Membuatku Mengerti Hidup Ini

Kau membuatku mengerti hidup ini, Kita terlahir bagai selembar kertas putih, Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai, Dan terwujud Harmony…

Segala kebaikan… Takkan terhapus oleh kepahitan. Kulapangkan resah jiwa, Karna kupercaya, Kan berujung indah

Syair diatas adalah syair dari lagu PADI, Harmony judulnya… lagu lama, namun di perjalanan ke Masjid tadi saya kembali mendengar lagu itu dari audio mobil saya, dan kemudian jiwa saya menerawang mencari jawaban dari kata “Kau” dalam lagu ini, dan saya terhenyak ketika tiba tiba sungai kecil di ujung mata saya mengalir sempurna, melewati tulang pipi saya dan berakhir diujung dagu kemudian jatuh diujung jilbab saya :) ah cengeng atau lembut ini namanya ketika mendengar sesuatu maka pikiran saya langsung ke pada ALLAH yang ketika saya masukan namaNYA kedalam jiwa saya terasa ada getar getar halus yang menyentak nyentak :)

Kemudian dan kini saya mengerti bahwa kata “kau” dalam lagu ini adalah semua yang telah mendewasakan saya selama ini, meski hingga detik ini saya masih jauh dari kedewasaan, tapi kemudian ALLAH mengambil satu demi satu yang saya miliki untuk mendewasakan saya dan untuk membuat saya mengerti arti dari hidup ini… kemudian ALLAH mengganti dengan yang lebih indah juga untuk membuat saya mengerti bahwa hidup ini tak selamanya indah dan hidup ini juga tidak selamanya menyakitkan …. karena indah dan menyakitkan akan datang silih berganti.

Sesudah kesulitan itu ada kemudahan, ini janji ALLAH dan ALLAH tidak pernah ingkar janji, jadi ketika tidak memiliki apa apa dan tidak memiliki siapa siapa semestinya kita percaya bahwa setelah ini kita akan memiliki apa apa dan memiliki siapa siapa, hanya masalah waktu dan semua akan terganti, bukankah di dalam pergantian malam dan siang itu ada kuasa ALLAH, ada keindahan ALLAH yang membuat kita mengerti bahwa ritme, irama hidup memang begini dan hidup ini hanya senda gurai seperti kata guru mengaji saya, jadi ini lah harmoni hidup ketika tidak selamanya indah, dan ketika tidak selamanya sulit…

Lelah, gelisah, cinta, cemburu, amarah, kesal, sepi, hening, ditinggalkan dan didatangi, ada dan ketiadaan, napas dan kepulangan semua hanya untuk membuat kita mengerti hidup ini … inilah harmony yang diciptakan ALLAH, dan kini saya mengerti :)

Terima kasih ALLAH yang telah menghadirkan harmony untuk saya nikmati bersama napas yang ENGKAU titipkan dan akan saya jalani dengan senyum terindah, saya janji untuk TIDAK mengeluh lagi ya ALLAH :)

 

 

About these ads

39 thoughts on “Membuatku Mengerti Hidup Ini

  1. Salut….
    saya mau nambahin doank..
    Kelebihan perempuan yang mengenakan kerudung sebagai hijab ialah kekuatan komitmennya, perempuan yang menggunakan hijab berarti dia berani berkomitmen untuk menjaga dan membatasi diri dari hal yang mungkar apalagi klo cakep..[pasti banyak yang ngincer nich…]
    klo saya melihat perempuan yang g mengenakan hijab berarti dia g sayang diri cz g mau melindungi diri dari jahilnya mata co(mata co bisa kemana2, jujur nich…) N dia pasti dia ce yg g punya komitmen dalam hidupnya..
    “Lelaki yang baik pasti maunya dapet Perempuan yang baik dan sebaliknya”
    perempuan yang baik= baik fisiknya(cakep) baik prilakunya(saleh, bisa jaga diri, punya komitmen dll) dll lg….

  2. Aku juga punya melody yang dentingnya selalu mengajakku ke ruang rindu…semoga Alloh senantiasa memberikan melody2 cinta syurgawi kepada kita semua :) (*tersenyum dan memandang :) )

  3. Banyak manusia terlena karena keadaan didunia,apa – apa yang menimpanya!Sungguh aku mencintai mu karena Allah saudaraku, Aku tidak ingin memuji – muji mu itu hanya melenakan dirimu, bukankah saudara itu yang bisa menunjukkan kelemahan saudaranya untuk memperkokoh keimanan,dan sabar menaati perintah Allah.
    Demi Allah agama itu nasihat ..agama itu nasihat.
    Hati – hati dengan perasaanmu
    Hati – hati dengan pikiranmu
    Jangan sekali – kali dirimu bermain dengannya itu hanya membuatmu lupa!
    Lebih baik aku mengatakan yang pahit tapi menyembuhkan, daripada aku mengatakan yang manis yang membuat bertambah sakit.

  4. Banyak mengingat mati,kau akan mengerti dan memahami,jangan menuruti nafsumu yang membawamu kejurang – jurang kesedihan, yang membuatmu melupakan Allah.. walau sesaat..

    “Janganlah karena ujian yang ditimpakan Allah kepadamu ,sedangkan engkau telah bersungguh-sungguh di dalam berdoa, menyebabkan engkau berputus asa.Karena, Dia telah menjamin akan memperkenankannya,pada apa yang telah Dia pilihkan untukmu, bukan pada apa yang,engkau pilihkan untuk dirimu sendiri. Dan dia mengambil apa – apa yang kau miliki pada waktu yang Dia kehendaki, bukan pada waktu yang engkau kehendaki.”

