Sepiku, Indahnya Sepi…

Hampir seminggu saya tidak mampu memainkan jari jemari saya diatas tuts hitam milik notebook saya. Iya, saya kehilangan kemampuan menulis apa yang saya pikirkan dan pikirkan apa yang saya tulis, mungkin karena masih berduka atau karena saya merasa tidak mampu melawan sepi saya sendiri, sehingga saya bisa berdiam selama berjam jam, menatap 10 inc layar monitor saya tanpa menulis apapun dan tanpa membaca apapun :)kenapa sih De? lagi kenapa sih? share dong De, gue pinjemin pundak nih buat menangis, jangan AUTIS gitu ah” haih, itu ucapan sahabat saya ketika ia tak menemui tulisan baru di teras blog hitam saya ini :)

Ah, entahlah apakah saya sedang menikmati indahnya sepi atau memang ada yang menari nari di jiwa saya dan tak mampu saya keluarkan menjadi tulisan atau sekedar menjadi kata, kelu lidah saya, kaku jari jemari saya :) saya jadi teringat dengan seorang anak kecil berusia 12 tahun, seorang lelaki tampan yang sepanjang hidupnya sepi, sepanjang hidup nya ia diam dan sepanjang hidupnya ia tak berkata sepatah katapun dan sepanjang hidupnya ia bermain dengan sepinya, menikmati indahnya sepi miliknya. Iya, dia adalah Aziz seorang anak autis yang lahir dari darah yang sama dengan saya karena ia adalah sepupu kecil saya :(

Iya, saya ingat seminggu lalu ia dititipkan dirumah saya untuk saya ajak bermain :) ketika saya dan dia mewarnai ia diam dan asik dengan dunianya sendiri hingga gambar itu selesai dan ia berikan kepada saya tanpa berkata, ketika saya memainkan jari jemari lentik saya memetik gitar, ia hanya meletakan jemarinya di atas snar  yang sama ini tanpa tahu bagaimana bunyinya dan tanpa ekpresi apakah ia menikmati dawai gitar ini atau ia hanya ingin tahu, karena senyum saya tak pernah dibalasnya :( iya, dunianya begitu sunyi, begitu hening, begitu bisu :(

Subhanallah… ALLAH menciptakan lelaki kecil ini pasti untuk mengajarkan kepada orang orang sekelilingnya bahwa untuk bicara dengan ALLAH tidak perlu bersuara, ketika menginginkan sesuatu tidak perlu berteriak, dan lelaki kecil ini mengajarkan betapa indahnya dunia yang ia miliki, syurganya nan sepi yang sepanjang 12 tahun ia tempati tanpa suara, ALLAH tetap memenuhi kebutuhannya untuk hidup :(

Ya ALLAH, wahai pemilik napas, yang setiap apa yang ENGKAU ciptakan adalah ilmu bagi yang lain, terima kasih sudah mengajarkan saya betapa indahnya sepi … sepi adalah ketika hanya saya dan ALLAH yang saling berbicara bahkan tanpa kata :)

Mungkin kadang diam itu memang indah, kata guru mengaji saya “Lisan orang yang berakal muncul dari balik hati nuraninya. Maka ketika hendak berbicara, terlebih dahulu ia kembali pada nuraninya. Apabila ada manfaat baginya, ia berbicara dan apabila dapat berbahaya, maka ia menahan diri. Sementara hati orang yang bodoh berada di mulut, ia berbicara sesuai apa saja yang ia maui.” jadi Aziz hanya bicara dengan hati nuraninya dan menyampaikan lewat perbuatannya saja tanpa bicara, ya ALLAH sayangi dia dalam bisunya ya ALLAH :)

ah, saya masih juga belum bisa menulis seindah biasanya, “terus tugas akhir gimana dong De?” gubrakk!! MUSTI Nulis kalo yang ini, ada yang marah kalo terlambat lagi, doakan kuliah saya cepat selesai yah, amin ya ALLAH …. :)

 

 

About these ads

69 thoughts on “Sepiku, Indahnya Sepi…

  1. kesepian dan kesendirian adlh saat trbaik utk lebih memahami siapa diri kita & untuk apa kehidupan kita, yaah mmg kdang menyiksa batin..
    tapi itu saat terbaik untuk lebih mengakrabkan jiwa kita dngan ALLAH SWT.
    Thank’s bwt tulisannya mbak, semangat dalam keheningan

  2. hari2 ku slalu d hiasi sepi…
    terkadang aku mncoba tuk hiburkn diri…ngumpul ngn teman2 bercanda dan tertawa..tapi smua itu tak mampan tuk hilangkn kesepian ku….
    btapa tersiksanya hatiku bila terbelenggu sepi…

    terima kasih aku suka karangn saudara…dn mantaap..

