Lepas Pakaian Kesombongan

“Apabila kesombongan sudah menyelimuti hati kita, pandangan kita terhadap orang lain akan cenderung menghinakan dan merendahkan”

Dan ketika kita merasa diri kita lebih tinggi derajatnya secara materi, kedudukan, tingkat sosial, pendidikan dan sebagainya maka saat itulah kita memiliki kesombongan dan ketika kesombongan telah menjadi pakaian kita maka bersiap siaplah akan teguran ALLAH yang maha dahsyat.. 

 

Pagi ini ketika memasuki halaman masjid untuk shalat Duha saya menemui seorang bapak tua berpakaian orange memegang sapu dan duduk di depan halaman masjid, mungkin maksudnya adalah melepas lelah, karena hari belum menunjukan pukul 7 maka saya pun berinisiative untuk duduk diteras masjid bersebelahan dengannya, mengeluarkan uang Rp.20.000 dari kantong rok saya dan menyerahkan kepadanya “Alhamdulillah, terima kasih ya neng atas sodakohnya semoga berkah, dan akan saya masukan saja ke kotak amal ya neng” amin ya ALLAH, saya menjawab sambil berdiri dan melangkah menuju masjid tanpa memperhatikan kata kata nya  tentang kotak amal :)

Selesai shalat, tepat jam 8.30, saya mulai melihat keramaian, ternyata ada pengajian Ibu Ibu dan Bapak Bapak di masjid ini, dan karena belum ada rencana kemana mana maka saya memilih untuk ikut mendengarkan tauziah pagi ini dengan harapan ada yang bisa saya ambil ilmunya, duduk manis di sudut, bersandarkan tiang besar masjid ini, dan menunggu kedatangan sang guru, dan datang memasuki masjid seorang lelaki yang sudah setengah tua, berpakaian putih bersih, bersarung kotak kotak, berpeci haji dan mengenggam tasbih, dimata saya wajahnya bercahaya dan subhanallah ia adalah bapak petugas kebersihan berbaju orange yang saya temui di depan masjid tadi … ah, sungguh saya malu dibuatkan :)

Berulang kali saya memicingkan mata saya karena saya takut salah lihat, ternyata benar ia adalah bapak tadi yang meletakan uang dua puluh ribu saya dikotak amal, ternyata ia adalah seorang guru mengaji, seorang terpandang dimasyarakatnya, seorang dengan ilmu yang tinggi dan seseorang yang terus belajar dan yang pasti ia seorang yang rendah hati, yang jauh dari kesombongan  :)

Jadi, saya belajar dari bapak tadi, mulai sekarang lepaskan pakaian kesombongan, karena kedudukan manusia dimata ALLAH bukanlah dilihat apa yang dimiliki tapi dilihat dari ketakwaan, seberapa mampu kita menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA, hanya itu koq … yang lain? TIDAK, masih banyak yang lebih cantik, masih banyak yang lebih berilmu, masih banyak yang lebih kaya dan urusan dunia tak akan ada ujungnya…

Dan berhentilah merasa diri paling benar dan paling cerdas, kalo ALLAH marah, nanti diambil loh semua isi otaknya dan menjadi pikun, kalau ALLAH marah nanti di ambil loh kecantikan dan ketampanan dan dilumpuhkan, kalau sudah begini, masih berani apa sombong? :) harus diakui bahwa ALLAH sangat berkuasa, jadi jangan main main lah dengan kesombongan yang menjadi pakaian ALLAH.  

STOP kesombongan !!   “kaya kampanye De?” iya kampanye ANTI KESOMBONGAN :)

 

 

About these ads

71 thoughts on “Lepas Pakaian Kesombongan

  1. kesombongan itu merugikan manusia , Ayo kita lepaskan baju kesombongan itu…
    karena sesungguhnya yang berhak sombong hanyalah TUHAN

  2. Masya Allah,
    Betapa mulia nya hati beliau… semoga apa yang telah saia. kamu dan kita semua mendapatkn berkah.. amien. astinya saia dapat sesuatu yang sangat berharga di dalam postingan ini…
    wassalalm

  3. Siapakah diri kita ini ???
    Sehingga dengan sombongnya selalu mengaku ngaku…
    Selalu merasa rasakan ya ya ya merasa…. segalanya

    Padahal semua sudah tertulis berjuta tahun yang lalu
    Kita ini cuma dagelan alias khayalanNYA
    Semua terjadi menurut alur cerita skenario DIA

    Semua hanya menuruti qudrat dan iradat NYA
    sehingga segala sesuatu hanya bisa terjadi karena ijinNYA
    tak ada peran kita disana dalam menentukan

    Itulah bagi yang mau berfikir tentang diri
    Akhirnya Mengerti sejatinya diri kita adalah…….
    yayaya… La Hwalla Walla Quwata……….

