Melukis Wajah Ibu

Hari ini Ibu berulang tahun dan kali ini saya berjanji untuk tidak menangis, karena saya tahu bahwa Ibu bahagia dirumah ALLAH, dan saya tahu bahwa Ibu tidak sendiri disana, dan saya yakin bahwa Ibu melihat saya tumbuh dewasa meski raga Ibu tak ada disini, namun saya yakin Ibu mengenali saya jika suatu saat saya berpulang jua kerumah ALLAH dan bertemu dengan Ibu di syurgaNYA ALLAH kelak :)

Setiap kali pulang kerumah besar di tempat saya dilahirkan, hal pertama yang menyambut saya diruang tamu adalah lukisan besar sosok perempuan yang sangat cantik, duduk manis dengan rambut panjang yang bergelombang, matanya sendu meneduhkan setiap mata yang melihatnya, senyumnya menghidupkan setiap jiwa jiwa yang mendambakan kasih sayang, pembawaannya lembut bahkan sangat lembut membuat saya ingin sekali merasakan usapan tanggan lembut bidadari bernama Ibu ini mengusap usap kepala saya :) dan saya sangat sangat mencintai sosok Ibu yang saya pandangi di ruang tamu rumah besar kami di kampung :)

Wajah cantik di photo besar itu kini berpindah ke wajah saya, semua yang Ibu miliki kini saya miliki, bibir mungil Ibu pindah ke saya, warna kulit Ibu kini saya miliki, bahkan hidung ini sama persis dengan hidung yang ada di photo itu, saya tidak pernah mendengar suara Ibu tapi orang orang di sekitar saya mengatakan bahwa suara saya adalah suara merdu Ibu :) ah kini saya mengerti mengapa keluarga besar saya sangat menyayangi saya karena saya adalah titisan Ibu, lukisan wajah Ibu dan semua yang saya miliki adalah milik Ibu … Allah akbar, maha besar ALLAH yang telah mengambil dan menggantikan :)

Ibu saya datang dengan membawakan Ibu segenggam mawar dan air mawar, saya datang untuk membersihkan rumput liar di pusara Ibu dan saya datang untuk membersihkan nisan indah hitam terlukis nama Ibu dengan tinta emas, dan saya datang bersimpuh disamping Ibu, menggelar tikar kecil dibawah pohon kamboja nan rindang, membuka surat Yasin dan terus berdoa dan maafkan saya jika akhirnya saya tidak mampu membendung sungai kecil diujung mata saya jatuh, menyentuh pipi saya hingga ke dagu dan jatuh membasahi jilbab hitam saya …

Saya KANGEN Ibu ….

Ibu, terima kasih yah telah memberi saya kasih sayang selama sembilan bulan, terima kasih sudah bertukar napas dengan saya, dan terima kasih atas nama indah yang terus melekat disepanjang napas saya, ya ALLAH terimalah Ibu di sisiMU, dan bangunkan Ibu rumah di syurgaMU yang indah, gantilah darah yang deras mengalir ketika melahirkan saya dengan limpahan ampunanMU dan gantilah keringat yang mengucur ketika menghadirkan saya ke bumi ini dengan segala keindahan yang belum sempat Ibu miliki selama di bumi ini :) amin ya ALLAH…

Al Fatihah ….

 ade

 * Ibu masih ingat senyum manis Ade kecil kan ? *

 

About these ads

45 thoughts on “Melukis Wajah Ibu

  1. salam kenal

    kok ceritanya sangat menyentu sampai saya ikut menangis walaupun belum tentu mbak nangis saat mbak ngetik.

    maaf buat sekedar cairkan suasana…
    Wah enak tuuu klo wajah ibu mbak mirip mbak. keluarga akan selalu merasa beliau masih hidup. sayangnya mbak tidak bisa melihatnya kecuali memakai alat misal: kaca, kamera, dan lainnya dan juga tidak dapat melihat sosoknya.
    Andaikan ada anggota keluarga mbak yang mirip juga pastinya peyan dapat melihatnya…he…he

    maaf lo yaaa

    wassalam

  2. Ya Allah ternyata diluaran sana masih banyak orang yang lebih berat tanggunganya daripada saya, saya bangga anda bisa tegar .. dan teruslah tegar, doa saya selalu menyertai anda ..

  3. subhanallah, smoga guratan ukhti tentang ibunda tercinta menmbah kenyamanan ibunda serang ia berada, lebih tentram…aminn

  4. Hmmm,,,jadi teringat ibu saya…
    Berat memang tidak memiliki ibu.
    Tapi semua pasti ada hikmahnya.
    Mungkn itu yg terbaik buatmu dan ibumu.
    BuatQ juga.
    Kalo lg merasa hampa, baca qur’an bisa jd solusi.
    Btw ibumu -tersayang, tercinta- kpn meninggal?

