Tidak Perlu Ikut Campur

Judulnya agak ekstrim De? :) gak juga sih, baca dulu deh, rasanya sih engga:) emang tulisan ada rasanya?

Mawarputih

Selama sebulan terakhir ini saya menemani seorang perempuan muda yang dititipi ALLAH kanker paru paru, banyak pelajaran yang saya dapat ketika bersamanya, Anita namanya, perempuan berusia 26 tahun, perempuan muda nan cantik yang sedang berjuang antara hidup dan mati, “Nita, yang kuat yah” hanya itu yang selalu saya bisikan ketika airmatanya mulai berlinang.

4 minggu mendampingi Anita, saya belajar satu hal bahwa saya adalah milik ALLAH, ALLAH lah yang berhak mengatur hidup saya dan saya tidak perlu ikut campur, subhanallah :) dan setiap pemilik pasti akan menjaga apa apa yang dimilikinya dengan sebaik baiknya kan? jadi tidak perlu ikut campur, cukup terima dan jalankan dengan senang hati karena DIA yang maha tahu.

Kalau saya ikut campur mengatur yang bukan milik saya, kira kira marah gak si pemiliknya, pasti marah kan? dan ketika pemilik hidup saya adalah ALLAH kemudian saya ikut sibuk mengatur maunya ini dan gak mau yang itu, lama lama ALLAH akan marah, hamba yang satu ini maunya apa sih? gawat deh !!

Duduk berdampingan dengan perempuan ini mengalirkan kekuatan tersendiri bagi saya, ditengah raganya yang mulai menciut karena kanker kian menggerogoti,  dan mahkotanya yang dulu lebat bergelombang kini mulai tanggal dan hanya menyisakan pelontos kepalanya karena kemo yang berulang ulang merontokan rambut indahnya, ditengah rasa sakit yang tiada tara mendera raganya, sahabat saya ini tidak pernah mengeluh bahkan sekedar bertanya kepada ALLAH mengapa ALLAH menguji dia dengan hal yang amat berat ini pun tak pernah, “De, tidak perlu mempertanyakan ketentuan ALLAH, kita hanya hamba yang bertugas menjalankan semua ketentuanNYA dengan sebaik baiknya, hidup ini DIA yang mengatur De, bukan kita, karena kalau kita ikut mengatur maunya begitu dan begitu, maka semuanya akan tambah berat De

Ah, erat saya memeluknya ketika ucapan indah itu keluar dari mulut mungilnya, ucapan itu menohok ulu hati saya, semua kata kata indahnya, kini saya mengerti mengapa saya harus berserah dan tidak perlu ikut campur mengatur hidup saya karena ilmu ALLAH maha luas sedang ilmu saya hanya setitik, ALLAH mampu melihat esok sedang saya melihat apa yang akan terjadi sedetik didepan saya saja saya tak mampu, bagaimana dong saya bisa mengatur hidup saya, bahkan rencana harian, mingguan, bulanan yang telah saya susun rapi belum tentu semua mampu saya jalankan, maka biarlah ALLAH yang mengatur, saya cukup berdoa dan ikhtiar tapi jangan marah ketika rencana saya berbeda dengan rencana ALLAH karena ALLAH yang mengatur, saya hanya menjalankan gak usah ikut ngatur, mudah kan hidup, as simple as that :)

Jadi setiap yang saya rencanakan itu hanya rencana saya sebagai manusia, yang pada akhirnya harus saya serahkan kepada ALLAH, sebagus apapun rencana saya akan runtuh oleh ketentuan ALLAH, lalu apa masih ada gunanya saya berkeras, ngotot maunya ini dan itu, sementara pasrah dan berserah diri justru akan membuat hidup saya lebih ringan, gak ada beban menjalankannya, begitu bukan? jadi gak perlu repot repot ikut campur, cukup buat rencana dan ikhtiar selebihnya serahkan ke pemilik jiwa kita, simple kan hidup? :) iya, sesederhana itu koq.