  5. Wahai saudaraku!!
    Kau mengejar keinginan didunia
    Meratapinya bila tidak terengkuh
    Menangisinya bila kehilangan
    Apakah dirimu menghendaki kebaikan didunia dari pada di akhirat??
    Apakah dirimu menghendaki amal baikmu disegerakan didunia daripada diakhirat??
    Bukankah akan tiba saatnya hari pembalasan datang kepadamu?
    Bukankah saatnya bagi orang – orang beriman untuk memenuhi panggilan – Nya?

  6. Hidup terlalu singkat untuk bersedih
    Padahal semua pasti mati
    Itu hal yang pasti
    Mengapa mesti diratapi
    Lebih baik membersihkan diri
    Untuk menghadap Illahi
    Untuk bekal diakhirat nanti

  7. Allah ..
    memberi kita senyum di setiap kesedihan
    memberi berkah di setiap ujian
    memberi hikmah di setiap kejadian
    memberi pelangi di setiap badai
    memberi jawaban di setiap do’a

  8. menyejukkan banget baca tulisan ini..
    suatu hari nanti aQ akan menmukan arti hidup dgn caraQ sendiri…
    amin

    -sarah-

  9. tidak perlu menunjukkan dengan berlebihan bahwa Dia selalu ada di hati kita, karena Dia pasti sudah mengetahuinya lebih dulu… :)
    hehehehe

  10. HARMONY HIDUP SAYA ADALAH ANAK, ISTRI DAN IBU SAYA SERTA NAFKAH YANG SAYA CARI UNTUK MEREKA…

    INDAH RASANYA SAYA DIBERI KEMAMPUAN UNTUK BISA MEMBERIKAN MEREKA SUATU KEHIDUPAN WALAU SEDERHANA DIMATA SAYA

  11. Pengalaman hidup yg bervariasi menjadikan hidup ini lebih berwarna smoga menuntunku menuju kedewasaan dan lebih memahami arti hidup. Selalu kutemukan harmoni yang indah dalam tulisan Ade, makasih ya…

  12. komentar sy yang kedua di blog ini.
    sudah dua hari ini saya mengalami sesuatu yang insya Allah membuat sy mengerti hidup ini. dimulai dari kehilangan (tepatnya melepas) seseorang yang sy cintai.

  13. @ Alvan dan Rohayadi

    Maksud dari saudara Alvan dengan merujuk pada surat Al-Ma’arij dengan menyebutkan bahwa di ayat 19 disebutkan bahwa manusia itu diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir lalu di ayat selanjutnya tepatnya mulai ayat 22 Allah mengecualikan siapa saja yang tidak termasuk manusia yang suka berkeluh kesah dan kikir, yang ciri-cirinya diantara lain adalah orang yang mengerjakan shalat (tetap dalam pengerjaannya), orang yang suka berzakat dan bersedekah, orang-orang yang mempercayai hari pembalasan, orang-orang yang takut dengan adzab-Nya, orang-orang yang memelihara kemaluannya.

    Yang saudara Alvan kutip sebenarnya tepat hanya agak kurang lengkap menyajikannya sehingga informasi yang ditangkap menjadi separuh-separuh dan akhirnya saudara Rohayadi menjawabnya dengan jawaban yang berbeda konteks dengan apa yang sebenarnya ingin diutarakan oleh saudara Alvan.

    Tetapi sesuai dengan isi dari tulisan diatas :

    Segala yang kita temui dalam hidup ini adalah harmoni yang akan mendewasakan kita semua, baik itu kritikan, sanggahan, pujian, cela, cercaan dsb.

    Untuk saudara Alvan mungkin lain kali akan lebih baik jika kutipan yang dihadirkan lebih lengkap sehingga mereka yang membaca tidak menjadi salah tafsir seperti apa yang akhirnya dijawab oleh saudara Rohayadi.

    Dan hati-hati ketika mengutip ayat Qur’an, karena itu adalah kalam Ilahi yang bagi banyak orang awam seperti kita mungkin belum dapat memahaminya secara tersurat dan tersirat.

    Wallahu a’lam bish shawab

  14. sedikit comment u/ saudara ALVAN : “sifat dasar keluh kesah qta sebagai manusia mohon jangan di jadikan alasan yang absolut, fitrah memang, tapi jangan sampai sifat keluh kesah yang ada pada diri qta membuat qta menjadi manusia yang lemah, ingatlah…! karena Alloh SWT di lain FirmanNYA telah dengan jelas menTarbiyah qta untuk menjadi manusia yang Sabar & Tegar dalam menghadapi segala Ujian hidup.

    salam Ukhuwah.

  15. sesungguhnya manusia diciptakan (dengan sifat dasar) keluh kesah,
    illal musholliin…. (QS 70:19)
    manakah yg kita pilih?

  16. Alhamdulillah…
    Kak Rindu seakan bisa mewakili kata hatiku yaa..
    Belajar dari kehidupan (yang memang tidak selalu berjalan mulus) seperti Harmony yang dititipkan Allah pada kita. Dia Maha Mengetahui yang terbaik untuk umatnya kan?
    Terima kasih telah selalu memberi pencerahan ya kak..

    Senyum bareng yuuk :)

    Salam, :)

  17. hm..akhir2 ini lagi sering bgt denger lagu itu juga,
    karna lagi kangen keluarga(org tua), yg kebayang slalu pengorbanan mereka.. dan plajaran yg pengen mereka ajarkan dlm hidup ini… gmn ngisi kertas putihnya,

    ya, u/ vertikalnya, memang selalu ALLAH yg menciptakan harmonynya :)

  18. Saya punya harmony nan indah yang selalu ada dihati saya dan selalu ada setiap saat… :)*sambil senyum ke Ade*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s