  3. saya sering merasa kesepian, walaupun disekitar saya begitu banyak orang. tapi begitu membaca ini saya sadar dalam kesunyian selalu ada rahasia sang pencipta yang maha indah. saya jadi merasa terharu dan rindu akan kasih sayang-Nya yang abadi yang senantiasa menemani dalam kesendirian . makasih

  4. “Ingatlah, dunia adalah terlaknat, terlaknat semua yang ada di dalamnya. Kecuali orang yang berdzikir kepada Allah, yang bersahabat dengannya dan orang alim (ulama) atau orang yang belajar agama.”

    (lih. HR. Tirmidzi no. 2492. Dikatakan hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih)

  5. duduk sendirian untuk beribadah dg tenang adalah lebih menyenangkan dr pada bersahabat dg kebisingan dunia.. semestiya apa aja yg qt lakukan berorentasi ibadah dlm rangka mencri keridhoaan Allah ta’alla…..thakns cam nal mbak rin…selamat berjuang…

  6. aku juga ngalami kesepian ya sangat sepi sekali.sehingga sekarang sepi banget.gak ada teman,cewek.jodoh,wah pokoknya sepiiiiiiii.

  7. Dirimu hadir….. saat aku DIAM…
    DIAM dalam keDIAMan…
    Menatap mesra… lembut dan manja…
    Menggetarkan sang diri yang terlena…

    Lupaaa…… Hilaaaang sudaaah semua perkara….
    Saat sapaaaan dan belaianMU datang
    Tertumpah Rindu hati dalam isak tangis penyerahaaan…
    hmm…. Sungguh indaaah…. tak terkira rasanya…

    Apalah daya ini….
    Lepas sudah… telanjang….
    Semua tertinggaaaal….
    Hidup dalaaam HIDUP….

    Salam Sayang…

  8. saya juga sering tu de’. stuck hingga hampir pesimistis menggerogoti mimpi2 besar saya.

    two thum. semangat dah ^_^

  9. hai, mbak ade
    tiap hari aku membuka bl0g mbak
    berharap akan ada p0stingan terbaru
    p0stingannya sangat membangun

    eh, add ym aku d0nk, (romeo_0318@yahoo.co.id)

  10. Saya malah belum pernah ketemu sama anak autis. Btw, emang autis itu sampe gede ya? Berarti selain anak autis juga ada orang auitis dunks? :)

  11. Assalamu’alaikum Mbak… ^^
    Pagi yang teduh,, alhamdulillah… Nisa sampai juga di kebun hikmah…
    setelah berminggu-minggu jauh dari peradaban.. hagz hagz lebayy… >__< , semoga saya juga bisa ya bermanfaat bagi orang lain.. amin..
    mungkin sekarang mbak sedang menikmati hening. . . ah, enggak, Nisa yakin, ada sesuatu yang besar yang mungkin sedang mbak rindu siapkan.. ;)
    hening… aku suka hening… :D
    tanpa kata… tanpa suara… di tengah kebisingan hiruk pikuk dunia…
    di saat kebisingan itu datang,, kadang lelah kuberucap, aku pun membisu seperti dia. . . 
    entah tak berdaya atau bagaimana.. ah……

  12. Kesunyian adalah guru untuk menghikmati berbagai peristiwa yang terjadi di tengah keramaian. Dan keramaian adalah murid yang menanyakan betapa penting kesunyian. Dan Ia adalah Maha Mendengar selsunyi apapun keadaan si hamba.