Jadi mulai sekarang aturlah diri kita untuk TIDAK IKUT CAMPUR mengatur ALLAH, biarlah ketentuanNYA yang terjadi “ya ALLAH jadikanlah kami seperti apa apa yang ENGKAU inginkan dan beri kami kekuatan untuk menerima apa apa yang menjadi keputusanMU, ketika keinginan kami tidak sama dengan kehendakMU, maka hanya ENGKAU tempat kami mengembalikan segala urusan wahai yang maha mengatur, sang pengatur yang terbaik

Life is as simple as that ketika ALLAH dijadikan tempat bersandar … adakah yang lebih berkuasa dari ALLAH? engga kan, jadi kenapa dong masih ngotot mau yang itu, kenapa dong gak mau juga berserah, pasti indah koq pilihan ALLAH :) karena ALLAH mencintai kita, maka hanya yang terbaik yang akan diberikan, makanya jangan jauh jauh dari ALLAH agar dicintai :)

About these ads

90 thoughts on “Tidak Perlu Ikut Campur

  1. Bismillah.
    Subhanallah,Sungguh Indah Urusan seorang mukmin itu. ketika mendapat nikmat ia bersyukur dan ketika mendapat musibah Ia bersabar dan Kedua-duanya merupakan kebaikan(pahala)untuknya.(“hrs tetap terpenuhinya dua syarat diterimanya suatu ibadah/amalan”)

  2. Assalaamu’alaikum ukhti….
    Maaf ni, saya cuma mau bilang.
    Bukannya ada ayat yang menyatakan bahwa tidak akan berubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yg merubahnya.
    Mohon dibantu jelasin ya ukhti? :)

    Rindu: maksudnya setiap usaha dari awal hingga akhir diserahkan kepada ALLAH, betul kita yang ikhtiar merubah tapi tak akan menjadi apa2 tanpa kehendak ALLAH maka itu kita harus bersyukur sist … gitu :)

    • Mmmm…
      Berarti kita tetap ikut campur kan sist…
      Bukan untuk menentang apa yang telah ditetapkan Allah kepada kita, tetapi lebih kepada usaha kita sebagai manusia.
      Hasilnya, tetap kita kembalikan dan serahkan kepada Allah. Kalau menurut saya, itu juga dinamakan ikut campur sist. :)

  3. -
    ..Mereka berkata: “Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?.” Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah.” ..
    [lih. S. Ali Imron 3: 154]
    -

    Rindu: terima kasih sudah melengkapi :)

  4. Subhanallah sangat menyentuh sekali tulisannya mba…
    Ternyata kita Tidak Perlu Ikut Campur yah

    Rindu: iya, yakinlah bahwa ALLAH akan mengurus hambanya dengan benar :)

  5. “Sebagus apapun rencana saya akan runtuh oleh ketentuan ALLAH, lalu apa masih ada gunanya saya berkeras, ngotot maunya ini dan itu, sementara pasrah dan berserah diri justru akan membuat hidup saya lebih ringan” Suatu ungkapan yang sarat dgn makna…
    Salam Hangat

    Rindu: :)

  6. Assalamualikum,pa kabar de?

    de, kalau aku katakan kata “metamorfosis” apa yang ada dalam benakmu – membaca postingan ini tiba-tiba sekilas jadi tertarik dengan kata metamorfosis.

    mungkin saat ini anita tengah dalam tahapan kepompong – dan sebentar lagi ia akan merdeka menjadi kupu-kupu yang cantik meninggalkan kulit (jasad ini).

    sedangkan kita, mungkin kita tetap seperti ulat-ulat itu, tetap rakus dan egois.

    lalu kapan ulat mendapat insight dari Allah?

    Rindu: saya sehat mas, metamorposis adalah perubahan dari buruk menjadi baik, hijrah = metamorposis dimata saya, lalu kapan ulat menjadapat insight? jika ulat yang dimaksud disini adalah kita, maka insight akan kita dapatkan ketika kita sanggup menjemput hidayah, bukan menunggu loh :) gitu kira kira mas.

    • Ade benar…hijrah = metamorfosis, namun dalam metamorfosis, kulit luar (jasad) ini seakan-akan kita robek dan kita buang – maksudnya kesadaran diri kembali bahwa kita (manusia) bukanlah berhenti dijasad ini – jasad ternyata hanyalah sarana dari Allah untuk hidup dialam dunia, kita adalah An Nafs yang mempersaksikan keesaan Allah (dahulu) saat di dalam alam malakut disaat usapan pertama pada punggung nabi Adam as.

      iya…karena itulah Rosul saw berpesan jangan terlalu mencintai dunia, karena dunia mengikat Nafs manusia sehingga kesadaran diri manusia hanya berhenti pada tingkat kesadaran manusia dalam jasad saja.

      sebenarnya kalau diurai lagi tentang metamorfosis ini panjang de, dan bisa jadi ilmu yang bermanfaat untuk dipelajari.

      ternyata kemaren saya juga baru sadar (ngeeh) “ooh, inilah mungkin Allah menciptakan binatang yang bernama kupu-kupu dan proses metamorfosisnya untuk mengajari manusia bahwa manusia tidak hanya terhenti pada tingkatan jasad saja.”

