IT: bisa bantu saya?

SERIUS Mode ON

Teman teman blogger, saya dan satu komunitas kecil berencana untuk membuat satu website untuk sahabat sahabat penderita kanker, terutama anak anak dan remaja. Website ini akan berisi tempat untuk belajar menulis untuk mereka anak anak yang tidak seberuntung kita dalam segi kesehatan. Website ini akan menjadi ajang belajar mereka untuk menulis dengan jiwa, apa saja yang mereka ingin tuliskan dan saya akan membantu mereka untuk memasukan tulisan mereka kedalam website yang ada nanti.

Jika belum ada yang menggunakan saya dan komunitas kecil kami akan menggunakan nama: www.sahabatkanker.com tapi jika sudah ada yang menggunakan nama itu, mohon saya dibantu dengan nama apa saja yang mencerminkan persahabatan diantara mereka.

Masalahnya sekarang saya agak lemot jika bicara soal IT, soal web design dan sejenisnya, jadi saya mohon bantuan sahabat sahabat saya di teras blog saya ini, untuk memberikan saya arahan, langkah awal apa yang harus saya lakukan… dan jika memungkinkan dengan biaya yang tidak terlalu mahal, karena uang yang terkumpul adalah uang dari sisa jajan kami, uang para orangtua yang ingin sekali anak anak mereka belajar menulis dan meletakan jiwa mereka melalui tulisan.

Bantu saya, bisa kan? :)

Semoga ALLAH meridhoi langkah kita untuk terus berbagi yah… agar kita bisa menjadi matahari yang mampu menghangatkan dunia dan menjadi rembulan yang menerangi malam … [tetep gaya tulisan Rindu keluar] ah :) 

Insya ALLAH website ini nanti bukan untuk komersil atau tempat mencari dana, karena mereka hanya ingin membuat tapak melalui tulisan … saya ingin mereka memiliki jiwa setegar gunung dan dengan kanker mereka mampu menjelajahi gunung gunung, melewati lembah dan menyeberani samudera… tanpa sayap mereka tetap ingin terbang.

IT .. bisa bantu saya kan? :)

Saya barusan menengok web milik mbak Titak: www.rumahkanker.com kira kira seperti itu bentuknya hanya ini lebih ke komunitas anak anak dan remaja dengan gaya mereka yang kanak kanak pastinya, bisa kan yah?

*ngomong sendiri De?*

91 thoughts on “IT: bisa bantu saya?

  1. Assalamu ‘alaikum,

    Coba saja desain web menggunakan macromedia dreamweaver.
    sedangkan image desain toolnya bisa mengguanakan macromedia fireworks. Coba aja skets dulu di halaman gambar,sesudah itu bisa di pindahkan ke media komputer. begitu langkah awal yang mbak bisa lakukan.

    Wassalamu ‘alaikum,

    Hadi Setyono

  2. Sorry .. !!
    Saya kira ini cuma ide aja dari kamu, tapi gak di releasikan, padahal bagus banget menurut saya !!

    Sekali lagi maaf .. , pada mulanya saya ingin dedikasikan website ini buat seseorang. tapi domainnya akan segera saya non aktifkan !!

  3. Minta izin pakai nama sahabatkanker !!
    tapi saya gak pakai http://www.sahabatkanker.com
    saya pakai http://www.sahabatkanker.co.cc

    Thank’s buat inspirasinya !!

    http://www.afiszone.com

    Rindu: mas Afiz, saya sudah tulis komen di blog mas, bukannya saya gak membalas/merespon niat baik tapi saya harus membicarakan detailnya dulu, it’s not as simple as you think… silahkan buat ide apa aja untuk mereka tapi jangan gunakan nama/domain yang sama dengan saya, itu namanya bukan inspirasi tapi mencuri ide saya, ingat loh ini untuk mereka bukan untuk saya atau untuk Afiz, so be wise berikan yang terbaik saja tapi tidak ngotot :( , silahkan jika anda mau duluan, saya tidak keberatan tapi setidaknya saya tahu. Oh iya, saya sudah beli domain http://www.sahabatkanker.org jangan dipakai yah dalam bentuk dotcom or whatever. Terima kasih semoga ALLAH memuliakan kita semua atas niat baik ini.