    Kalo sudi bisa mampir ke madarmawan.wordpress.com
    ada artikel tentang hari ibu…

    nice to meet your blog

  5. ingat hadits nabi bahwa surga di telapak kaki ibu…….smgoga doa anak yang sholeh termasuk ade bisa menyelamatkan ibu di akherat sana…..amien…….

  6. Saya jadi ingat dengan Ibu saya. Alhamdulillah, beliau masih ada. Tapi, jarak terlalu jauh memisahkan kami…
    Semoga Allah selalu memberkahi Ibu-Ibu kita… Amiin
    Salam kenal!… Salam ukhuwah

  7. Ya Allah,

    Rendahkanlah suaraku bagi mereka,

    Perindahlah ucapanku di depan mereka.

    Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan

    Lembutkanlah hatiku untuk mereka.

    Ya Allah,

    Berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya

    Atas didikan mereka padaku dan

    Pahala yang besar

    Atas kesayangan yang mereka limpahkan padaku,

    Peliharalah mereka

    Sebagaimana mereka memeliharaku.

    Ya Allah,

    Apa saja gangguan yang telah mereka rasakan,

    atau kesusahan yang mereka derita karena aku,

    atau hilangnya sesuatu hak mereka karena perbuatanku,

    jadikanlah itu semua

    Penyebab rontoknya dosa-dosa mereka,

    Meningginya kedudukan mereka dan

    Bertambahnya pahala kebaikan mereka dengan

    perkenan-Mu, ya Allah

    sebab hanya Engkaulah

    yang berhak membalas kejahatan dengan kebaikan

    berlipat ganda.

    Ya Allah,

    Bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelumku,

    Izinkanlah mereka memberi syafa’at untukku.

    Tetapi jika magfirah-Mu lebih dahulu mencapai diriku,

    Maka izinkahlah aku memberi syafa’at untuk mereka,

    sehingga kami semua berkumpul

    Bersama dengan santunan-Mu

    di tempat kediaman yang dinaungi kemulian-Mu,

    ampunan-Mu serta rahmat-Mu.

    Sesungguhnya Engkaulah

    yang memiliki Karunia Maha Agung,

    serta anugerah yang tak berakhir dan

    Engkaulah yang Maha Pengasih Diantara semua pengasih.

    Sumber : NN

  8. De, tulisanmu membuatku rindu dengan ibuku. Sudah dua tahun lebih aku tak bersua dengannya. Entah kapan aku bisa mencium tangannya dan meminta maaf atas segala kesalahanku selama ini. Sudahlah. Aku jadi melankolis.

  9. Ya Allah jadikanlah kuburnya seperti kebun syurga…
    Allahummag firlanaa zunuubanaa, waliwalidayna warhamhuma kama rabbayaana shagira…
    Alfatihah…

  10. slamat malam Ade…hari ini kayanya cape banget ya.. :) …jangan tidur terlalu malam ya. Sudah ke makam ibu lagi hari ini?…baik2 ya,De dan jaga diri juga.. :)

  11. subhanalloh….luar biasa kalimat yang terlontar lewat tulisan itu saya merasa tersanjung ketika kamu “”bersimpuh disamping Ibu, …..membuka surat Yasin dan terus berdoa dan maafkan saya jika akhirnya saya tidak mampu membendung sungai kecil diujung mata saya jatuh..”” juga tulisan lainya!
    thank’ ya…saya jadi termotifasi kembali untuk memperbaiki segalanya dg tawaran “waktu adalah harga mati” untuk dijalani…:)

  12. *Al Fatihah*

    Saya turut berdoa untuk ibunda ade, semoga arwahnya senantiasa damai di sisi-Nya.

    Batinku terusik membaca postingan ini, ibu… Doaku untukmu!

  13. ibuku sayang.. asih terus berjalan,, (iwan fals)
    sedih kalo denger ibu, aku akan selalu merindukan ibu! wanita pertama yang mencintai dan menyayangiku dengan sepenuh hati,,, :(

  14. Amin..Amin Ya Robal’alamin..
    Kukirimkan Doa Alfatihah untuk almarhum ibunya de Rindu dan almarhum bapakku. Moga mereka sama2 menjadi penghuni syurga. dan kitapun bisa menyusul masuk surga bersama mereka. Amin.

  15. Semoga senantiasa Ibunda tercinta kita baik yang masih ada didunia ini atau sudah di alam sana senantiasa Tersenyum dan berbahagia serta segala amal ibadahnya diterima Allah Swt … Amiiin

  16. Semoga Allah meemuliakan ibu ade di kuburnya…dan Semoga Allah mengabulkan doa2 ade untuk ibu..aamiin…

    take care sist…

  17. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung.

    Ya Allah, kami memohon ampunan dan taubat yang diterima kepada-Mu. Ya Allah, kami memohon ampunan atas orang-orang tua kami, saudara-saudara kami, kaum muslimin dan muslimat, kaum mu’minin dan mu’minat. Ya Allah yang Maha Pengampun, dengan ampunan-Mu yang Maha Luas, Ya Allah yang Maha Mendengar, dengan kasih sayang-Mu yang tak berbatas, kabulkanlah doa kami.