      Rindu: komen yang penuh dengan ilmu … saya mulai berpikir juga nih tentang hijrah raga bukan hijrah jasad :)

  7. Sepenggal kutipan dari tokoh kemanusiaan dunia Bunda Theresa:

    Yakinlah pada hal-hal kecil karena disanalah terletak kekuatan kita

    Bayangkan saja menumbuhkembangkan keyakinan terhadap hal kecil saja bisa mendatangkan kekuatan, apalagi jika itu keyakinan terhadap yang besar.

    Allahush shamad
    Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

    Ketika dalam Al-Qur’an (surat al-ikhlas) Allah Swt. sudah menegaskan bahwa hanya Dialah Tuhan tempat para makhluk bergantung maka taruh dan letakkanlah keyakinan kita akan semua yang terjadi pada Allah. Dialah pencipta dan pemelihara alam semesta, Dialah pencipta dan pemberi rezeki semua makhluk, Dialah pencipta dan pengatur langit dan bumi beserta seisinya.

    Muarakan segala usaha beserta doa yang telah kita lakukan kepada Allah karena semuanya milik Allah, berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah.

    Rindu: ALLAHush Shamad ini adalah salah satu dzikir yang kerap di ajarkan pada pasien kanker mas, agar kuat :) terima kasih sudah melengkapi tulisan saya yah.

  8. Kebetulan tertarik juga dengan isu-isu kesehatan….

    Jadi penasaran bagaimana sebenarnya Ba Rindu bisa bertemu dan berhubungan dengan saudara-saudara kita seperti Ba Anita ini? Bagaimana ceritanya? Terus kalau yang mengalami cobaan itu orang-orang yang kurang mampu, bagaimana juga ceritanya?…Penasaran nih? Kebetulan LSM kami belum menyentuh isu-isu kesehatan dan kedepannya nanti mau coba ke arah sana…boleh ngobrol2 lebih jauh dengan Ba Rindu tentang ini? Sekiranya Ba Rindu mengijinkan…bisa kontak japri ke email saya. Tks

    Salam,
    Tjiliwoeng Dreams

    Rindu: boleh mas, mari bicara dibelakang layar … sudah terima email saya? :) emang udah kirim De? *belum*

  9. kalo kita ga dikasih cobaan, kira-kira masih inget ga ya kita sama alloh…..

    kalo gw suka lupa, tapi tak kuasa juga dengan cobaan… *ah dasar manja!

    Rindu: manusia memang tempatnya khilaf, makanya jangan jauh jauh dari ALLAH yah mas :)

  10. Allah punya rencana tersendiri untuk hamba-Nya. Tapi, Ikhwan, Ade, dan lain sebagai hamba-Nyalah yang bertugas untuk berusaha.

    Karena hanya dengan usaha, doa menjadi sangat manjur adanya.

    Rindu: betul, karena ALLAH tidak akan mengubah nasib seseorang jika bukan orang itu sendiri yang mengubahnya :)

    • Maaf mbak numpang lewat.
      berarti klu gtu, kita harus mengubah nasib kita sendiri kan, kalau tidak, Allah tidak akan mengubah nya, dengan kata lain “kita ikut campur” dalam menentukan nasib kita, berarti beda donk dengan judul artikel mbak ???
      Maaf kalau saya salah mengartikan..!!

      Rindu: kita bicara dibelakang layar yo, agak panjang nih saya menjelaskannya :)

  11. lebih dari 1 bulan saya pernah mendampingi mertua di sebuah RS di Surabaya karena kanker, dan beberapa bulan kemudian bolak balik banjarbaru-surabaya untuk kemoterapi.

    sungguh mba’ rindu, memang banyak gambaran dan pelajaran yang didapatkan, sampai akhirnya beliau dipanggil.

    Rindu: iya mas, selama menjadi pendamping mereka, saya banyak belajar dari mereka, sungguh hanya ALLAH lah tempat kembali :)

  12. ” jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu “, buat mbak Nita smg ALLOH memberi kesembuhan dan mbak ade tetap semangat dan istiqomah ya membantu mbak nita ( ah alangkah indahnya jika semua manusia bia saling membantu dengan penuh keihlasan dan kesabaran :) ….)

    Rindu: tak ada yang berkurang dari berbagi … hidup akan lebih bermanfaat ketika kita mampu membua manfaat untuk banyak manusia lain :)

  13. Hidup ini ibarat merantau di tempat yang jauh,
    sedangkan kematian adalah pulang(mudik) ke rahmatullah.

    Andai kita tahu, Kanker paru2 adalah anugrah terbesar(bersemangat utk sembuh)…Dan jg sbg pengingat bahwa kapanpun malaikat izrail datang,kita sudah siap utk pulang..