  4. cita-cita yang mulia mbak rindu…kebetulan saya lagi giat2nya seo, nanti kalo mbak rindu mau saya bisa bantu optimasi keywordnya..:)

  5. Ikutan…
    Sekarang kan banyak anak IT baik itu yang komersil dan non komersil (seperti saya), kalau untuk layanan masyarakat mah pasti akan meluangkan waktu lah.
    Tinggal mapping nya aja (analisis-desain-launcing)…

  6. Saya siap membantu bila dibutuhkan. Saya kebagian apa yah ? Sebab saya sehari-hari dibelakang meja. Jadi toekang keutik. Semoga sukses dengan sosialnya. Anda bisa hubungi saya di blog saya. Dan ada fasilitas meebo disana bila saya kebetulan online kita bisa ngobrol tentang saya kebagian apanya. Semoga sukses.

  7. wah baguss sekali idenya mbak, kyakna aku pernah denger klo mo buat website itu progaramnya menggunakan PHP atau apa yaaa? kemarin 2 aku lupa j”’

  8. sekedar sharing de,
    saya membuat rumahkanker.com juga dari NOL BESAR, soal it gak paham sama sekali, bahkan sampai sekarang html aja saya belum bisa. tapi pengin punya situs kanker yang dotcom. saya gak punya uang, jadi gak bisa mbayar seorang web developer. seorang teman menyarankan pakai cms (content management system), dia memberi pilihan wordpress atau joomla. karena saya lihat di joomla fitur lebih lengkap, saya pilih joomla. di joomla segala fitur/plugin2 tinggal pakai (tapi perlu belajar juga gimana cara pakainya sih), sedang di wordpress.org fitur2 harus cari & install sendiri. trus belajar menggunakan cpanel juga.

    saya belajar sambil jalan pakai metode ngawur & error. yap, sering juga nemui masalah, bahkan rumahkanker.com pernah gak bisa diakses hampir sebulan gara2 saya salah klik waktu buka halaman database. asli kelabakan! akhirnya ketemu teman maya yang walaupun amatiran bisa membuat rumahkanker.com bisa diakses lagi.

    dana yang saya pakai untuk rumahkanker.com enggak banyak kok. di luar biaya online, beli domain 80 ribu/tahun dan hostingnya di nicspace.com 120 ribu/tahun fiturnya udah bagus banget. tapi dua bulan ini sepertinya server nicspace.com agak lambat, saya sekarang pengin pindah hosting, lagi cari2 yang murah juga tapi harus handal dong! :)

    jadi, kalau ade suka “tantangan”, ade bisa belajar bikin sendiri pakai cms seperti saya. kalau enggak, sepertinya di atas udah banyak yang menawarkan diri untuk membantu. atau… ya… wordpress.com memang pilihan yang paling gampang, gratis, & komunitasnya sungguh menyenangkan. saya tunggu sahabatkanker-nya de!

  9. Tambahanan mbak…. ongkos hosting di tempat saya (jogja) rata2 100 rb satu tahun dengan kapsitas 100 mega.
    Buat share aja biar bisa itung2 biaya perawatan

  10. itu rencana web nya gimana?
    buat sistemya dulu aja.baru daftar.
    untuk menunya rencana apa aja?
    sapa tau saya bisa bantu…

  11. Rencana yang sangat mulia… tapi namanya kok sahabatkanker.com ya…. (seharusnya kan kita harus memerangi, dan mengatasinya). tapi ya ga pa2 sih… menurut saya sebaiknya menggunakan hosting wordpress saja, selain gratis juga kapasitasnya lumayan besar sktr 5 Giga.Memang sih dibelakang nama ada tambahan wordpress.com atau klo nggak pake hostingan .co.cc aja, cuma untuk yang ini saya belum pernah pake…
    Selamat berjuang mbak Rindu…. Semoga berhasil…. Do’a saya (kami)akan selalu menyertaimu perjuanganmu……

  12. Kelihatannya sudah banyak yang berniat membantu mbak. Kalau memang masih diperlukan, saya akan mencoba membantu sebisanya.

