“Tidur Itu Ibadah? … “

Bangun tidur, tidur lagi. Bangun lagi, tidur lagi… habis mandi, tidur lagi. Bangun lagi, tidur lagi :)

[Mbah Surip feat RINDU]

Bobo

Jakarta panas abis De, matahari ngamuk nih panas banget kalo siang, jadi mending tidur aja, lagi kan selama puasa tidur itu ibadah De?” ini sms sahabat saya kemarin ketika saya ajak untuk ke masjid :) mulai terngiang dengan kalimat terakhir sahabat saya bahwa tidur selama puasa adalah ibadah? lalu apakah ibadah ini sebanding dengan ibadah lain, jadi mending tidur daripada tadarus kan sama sama ibadah tuh? nah lo …. salah kaprah nih kayanya saya, hahahha :)

Tidur adalah kematian kecil sebagai salah satu tanda tanda kebesaran ALLAH, terbayang gak ketika tidur kan saya mati suri tuh gak inget apa apa, artinya jiwa saya pada saat itu pasti dalam genggaman ALLAH, kemudian dikembalikan dengan cinta ALLAH untuk saya gunakan lagi ketika terbangun, maka saya harus akui bahwa didalam tidur itu ada kasih sayang ALLAH, jadi selama saya mau tidur bersyukur dan bangun bersyukur maka bisa dimengerti bahwa syukur adalah ibadah jadi tidurnya adalah ibadah … konteks yang ini saya setuju jika tidur adalah ibadah? gimana setuju gak dengan saya? :) “ya ALLAH dengan namaMU saya hidup dan mati” ini doa sebelum tidur yang isinya rasa syukur kita :)

Jika saya tidur 8 jam sehari, kalau sehari ada 24 jam, maka 1/3 dari umur saya telah saya gunakan untuk tidur, rugi lah kalau waktu sebanyak itu gak diniatin untuk ibadah, jadi tidur yang ibadah itu bukan hanya yang sekedar tidur pules tapi tidur yang diniatkan untuk ibadah, “gimana tuh De, caranya?” begini kata guru ngaji saya :)

Pertama pasti niat kan, meniatkan tidur sebagai ibadah. Niat adalah faktor fundamental dalam setiap gerak langkah saya, maka ibadah tidaknya pasti tergantung niat, niat karena ALLAH pasti bukan niat biar mimpi indah yang itu tuh :) atau sebelum tidur malah sibuk menghayalkan si dia :) kacau nih, mana ada nilai ibadahnya kalo sebelum tidur mimpi bobo dipelukan si dia :) *elu banget tuh De* teriak hati nurani saya nih :)

Kedua, pernah dengar kalimat ini melakukan persiapan bobo sesuai dengan yg dicontohkan Rasul “Apabila kamu mendatangi tempat pembaringanmu, maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas di sisi kananmu kemudian ucapkanlah: Ya ALLAH, sesungguhnya, saya menyerahkan hidup saya kepada-Mu, dan saya hadapkan wajah saya kepada-Mu, dan saya pasrahkan urusan saya kepada-Mu, dan saya perlindungkan punggung saya kepada-Mu, dengan penuh harap dan takut kepada-Mu, …...”

artinya pada saat tidur kan saya super lemah dari gangguan setan maka saya berlindung kepada ALLAH, sang maha melindungi, khayalan saya ketika hendak tidur juga harus semata mata mengingat ALLAH , kalo keingetan yang lain mending jangan naek ke tempat tidur dulu deh, ntar kemana mana loh pikiran kita :) *ah itu kan pikiran elu aja De* waduh !!

Jadi, tidur yang ibadah tentunya tidur yang diniatkan untuk mengingat ALLAH saja, bukan tidur gaya mbah surip dong yang tidur untuk ngabuburit menunggu adzan magrib, tidur lagi, bangun lagi :) ah indahnya jika semua untuk ALLAH yah, tidur untuk ALLAH, bangun untuk ALLAH, hidup untuk ALLAH, mati untuk ALLAH. Saya belajar untuk tidak mengingat si dia menjelang bobo, caranya dzikir, takutnya ALLAH tidak menitipkan napas lagi pada saat saya bangun tidur, jadi harus istighfar dan dzikir dong, jadi kalaupun saya berpulang pada saat tidur maka kegiatan terakhir saya adalah mengingat ALLAH   :) sip !!!

Selamat menghabiskan sepuluh hari terakhir di Ramadhan kali ini yah, kita gak pernah tahu jika ini adalah Ramadhan terakhir kita bukan? jadi tidur itu ibadah loh, asal jangan kebanyakan tidur daripada tadarus yah :)

*bobo ah !!! … loh De, tadarus dong*

 

 

 

About these ads

54 thoughts on ““Tidur Itu Ibadah? … “

  1. =======
    Menambahkan tentang wudhu sebelum tidur, ini ada dasar yang menguatkan kenapa sebelum tidur kita harus berwudhu terlebih dahulu..

    Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang tidur dalam keadaan suci (berwudhu) lalu tidur dalam penjagaan malaikat, dan tidaklah dia bangun, melainkan malaikat itu akan berdo’a untuknya, ‘Ya ALLAH ampunilah hamba-MU si fulan, karena dia tidur dalam keadaan suci (berwudhu).’”
    (HR. Ibnu Hibban, menurut Albani derajat hadits ini shahih, hadits no. 597 dalam shahihu at-Targhib)
    =======

  2. =======
    Mengenai tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, ini ada beberapa artikel yang berkaitan dengan hal tersebut. Semoga dapat memberi pencerahan bagi kita semua, amin yaa ALLAH..

    http://sunatullah.com/puasa/hadits-tentang-tidurnya-orang-berpuasa.html

    http://www.voa-islam.com/lintasberita/suaraislam/2010/08/03/8869/tidurnya-orang-puasa-bukan-ibadah/

    Daripada kebanyakan tidur di waktu puasa, mendingan waktunya dipake buat hal-hal yang jelas lebih produktif bagi dunia dan akhirat kita. Begitu lebih baik bukan?
    =======

  3. Dah lama banget ga maen ke sini.Postingannya semakin mencerahkan langit. Oh ya..hanya sekedar berbagi mengenai tidur dalam bulan Ramadhan.Ada 1 hal yg harus kita tahu dari hadits “Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah.” Sudilah mampir ke blog saya untuk mengetahui kelanjutan pembahasannya.syukron

  4. Salam Takzim
    Ada juga yang ibadah murah yaitu :) karena :) sedekah dan sedekah itu ibadah. Untuk itu batavus hadir untuk sedekah :) :) :)
    sekalian Maap lahir batin buat semua blogger yang sudah saya sambangi, barang kali saat hadir

    ada benci, saat pergi tiada pamit..
    Minal A’idin wal Faidzin
    Salam Takzim 1430H

  5. Tidur itu ibadah menurut saya benar sekali,,bahkan pengetahuan yang saya muliki sekarang,,solat terbaik itu pada saat manusia itu tidur. Nah bagaimana tata caranya mungkin hanya segelintir manusia yang mengetahui. Satu alasan kenapa pada saat ‘tidur’ adalah solat terbaik, karena pada saat itu akal dan rasa manusia telah tiada sehingga muncullah kesadaran tertinggi atau juga kesadaran ilahi. Sholat itu kondisi manusia saat menyerahkan diri secara “lahir dan batin” yang ada hanya karena Allah,,jadi biarkan zatullah yang ada didalam diri kita yang solat bukan kemauan kemanusiaan kita. Maaf sebelum dan sesudahnya..keterangan selanjutnya inyaallah saya pertanggungjawabkan.

  6. Alhamdulillah…bangun tidur,bismillahirrohmaanirrohim…mau tidur lagi aja ah,daripada hati n fikiran kemana2.bahas tentang hati dong …?t rims:-)

    Rindu: bahas tentang hati? ehm … nanti kalo lukanya saya sudah mengering, pasti akan saya bahas soal hati yah :)

  7. Terdapat segi prioritas untuk menjawab apakah tidur itu ibadah atau tidak dalam bulan Ramadhan.

    Yang lebih utama tentu saja sedikit tidur dan menggantinya dengan kegiatan lain yang ‘jelas’ kadar ibadahnya seperti membaca Qur’an atau berzikir.

    Namun dalam skala yang mungkin tidak tinggi, tidur juga bisa menjadi ibadah ketika bangun atau sadarnya kita malah menjadikan puasa itu tercoreng seperti dengan memperbanyak ngerumpi/ngegosip atau pun kekhawatiran akan mudah tergoda puasanya dengan lingkungan sekitar yang diantara mereka banyak yang tidak berpuasa.

    Mudah-mudahan saja tidur kita di bulan Ramadhan ini benar-benar bernilai kebaikan dan mendapat pahala yang setimpal dari Allah Swt.

  8. tidur saat berpuasa justru membuat badan terasa semakin lemas. apalagi memanjangkan tidur pagi hingga beranjak siang. tak mandi. malas-malasan di kasur.

    pahit. mulut pahit. oleh ‘ludah basi’–meminjam umar khayam. tak ada enaknya.

    salam blogger,
    masmpep.wodrpress.com

  9. Kalo ramadhan gini saya biasanya suka susah tidur di malam hari… dan sialnya kalo hari libur kantor bawaaannya pengen tidur seharian heuheu..gmn tuh de..?? :mrgreen:

  10. Patrab Tidur -dee

    singgah ke blognya pak pur (SC solo) mungkin ade bisa mendapatkan new experience about this.