    Jadi sehat atau sakit,
    siap atau tidak siap,
    kita harus menyiapkan bekal yang cukup untuk pulang…

    Coz,kematian adalah peringatan yang nyata bg orang2 yang beriman..

    Bwt mba anita, SMANGAT ya?

    Rindu: ketika semua kita serahkan kepada ALLAH maka tak akan ada bedanya lagi bahagia, luka, kehidupan, kematian, semua adalah milik sang pengatur :)

  14. Inna lillahi, kita ini milik Allah. Kita hanya berusaha dan berharap semoga yang kita usahakan itu sesuai dengan yang dikehendaki Allah. Dia yang memutuskan, tentu kita tidak mungkin bisa ikut campur membuat keputusan.

    Terima kasih.
    Salam

    Rindu: keputusannya yang pasti terjadi, dan ALLAH lah tempat kembali … ikhtiarlah sebatas yang dirhidhoinya, jangan keluar dari sana :)

  15. assalamualaikum…
    salam kenal…
    nice blog…baca ceritanya jd inget,

    “…dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan DIA mengetahuinya, dan tdk jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (lauh mahfuzh )”(Q.S. Al Anaam:59)

    Rindu: semua yang terjadi atas sepengetahuan ALLAH, jadi mengapa kita tidak berserah saja … :)

  16. Semoga Anita Diangkat penyakitnya, diberikan kekuatan lahir dan bathin.buat mba rindu Smoga dijauhkan dari kefakiran; ilmu,rasa dan Materi…Amin

    Rindu: amin ya ALLAH, terima kasih doanya :)

  17. manusia hanya berencana tapi Allah yang menetukan kan mbak :-)

    Rindu: iya betul, dan setiap rencana akan gugur oleh ketentuan ALLAH, apakah gugurnya sama dengan rencana kita atau beda, yang pasti hanya rencana ALLAH yang terjadi :)

  18. nimati hidup selagi bisa dengan kebaikan :)
    salam,

    Rindu: maka nikmat ALLAH yang mana lagikah yang akan engkau pungkiri … indah ketika sehat, maka nikmati dengan bersyukur :)

  19. Pelajaran yg mendalam sekali… Allah-lah yg memiliki hidup ini, dan Dia sudah menitipkannya kepada kita utk dimanfaatkan dg sebaik-sebaiknya. Dia adalah pemilik, dan kita adalah pemegang mandat….

    Rindu: setuju mas, terimakasih yah sudah selalu berada dikebun saya setiap malam, ronda yah? hahaha *ditimpuk, salah ngomong* :)

  20. sebagai hamba yang diciptakan olehNya untuk menyembahNya, maka sudah menjadi kewajiba kita semua untuk tidak mencampuri urusaNya, pasti dibalik itu semua ada hikmahnya ;)

    Rindu: ALLAH tidak pernah menciptakan apa apa secara sia sia, maka dibalik itu semua pasti ada hikmah, hidup kan pindah dari satu hikmah ke hikmah yang lain kan? :)

  21. Ehm..

    tapi yang namanya usaha itu perlu untuk menentukan suatu takdir..
    karena memang ada takdir yang masih dapat kita rubah.. walaupun juga ada yang tak bisa kita rubah..

    jadi berserah diri itu baru kita lakukan setelah adanya usaha atau tidak ada jalan lain lagi dalam menghadapi suatu masalah..
    tapi smentara masih ada cara.. npa ngga berusaha dulu..?

    itu menurutku sih..

    lam kenal..

    Rindu: berserah dulu atau berusaha dulu? jangan kebalik loh mas … usaha akan sia sia tanpa didampingi oleh ALLAH. :)

    • kalo menurutku seh ya harus berusaha dulu mbak..
      “ikhtiar dulu baru berserah diri..”
      ikhtiar nya pun harus didampingi dengan do’a..

      kayak dalam ulangan..
      kan kita juga harus ngerja’in soal dulu dan didampingi do’a.. lalu untuk hasilnya tinggal berserah diri pada Allah..