    Apakah kira-kira sudah memutuskan mau yang bagaimana yang akan digunakan – dari usulan teman-teman? Jadi setidaknya yang ingin membantu juga akanlebih gampang kalau mbak sudah memutuskan.

    Semoga bisa terwujud dan bisa berjalan dengan lancar.

  13. klo saya bantu apa yah.. udah banyak yg bantu..

    mungkin saya bisa bantu buat masalah administrasi hosting dan domainnya..

  14. ehmmm idenya bagus …
    klo ada cerita yang bagus untuk mereka dan bs kita angkat , aku ada refensinya tuhh ndu, bisa bantu mereka di dana juga , tapi hrus ke publish krn di liput media
    klo IT gak jnji bantu , tapi insyaAllah di kabarin lagi yh neng
    btw salam kenal neng , tulisannya bgus , padahal gw penulis , tapi jadi ciut gitu klo baca tulisan dirimu
    jalin tali silahturahmi yh neng ….
    nanti klo butuh bantuan untuk publis adek2 kita yang terkena kanker di usahain deh ….tenang aja pasti bnyak yg bantu klo masalah IT nya , KEKASIHMU tidak tertidur untuk memberi bantuan kepada dirimu …. :)

  15. yang pertama tentu saja daftarkan domain itu dulu,saran saya jangan pake dot com karena ini kan bersifat organisasi non profit jadi pake dot org aja atau dot or dot id biar lebih murah, setelah itu cari web hosting, biar lebih gampan pake sistem blog aja karena rencananya kan utk tulisan…
    kalau utk setting domainnya bisa konsultasi dengan web hosting, atau cari web hosting yg juga menjual domain

  16. Assalaamu ‘alaikum warahmatullah. Kalau soal IT-nya, ane gak begitu faham, bahkan gak faham sama sekali… :mrgreen:

    Tafi ada hal laen yang mungin bisa ane bantu, setidaknya ane bantu publish pas siaran. Kalo gak keberatan, detail grand design-nya email ke mangkus_sangkil[at]telkom[dot]net[dot]id atau msa_advertising[at]yahoo[dot]co[dot]id

  17. Hmmm…, sebaiknya cari hosting yang berbayar, jangan gratisan.
    Sepertinya sudah ada beberapa volunter untuk membantu membuat website-nya…, tinggal email ke mereka saja.
    Hasilnya bisa disharingkan, manatahu ada blogger lain yang bisa kasih masukan.

    Salam.

  18. bikin yang sederhana aja mbak, yang gampang di update, jangan yang ribet…ntar yaaa saya coba hubungi teman siapa tau dia mau bikinin gratis….punya komunitas kami dibikinin gratis lho…www.forumanaksumbar.com yang bikin anak-anak juga tapi lumayan pintar IT….

  19. bisa bisa ajah…:)
    ya…tergantung kamu mo develop sendiri atau mo di vendor-in (ngaseh kerjaan ke orang) ?
    klo mo develop sendiri, musti belajar
    klo mo d vendor-in, tinggal pilih mo yg bayar ato gratis :)

  20. Kalo saya sih… join di wordpress aja pake sub domain http://sahabatkanker.wordpress.com dan manfaatkan semaksimal mungkin semua fitur yang ada seperti:

    * Gratis! Gak usah keluar duit sepersenpun, kecuali akses internetnya
    * Banyak fitur komunitasnya, sehingga memudahkan dalam menyebar luaskan postingan dan meningkatkan trafik
    * Temen2 bisa gabung dan bantu dalam kontribusi berupa tulisan tentang kanker dsb dan ditampilkan dalam http://sahabatkanker.wordpress.com
    * Mulai dari hal kecil dan sederhana, Insya Allah mampu memberikan manfaat yg besar dan menakjubkan

    Kalo boleh usul :
    * Bikin dulu aja http://sahabatkanker.wordpress.com
    * Cari dan ajak temen2 yg mau mengisi blog tersebut
    * Kalo sudah berkembang, persiapkan tuk beli domain sendiri

    Tuk sementara, itu aja yg bisa aku bantu… smoga sukses!!!