  13. Pagie,Ade…
    pagi ini cerah, secerah senyumannya Ade. Tetap semangat yah,De…
    Slamat membuka hari ini…. :)

  14. A berdoa moga kuliahmu segera selesai dengan IPK terbaik.

    Lalu jangan kau tebarkan lagi kata yang menaburkan ke-geer-an para bloggerwan ya

    Kasihan mereka :)

  15. selamat malam, Inong…
    slamat tidur yah dan salam untuk Aziz dan Izah.. :D
    Tidur yang nyenyak dan cukup, De…

  16. Assalamu’alaikum Bu Guru

    Met malam minggu yang penuh keheningan. dan jangan lupa kekasih bu guru sudah menanti diantara sujud-sujud penuh keikhlasan di 2/3 malam ini.

    pada komentar saya sebelumnya mohon maaf sudah membuat bingung bu Guru, dan ini penjelasannya :
    Nama artikel : Mari Menghitung Masa
    Pemberi komentar: Frida Lidwina
    Isi komentar :
    Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com*****

    Mohon bu guru lakukan penyelidikan ke TKP !!! mirip reserse aja nih imam.

    Wassalamu’alaikum

    Rindu: kalo gitu link disini saya hapus juga yah … nanti saya cari deh, memang blog saya kadang dimasuki oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab atas komennya mas, maka itu saya kadang harus mengedit untuk menghindari yang spt ini :) terima kasih detailnya.

  17. Bisa kita ambil sisi positifnya dimana setiap aktifitasnya bisa kita pelajari dan mungkin bisa diterapkan dalam kehidupan kita dan bisa membuat sesuatu lebih baik

  18. mbak rindu..sy jg memiliki keponakan yg dititipi kelebihan oleh ALLAH,yaitu down sydrom..
    semenjak lahir srg keluar msk RS,sampai skrg pun masih mengkonsumsi obat2an dan ikut terapi.kami selalu mengupayakan yg terbaik untuknya,tentunya dlm batas kemampuan kami.seorang gadis kecil berumur hampir 4th,yg hanya dng tawanya mampu membuat semua lelah keluarga sy lenyap seketika.
    yg ikut meraung2 dlm tangis ketika ayah saya,yg jg kakeknya yg stiap pagi menyuapinya bubur,pulang ke hadapan ALLAH..
    subhanallah..

    smg kami tetap mampu merawat dan menjagany dng sepenuh hati..

  19. ade’.anak Autis senantiasa bertemankan malaikat , memang terkadang bahasa tubuh lebih memikat hati , nah supaya ade ga ‘diam’ lagi , gimana kalao sembari diam ade susun langkah kuda putihnya dan saya pun “CHEK MATE’….

  20. Berkawankan sunyi ditengah hari Bersahabat kehampaan ditengah malam
    Kata – kata menjadi tiada berarti Melukiskan sepinya hati
    Hmmm…
    Perjalanan masih belum berhenti menuju haribaan Illahi
    Hingga nafas terhenti

  21. sebuah sudut pandang baru yang belum pernah saya coba sebelumnya dalam memahami anak autis!
    Makasih ede..:)

    aku betah di kebun ini

  22. slamat pagie, Inong :)
    senangnya pagi ini secerah dan sehangat sapaan yang Inong berikan.. :)
    akan banyak kebaikan yang menanti untuk dipetik hari ini…kita petik sama2 yuk dikebunnya.. :)

  23. kadang sepi nikmat banget rasanya, apalagi kalo kita bisa melepas rasa kita dalam kesepian itu, bener-bener dunia kita sendiri, ndak ada batas yang mengikat kita.

    ayo yang semangat kuliahnya! :lol:

  24. bila tak ada sepi maka ramai tak terasa nikmat.

    terkadang kita untuk sementara waktu harus meninggalkan kesibukkan lain yang kurang penting & mendesak bila ingin menyelesaikan satu kegiatan.
    terkadang kita harus melakukan dua atau lebih kegiatan.

  25. Assalamu’alaikum De…
    Apa kabarnya…
    Jangan sedih lagi ya…
    Kala akang boleh usul…
    Thems bognya diganti yang agak cerahan….
    Kesan hitam adalah duka cita…
    Jangan marah ya.. hanya usul :)

  26. Komunikasi, itulah satu kata yang bisa bermata dua. Jika komunikasi terjalin dengan baik maka segalanya lancar namun jika terjadi kesalahan dalam berkomunikasi maka bisa menyebabkan masalah.

    Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui tentu tahu setiap isi hati kita, tapi ketika kita ingin berkomunikasi dengan-Nya maka belumlah lengkap jika kita hanya menyandarkan kepada ‘diamnya’ kita. Di sanalah fungsi berdoa, fungsi membaca ayat Qur’an dan bacaan lainnya ketika shalat.

    Rangkaian kalimat penuh permohonan yang terucap dari lidah sang hamba kepada Rabb-nya, merupakan wujud kerendahan diri dan kelemahan insan di depan Tuhannya.

    Ketika diam dan sepi lebih dipilih, boleh jadi adalah jika saat itu bicara dan ramainya malah akan membawa kepada petaka dan maksiat.

    Apabila berbicara tentang kebaikan itu bagus bagaikan perak, maka diam dari pembicaraan yang jelek itu juga bagus bagaikan emas.

  27. sedikit orang orang yang mau memahami ayat ayat ALLAH swt di bumi ini mba diantaranya.dan mba dikelilingi orang orang bijak yang akan menemani mba dalam kesepian.:-)

  28. Sendiri adalah sepi
    Sepi adalah kesendirian yang panjang
    Sehingga sepi menjadi rumah indah
    Sepi adalah rumah indah
    Dimana terdapat penghayatan yang dalam tentang sebuah makna-makna
    Sepi tanpa hingar bingar
    Sepi bukan tatapan kosong yang merintih
    Sepi adalah rumah indah bagi siapa saja
    Menjelma jadi kekuatan yang tanpa batas
    Melewati hidup dan mati
    Melewati segala-gala
    Tapi bukan peniadaan diri
    Pada rumah indah itu seabrek makna akan terkuliti
    Sekali lagi tapi bukan peniadaan diri

  29. Assalamu’alaikum Bu Guru

    Ada saatnya hati ini perlu waktu beristirahat dalam keheningan, maksud imam apa? ya mudah-mudahan setelah beristirahat hati ini akan dapat memiliki kepekaan lebih dari sebelumnya.

    dan sekali lagi tuk Bu Guru, saya bisikkan bahwa ada komentar di artikel Mari menghitung masa yang isinya link untuk mendownload program ALQURAN LENGKAP tetapi setelah saya coba download dan install ternyata program DIGITAL BIBLE.

    bukan saya membenci agama lain, tetapi caranya kenapa membohongi seperti itu.

    Mohon ditanggapi Bu Guru yang cantik !!!!

    wassalamu’alaikum

    Rindu: Assallamuallaikum. Mas, Jujur saya tidak tahu ini membicarakan link yang mana, karena saya tidak memiliki link dengan nama lain dari blog ini, dan saya bahkan tidak memasang blogroll *bingung*

  30. :D akhirnya Ade menulis lagi.. it’s a good start,De…
    jangan pernah merasa kesepian yah, De…karena saya selalu mendoakan Ade agar selalu ada warna dalam hidupnya, meskipun warnanya hadir dalam sunyi dan hanya kita…eh… Ade (maksudnya) yang bisa menikmati.. :P

    slamat malam, De…selamat tidur, istirahat yang cukup ya, besok matahari akan menunggu di awal hari untuk menyapa Ade…

  31. sepi adalah ketika hanya saya dan ALLAH yang saling berbicara bahkan tanpa kata

    ~hix…
    makasi ya Mbak Rindu ;’)
    syapa yg bilang tulisan ini ga indah?
    saya sampay mnitikkan air mata…
    sangat indah, mungkin ;)

    smoga lekas kelar tugas akhir-nya Mbak…

  32. kadangkala kita menilai sesuatu itu buruk bagi diri kita atau orang lain, padahal hal tersebut sangat baik buat dirinya.

    Belajar menikmati sepi, karena suatu saat kita akan meninggalkan semua yang fana ini.

  33. kadang kita sepi dalam keramaian, ramai dalam kesepian.Dengan kesunyian kita bisa lebih memaknai hidup ini tanpa terganggu urusan lain.Jadilah orang yang mengintrospeksi diri sendiri dahulu, baru orang lain.

  34. betul Allah tidak membutuhkan kata-kata untuk memahami segalanya tentang kita, termasuk isi hati kita. Namun kita membutuhkan kata-kata untuk berusaha memahami apa Allah kehendaki, untuk berusaha saling memahami dengan sesama manusia, bahkan juga untuk berusaha memahami diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s