  22. sayangnya dari kita sebagai manusia bukannya mengatur tapi menentang ajaran dan meragukan kebenaran-Nya

    Rindu: manusia merasa menjadi TUHAN untuk dirinya sendiri, merasa mampu mengatur ini dan itu padahal tanpa ALLAH semua akan berantakan lagi, rencana akan ambruk jika tanpa bantuan ALLAH. maka shalatlah, maka zakatlah, maka puasalah, maka berdoalah, maka bersabarlah, maka berikthiarlah, maka berserahlah … :)

  23. Ya…kita adalah hamba yang harus tunduk pada kehendak Allah…
    Memang berat ya, berusaha untuk sepenuhnya berserah kepada Allah…karena perasaan kecewa sering kali muncul saat kita tidak mendapatkan sesuatu yang sesuai keinginan kita…
    Semoga Allah mengampuni… :)

    Rindu: tersadar ternyata kita hanya manusia … hanya debu, hanya hamba yang sangat membutuhkan kasih sayang ALLAH, mata, telinga, hidung, mulut itu kita miliki karena kasih sayang ALLAH, satu diambil saja maka kita tak berdaya, dan jadikanlah ALLAH sandaran.

  24. assalaamu ‘alaikum…..
    nah, sekarang terbukti kan ? “BERBUATLAH SEKEHENDAK ALLAH, JANGAN BERBUAT SEKEHENDAK HATI “. susah ngerjakannya tanpa kekuatan dariNya.

    Rindu: ya ALLAH sesatkan kami di jalanMU … :)

  25. -
    Tidak ada yang berhak/bisa ikut campur dalam urusan Allah, baik takdir maupun syariat-Nya. Dia Maha Bijaksana, Maha Mengetahui dan Maha Penyayang. Tidak perlu khawatir akan apa yang Dia takdirkan selama kita mendekat kepada-Nya dengan taat dan taubat. Hidup kita sepenuhnya dalam kendali Allah Yang Maha Pengasih.

    Orang yg diberi ujian kesusahan kemudian menjadi lebih dekat dengan Allah itu jauh lebih baik daripada sebaliknya.

    Mencintai Allah, dekat kepada-Nya dengan taat dan selalu mengingat-Nya, berdoa dengan adab, bersama dengan orang-orang yang mencintai-Nya adalah hal-hal terindah dalam hidup.
    -

    Rindu: sesungguhnya shalat saya, hidup dan mati saya hanya untuk ALLAH … kemana lagi kalau bukan kepadaNYA lah tempat saya kembali, dan ketika saya tidak mencintainya di bumi ALLAH tak akan menyambut saya dengan kasih sayangnya ketika saya berpulang nanti :)

  26. Terhadap temanmu itu, kalau bisa jadilah sebagai pengantar yang akan menggembirakannya menyambut pertemuan agungnya. Bukankah dengan kematian kita akan kembali pada kedekatan (idul qurb) denganNYA.

    Almarhum itu kan artinya “yang dicintai”. Ah, bawakan juga baginya serangkai mawar yah.

    Rindu: suatu hati didepan nama kita akan tertera sebutan almarhum/almarhumah dan ketika itu datang hanya kebaikan yang akan dikenang, maka menulislah di blog dan buat tapak yang akan dikenang, ini salah satu maksud kebun saya mas :) irhmannna ya ALLAH, sayangi saya.

  27. subhanallah. tanpa bermaksud utk mengabaikan makna usaha dan ikhtiar, saya sangat mempercayai sebuah takdir, mbak rindu. apa pun yang terjadi, Allah pasti sudah memiliki skenario terbaik buat hamba-Nya.

    Rindu: pasti, ALLAH adalah sutradara dari hidup ini, jadilah pemain terbaik yang tidak keluar dari skenario agar gak sesat jalan ceritanya :)

  28. ya setuju, gak perlu ikut campur kalo bukan menyangkut diri kita, apalagi turut campur mengenai urusanNya

    Rindu: ALLAH maha pengatur yang terbaik, percaya kan? jangan ragukan itu, karena ALLAH tidak pernah salah :)

  29. Segala jalan telah ku lalui
    Segala cara coba ku tempuhi
    Tiada satu yang bisa memberiku hidup lebih lama

    Cukup air mata yang mengalir
    Cukup perih sedih telah terukir
    Kuharus ikhlas dan tegar menatap waktu yang tersisa

    Semoga sakitku ini,luruhkan dosa lalu ku

    Dan ketika masaku habis di dunia
    Kuingin tinggalkan satu kenangan terindah
    Meski lewat nada yang cuma ku bisa
    Kan kupersembahkan yang terbaik untuk semua

    Semangati langkahku mengembara waktu
    Mengabdi pada-MU
    Agar hidupku yang satu kali ini
    Menjadi hidup yang berarti Ya Robbi
    (vonis)

    Rindu: duhai angin buta suara sampaikan doa kami kepada pemilik segalanya, agar hidup kami yang sekali ini menjadi hidup yang semata mata untuk ALLAH :) terima kasih puisinya ya mas, melengkapi tulisan saya.