  21. jika memang bisa kenapatidak,rindu! aku pasti akan berusaha membantusegalaapa yg kamu inginkan dan cita citakan……..sungguh tidak halah!benaran
    selamat malam dan salam hangat selalu

  22. kalau saya sih, menyarankan, mending make blog gratisan aja macam wordpress ini. dengan pertimbangan :

    1. gratis, ga perlu biaya banyak selain biaya koneksi inet, dan yang penting ga ada batas waktunya alias bisa seterusnya, seenggaknya selama wordpress ga bubar.

    2. gak perlu repot repot ngurusin hosting, domain name, web admin segala rupa, buat mba rindu dkk nantinya masalah2 itu terlalu merepotkan, kecuali punya orang IT yang kontinue ngurusin.

    3. dari segi trafik, rasanya sih blog di wordpress ini lebih menjamin pengunjung, sehingga komunitas anda akan lebih dikenal masyarakat.

    4. dari segi penggunaan, toh wordpress bisa dipake banyak author per blog nya kok, lagian toh mba rindu udah familiar, sehingga bisa ngajarin anak2 komunitas dengan relatif cepat. emang sih ya mesti belajar lagi dikit.

    itu ajah, semoga bermanfaat. doaku buat anak anak komunitas dan mba rindu. Semoga kasih karunia Tuhan YME menyertai selalu.

  23. Masalahnya komunikasi nich. Saya ada di timur pulau jawa sich.

    Kalo pakai CMS wordpress dari wordpress.org saya sepertinya saya mau membantu untuk masalah tampilan mbak

    Dan kalo misalnya mau membuat dari nol, saya mau juga banyu masalah tampilan/CSSnya.

  24. mba’ rindu…
    saya ga bisa bantu tp mungkin tmn saya catra bisa bntu…
    coba liat link di blog saya….
    hanya ini yg dpt saya bntu….

  25. make sflengn WP aja ya D.. kan D dah familiar makenya… klo mau.. C ada themes premium.. biasanya klo pada beli harga standar… tpi kalo buat web yg tujuannya kayak D maksud.. gw siap bantu.. tapi paling bisa bantu2 minggu depan D… he..he..

    soalnya gi ada traning lagi sampe minggu depan… he..he.. maav ya D… klo nggak paling malem2 bantuinnya D…

  26. Terima kasih ya semuanya … besok pagi saya diskusikan dengan teman teman saya di komunitas kecil, nanti saya japri ke sahabat sahabat disini, dari mana saya harus mulai.

    Sekali lagi terima kasih untuk semua.. semua yang ada disini, semoga ALLAH memuliakan hamba hamba yang saling tolong menolong dalam kebaikan [kata ustadz saya begitu] :)

    Terima kasih cinta … [afghan mode ON]

  27. mulia sekali…seandainya saja semua orang bs berfikir sepertimu :) sayangnya aku ga ngerti IT..aku cuman bs kasih dukungan..semoga segala sesuatunya yg baik bs segera terealisasi :) semangaaat!! :D

  28. Saya cuma bisa ngasi masukan dikit :
    Memang untuk mudahnya buatkan aja dulu satu webblog khusus buat mereka seperti di wordpress ini ..
    Saya kurang tahu alasannya kenapa Ade mau pakai domain sendiri, mungkin supaya kelihatan lebih serius dan profesional, gitu ya ?
    Dengan dana yg terbatas mungkin pakai saja domain dan hosting yg gratisan.
    Tetapi biasanya hosting yg free ini umumnya aksesnya bisa lebih lemot bahkan dibanding weblog di wordpress kadang lebih cepat.
    Mendesain web secara cepat saya biasanya juga pakai CMS semacam : WordPress, joomla atau drupal.
    Tutornya banyak kok berlimpahan di dunia maya ini, googling aja…
    Atau mungkin ada teman2 yg berkecimpung di dunia provider yg bisa menyumbangkan sedikit space nya… :)

    Apa pun pilihannya,
    yang pasti Allah menyaksikan kerja2 baik kita …
    Semoga DIA membalas dengan yang terbaik-NYA.

