatinya ketika tak memiliki apa2 sekalipun :)

    • Karena Rasulullah memang tidak punya hati seperti kita sekarang, yg selalu berlumur dosa…

      Rindu: dihati yang bersih tak ada luka … itu cerminan ikhlas yang luar biasa :)

  134. Salam buat mba ade.. Tulisan mba membuat saya tenang.. Kebetulan sy baru patah hati… Setelah saya berkunjung ke kebun mba sya tenang dan merasa kalau ALLAH sangat sayang sama saya… Amin..

    Rindu: saya jadi ingat ucapan salah seorang sahabat saya bahwa kebun saya ini pengobat bagi mereka yang luka, insya ALLAH bermanfaat yah, saya berharap ALLAH ridho dengan kebun ini, sehingga saya bisa terus memainkan jari lentik saya diatas tuts hitam untuk merangkai hikmah :)

  135. jadi ingat Rabiah Al Adawiyah sang pencinta Allah sejati, yang tidak pernah sedikitpun silau dengan ketampanan dunia karena pengharapannya semata hanya Kasih Allah. salam ya mbak ade

    Rindu: Rabiah Al Adawiyah adalah tokoh favorit saya, dari sanalah saya belajar mencari ALLAH … dulu saya tidak begini :)

  136. Di stiap ada prtemuan slalu ada prpisahan, yg sabar ya…

    Rindu: iya, tak ada yang abadi didunia ini …. bahagia akan berubah menjadi luka dan tak abadi, luka akan berubah menjadi bahagia. Bahagia dan luka tidak abadi hanya pergiliran saja, lalu kenapa harus sedih yah? kan habis luka pasti bahagia toh.

  137. Assalamualaikum mba… maaf sudah lama tidak mengunjungi kebun mba ade…. Dan hari ini kangen sekali dengan tulisan mba ade… insyaAllah akan lebih sering menengok kebun… salam kangen dari saya….

    Rindu: masya ALLAH, kemana aja mas? :) sering sering kesini ya mas, agar silaturahmi tak terputus…

  138. patah hati , ehmmn bukan berarti berakhir segalanya, jalan ade didepan masih luas membentang , cakrawala timur yang bening tatkala fajar menyapa , sambutlah dengan sederet do’a agar hari ini mendapat Lindungan dan cinta kasih-NYA,

    patah hati bolehlah sekedarnya saja,tapi jangan sampai terkuras enerji hanya untuk satu hal ini. salam hangat ade….

    Rindu: iya mas, kini lukanya sudah hampir kering meski masih luka … katanya memang tak akan bisa kering sama sekali, karena otak kita bukan harddisk yang bisa di format ulang dan terhapus memori, biarlah yang indah tetap disana, dan hanya yang indah yang disana. :)

  139. Alhamdulillah patah hati,jadi bisa lebih merindukanMU,ya Fattah

    Rindu: Alhamdulillah, semoga ALLAH ridho ketika kita ridho atas takdir ALLAH :)

  140. Ade,
    saya ingin bertanya kepada anda, mohon maaf jika kiranya saya terlalu lancang,tapi kalaulah berkenan dijawab sungguh sangat senanglah saya.
    apakah sosok anda seperti tulisan-tulisan anda? ataukah tulisan-tulisan tersebut hanyalah hasil buah fikir dan kreatifitas anda saja? sungguh, jikalau tulisan-tulisan tersebut merupakan gambaran dari diri anda, maka anda begitu sempurna, begitu indah, begitu berharga dan insya Allah sangat berbahagialah seseorang yang akan menemani kehidupan anda kelak.^^

    Rindu: :) mas, tidak ada manusia yang sempurnah, saya punya banyak sekali kekurangan jika tak terlalu nampak disini itu pasti karena ALLAH menutupi aib aib saya, saya tidak berani bilang bahwa sosok saya seperti yang tertulis nanti riya, yang pasti kebun saya ini adalah buku harian saya, saya tulis dengan jiwa dan seluruh rasa yang ada di jiwa saya, tujuan saya adalah saya ingin ketika saya berpulang [meninggal] kebun ini bisa menjadi tapak saya untuk dikenang … dan tolong pastikan bahwa saya hanya perempuan biasa yang penuh khilaf yang sedang mencari ALLAH.

  141. subhanallah. di mata(hati) seorang pemilik kebun hikmah, patah hatipun ketemu hikmahnya. kebetulan saya blom pernah patah hati (syukur atau nyesel ya), dan berharap belum (dan tak akan ) pernah mematahkan hatinya orang.

    Rindu: tak ada yang abadi didunia ini katanya mas, begitulah memang fitrah ciptaan ALLAH, artinya cinta pun pasti akan putus, entah diputuskan oleh perpisahan atau kematian, siapkan diri karena hanya ALLAH yang abadi, yang tak pernah meninggalkan kita, yang selalu ada … yang segalanya :) yang tercinta.

  142. -
    Patah Hati atau apapun namanya mungkin manusiawi. Tetapi orang yang dekat dengan Allah dan beriman terhadap takdir akan tegar dan semakin dekat dengan Allah. Jika bukan jodoh yang ditakdirkan maka tidak akan bersama.