  30. Assalamu’alaikum mbak
    kok agak gak paham ya sama kebun yang ini..!!! Ada yang bisa bantu jelasin gakkk…???
    hiksss..hikss..jadi sedih..!!!
    Untuk mbak Anita, saya ikut mas zipoer7 baca Al-Fatihah nya dan Insya Allah cepat sembuh ya mbak..

    Rindu: maksudnya tulisan saya terlalu rumit untuk dimengerti yah? aduh, padahal saya menulisnya dengan hati yang utuh loh :) coba baca 2x barangkali bisa lebih paham. terima kasih doanya yah. :)

    • Sama mbak padahal saya juga nanya nya dengan hati yg utuh juga loh mbak .., memang gak rumit sih mbak, cuma mungkin saya nya aja yang kurang pintar, ntar saya cb baca2 lagi deh mbak. Makasih saran nya mbak…!!!

      Rindu: baca baca apa nih? *agak bingung saya dengan komen ini* :) maaf !!

  31. Menurut ilmu yang kudapat, kangker paru merupakan derajat terakir dari kangker. Biasanya akar kangkernya berada di organ lain, entah di usus, saluran kencing, organ reprodoksi, ato lainnya.

    Jadi…..hanya sabar dan tawakal dengan ketentuanNya yang menjadi obatnya, seperti tulisan ade di atas. Tolong sampaikan ke teman Ade agar jangan berputus asa untuk tetap berikhtiar, ikhtiar yang sesuai syariat, jangan yang menjurus kepada kesyirikan. Kasihan kalau sampai terjerumus kepada kesyirikan.

    Rindu: terima kasih sharenya ya mas, akan saya ingat untuk disampaikan dan doakan semua akan kembali seperti semula :) amin ya Rabbannasi [wahai Rabb nya manusia]

  32. Sehr schön meine liebe Schwester, wie immer… :)
    Pa kabar De? Lama ga ngobrol ya, kangen deh…insya Allah minggu depan Rina balik ke Indonesia.

    Rindu: Sist, vielen dank… miss you too and welcome back to Indonesia yah :)

  33. Berdoa dan bertawakal kepadaNYA

    Rindu: iya, hanya itu yang kita mampu lakukan, hulu adalah doa dan muaranya adalah tawakal :) insya ALLAH tak akan tersesat.

  34. terkadang kita sebagai hambanya sering menuntut banyak, belum tentu itu yang terbaik bagi kita. jalani saja hidup ini dengan hati, tanpanya hidup jadi kering kerontang.
    salam sang pelembut hati,

    Rindu: ALLAH maha melembutkan hati mas, penuh kasih sayang dan pasti akan memberikan apa apa yang terbaik, perih menurut kita, indah menurut ALLAH :) saya + ALLAH = cukup

  35. enak yah punya kebun .. trus rajin menanam, memupuk n menyiraminya .. slalu dapet buah hikmah yang luaaaar biasa ..

    betapa sederhananya hidup ini

    Rindu: sederhana ketika ALLAH menjadi sandaran kita mas, dan akan sangat gelisah ketika dunia menjadi sandaran kita :)

  36. Salam Takzim
    Mengunjungi sahabat, saat menunggu penderita kanker Paru-paru dengan membawa secerca do’a tanpa paham, Semoga sosok Anita diangkat penyakitnya, Assyifa wala Ayyah Alfatihah
    Auzubillahiminnasyaiton nirrozim
    Bismillahirrohmanirrohim
    Alhamdulillahhirobbil’alamin
    Arrohmanirrohim
    Malikiyaumiddin
    Iyyakana’budu waiyyakanasta’in
    Ihdinashirottol Mustaqim
    Shirotoladjina’an amta’alaihim
    Goirilmagdu biallaihim Waladhollim
    Amin
    Salam Takzim Batavusqu

    Rindu: Alfatihah … semoga ALLAH meringankan deritanya, menganggkat penyakitnya, amin ya Rabb :)

  37. Antara Ikhtiar dan Tawakal, komposisi yang terkadang menjadi misteri Illahi. Antara ikhtiar maksimal dan takdir. Pastinya Allah Maha Mengetahui yang terbaik bagi hambaNya saat ini dan selanjutnya, salam

    Rindu: Dan ALLAH tidak pernah mendzalimi hamba yang diciptakanNYA, maka yakinlah bahwa apa apa yang kita miliki saat ini adalah yang terbaik, bahkan apa apa yang tidak kita miliki pun harus kita syukuri karena pasti gak pas untuk kita tuh :)

  38. Salam kenal rindu..numpang tenar ya..semoga kunjungan perkenalan ini bukan yang terkhir tetapi awal dari untuk berikutnya salam..aku ga ikut campur tapi mau es campur saja..