    Salam Sayang

  4. Subhanallah Mbak…

    Begitulah seharusnya orang berilmu..

    BUkan tinggi ilmu malah jadi tinggi hati.,..

    Selalu istiqomah Mbak untuk mengingatkan kita2 yang sangat amat banyak dosa dan terlalu sombong ini..

    Salam hangat Bocahbancar….

  5. Duh, kurang lebih sudah 2 minggu aku mengikuti blog ini. Bermanfaat banget, isinya bagus, kata2 menggugah (meski belakangan aku merasa ada penurunan kualitas kata). Untuk membuat komentar ini saja malu rasanya dan berpikir mencari kata terbaik…

  6. Terkadang…kesombongan menyelinap ‘n merasuk sedmk halusnya. Sehingga kita bahkan tdk merasakannya. Yaitu ketika diri merasa ‘lebih suci ‘n lebih benar drpd orang/kelompok lain. Yang dmk itu namanya keSOMBONGan ROHANI…!!! Salam..

  7. Semoga kata-kata di sini tdk seperti kategori yang Ade nyatakan sendiri: Kata Tanpa Makna. Sungguh, ini bener-bener kebun yg (smoga) terus menuai banyak hikmah, dan penuh makna tentunya.
    Salam kenal de…

  8. De, hati2 ya dijalan dan selamat beraktifitas ya…cuaca lagi mendung, jaga kondisi badan jangan sampai terlalu cape..saya selalu berdoa untuk Ade agar dilindungi diri dan hatinya :)

    hati2 ya,De…

  9. menjejakkan kaki disini :)

    postingannya bagus… mengingatkan bahwa kita ini tak lain adalah ciptaanNya, maka kemegahan itu milikNya bukan milik kita untuk disombongkan

  10. mampir lagi, biar selalu di ingatkan oleh pemilik kebun, agar tetap rendah diri terhadap sesama, dan terlebih kepada Sang Pencipta.

  11. kalo saia bilang, untuk ngelepas kesombongan itu sangat teramat sulit!

    Bahkan terkadang tanpa kita sadarai kita pun sombong pada diri kita sendiri!

    oia, mbak Rindu temen saia ada yg jatuh cinta pada mbak :)

  12. Assalamu’alaikum Bu Guru

    Boleh minta spacenya dikit buat konsultasi? imam, kamu kira Bu Rindu Guru BP ya?

    Gini bu guru, saya tau sholat 5W itu wajib dilaksanakan dan paling utama dilakukan tepat waktu, tapi sifat sombong saya selalu mengajak untuk menunda-nunda untuk melaksanakannya, apa Bu rindu atau teman-teman fans club Kebun Hikmah punya tips cara menghilangkan kesombongan itu?

    Makasih atas tipsnya

    Wassalamu’alaikum

  13. terima kasih atas kisah hikmah nya mba’dahsyat banget..sering sekali spertinya secara tdk sadar hati ni meninggi, lupa akan kerendahan diri….padahal andaikata Allah beberkan aib kita, gmn jadinya qt ya..wuuh…

  14. “Wahai zad yang maha tinggi hanya untukmu segalapuji jika hati kami ini ternodai turunkan hidayah dihati ini”
    slm knal ya buat “RINDU” your LANGKAR deah

  15. asslamu’alaikum,, memang benar yang membedakan kita hanya nilai iman-taqwa, pakaian apapun tak akan berpengaruh,,memulai dengan menanggalkan dengan ikhlas barulah kita bisa berkhalwat dengan Alloh,,dengan setulusnya. Tetep nulis,,”kata adalah senjata”. salam dr pemula

  16. Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa-rupa kamu dan tidak pula pada harta-harta kamu. Melainkan Allah melihat pada hati-hati kamu dan amal-amal kamu. (HR. Muslim).

  17. Barangsiapa yang meremehkan manusia, maka ia juga akan diremehkan (manusia yang lain).

    Berbicara tentang kadar kesombongan, ada satu bentuknya yang terkadang kita sering lakukan, yaitu meremehkan orang lain. Tanpa sadar kita menganggap orang lain masih kalah hebat dari kita dan menganggapnya tidak mungkin bisa menyaingi atau menandingi kita, baik itu dalam segi ilmu, kepemilikan harta benda, rupa fisik, keterampilan dan lain-lain.