  18. Illa khususon Ibunya Rindu, my embah putri, Admiral kawanku, Alfatihah….
    Ya Allah lapangkanlah tempat saudara2 kami, berikan tempat yang baik di samping Mu Ya Rab pemilik cinta dan kasih sayang,
    kuatkan kami untuk dapat mencari Ridho Mu yaa Rahman, Amin… :( :(

  19. sy dtg lg mbk..
    amin.amin.amin.
    pasti ibu mbk rindu bahagia mempunyai anak yg luar biasa spt mbk..

    hmm..
    sy sdr msh srg menangis stiap kali rindu dng ayah sy,yg pulang di 17 syawal kmrn..
    msh dlm hitungan bln..dan kepulangannya pun sgt tiba2..
    sampai skrg beliau terasa msh ada,apalagi beberapa tahun ini sy merantau di tanah kalimantan,sementara rmh sy di jawa.
    tak ada lg senyum yg menunggu sy setiap menjemput di pojokan bandara,yg kmdn mengelus kepala sy dan bertanya, “sehat kan nok?”
    [slh satu panggilan utk anak perempuan di jawa,denok.]

    sempat sy tertatih,krn sy lbh dkt dng ayah,bkn dng ibu..tp kini sy mencoba bangkit dan ingin melanjutkan perjuangan ayah.
    saya yakin,ayah jg bahagia di sisi Allah..

    semoga doa bs terus kita panjatkan utk orangtua kita mbk..spy timbangan amal mereka smkn berat.amin ya Rabb..

  20. selamat pagie,Ade…
    selamat menikmati hari sabtu pagi yang indah..jika hari ini mampir lagi ke makam Ibu, bacakan doa yah untuk ibu dari saya.. :)
    jaga kesehatannya hari ini, jangan terlalu kecapean. Jaga diri dan hati ya,De..

  21. “Tiap manusia yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasul – Nya pasti diuji”

    “Tiap manusia yang mengaku cinta pada Allah dan Rasul – Nya pasti diuji”

    Semoga saat itu keimanan berada didepan kita , bukan dibelakang kita.

  22. Alhamdulillah mbak, Menangis dengan rasa sayang InsyaAllah diperbolehkan..
    Semoga kesabaran mbak dibalas ole Allah S.W.T , tiada pahala yang lebih besar yang diberikan oleh kepada Allah pada orang yang sabar.
    Setiap orang yang memiliki pasti kehilangan
    Setiap orang yang hidup pasti mati
    Hemmmm…
    Semua datang silih berganti , siang malam, hidup mati.
    Setiap orang mencintai karena Allah pasti berjumpa disurga – Nya nanti.
    Saudaraku bukankah kematian datang sebagai peringatan kepada kita untuk kembali ke haribaan Illahi.

    “Ya Allah kematian ada didepan mata kami, tapi hati kami masih lalai kepada – Mu, Ampunilah kami Ya Allah”

  23. Semoga ibu kita dibangunkan istana yang dibawahnya mengalir sungai-sungai berisi air susu. Dilayani oleh para bidadari yang menyediakan segala kebutuhannya. Semoga ibu kita senantiasa berdoa, agar kita, anak-anaknya, masuk menyusulnya ke dalam istana-istananya. Amin

  24. ingat lagunya iwan Fals

    Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
    Lewati rintang untuk aku anakmu
    Ibuku sayang masih terus berjalan
    Walau tapak kaki, penuh darah… penuh nanah

    Seperti udara… kasih yang engkau berikan
    Tak mampu ku membalas…ibu…ibu

    Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu
    Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

    Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku
    Dengan apa membalas…ibu…ibu….

    Seperti udara… kasih yang engkau berikan
    Tak mampu ku membalas…ibu…ibu

    Mengena sekali…..

  25. Saya turut membacakan Al Fatihah dan doa untuk ibu…

    De, istirahat ya…jangan tidur terlalu malam,supaya tidak sakit…

    itu foto Ade kecil dulu ya?.. ehm :)

  26. akhirnya….
    De, slamat ulang tahun untuk ibu ya…semalaman saya menunggu waktu yang tepat untuk mengatakan (menuliskan) ini di blognya Ade….

    Smoga saya diberikan kesempatan untuk berkunjung ketempat ibu, untuk menyampaikan doa secara langsung tepat disampingnya….

    Ibu pasti bangga dengan Ade :)

    Sekali lagi saya ucapkan:
    Slamat ulang tahun untuk Ibu, dan selalu ada doa untukmu….

  27. Assalam
    AMIN.
    saya yakin ibu anda akan bangga memiliki anak yg telah tumbuh dewasa n berusaha mngenal Allah.
    rumahnya disana pastinya akan dihiasi oleh doa seorang anak yg sangat soleha…
    alhamdulillah suatu kebanggaan bagi saya sbg orng pertm yg mengisi kolom comment ini.
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s