    Jasadnya boleh tidur tapi hati dan jiwanya selalu terbangun menghadap wajah Allah.

    Mau?

  11. Assalamu’alaikum mba…
    Alhamdulillah tulisan mba’ selalu menjadi inspiratif buat saya, tulus dari hati saya ucapin makasih.^_^
    Oy, add saya juga donk mba’ di YM:nyda_rafiasfatama@yahoo.co.id

  12. salam kenal…..

    Tidurnya orang puasa adalah ibadah ??
    Hadits yang doif.. titik. tidurnya orang berpuasa adalah tidur
    lebih waspada terhadap hadits2 lemah dan palsu

    selamat menunaikan ibadah saum

  13. salam kenal
    klu boleh jujur.stiap tulisan mbk
    sangat2 bagus dan menjadikan inspirasi buat saya dan motivasi buat saya…
    sebelumnya maksih sdh memprbolehkan saya
    mengisi coment
    mbk rindu saya boleh minta ID Emailnya
    krn saya pengen berbagi or curhat.krn slama ni saya bngung mau ngmng sama sapa.tp klu mbk rindu perbolehkan.sklai lagi makasih bnyak
    wassalam

  14. Salam Takzim
    Tidur lagi, bangun tidur lagi
    Manusiawi memang kala sianghari terik menjelang masuk ashar kalau mata kit berat…. Hayo kita ramaikan ibadah yang satu ini, tapi jangan ditempat ibadah mahdoh dong
    Salam Takzim

  15. niat hati pengen ngurangin tidur…
    tpi,,, klo dah ketemu bantal, guling, atau kasur,,, alamat bablas deh…

    apalagi klo hari libur dan malemnya tidur kurang,,,
    kurang dari 8 jam… :D

    • @Kang Kopral Cepot
      gimana supaya ngak tidur abis subuh yah ? …
      ________________
      Merendam di bak mandi :mrgreen:

      @Mba Rindu
      Selamat beribadah puasa, dan menanti lailtul qadar…

      Salam hangat selalu dari @Kang Haniifa. :D

  16. __kalo saya tidurnya sewaktu saya dah merasa capek dan ngantuk bgt sama aktifitas__

    __gak ada jadwal yg pasti__

    __lalala la kpn feat sama bri..hahay__

  17. Assalamu’alaikum Rindu,
    Saya setuju dengan tulisan Rindu, tapi kalo pas Ramadhan itu rasanya koq banyak ngantuknya ya. Waktu-waktu yang strategis untuk tidur:
    1. Habis shalat subuh
    2. Jam 11 siang
    3. Habis shalat dhuhur sampai ashar.
    Tapi bener lho, bukan berarti tidur jadi ibadah rutin, hanya saja setiap diri ada hak yang harus ditunaikan, dan haknya mata ketika mengantuk adalah tidur, habis tidur badan segar baru tunaikan ibadah yang lain. Setuju kan Rindu?
    Mbah surip sekarang dah gak bangun lagi to.

  18. YUNA : [CINTA SEMPURNA feat Me]

    AKU MANUSIA LEMAH SELALU TERJATUH
    BERBEDA AKU DARI MU
    KAU BERDIRI TEGUH
    AKU SERBA TIADA AKU KEKURANGAN
    DAN BILA KAU TIBA AKU HILANG DARI KEWUJUDAN

    SEMPURNANYA SIFATMU TULUSNYA HATIMU
    JUJURNYA NIATMU
    TINGGINYA KESABARANMU
    LEPASKANLAH DIRIKU
    KERNA AKU TAK MAMPU TUK MENANGGUNG SEBUAH CINTA SEMPURNA
    DARIMUU
    DARIMUUU…OAHH…

    BUKAN AKU TAK PERNAH MENGERTI DIRIMU
    KUSANJUNG SETIAP KATA CINTA KAU BERIKAN AKU
    HILANGKAN RASA ITU AKHIRKAN SEMUA
    DAN BILA KAU SEDAR AKU HILANG DARI KEWUJUDAN.. OOOO

    SEMPURNANYA SIFATMU TULUSNYA HATIMU
    JUJURNYA NIATMU
    TINGGINYA KESABARANMU
    LEPASKANLAH DIRIKU
    KERNA AKU TAK MAMPU TUK MENANGGUNG SEBUAH CINTA SEMPURNA
    DARIMUU
    DARIMUUU…OAHH…

  19. Yupz…betul mang sang raja siang menyengat luar biasa jadi enaknya tidur dech…inilah asyiknya bulan Ramadhan, tidur aja ibadah siip…tapi ya ga overdosis juga seh tetep mengingatNya dan bersyukur dg nikmat nyenyaknya tidur hingga bisa bangun lagi krn masih diti2pkn nafas alhamdulillah…

  20. Pingback: “Tidur Itu Ibadah? … “ | Update Blog Terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s