  29. IT dalam konteks bikin2 website sebetulnya gak perlu kursus secara khusus, asal meluangkan waktu sedikit buat otak-atik insyaAlah bisa mahir :)
    saran : pake aja webhost gratisan dulu, skalian belajar, nanti diliat kl memang dah banyak pengunjung bisa dinaikkan ke yg berbayar.
    ini kalo pake wordpress :
    http://mypersonalpages.wordpress.com/category/website/

    atau pake joomla, bisa belajar disini :
    http://www.id-joomla.com/

    moga membantu, dan sukses rencananya..

  30. sahabat kanker?
    sepertinya seneng klo kanker…
    hmmmm….
    apa yah yang bagus??
    nah tuh solidaritaskanker sepertinya lebih bagus…

    aku sih gak terlalu ngerti soal setting2an per-IT-an..
    klo mo dibikinin gambar interaktif dengan menggunakan Flash.. mungkin bisa, tapi kayaknya agak sibuk dengan kerjaan baru aku.. :(
    *apalagi klo aku di kirim ke cabang*

    semoga lancar2 aja deh mba..

  31. Saya juga kurang paham web design, biasanya cuman pandai ngintip doang hehehe…
    Kalau pake dotcom agak ribet, kenapa ga pake wordpress aja? misalnya sahabatkanker.wordpress.com, trus passwordnya kongsian spt punya Hanna yg di atapsenja.wordpress itu loh, jadi kan bisa diakses oleh sesama komunitas.

    Tapi kalo memang keukeuh mau dotcom coba ke si Gun aja di Gunawanrudy.com, kali aja dia bisa bantu.

  32. waahh…. mulia sekali hati mu jeng…??
    semoga allah memberkahi langkah suci mu dengan kawan² di komunitas itu
    tapi saya daku gak bisa bantu…coz gaptek juga masalah IT

  33. Niat yang sungguh mulia, smoga Allah SWT melancarkan segala urusannya :)
    note : mungkin usul dikit mbak, design webnya pake yg opensource biar berkah :D

  34. bener ya…
    kalo mau berbuat kebaikan, ternyata seuduk-uduk orang yang mau bantu..
    saya nggak terlelu paham IT, tapi saya support idenya. semoga lekas terwujud

  35. ngerti IT mbak cuman gak tau bisa bantu seperti apa. sepertinya pake joomla yah webnya. musti saya pelajarin dulu(maklum belum bisa neg joomla).

    salam kenal

  36. kalo masalah hosting sih gampang. dicari lewat google juga banyak. kalo boleh kasih saran, cari yg punya pelayanan 24 jam. setahu saya dulu ada Pandawa.com. saya pernah pake dan 24 jam ada orang terus yg bisa ditanyain kalo ketemu masalah.

  37. ^_^ Cita-cita yang luhur. Jadi keingetan dulu satu temen saya (plus saya sendiri) pengen buat yang serupa tapi untuk anak-anak jalanan, tapi gak kesampean. hihihi.. waktu itu ilmunya masih kurang.

    Sebenarnya sekarang banyak hosting-hosting gratisan, bahkan kita bisa dapatkan domain dot com sekalipun dengan tanpa biaya. Saya pernah bikin website saya pribadi dengan domain dot com di http://hyperwebenable.com/

    Disana saya bikin fiturnya persis seperti wordpress, dan bisa dipake untuk multiuser. Kelebihannya, kita bisa tambahin plugin-plugin, fasilitas-fasilitas tambahan lainnya, bahkan themes-themes yang paling “cantik” sekalipun bisa kita install di website tersebut. So… kita bisa memodifikasi semuanya, GRATIS. Jadi saya rasa karena Rindu sudah terbiasa di WordPress, nampaknya gak akan menemukan kesulitan untuk bikin yang serupa disini.

    Atau ada juga di http://www.000webhost.com/
    Disini banyak sekali fasilitas yang diberikan, mulai dari website builder, fasilitas MySQL, php, dan banyak lagi lah.