    Rindu: waallaikum salam warahmatullah, gak ada es campur dikebun saya mas :)

  39. ikut campur brarti mengubah ketentuan dan keinginan allah thd kita …
    sdngkan allah menginginkan kita berusaha untuk menjadikan bumi ini dlm aturannya … so, hidup hnya untuk mengikuti kemauan allah saja :)

    Rindu: yup, ALLAH lah sang sutradara hidup ini, apa jadinya kalau artis/aktor gak mau memerankan peran yang diberikan sang sutradara, apa gak marah tuh sutradara, jangan2 langsung di pecat, dicuekin, gak dikasih peran … duh, serem yah. :)

  40. Nah…ini dia yg sering kita lupa mbak. Misal saja kita berdo’a kpd Allah, terkesan kita ‘menggurui’ dan mendikte Allah. Smoga kita bisa mengambil ibrahnya ya…
    Salam kenal

    Rindu: manusia memang banyak maunya yah? padahal gak semua yang dia inginkan bisa dia dapatkan loh :) mari belajar mengganti doa yang tak mungkin dengan rasa syukur karena tak memilikinya :)

  41. Itu namanya tawakal mbak, dan tawakal itu memang rada2 sulit karena Dia juga titipkan ego dan kehendak pada kita :)

    Rindu: sulit tapi tidak mustahil kan mas? :)

  42. Segala sesuatu pasti ada hikmahnya, kadang kita menginginkan A tetapi Allah memberikan B, lalu kita menggerutu, padahal Allah lebih tahu apa yg terbaik buat kita.
    Salam kenal dan hangat.

    Rindu: betul, ilmu ALLAH amat luas dan ilmu kita hanya setitik, masa mau ngotot sama hal hal yang kita gak tahu? apa gak sia sia namanya … :)

  43. Kita haruskah pasrah saja,kalo tidak boleh mengatur..?
    atau tawakal saja kalo merasa tidak nyaman..?

    Rindu: maksudnya, apapun rencana, apapun ikhtiar, apapun perjalanan hidup ini kita harus berserah, karena tidak semua hal bisa kita selesaikan, ketika kita tak bisa menyelesaikan maka kembalikan kepada yang maha menyelesaikan :)

  44. “IyyaKA na’budu wa iyyaKA nasta’iin” Kalimat di ats mrpkn sala satu ikrar seorang manusia kpd ALLAH SWT, seandaiya saja kita mau belajar memahami setiap kta yg terucap dri mulut qTa, niscaya tiada SIA2!!!

    ALLAH menginginkan manusia “B’IBADAH” sala satu di antaranya adL sholat, di dlm sholat akewajiban membaca Al-Fatiha, salah satu kalimat dlm Surat Al Fatiha iaL; kalimat yg tertera di atas!!!SMG kita SLALU TERJAGA DI ATAS RIDLO “ALLAH”

    Rindu: amin ya ALLAH …

  45. Ada yang bilanng, kita harus membedakan antara berdoa dan menyuruh Allah :-)

    Rindu: iya, guru mengaji saya bilang berdoa itu harus menghindari kata kata agar ALLAH menyegerakan mengabulkan, itu namanya menyuruh, benar gak pendapat ini yah? :)

  46. Allah tidak membebani hamba-Nya dengan hasil,

    Allah hanya mewajibkan hamba-Nya berusaha

    yaa…kecewa2 dikit wajar,lah namanya juga hamba-sahaya :D

    Rindu: iya, bukan hasil tapi usaha yang menjadi milik kita, hasil adalah milik ALLAH :)

  47. bukan tidak boleh mencampuri segala urusanNya, tapi menerima segala keputusanNya tanpa berdiam diri…tapi selalu berikhtiar dan berdo’a :)

    Rindu: tidak mencampuri yang saya maksud adalah berpasrah diri, setelah iktiar dan doa langkah selanjutnya adalah tawakal kan mas? :) jika salah itu datangnya dari saya, dan jika benar itu datangnya dari ALLAH.

    • bukan mas,,,,aku perempuan rindu :)…

      Rindu: astagfhirullah …. mohon maaf yah, karena pengunjung kebun ini kebanyakan laki laki, jadi kalo gak terlalu jelas, semua saya panggil mas, kang, bang, semua sebutan untuk laki laki :)

  48. “ya ALLAH jadikanlah kami seperti apa apa yang ENGKAU inginkan dan beri kami kekuatan untuk menerima apa apa yang menjadi keputusanMU, ketika keinginan kami tidak sama dengan kehendakMU, maka hanya ENGKAU tempat kami mengembalikan segala urusan wahai pengatur yang terbaik“

    Amiin.