    Dunia memang rendah..apalagi jika cinta diwujudkan dengan pacaran dan jelas itu sangat mungkin menyebabkan patah hati. Namun Allah juga melarang kita lepas dari dunia sama sekali. Rosul pernah marah pada orang yang ingin tidak nikah agar lebih dekat pada Allah. Rosul juga menikah dan dijalankan untuk ibadah.

    Cinta pada manusia tidak dilarang selama tidak menjadikan durhaka pada Allah. Bahkan manusia yang paling dicintai oleh Rosul adalah ‘Aisyah sebagai istrinya. Jadi jika Allah menganugerahkan cinta kepadamu dengan jalan pernikahan yang baik, maka janganlah menolaknya. Bahkan menikah adalah salah satu perintah Allah dalam Al-Quran.

    Semoga Allah senantiasa memberi kita petunjuk di jalanNya.

    Rindu: iya mas, cinta memang indah yah jika semua diniatkan untuk mencari ridho ALLAH, datang dan perginya karena ALLAH, cinta dan tidak cinta [saya tidak suka memakai istilah benci] karena ALLAH, akan selalu indah. Semoga kita semua dicukupkan dengan cintaNYA, dicukupkan rasa yang tak ada dihati menjadi ada :)

  143. nek teman2 lagi patah hati selalu deh di ledekin dengan

    “CINTA…CINTA…. MAKAN TUH CINTA”

    v(^_^)

    Rindu: sahabat saya bilang kalau lagi jatuh cinta itu emang lupa ALLAH, bahkan maaf ada istilah tai kucing rasa coklat katanya “shit tase chocolate” hahaha, kacau nih emang dunia :)

  144. Pas banget dah,.. kebetulan baru patah hati ni. Abis baca ni tulisan bs tertawa lagi :D. thanks banget mba…

    Rindu: Ayo tersenyum lagi, boleh patah hati tapi jangan lama lama karena ALLAH tidak suka hamba yang berlama lama dalam luka, itulah mengapa manusia berdiri karena hanya manusia hidup yang berdiri dan berjalan, oleh karena itu jangan terbaring, berdiri dan hiduplah, cinta yang kemarin cukup dijadikan spion yang hanya dikenang sekali kali saja, gimana? sok tahu kan saya … hahahah.

  145. Kenapa kok di namai patah hati? Karena semut pun kan marah bila terlalu sakit begini maka lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati tapi akan jauh lebih baik bila tidak dua duanya karena Rosulullah mengajarkan pada kita agar berdo’a minta kesehatan.

    Rindu: sakit hati tuh rasanya keringetan … kalau sakit gigi rasanya apa yah? saya belum pernah sakit gigi soalnya mas :) kasih tahu yah.

  146. wduh Rin kalimatmu slalu penuh makna .. kalu udah begitu’ aq yakin sbenarx qmulah inzan yg pasti amt brbahagia .

    Rindu: kalau soal bahagia, kita semua bisa bahagia, gak perlu harus punya Nicholas Saputra untuk bahagia koq, selama ada sandaran jiwa yang lebih kokoh, pemilik segalanya, kalau kita jadi kekasihNYA pasti minta apa aja dikasih, kan kekasih pasti ingin kekasihnya bahagia kan, ALLAH lebih dari itu :)

  147. Berbahaialah seorang hamba yang iklas…Mencintai dan membenci sesuatu karena Allah, Berjumpa dan Berpisah karena Allah semata….lebih-lebih mereka yang hidup dan matinya hanya untuk Allah semata tapi sulit rasanya hamba miliki sifat itu…Bimbing kami kejalan yang lurus ya Allah sehingga menatap dunia ini laksana Samudra yang luas tak bertepi…Amiinn..

    Rindu: kalau semua bukan untuk ALLAH maka kira kira untuk siapa kita hidup dan mati mas? kira kira kepada siapa kita akan bersandar, apa ada tujuan lain? sandaran lain? kalau jawabannya masih bukan ALLAH, berarti mas harus menemukan jalan yang lurus, sekarang masih nyasar :) *sok tahu yah saya?*

  148. pertamax….hehehehe

    mba ade,kmrn aku patah hati seharian nangis…sedih kok dia begitu..*jadi malu* tp hari ini sedihnya dah ga begitu terasa apalagi setelah baca tulisan ini..makin semangat..harus semangat untuk berbuat yg lebih baik ketimbang meratapi…:)

    Rindu: dia begitu biar aja, percaya gak ketika kita serahkan ke ALLAH semua akan berlalu … kalau kata Peter Pan “engkau bukanlah segalaku, bukan tempat tuk hentikan langkahku” :)

  149. ass…saya juga pernah mengalami patah hati, kehilangan orang yg saya sayangi, tapi kembali kepada Allah, saya ikhlas, itu jalan yang terbaik.

    Rindu: ikhlas tidak ikhlas jika ALLAH membawanya pergi tetap putus sist … jadi mending ikhlas, iya kan? :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s