    Meremehkan orang lain, itulah satu bentuk kesombongan yang jarang menjadi perhatian dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

    Dan terkadang bisikan-bisikan setan agar kita meremehkan orang lain dan merasa diri ‘lebih segala-galanya’ begitu kuat.

    Satu tips untuk melawannya adalah segera beristighfar, ucapkan Astaghfirullah ‘azhim agar setan tidak menguasai diri kita sepenuhnya dan bisikan yang terdengar agar kita menjadi seorang yang sombong dapat kita lawan.

    Sebagai bahan perenungan, setiap kita semestinya sadar bahwa Allah menciptakan manusia dari saripati air yang hina. Lantas apa guna menyombongkan diri ketika Tuhan telah mengingatkan bahwa kita ini berasal dari sesuatu yang ‘hina’. (As-Sajdah: 8)
    Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.

  18. pede itu………….harus…
    SOMBONG ….itu……songong…

    rendah hati itu……..bagus
    tapi minder itu……..tolong jngn dech..

    sngt tipis..

  19. Hmmm dari sudut pandang mana dulu, kalo ada orang yang bener bener sombong, bukan karna dia mau sombong, tapi dia bilang sesuatu yang dia mampu, lalu dimata orang lain dia terlihat sombong, tapi dia mampu….. loh ?

  20. sombong membutakan mata kita bahwa ada yg lebih tinggi di atas segalanya.lepaslah pakaian somböng ganti dngn pakaian thawadu (mdhan gx salah nulis lg belajar komentar).rindu doakan sy biar gx somböng

  21. menurut gw, kesombongan hanya milik Allah, Hanya Dia yg patut untuk sombong.
    Hanya Dia yg mempunyai kerajaan langit and bumi, kerajaan surga maupun neraka.
    Hanya Dia yg mempunyai ketinggian derajat dan kemuliaan.
    hanya Dia yg Maha Kaya dan Maha memberikan kekayaan.
    hanya Dia tempat kita menyembah dan berdoa….

    so, masih bisakah manusia sombong ?
    kalo memang ada, maka pasti dia adalah manusia yg sesat.

  22. iblis cs mendapat murka Allah karena kesombongannya, dan manusia yang baru diberi “sedikit” anugerah, terkadang menjadi arogan.. maha suci Allah.. jauhkan diri ini dari sifat yang hanya mengantarkan kita ke jurang neraka :(

  23. jadi ingat kemarin liat gerobak pemulung ditulisin begini:

    TIRULAH CARA SAYA KERJA!

    Gw langsung malu hati. Baru magang aja sering ngeluh cape. Belum jadi pemulung.

  24. alangkah indahnya kalo smuwa orang mw melepas kesombongannya…
    alangkah indahnya kalo smuwa orang mw melepas status sosial yg disandangnya…

    “satu rasa..sama rata”

    say piss..^^V

  25. Setuju Bnget D.. trutama jk qt hendak mlakukan suatu kbaikan,niatkn smuax krn Allah,krn hny dg izin Allah hati Qt t’gerak utk mlakukanx,& dg izin Allah pulalah qt dbri kekuatan utk b’buat,jd tepislah ksombongn yg terlintas dHati dg Niat krn Allah.^_^

  26. Alhamdulillah….
    Yang penting sering mengingatkan, jangan menyudutkan dan menyalahkan.
    Andaikata masih ada teman yang belum seiring sejalan mari kita do’akan itu lebih baik agar Allah memberikan kesadaran.

  27. :)… yang saya tangkep pesan dari Ade itu adalah yang penting terlihat di mata Allah, nanti Allah akan memperlihatkan kita dimata umatnya yang lain…begitu yah De?…

    jangan terlalu capek yah hari ini…dijaga kondisinya karena sudah pergi dari tadi pagi.. :)

    hati2 juga jalan pulangnya nanti ya,De…

  28. Alhamdulillah, dapat satu penguat untuk memantapkan nilai-nilai keawaman (awamologi). Suatu saat mungkin aku akan mengutip ini.
    Ngomong-ngomong, beneran nih kisah asli? :D

  29. Oya bentuk kesombongan paling tampak adalah saat waktu sholat tiba dan kita tetap asik dengan kesibukan kita dan kita lupa kewajiban kita. hanya mengingatkan..krn dah waktu duhuran..ayo sholat duhur bareng yuk… moga kita tdk termasuk gol org2 yang sombong. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s