    Jangan lupa tetap berikhtiar dan berdo’a.

    Rindu: ikhtiar dan doa itu satu paket ya mas? satu lagi mas dalam paket itu adalah tawakal, iya pasrah itu, lengkap deh sebagai hamba :)

  49. semoga temen mbak diberi kekuatan untuk selalu tabah dan lekas sembuh…
    satu renungan bagi qta semua dalam menjalani hidup…

    Rindu: amin ya ALLAH, saya percaya kepasrahannya akan berbuah syurga … rihdo ALLAH lebih utama dari bumi dan isinya bukan? :) terima kasih doanya ya mas, akan saya bisikan ditelinga Anita ketika esok saya mengunjunginya lagi.

  50. berihtiar sekuat tenaga dan selanjutnya memasrahkan semua pada Allah.

    Rindu: ALLAH lah sebaik baik tempat kembali, dalam keadaan bahagia kita kembali ke ALLAH, dalam luka kita kembali ke ALLAH, tak ada bedanya lagi, semua indah deh pokoknya :)

  51. isi shaf terdepan dulu ah…

    Rindu: kalau shalat berada di shaf terdepan akan berdiri sejajar dengan para malaikat, kalau shaf terdepan dikebun saya ini, kira kira dapat apa yah? hahaha :D

  52. Alloh yang membuat sakit dan Allohlah yg mempunyai obatnya… tp manusia wajib berihtiyar krn obat juga harus di jemput..

    Rindu: sakit adalah salah satu cara ALLAH mengampuni dosa dosa kita bagi mereka yang sabar … sebuah jalan pintas mendapatkan ampunan, jadi tak patut rasanya mengeluh dengan hadiah seindah ini, iya gak mas? :) pokoknya semua yang dari ALLAH, indah.

    • betul sabar bagi yg sakit bersyukur bagi yg sehat… banyak hikmahnya diantaranya mungkin dengan anita sakit banyak orang yg sayang pada anita, banyak orang beramal baik denganya karena ikut mendoakannya. ya Alloh kl memang sakit saudaraku ini bisa sembuh mohon sembuhkan dan kalo sebaliknyamohon kasih jalan yg terbaik… amin.

      Rindu: amin ya ALLAH, semakin kita mendoakan akan semakin banyak pahala untuk yang mendoakan, maka sering sering lah berdoa untuk saudara kita, karena kebaikannya akan kembali ke kita :)

  53. Hmm….,
    Engkau juga harus kuat, dan lekas sembuh dari “lukamu”. Kan DIA juga yang memberimu.
    Kondisimu lebih baik dari temanmu itu kan?
    Yup, khusnudzon must go on.

    Rindu: insya ALLAH mas, luka saya akan kering, saya pasti mampu melewatinya … ALLAH maha membolak balikan keadaan, membolak balikan hati, dari ada menjadi tiada, dan saya yakin ALLAH akan membawa saya berlalu dari luka :) amin ya Rabb.

  54. ^_^ kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan,tuhanlah yang maha menentukan segala sesuatunya :). hidup hanya sekali, maka dari itu kita berbuat yang berarti, sebelum kematian memisahkan kita dg dunia ini,

    Rindu: management waktu, demi waktu … ah entah mengapa ketika bicara waktu saya selalu tak mampu menahan bendungan diujung mata saya, sungguh kematian adalah piala bergilir, saya yakin Anita akan berbuat yang terbaik, mempersembahkan kesabaran terindah untuk pemilik jiwanya, sebelum ajal menjemput :(

  55. jalani hidup, nikmati hidup,
    do d’ best, tawakal dan bersyukur
    alhamdulillah wasyukurillah…. :D

    Rindu: hidup adalah ketrampilan untuk menikmati hidup dijalan ALLAH, ah nikmat mana lagikah yang mampu kita pungkiri, bahkan Anitapun masih bisa menikmati sakitnya karena menurut sahabat saya ini ALLAH bersamanya, indahnya hidup… as simple as that :) irhamnna ya ALLAH, sayangi kami wahai Rabb.

  56. ikut campur yang tak semestinya berpeluang besar mengundang permasalahan yang lebih pelik, berbeda dengan ikhtiar yang disertai ilmu dan kepasrahan pada Allah.

    Rindu: guru mengaji saya bilang ketika kita mengenal ALLAH maka kepasrahan kita akan bertambah, ketidak inginan kita untuk ikut campur dan menggantikan dengan keridhoan akan apa apa yang menjadi keputusannya adalah level tertinggi kehambaan :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s