  38. cara ngecek kalo sebuah alamat web itu sudah ada yang pake apa belum itu gampang…googling ajah..ketik nama webnya, kalo nongol berarti sudah ada yang pake (halah nongol).

    Untuk pembuatan web kayanya insyaallah ada tenaga yang mau nih ndu…ntar gw japri yah….

  39. BTW (lagi), saya udah ngecek di net, alamat sahabatkanker.com masih tersedia. Tinggal bagaimana caranya mendapatkan alamat itu secepat mungkin, karena .com pasti banyak yang ngincar.

    @ Farijs van Java
    Yaah… orang-orang kan lebih hapal suatu situs kalau pakai dotcom, bukan dotnet, dotorg, atau dotbayi. :P

  40. Aih, ada situs ibu saya. :P

    Hmm… mungkin kalau soal CMS bisa pakai Joomla, tapi kalau tujuannya supaya mereka bisa menulis bareng, mungkin bisa pakai engine WordPress.Org, sama seperti usulnya bung Afwan.

    BTW, maaf saya nggak bisa bantu apa-apa. Saya awam kalau masalah scripting. :cry:

  41. Luar biasa…!!! Mbak Rindu dan sobat – sobat nya memiliki cita – cita seperti ini, sungguh luar biasa…
    Untuk soal IT, sepertinya saya masih harus banyak belajar, jadi belum bisa banyak membantu…
    Yang jelas… cita – cita seluhur ini… harus temen – temen dan mbak Rindu perjuangkan… TIDAK BOLEH GAGAL..!!!
    *selamat berjuang untuk kemanusiaan, Mbak Rindu & Friend… semoga dimasa mendatang, langkah anda ini akan menggerakkan -lebih banyak orang- untuk bisa saling berbagi, peduli, dan membantu mereka -saudara, sahabat, temen, tetangga, atau siapapun- yang sedang mengalami cobaan dalam hidupnya.
    Sukses untuk mbak Rindu & Friend..

  42. knp musti dotcom, de? solidaritaskanker.org, gimana? hwehe.

    (^_^)v

    kalau isinya tulisan2, gmn kl sistemnya blog aja? pan bs pake wordpress.com trus tinggal beli domain doang. kl template pan dah banyak tuh di internet yg meski gratisan tp oke punya.

    selamat berkarya. semoga barakah.

  43. ass..
    wah, sama dengan banyak teman lain..
    aku juga gaptek banget..
    bikin blog aja masih bingung, apalagi bikin web design..
    aku bantu do’a aja, ya, mbak..
    moga2 dimudahin niat baek mbak Ade..
    Amin..
    wass..

  44. Sebenernya kalau punya atau sewa webhosting sendiri gampang koq …

    mau selfhost engine-nya WordPress, Joomla, Drupal, de el el bisa banget karena ada fasilitas Fantastico Auto Installer di dalam Cpanel-nya ..

    seperti punya mbak Titak yang pakai Joomla itu tinggal klik langsung ke Online,

    yang SUSAH mungkin adalah desain template atau themes websitenya .. hiks

    saya sendiri sampai sekarang blon bisa bisa juga bikin themes sendiri.(bisanya sih ngacak ngacak doank)

    kalo si mbak mo WordPress dan mo pake themes yang gratisan sebenernya juga ada, monggo di lihat di http://wordpress.org/extend/themes/ siapa tau ada yang cocok

  45. Wah tujuanya mulia….. aku orang IT tapi saat ini aku belum bisa membantu, maaf ya… tapi pasti ada yang bantu kok, tenang aja, siapa yang ga kenal blog rinduku.. hehe

  46. Oh ya .. sampai lupa !! kalau untuk ini saya free, tapi mungkin hasilnya gak sebagus profesional tapi saya usahakan yang terbaik.

  47. *ambil sapu*

    Nyapuin sampah yang ditebar di blog saya dengan komen pertamx, keduax dan hetrix … kan sudah saya awali dengan serius mode on, mas :(

    Jadi jangan gitu dong mas, kan saya butuh bantuan bukan sampah mas :(

    *sedih*

Leave a Reply

